carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark 6 Go

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 6 Juni 2021

Jika OPPO yang punya "saudara" bernama realme, Infinix juga memiliki "saudara" bernama itel dan Tecno. Ketiga perusahaan tersebtu berada di bawah naungan Transsion Holdings.

Yang menarik, ketiganya kini hadir di Indonesia. Infinix lebih dulu di Indonesia sejak 2015. Sementara itel dan Tecno baru masuk tahun 2020.

Tecno hadirkan produk ponsel menarik di Indonesia seperti Tecno Spark 6 Go. Ponsel ini dibanderol kisaran Rp1,1 jutaan. Tidak beda jauh harganya dengan itel Vision 1 dan itel Vision 1 Plus, dua ponsel perdana dari itel di Indonesia.

Lantas, seperti apa Tecno Spark 6 Go ini? Apakah cukup menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 6 Go berikut ini.

Spesifikasi Tecno Spark 6 Go

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark 6 Go 1
  • Rilis:  2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif full-incell 6,52 nci
  • Chipset:  Mediatek Helio A20 (12 nm), Mediatek Helio A25 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + AI
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go menawarkan kelebihan yang tentunya menarik. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dari Tecno Spark 6 Go berikut ini.

1. Desain Cukup Menarik

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go hadirkan desain yang cukup menarik dan beda. Desain posnel ini hadirkan pola yang menarik dan cantik di kelas harganya.

Terlebih desainya hadirkan beragam efek cahaya dan bayangan di bawah pancaran cahaya yang berbeda-beda. Tecno juga benamkan kaca enutup 2,5D dan desain 3D radian pada bodinya menawarkan kenyamanan saat digenggam.

Kanal Youtube cocomarTech mengatakan jika ponsel ini memiliki desain plastik tetapi memang cukup nyaman digenggam. Hanya saja harus hati-hati saat memakai ponsel ini, apalagi jika tangan dalam keadaan licin.

Desain ponsel ini, meskipun berbahan plastik, tetap hadirkan pilihan warna menarik. Di Indonesia, Tecno hadirkan varian warna Aqua Blue, White Mystery, dan Ice Jadeite.

2. Layar IPS HD+ yang Oke

Tecno Spark 6 Go

Di bagian layar, Tecno Spark 6 Go hadirkan layar dengan dimensi 6,2 inci. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel. Sementara kerapatan layarnya mencapai 269 ppi.

Layarnya menghadirkan model poni tetesan air atau waterdrop notch. Hal yang bagus dan umum untuk sebuah ponsel Rp1 jutaan zaman sekarang.

Kualitas layar ponsel ini sendiri tergolong bagus. Alasannya karena ponsel ini punya kecerahan sampai 480 nit. Selain itu, Wiko mengklaim jika layar ponsel ini punya efek tampilan yang lebih lebar, tajam, dan tampak nyata.

Selain itu, layar ponsel ini memiliki kontras warna yang kaya serta pengalaman visual yang lebih memuaskan.

3. Baterai Tahan Lama

Tecno Spark 6 Go

Baterai berkapasitas 5.000 mAh tertanam di Tecno Spark 6 Go. Dengan baterai sebesar ini dan sokongan layar HD, membuat daya tahan baterai ponsel bisa tahan lebih lama.

Hasil pengujian dari pihak Wiko sendiri menunjukan jika daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 36 hari dalam waktu standby. Sementara untuk panggilan telepon bisa mencapai 24 jam.

Untuk bermain gim, ponsel ini bisa bertahan sampai 15 jam lebih. Saat menonton video, waktu tontonnya bisa mencapai 25 jam.


Ketika digunakan internetan, Tecno Spark 6 Go dapat bertahan sampai 19 jam. Yang cukup menarik, ketika mendengarkan musik memakai earphone, ponsel bisa bertahan sampai 125 jam.

4. Face Unlock dan Fingerprint

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go dibekali dengan sensor sidik jari dan sensor pengenalan wajah. Menurut kanal Youtube cocomarTech, kedua sensor ini dapat diatur dengan mudah dan cepat.

Sensor sidik jarinya sendiri memiliki respon yang cepat dan bagus. Sayangnya, kecepatan sensor pengenalan wajah tidak begitu cepat. Namun, setidaknya adanya dua sensor keamanan ini membuat Tecno Spark 6 Go memiliki nilai lebih tersendiri.

5. Kamera Depan Cukup Oke

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go dibekali dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini dibekali fitur LED flash dan memiliki bukaan f/2.0. Kamera ini dapat menghasilkan foto selfie dengan warna yang baik dan  menghasilkan warna yang tidak terlalu jenuh.

Yang menarik, kamera depannya ini memiliki mode wide selfie sehingga membuat penggunanya bisa melakukan selfie dengan sudut pandang yang lebih luas. Hal yang perlu diapresiasi tentunya.

6. Performa Menarik, Terutama Varian RAM 4 GB

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go yang hadir di Indonesia adalah varian RAM 2 GB dengan storage 32 GB. Varian ini dibekali chipset Mediatek Helio A20. Chipset ini sedikit lebih rendah performanya dibandingkan chipset Mediatek Helio A25.

Namun, kedua chipset sama-sama dibangun dengan fabrikasi 12 nm.

Yang perlu diingat, chipset ini cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari. Bermain media sosial dan internetan tergolong cukup. Hanya saja untuk bermain gim berat jelas kurang mumpuni.

Kanal Youtube cocomarTech mengatakan jika performa ponsel ini tergolong cepat untuk kelas harganya. Bermain gim seperti Mobile Legends terdapat lag dan frame drop yang tentu memberikan rasa nyaman bermain yang kurang maksimal.

Jika ingin performa yang lebih baik, sebaiknya memilih Tecno Spark 6 Go dengan varian RAM 4 GB. Varian ini hadir dengan storage 64 GB yang tentunya lebih lega.

Selain itu, Tecno Spark 6 Go dengan varian RAM 4 GB punya chipset Mediatek Helio A25.

Tidak ketinggalan, hadirnya fitur ‘AI Beauty’ dan ‘AI Body Shaping’. Fitur ini dapat dapat mengadaptasi wajah penggunanya sehingga menghasilkan tampilan yang sesuai dengan keinginan. Hanya saja sekali lagi, fitur ini tersedia di versi 4 GB.

7. Triple Slot dengan Cara yang Beda

Tecno Spark 6 Go
*sumber: https://youtu.be/h4_E9rS_CGs (cocomarTech)

Tecno Spark 6 Go hadir dengan konsep smartphone jadul. Ketika membeli ponsel ini dan membuka kotak penjualannya, tidak akan ditemukan SIM ejector di dalamnya.

Pasalnya, ponsel ini tidak memiliki SIM ejector untuk mengeluarkan SIM Tray.

Untuk memasukan kartu SIM, bagian bodi belakang ponsel harus dibuka. Baru nanti terlihat ada slot untuk dual SIM dan satu slot microSD. 

Yang perlu diingat, meskipun bagian belakang bisa dibuka, bagian baterai ponsel ini tidak dapat dilepas.

Kekurangan Tecno Spark 6 Go

Sebagai ponsel murah, tentu ada beberapa hal yang membuat Tecno Spark 6 Go  memiliki kekurangan. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Langsung saja simak poin-poin kekurangannya di bawah!

1. Kualitas Kamera Belakang Biasa Saja

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go hadir dengan kamera utama 13 MP. Kamera utama ini ditemani dengan dual flash untuk membantu hasil tangkapan kamera agar lebih baik.

Kehadiran dual flash ini cukup menipu. Menilik desain kameranya, tampak jika ada satu kamera lagi yang menemani kamera 13 MP. Namun, ternyata tidak ada keterangan resmi soal satu kamera belakangnya ini.

Kualitas kameranya sendiri sebenarnya masih kategori Oke. Tidak ada yang spesial yang membuat hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini benar-benar bisa dikatakan bagus di kelas harganya.

Seperti ponsel murah pada umumnya, jika kondisi cahaya terang, hasil tangkapan kamera bisa cukup oke. Namun, ketika kamera berada di kondisi cahaya yang redup, hasilnya sangat mengecewakan.

2. Plus Minus Posisi Speaker yang Tidak Biasa

Tecno Spark 6 Go
*sumber: https://youtu.be/h4_E9rS_CGs (cocomarTech)

Hal yang cukup unik dari ponsel ini ada di posisi speaker. Posisi speaker ponsel ini ada di bagian bawah belakang ponsel.

Dengan posisi tersebut, ada nilai plusnya. Nilai plusnya, tangan tidak akan terlalu menutupi speaker ketika memegang ponsel saat main gim atau menonton video. Dengan catatan, bagian belakang tidak menutup bagian speaker.

Sisi minusnya, speaker yang keluar tidak langsung menghadap pengguna tetapi keluar ke bawah. Hal ini membuat kualitas suara terasa berbeda.

Lantas, kenapa jadi nilai minus? Karena dengan posisi ini, orang harus membiasakan diri kembali. Bisa jadi tidak semua orang suka dengan posisi speaker seperti ini.

3. Pengisian Daya Lama

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go masih memakai port micro USB. Selain itu, ponsel ini tidak mendukung pengisian cepat. Berdasarkan pengujian dari cocomarTech, mengisi daya ponsel ini dalam waktu 40 menit, hanya dapat mengisi 20 persen saja.

Simpulan

Tecno Spark 6 Go merupakan ponsel yang sebenarnya bisa menarik tetapi perlu effort agar ponsel ini lebih dikenal masyarakat. Harganya memang cukup murah tetapi jelas banyak hal yang bakal dimaklumi dari ponsel ini.

Menariknya, Tecno Spark 6 Go menawarkan dua varian. Varian RAM 2 GB hadir di harga Rp1,1 jutaan. Sementara varian RAM 4 GB yang memiliki kelebihan seperti fitur, storage yang lebih besar, dan juga fitur AI dijual di harga Rp1,4 jutaan.

Dengan banderol harga tersebut, Tecno Spark 6 Go  bakal bersaing dengan ponsel lain seperti Advan G5, Infinix Smart 4, Samsung Galaxy A01, Redmi 9A, Redmi 9C, Wiko View 4, bahkan dengan produk Infinix sendiri di kelas harga yang sama.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram