carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 8C Ini

Biasanya, pengguna mesti menerima apa adanya sebuah smartphone 1 jutaan yang punya fitur terbatas. Tapi, Tecno Spark 8C membuktikan bahwa sah-sah saja mengharapkan teknologi mutakhir di harga semurah ini. Memiliki spek cukup tinggi di harganya, pengguna bisa mencicipi kualitas HP mahal dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp1,5 jutaan saja.

Keunggulannya meliputi desain yang cukup keren, RAM yang bisa diperluas, baterai yang tahan seharian, serta performa yang cukup baik untuk bermain game berat. Tidak mustahil pula bahwa Tecno Spark 8C juga mampu mengalahkan beberapa ponsel 2 jutaan dengan margin yang cukup besar.

Ingin tahu lebih mendalam mengenai hal-hal baik yang membuatnya istimewa? Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membelinya? Ketahui lebih banyak lagi dalam poin-poin kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 8C berikut ini.

Spesifikasi Tecno Spark 8C

Tecno Spark 8C
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.549.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Tecno Spark 8C

Punya budget terbatas bukan alasan untuk tidak memiliki smartphone berkualitas. Beberapa poin kelebihan berikut ini akan memberitahukan Anda tentang apa saja yang mampu diberikan Tecno Spark 8C.

1. Layar Besar dengan Refresh Rate 90 Hz

tecno spark 8c layar_

Layar yang dimiliki Tecno Spark 8C sudah terbilang cukup besar dan kaya fitur untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya. Soalnya, HP ini hadirkan bentang layar berukuran 6,6 inci pada resolusi HD+ 720p dan aspek rasio 20:9.

Dengan desain depan yang pakai bezel cukup tipis, layarya diketahui dapat berikan imersi cukup mendalam ketika melakukan aktivitas hiburan, seperti bermain gim ataupun menonton film kesukaan.

Hadirnya kamera depan berdesain waterdrop notch juga cukup kontributif dalam berikan rasio bodi ke layar yang tinggi yaitu sekitar 83,7 persen.

Kemudian, Tecno Spark 8C pun menyuguhkan pengguna dengan refresh rate tinggi 90 Hz yang akan menampilkan animasi (pergerakkan di layar) secara lebih mulis dibandingkan 60 Hz biasa. Di harganya yang cuman Rp1 jutaan, tentu ini jadi sebuah luxury yang layak diapresiasi.

Bukan hanya mode 90 Hz, Anda pun dibebaskan memilih untuk memilih mode 60 Hz biasa, ataupun Auto-Switch Refresh Rate untuk berpindah-pindah mode secara otomatis berdasarkan aktivitas yang sedang dilakukan.

2. Memiliki Sensor Sidik Jari

tecno spark 8c sensor sidik jari_

Tecno Spark 8C, terlepas dari statusnya sebagai smartphone di kelas entri level, telah dibekali dengan sensor sidik jari di belakang alias rear fingerprint scanner. Yang membuatnya unik, penampakkan sensor sidik jari di belakang ini tidak begitu noticeable seperti HP lain kebanyakan.

Ini karena desain bodinya dibuat sedemikian rupa agar camera bump-nya diperluas sehingga menutupi bagian yang ada indentation sebagai sensor sidik jari. Berkat adanya fingerprint scanner ini pula, Anda tidak hanya dapat mengandalkan Face Unlock atau pola/kata sandi saja untuk membuka kunci layar.

3. Dapur Pacu Unisoc T606 yang Gahar + Memory Fusion

unisoc-t606_

Rata-rata HP Rp1 jutaan masih menggunakan chipset yang kurang memadai, seperti Helio G35, Snapdragon 450, dan lain sebagainya. Pasalnya, HP 1 jutaan memang kerap dianggap tidak cocok untuk gaming karena chipset yang diberikan pun hanya seadanya.

Nah, Tecno Spark 8C sudah siap untuk mendobrak stereotip tersebut. Bagaimana tidak? Ia ditopang dengan chipset entri level berkinerja tinggi yaitu Unisoc Tiger T606!

Ini sungguh merupakan sebuah SoC yang istimewa di kelas budget, membawakan prosesor delapan inti dengan cakupan dua unit Cortex A75 dan enam unit Cortex A55, kedelapannya ini punya clock speed hingga 1,6 GHz.

Keberadaan mikroarsitektur Cortex A75 di chipset tersebut menandakan bahwa ponsel sudah cukup siap untuk menjalankan serangkaian aktivitas cukup berat, seperti bermain gim ataupun mengedit video.


Unisoc Tiger T606 yang dibuat pada proses fabrikasi 12 nanometer ini juga turut bawakan kartu pengolah grafis yang apik berupa Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz.

Untuk versi yang hadir di Indonesia, Tecno Spark 8C hanya sediakan satu opsi RAM 4 GB LPDDR4x yang dipadankan dengan memori internal 64 GB berstandar eMMC 5.1.

Kapasitas memori internal tersebut sudah terbilang lega di harga 1 jutaan, bisa menampung banyak aplikasi maupun file-file besar seperti koleksi film dan foto. Tak lupa, Anda pun dapat memperluas penyimpanan dengan menyisipkan microSDXC pada slot terpisah yang tersedia.

Performa multi-tasking pada smartphone ini ditunjang dengan Memory Fusion yang hadirkan penambahan RAM virtual sebanyak hingga 3 GB, sehingga total RAM-nya menjadi 7 GB.

4. Baterai Besar 5.000 mAh

tecno spark 8c baterai_

Seperti yang mungkin Anda sudah tahu, bahwa mayoritas smartphone yang dirilis pada 2022 sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Tidak peduli apakah HP entry-level, Rp2 jutaan atau Rp3 jutaan, baterai 5.000 mAh sudah menjadi standar baru di industri smartphone, termasuk Tecno Spark 8C ini.

Kinerja baterai ponsel bekerja sesuai dengan yang bisa diharapkan pada ponsel dengan baterai 5.000 mAh lainnya. Ulasan dari YouTuber Teknologue mengatakan bahwa ketahanan baterai ponsel ini terbilang sangat baik, dapat bertahan hingga lebih dari satu hari.

Saat digunakan untuk bermain PUBG Mobile dalam kondisi terhubung WiFi selama satu jam, baterai hanya berkurang 10 persen. Ini tentu merupakan kinerja baterai yang terbilang unggul, terutama untuk HP 1 jutaan. Tampaknya, resolusi layar HD+ membuatnya jadi lebih irit ketimbang FHD+.

5. Desain Bodinya Cukup Unik

tecno spark 8c desain bodi_

Bagi Anda yang mementingkan sisi estetika bodi ponsel untuk dipamerkan ke teman saat berkumpul, untungnya Tecno Spark 8C ini tidak akan malu-maluin. Meski harganya murah, tampilan bodinya sangat jauh dari kata murahan.

Mengusung bahan material plastik polikarbonat di punggungnya, Anda akan menemukan aksen garis-garis berjajar rapi yang di letakkan di tepian bodi sebelah kanan.

Di atasnya, terlihat ada tulisan "STOP AT NOTHING" yang mencerminkan kinerja unggul pada HP ini. Atau, bisa juga mengacu pada baterainya yang tahan lama sehingga bisa dipakai seharian tanpa berhenti.

Di samping modul kamera, terletak sensor sidik jari yang penampakkannya cukup tersamarkan. Sehingga, Anda pun bisa lebih leluasa lagi ketika melakukan mix and match dengan casing yang hendak digunakan.

Bagian depannya pun terlihat cukup kece karena tawarkan bezel yang terbilang tipis, mengusung desain poni tetesan air alias waterdrop notch sebagai rumah bagi kamera selfie. Ya, memang sih belum menawarkan kamera punch hole, namun wajar mengingat harganya yang hanya 1 jutaan.

6. Dual Camera yang Solid

tecno spark 8c kamera_

Jangan terkecoh dengan modul kamera yang tampak memperlihatkan tiga lensa, karena Tecno Spark 8C sebenarnya hanya memiliki dua kamera saja. Tapi jangan khawatir, kemampuan fotografinya tetep kece, lho, apalagi jika dibandingkan dengan rival di harga yang sama.

Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan diafragma f/1.8 dan focal length sebesar 27 mm. Kemudian pada lensa keduanya, merupakan sensor QVGA atau yang bisa juga disebut dengan lensa AI (Artificial Intelligence).

Fitur kameranya meliputi AI Scene Recognition, HDR, serta memiliki lampu LED Flash untuk membantu Anda menangkap gambar di saat gelap.

Sayangnya tidak terdapat Night Mode di HP ini, sehingga hasil foto di malam harinya cenderung gelap, banyak noise, dan lampu-lampu pencahayaan yang tertangkap kamera memiliki detil yang kurang baik.

Meski begitu, kondisi pemotretan siang harinya sangat bagus, terlebih pada mode potret yang mampu hasilkan efek bokeh yang sedemikian rapinya. Walau begitu, warnanya memang tampak belel, alias tidak memiliki white balance yang kurang ideal , dilansir dari Teknologue melalui video yang diunggah di YouTube.

Video dari kanal YouTube FRED'S TECH HUB pun mengatakan hal yang serupa. Dikatakan bahwa hasil foto di siang hari terbilang tajam dan memiliki detil kaya untuk HP kelas budget. Simak beberapa hasil fotonya berikut ini yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Kamera belakang Tecno Spark 8C juga mampu hadirkan rekaman video dengan resolusi maksimal 1080p di kecepatan 30 FPS. Sayangnya, tidak ditemukan stabilisasi apapun di kamera ini sehingga video akan mudah goyang saat merekam sambil berjalan. Cukup maklum untuk HP di kelas entry-level.

Di bagian depan, Tecno Spark 8C juga dibekali kamera berkekuatan 8 MP yang dibaluti fitur LED Flash, cukup layak untuk menunjang aktivitas selfie maupun video call.

Kekurangan Tecno Spark 8C

Kelebihan di atas memang sudah cukup untuk membuat siapapun terpana, terlebih saat kita diingatkan kembali kalau Tecno Spark 8C punya harga di bawah 2 juta. Namun, seperti ponsel entry-level kebanyakan, HP ini juga punya kekurangan yang mesti diperhatikan sebelum membeli yakni sebagai berikut.

1. Layar Masih HD+

tecno spark 8c layar hd_

Layar smartphone ini memang terbilang besar dan suguhkan kualitas tampilan cukup oke. Hadirnya refresh rate 90 Hz pun menjadi angin segar bagi pencinta HP budget. Tidak perlu lagi bayar mahal untuk merasakan kemulusan yang 50 persen lebih tinggi dari 60 Hz konvensional.

Kekurangan dari layar ini adalah resolusinya yang masih HD+ alias 720p. Dengan resolusi yang rendah, ketajamannya pun tidak akan sebaik layar ponsel yang gunakan resolusi Full HD+ 1080p.

Benar saja, tingkat kerapatan pikselnya pun hanya sekitar 267 ppi yang menandakan ketajamannya memang kurang ideal untuk pengalaman visual saat menonton atau bermain gim.

2. Tidak Memiliki Fitur NFC

tecno spark 8c nfc_

Anda mungkin berpikir, tentu saja HP Rp1 jutaan tidak menghadirkan fitur NFC yang umumnya lebih sering dimiliki HP kelas menengah. Tapi tunggu dulu, semestinya Tecno Spark 8C memang sudah dibekali dengan NFC jika menilik pada laman spesifikasi resminya.

Akan tetapi, tampaknya fitur NFC ini tidak tersedia untuk versi yang hadir di Indonesia. Karena saat melihat spesifikasi di laman penjualan Shopee Indonesia, di situ disebutkan bahwa smartphone tidak mendukung 5G dan NFC.

Kekurangan ini tidak begitu krusial, karena memang tidak masuk akal mengharapkan NFC di HP entry-level seharga 1 jutaan. Meskipun begitu, Tecno Spark 7 NFC yang menjadi pendahulunya sudah hadirkan NFC, lho. Dengan meniadakan NFC pada Tecno Spark 8C, tandanya HP ini mengalami penurunan.

3. Masih Gunakan Port MicroUSB

Tecno Spark 8C tidak menggunakan port USB Type-C seperti kebanyakan HP zaman sekarang. Smartphone murah tersebut hanya menggunakan port microUSB yang terbilang jadul, menawarkan penggunaan yang kurang praktis serta kecepatan yang lebih minim saat bertukar data dengan PC/laptop.

Jika menggunakan USB-C, Anda tinggal perlu mencolokkan kabel ke lubang tanpa harus repot-repot mengecek jika posisinya sudah sesuai atau belum. Inilah yang disebut dengan blind mating.

Sebenarnya, sudah ada sejumlah ponsel 1 jutaan yang sudah gunakan port USB Type-C, misalnya saja Advan G9 Pro, Advan GX, serta Infinix Note 10.

4. Pengisian Daya Mentok di 10 W, tanpa Fast Charging

Apabila Anda mengharapkan pengisian daya secepat kilat di HP ini, tampaknya harus siap-siap kecewa. Soalnya, Tecno Spark 8C memang belum menghadirkan fast charging sama sekali, hanya mendukung pengisian 5V/2A saja alias 10 W.

Dengan begitu, pengguna diekspektasikan akan mengalami durasi pengisian yang begitu panjang untuk dapat mengisi baterai hingga penuh. Untung saja baterainya memiliki ketahanan yang awet sehingga akan tahan seharian penuh dalam sekali cas saja.

Menurut pengakukan akun YouTube Teknologue, Anda dapat mengecas baterai dari 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam 50 menit, hampir tiga jam. Cukup lama, bukan? Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengecas di malam hari sebelum tidur, sehingga ponsel dalam kondisi full battery ketika bangun.

Simpulan

Lagi-lagi, Tecno membuktikan bahwa produknya bukanlah ponsel murah biasa. Di harga rilisnya yang hanya 1,5 juta, Tecno Spark 8C sudah menyuguhkan Anda laju penyegaran 90 Hz, baterai berkapasitas lega 5.000 mAh, desain yang terlihat premium, serta chipset yang disertai mikroarsitektur ARM Cortex A7x.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah HP ini tidak menyediakan fast charging, layarnya hanya beresolusikan HD+, dan port pengisiannya belum pakai USB Type-C. Ketiadaan NFC di HP ini juga jadi hal yang cukup disayangkan, walau sebenarnya tidak realistis juga mengekspektasikan fitur ini di HP 1 jutaan.

Pastinya, Tecno Spark 8C adalah ponsel yang layak dimiliki pengguna dengan kecenderungan tinggi untuk bermian gim dan berfoto-foto ria tanpa harus keluar budget banyak. Keberadaan Memory Fusion di HP ini juga menjadikannya cocok untuk pengguna dengan tuntutan produktivitas tinggi. Tertarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram