Sebelum Beli, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Vivo S1!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

7. Performa Cukup Oke

Vivo S1 dibekali dengan Mediatek Mediatek MT6768 atau Mediatek Helio P65. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 12nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core dengan dua core 2 GHz Cortex A75 dan enam core 1.7 GHz Cortex-A55. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat pengolah grafis ARM Mali-G52 2EEMC2.

Dengan spesifikasi tersebut, lantas, bagaimana performa dari Helio P65 di Vivo S1 ini? Mari simak dengan menilik nilai Antutu berikut ini.

antutu vivo s1
*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TnVXIXtweMM&t=15s

Menilik nilai Antutu dari Vivo S1, tampak kalau skornya ini bersaing dengan chipset Snapdragon 660. Karena umumnya HP dengan Snapdragon 660 juga memiliki nilai Antutu di angka 140 ribuan, seperti Redmi Note 7 contohnya.

Dengan skor 144 ribuan, Vivo S1 jelas menawarkan performa yang baik untuk kelas harganya. Bukan yang tercepat memang karena di kelas harga ini masih ada Realme 3 Pro yang dibekali Snapdragon 710 dengan performa yang lebih baik. Tetapi Helio P65 di Vivo S1 sudah terbilang oke.

Menurut Krida dari channel Youtube Teknologue, HP ini performanya tergolong oke. Sokongan RAM 4 GB membuat HP ini enak banget dan tanpa kendala. Untuk main gim juga tanpa kendala. Free Fire contohnya bisa dimainkan dengan baik tanpa drop frame dengan pengaturan grafis maksimal.

Vivo S1 juga masih bisa memainkan game Asphalt 9 dengan baik pada pengaturan grafis berat. Sementara untuk PUBG Mobile, gim ini bisa dimainkan dengan pengaturan grafis HD dengan frame rate "high". Satu kelebihan tersendiri tentunya untuk performa di HP ini.

8. Fingerprint di Bawah Layar

Vivo S1 hadir menawarkan sensor sidik jari di layar. Kehadiran sensor sidik jari di layar ini tentu menarik, mengingat jarang HP dengan harga Rp3 jutaan menawarkan fitur seperti ini. Adapun sensor sidik jari di layar pada HP ini memiliki teknologi sensor sidik jari layar optikal.

Sensor sidik jarinya juga tergolong cepat responnya. Selain itu, HP ini juga memiliki Face Unlock atau sensor pengenalan wajah yang juga sama-sama bisa diandalkan untuk membuka kunci HP.

Kekurangan Vivo S1

Ada beberapa kekurangan dari Vivo S1 ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Speaker Mono

speaker mono vivo v1
*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=DqAW4dimR3U&t=599s

Speaker dari Vivo S1 hanya menawarkan speaker dengan kualitas mono saja. Hal ini berimbas pada suara yang dihasilkan kurang terasa maksimal sehingga pengalaman mendengarkan musik jadi terasa tidak menyenangkan.

Seperti kata David dari Gadgetin, yang mengatakan kalau yang kurang asyik dari HP ini adalah kualitas speaker yang hanya mono saja. Terasa kurang asyik dan kurang nendang. Satu kekurangan tersendiri tentunya dari Vivo S1.

2. Masih Memakai Port USB

port microUSB vivo s1
*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TnVXIXtweMM&t=15s

Kekurangan lain dari HP ini ada pada bagian port microUSB. Yap, ini jadi kekurangan tersendiri mengingat ada HP lain yang harganya lebih murah sudah menawarkan port USB Type-C.

HP Vivo yang meluncur resmi di Indonesia memang selalu hadir dengan port microUSB. Tentu jika Vivo S1 ingin tampil jadi pembeda, seharusnya HP ini sudah menawarkan port USB Type-C dan bukan port microUSB.

3. Tidak Ada NFC

LAYAR VIVO S1

Vivo S1 sama seperti HP Vivo lainnya yang beredar lainnya di Indonesia, hadir tanpa fitur NFC. Fitur ini memang penting dan tak penting. Tetapi tidak sedikit orang yang memang butuh fitur NFC untuk kebutuhan cek saldo e-money atau untuk transfer data. Tentu menarik jika seandainya, Vivo S1 ini hadir dengan fitur NFC.

Simpulan

Vivo S1 merupakan HP yang tergolong menarik. Menarik, karena dengan harga Rp3 jutaan, pengguna sudah bisa mendapatkan sebuah HP dengan sensor sidik jari di layar, performa cukup oke, desain kece, dan kamera yang jempolan.

Beberapa kekurangan yang ada di Vivo S1 memang sedikit menurunkan nilai dari HP ini. Tapi tidak berpengaruh banyak, masih bisa diterima. Tertarik dengan Vivo S1 ? Silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini atau di Shopee lewat link ini.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram