carisinyal web banner retina

Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 7 Pro

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Menyasar ke kalangan anak muda, Tecno Spark 7 Pro siap mengguncangkan industri ponsel pintar di Indonesia. Tepatnya rilis pada Mei 2021, ponsel asal China ini terlahir dengan bobot 210 gram dengan dimensi 164.9 x 76.2 x 8.8 mm. Perangkat dari Tecno ini membawa sejumlah sensor mulai dari proksimiti, akselerometer, dan pemindai sidik jari belakang.

Bagi kamu yang senang mendengarkan alunan musik di radio, perangkat ini masih menghadirkan fitur FM Radio. Adapun fitur pendukung lain yaitu Audio Share 2.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan audio jack 3.5 mm. Calon pengguna Tecno Spark 7 Pro dapat memilih varian warna cangkangnya mulai dari Alps Blue, Spruce Green, Neon Dream, hingga Magnet Black.

Perangkat yang dipatok Rp1,9 jutaan ini ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam beberapa aspek. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangannya? Sebelum membahasnya, mari kita kenali lebih jauh Tecno Spark 7 Pro lewat spesifikasi singkat berikut ini:

Spesifikasi Tecno Spark 7 Pro

Tecno Spark 7 Pro
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,6 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 48 MP AI Triple Camera
  • Kamera Depan: Quad-LED flash
  • Baterai: Li-Po 5.000

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Tecno Spark 7 Pro

Dari spesifikasi apakah kamu sudah bertemu dengan kelebihan dari ponsel pintar bernama Tecno Spark 7 Pro? Kalau belum, mari kita selami bersama kelebihan perangkat tersebut lewat rangkuman yang sudah Carisinyal susun berikut ini:

1. Laju Penyegaran Kencang

Tecno Spark 7 Pro Display Sub Carisinyal

Terkhusus kamu yang sering bermain aplikasi gaming di ponsel pintar pastinya akan senang saat bertemu dengan Tecno Spark 7 Pro. Pasalnya, perangkat ini mempunyai teknologi layar yang cetar membahana.

Mulai dari ukuran layar yang luas yakni 6.6 inci atau 105.2 cm2, sementara layar-ke-bodinya mempunyai rasio 83.7% sehingga sangat enak saat main game atau mungkin nonton video.

Menyoal tipe layar yang diterapkan, ponsel pintar ini telah menghadirkan panel berteknologi IPS LCD. Teknologi ini menjanjikan dapat tahan lama karena tidak mempunyai efek burn-in, memberikan warna yang lebih natural, hingga masih bisa dipandang kendati berada terkena pantulan sinar mentari secara langsung.

Adapun laju penyegaran dari layar ponsel ini yang dapat dikatakan tinggi untuk di kelasnya yaitu 90Hz. Semakin tinggi laju penyegaran yang dimiliki sebuah layar di ponsel pintar, maka ketika menggulirkan konten atau aplikasi akan mulus tanpa hambatan.

Dalam menyuguhkan kualitas gambar yang jelas, perangkat dengan layar beresolusi 720 x 1600 piksel ini mendapatkan anugerah ketajaman piksel sebesar 266 ppi. Ukuran kerapatan piksel dari Tecno Spark 7 Pro terbilang standar.

2. Sistem Operasi dan SoC Mumpuni

Android 11

Meski tidak termasuk sebagai ponsel di kelas andalan tetapi untuk sistem operasi dan SoC dari Tecno Spark 7 dapat diandalkan. Sistem operasinya sudah mengikuti trend yaitu Android 11 dengan antaramuka HIOS 7.5. Perangkat dengan ketebalan 8.8 mm ini dipacu oleh SoC (System-on-Chip) dari MediaTek Helio G80 dengan fabrikasi 12 nanometer.

Chipset tersebut dipadukan dengan CPU Octa-core yang diracik oleh Cortex-A75 dua buah berkecepatan 2.0 GHz dan Cortex-A55 yang berjumlah enam buah dengan laju hingga 1.8 GHz. Selanjutnya, untuk prosesor pengolahan grafis perangkat ini sudah mempercayakan pada Mali-G52 MC2 untuk menyuguhkan tampilan animasi yang maksimal.

3. Suguhan Konfigurasi Kamera Tinggi

Tecno Spark 7 Pro Camera Carisinyal

Tecno Spark 7 Pro datang dengan sebuah triple kamera belakang berukuran 48 megapiksel yang disertai teknologi AI (Kecerdasan Buatan), PDAF, dan Quad-LED flash.

Sementara, untuk kedua sensor lainnya yaitu berukuran 2 megapiksel untuk sensor kedalaman berguna untuk memberikan efek bokeh dan sensor berlensa AI yang memberikan berbagai fungsi menarik (Beauty dan AR).

Sedangkan, untuk kamera swafotonya dibekali oleh resolusi 8 MP dengan tawaran fitur Dual-LED flash. Kamera dari ponsel ini juga menghadirkan fitur Super Night, Portrait, Beauty, Google Lens, AI Cam, Video, dan Short Video.

Tidak lupa ada mode malam yang hasil bidikannya baik. Berbicara video, telah diselipkan resolusi [email protected] baik untuk area depan maupun belakang.

4. Dipasok Baterai Badak

Tecno Spark 7 Pro Cover Carisinyal

Preferensi seseorang saat membeli sebuah ponsel pintar baru seringkali akan melirik sumber daya baterai yang ditanamnya. Lalu, kira-kira berapakah baterai yang dipasok oleh Tecno Spark 7 Pro? Sepertinya bagi kamu yang sering bermain ponsel berlama-lama sudah tidak perlu mencemaskan soal daya dari Tecno Spark 7 Pro karena baterainya sudah badak.

Maksudnya, kapasitas daya yang tertanam pada baterai badak tergolong besar yaitu 5.000 mAh dengan ditambahkan perangkat lunak TECNO tatkala menjadi kombinasi luar biasa untuk memungkinkan perangkat dapat bertahan hingga dua hari atau satu hari pada penggunaan medium (tanpa gaming). Sedangkan, SOT baterainya 8-9 jam bisa dibilang 'top performance'.

5. Ruang Penyimpanan Bervariasi

RAM ROM

Kelebihan terakhir yang disuguhkan oleh Tecno Spark 7 Pro adalah bervariasinya ukuran ruang penyimpanan. Untuk RAM terkecil kamu bisa memilih 4 GB dan diikuti oleh 6 GB.

Sementara, memori internal pada perangkat ini hadir dengan dua ukuran yaitu 64 GB dan 128 GB. Maka dalam hal ini kombinasinya meliputi 4/64 GB, 6/64 GB, dan 4/128 GB.

Jika pengguna merasa tawaran ruang penyimpanan dari Tecno Spark 7 Pro masih kurang cukup untuk menampung data pribadi, maka dapat ditingkatkan kapasitasnya dengan microSDXC.

Sementara, guna memperlancar proses penyimpanan data pada ruang penyimpanan sudah ada eMMC 5.1 diklaim menyuguhkan kecepatan tertinggi dalam menyimpan data lewat memori flash.

Kekurangan Tecno Spark 7 Pro

Tidak menutup kemungkinan kalau sebuah ponsel baru punya kekurangan dan begitupun pada Tecno Spark 7 Pro. Penasaran apa saja kekurangan dari Tecno Spark 7 Pro? Yuk, langsung saja baca kekurangan dari perangkat tersebut di bawah ini?

1. Sistem Videografi Tanpa Stabilisasi

tecno spark 7 pro

Jangan berharap banyak dengan kemampuan yang ditawarkan dari sistem videografi milik Tecno Spark 7 Pro. Hal ini mengingat kalau ponsel pintar tersebut hanya menawarkan satu resolusi saja yaitu 1080 piksel dengan jumlah bingkai per detiknya mencapai 30. Resolusi videografinya tersebut dipasangkan pada kamera depan maupun belakang.

Selain itu, dalam proses pengambilan video-nya tidak diiringi oleh teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang memungkinkan lensa dapat bergerak sejajar dengan bidang objek untuk meminimalisir efek blur pada objek.

Sistem videografinya juga tidak disertai EIS (Electronic Image Stabilization) yang dapat dikatakan penting saat mengaktifkan mode malam dan proses HDR. Tidak hanya itu, bisa membantu mendeteksi titik kontras tinggi dan membuatnya untuk tetap seimbang.

2. Pengisian Daya Baterai Lambat

Battery Carisinyal

Kendati dibekali baterai berukuran badak tetapi untuk urusan pengisian dayanya ponsel ini terbilang lambat dan membutuhkan waktu yang lama. Pengguna dari Tecno Spark 7 Pro setidaknya harus menunggu sekitar tiga jam untuk mendapatkan daya baterai secara penuh.

Bukan tanpa sebab, adapun faktor yang menyebabkan kenapa pengisian daya baterai pada perangkat Tecno ini tidak kencang seperti diidam-idamkan. Mulai dari tidak ditunjangnya oleh teknologi pengisian cepat atau fast charging hingga slot USB yang digunakan masih memakai micro-USB 5V/2A berkecepatan 10W.

3. Teknologi Bluetooth Kurang Update

Bluetooth

Tidak seperti ponsel pintar lainnya yang berada di kelas sama, Tecno Spark 7 Pro ternyata masih memakai teknologi Bluetooth edisi 4.2. Pada versi Bluetooth yang disematkan di perangkat pintar ini terbilang kurang update. Selain itu, jika berbicara kecepatan transmisi jauh kalah dua kali lipat dibandingkan dengan edisi di atasnya.

Kemudian, teknologi Bluetooth 4.2 memungkinkan lebih banyak mengkonsumsi daya yang banyak alias boros, belum terintegrasi dengan IoT (Internet Of Things), tidak mampu melakukan proses transfer data berkapasitas besar, dan jarak transmisi yang mentok hingga kurang dari 300 meter.

Simpulan

Dari pembahasan di atas mengenai kelebihan dan kekurangan dari Tecno Spark 7 Pro dapat disimpulkan kalau perangkat tersebut mempersembahkan laju penyegaran yang tinggi, sistem operasi terbaru dengan SoC mumpuni, ruang penyimpanannya pun bervariasi dan berukuran besar, hasil bidikan kamera yang memuaskan, dan baterai badak.

Akan tetapi, kelemahan dari ponsel ini proses pengisian dayanya terbilang lama karena belum ada teknologi fast charging. Lalu, penggunaan Bluetooth-nya masih memakai edisi lama dan sistem videografinya belum ada teknologi kesimbangan. Namun, bagi kamu yang berminat beli ponsel pintar tanpa memperdulikan kelemahannya, Tecno Spark 7 Pro layak dimiliki.

Itulah tadi pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Tecno Spark 7 Pro. Semoga dapat memberikan gambaran untukmu mengenai ponsel ini. Gimana tertarik untuk membelinya? Terus ikuti Carisinyal supaya kamu tetap update seputar teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram