carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 5G

Di penghujung April 2022, vivo telah merilis dua ponsel 5G di kelas harga menengah, yakni vivo T1 5G dan vivo T1 Pro 5G. Mengusung embel-embel huruf "T", keduanya memang dicanangkan sebagai ponsel 5G ngebut selayaknya sebuah mesin turbo.

Kali ini, Carisinyal akan membeberkan seluk-beluk mengenai vivo T1 5G yang sekaligus dianggap sebagai ponsel 5G termurah yang pernah dirilis vivo (hingga saat artikel ini ditulis).

Memiliki harga rilis mulai dari Rp2,9 jutaan, mampukah vivo T1 5G bersaing dengan raja ponsel murah Xiaomi dan realme? Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Spesifikasi vivo T1 5G

vivo T1 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo T1 5G

vivo T1 5G hadir dengan spesifikasi yang unik dan berbeda dari seri vivo lainnya. Berikut adalah beberapa poin kelebihannya.

1. Performa Dimensity 810 5G yang Ngebut

Dimensity 810

Meski HP vivo di rentang Rp2 juta umumnya tidak menawarkan performa gahar, vivo T1 5G justru berbeda. Ya, sang ponsel keluaran Tiongkok tersebut hadir dengan dapur pacu MediaTek Dimensity 810 5G yang performanya sebanding dengan Helio G96 ataupun Snapdragon 695 sekalipun.

Dimensity 810 5G sendiri cukup jarang ditemukan pada ponsel lain keluaran up to Mei 2022. Ponsel lain yang gunakan Dimensity 810 5G adalah realme 9 5G dan POCO M4 Pro 5G yang belum masuk ke Indonesia secara resmi (hingga saat artikel ini ditulis).

Jika menilik dari skor AnTuTu v9 yang dilansir dari NanoReview, kinerja Dimensity 810 5G meraih angka 374.532 poin, sebanding dengan ponsel Rp3 jutaan lain seperti POCO M4 Pro dan Redmi Note 11 Pro yang gunakan Helio G96 dengan skor 331.728 poin.

Meski punya performa yang mirip-mirip, tentu vivo T1 5G punya kelebihan dibanding dua ponsel tadi. Pasalnya, ia sudah dibekali konektivitas 5G Dual-On. Selain kencang, ponsel bisa mengaktifkan jaringan seluler 5G pada kedua SIM Card yang terpasang.

Keunggulan chipset ini bahkan terlihat dari spesifikasi prosesornya. Sebagai informasi, Dimensity 810 5G hadir dengan kombinasi dua unit performa Cortex A76 (2.4 GHz) serta enam inti hemat daya Cortex A55 (2 GHz). Clock speed-nya saja memang lebih unggul dibanding Helio G96 di angka 2.05 GHz.

Kalau dari sisi GPU, rupanya Dimensity 810 5G dan Helio G96 sama-sama gunakan Mali G57 MC2 dengan frekuensi 850 MHz. Wajar saja jika performa gim-nya mirip-mirip.

Kelebihan yang paling kentara dari Dimensity 810 5G adalah ia dibuat pada proses fabrikasi yang jauh lebih kecil yaitu 6 nanometer. Jadi, semestinya ponsel bisa mengelola daya baterai dengan jauh lebih baik dibanding Helio G96 dengan fabrikasi 12 nanometer.

Selain dapur pacu yang unggul, vivo T1 5G dibekali dengan varian RAM 4 GB atau 8 GB, dan memori internal 128 GB. Tersedia pula fitur Extended RAM yang dapat meminjam space hingga 4 GB dari memori internal untuk dijadikan RAM virtual.

Kinerja gaming HP ini sangat terbilang dahsyat di kelas harga 3 juta, bahkan kuat memainkan Genshin Impact. Bayangkan saja, vivo T1 5G (8/128 GB) sanggup meraih rata-rata frame rate 40 FPS saat berada pada mode Performance di pengaturan Lowest, sesuai pantauan GadgetIn. Walau begitu, memang terjadi throttling setelah pemakaian cukup lama.

Ini tentu jadi sebuah prestasi menakjubkan bagi vivo. Yang semula vivo senantiasa mengesampingkan performa, kini vivo T1 5G justru menjadi salah satu ponsel dengan rasio performa-ke-harga terbaik. Bahkan, sudah setara (atau bahkan bisa dibilang lebih baik) dari ponsel Xiaomi dan realme sekelasnya.

2. Layar IPS LCD yang Penuh Warna

vivo t1 5g layar_

Di tahun 2022, Anda dapat melihat sejumlah ponsel kelas menengah yang sudah hadirkan panel AMOLED. Bahkan beberapa di antaranya sekaligus juga hadirkan refresh rate tinggi. Walaupun vivo T1 5G masih gunakan panel IPS LCD, namun kualitas tampilannya tetap terbilang bagus.

vivo T1 5G sendiri hadir dengan ukuran layar yang terbilang cukup di angka 6,59 inci, tentunya sudah berada di resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan aspek rasio 20:9. Tingkat kerapatan pikselnya berada di angka 401 ppi sehingga tampilannya memang terlihat tajam.

Layar ponsel memang masih tawarkan desain waterdrop notch atau bisa disebut juga Infinity-U Design. Terbilang jadul, tapi bezelnya cukup tipis sehingga useable surface-nya pun terlihat luas, memiliki rasio layar-ke-bodi sekitar 90,6 persen.

Kendati tidak menawarkan gamut warna DCI-P3 100% seperti varian Pro-nya, namun vivo T1 5G cukup sanggup tampilkan warna yang colorful dengan gamut 96% NTSC.

Jika Anda memang tidak begitu mempermasalahkan absennya panel AMOLED, vivo T1 Pro ini termasuk salah satu ponsel dengan panel IPS LCD terbaik lho di harga 3 jutaan.

3. Baterai 5.000 mAh yang Super Awet

vivo t1 5g baterai_

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ponsel dengan panel layar IPS LCD pasti lebih boros baterai ketimbang panel AMOLED. Itu mengapa, vivo T1 5G pun dibekali dengan baterai 5.000 mAh untuk menjaganya tetap awet walau digunakan seharian.

Untungnya juga, chipset Dimensity 810 5G miliknya punya ukuran transitor 6 nm sehingga punya efisiensi daya yang sangat baik. Ketika digunakan bermain gim Mobile Legends: Bang Bang ataupun PUBG Mobile selama setengah jam, baterai pun hanya berkurang sekitar 6% (menurut pantauan GadgetIn).

Awetnya baterai HP ini turut diamini oleh video Jagat Review. Menurutnya, ponsel dapat bertahan hingga 23 jam 15 menit saat menonton video playback beresolusi 1080p secara lokal. Ini bahkan lebih awet ketimbang vivo T1 Pro 5G dengan baterai 4.700 mAh dengan durasi sekitar 22 jam.

Pada intinya, vivo T1 5G ini memiliki kemampuan baterai yang tidak berbeda jauh dengan HP lain dengan kapasitas 5.000 mAh. Mengingat vivo merupakan brand yang cenderung perhatikan sisi ergonomis bodi, takutnya ia mengorbankan sisi baterai. Untungnya, that's not the case.

4. Bodi Colorful yang Keren

vivo t1 5g desain_

Siapapun yang mengenal brand vivo pasti tahu dengan kekhasannya dalam hadirkan tampilan bodi ciamik. Baik itu vivo seri V, Y, ataupun X, pokoknya HP vivo selalu tampil cantik. No debat-debat.

Seperti yang bisa diduga, hal yang sama juga diterapkan pada vivo T1 5G ini. Di panel belakangnya tersemat bahan materai plastik polikarbonat dengan lapisan permukaan Crystalline Matte, sehingga membuatnya senantiasa bersih dari bekas sidik jari dan tidak mudah tergelosor saat di tangan.

Khusus untuk opsi warna Rainbow Fantasy pada varian reguler, bodi belakang mengusung teknologi Dynamic Color melalui teknik pelapisan kristal cair sehingga mampu tampilkan gradasi warna biru dan kemerahan saat dilihat dari sudut pandang berbeda.

Jika menginginkan warna yang tidak begitu "ramai", bisa memilih Starlight Black yang hadirkan sensasi sentuhan matte dengan tampilan yang sekilas memperlihatkan butiran bintang-bintang. Bagaikan langit di malam hari.

5. 50 MP Triple Camera yang Solid

vivo t1 5g kamera_

Sajian utama lain yang ditawarkan vivo T1 5G adalah kemampuan kameranya. Melihat dari setup lensanya, HP ini mengusung Triple Camera dengan resolusi lensa utama sebesar 50 MP.

Besaran resolusi ini bukanlah hal baru di industri smartphone, bahkan HP 2 jutaan seperti realme Narzo 50 dan Redmi Note 11 juga hadirkan resolusi yang sama.

Namun, tentu tidak cukup men-judge kemampuan fotografi HP dari resolusinya saja. Pasalnya, kualitas hasil foto vivo T1 5G memang sangat layak di harga Rp3 juta.

Spesifikasi kamera vivo T1 5G meliputi lensa wide-angle 50 MP (f/1.8) dengan focal length sebesar 26 mm dan meliputi fitur PDAF. Lensa pendampingnya merupakan kamera makro 2 MP (f/2.4) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Dilihat dari fungsinya, kamera makro bertujuan untuk tampilkan detil tajam untuk tangkapan foto close-up, dan kamera depth untuk hasilkan efek bokeh di foto (mode portrait).

Sebenarnya satu-satunya kamera yang memang fungsinya bisa diandalkan adalah lensa utama 50 MP, sisalnya bisa dikatakan sebagai ekstra saja. Toh, sebenarnya fungsi makro dan depth bisa diintegrasikan ke dalam lensa utama.

Sementara untuk kemampuan kamera depannya, menyediakan lensa selfie 16 MP dengan bukaan f/2.0. Fitur kamera di vivo T1 5G juga mencakup Dual View Video sehingga pengguna dapat merekam pakai kamera belakang dan depan di saat bersamaan.

Omong-omong perekaman video, sayangnya kamera belakang vivo T1 5G tidak dukung resolusi 4K dan hanya mentok di 1080p di frame rate 60 FPS. Sementara untuk kamera depannya, mendukung resolusi hingga 1080p 30 FPS. Simak beberapa hasil fotonya berikut ini.

hasil foto vivo T1 5GSumber: Smartprix.com
hasil foto vivo T1 5GSumber: Smartprix.com

Untuk pemotretan siang harinya, terlebih saat outdoor, hasil fotonya sungguh memuaskan. Dari segi detil dan minim noise, vivo T1 5G sudah lebih dari layak untuk menghasilkan foto memukau untuk diunggah ke Instagram.

Meski begitu, mode malamnya memang bukan yang terbaik. Dikatakan GadgetIn, kemampuan mode malam ini mengharuskan tangan Anda untuk lebih stabil agar hasil foto tidak mudah ngeblur. Hasilnya pun terbilang seadanya.

Untuk mode makro, hasilnya seperti yang bisa diharapkan. Karena lensa ini tidak memiliki autofokus, Anda harus arahkan fokusnya secara manual. Anda juga perlu berikan jarak yang pas agar hasil foto close up jadi lebih optimal.

6. Hadir dengan Liquid Cooling

vivo t1 5g liquid cooling_

Masa sih HP vivo di harga 2 hingga 3 jutaan bisa dipakai bermain gim? Tentu bisa, terlebih karena vivo T1 5G sudah dibekali dengan sistem pendingin khusus agar performa saat bermain bisa berlangsung dengan lebih lama.

Diketahui, vivo T1 5G hadirkan sitem Liquid Cooling yang melibatkan lima komponen penurun suhu sehingga bisa menurunkan temperatur ponsel hingga 10 derajat celsius.

Kinerja sistem pendingin inipun terbukti memang berhasil menjaga ponsel agar tetap dingin. Dilansir dari JagatReview, area terpanas di bagian depan bodi ponsel hanya mencapai suhu antara 36 sampai 37 derajat celsius saja setelah bermain Genshin Impact. Sedangkan, area terpanas di belakang mencapai 37 sampai 39 derajat celsius.

Depan dan belakang tidak mencapai 40 derajat celsius, yang artinya sistem pendingin di HP ini bahkan lebih baik dari varian Pro-nya. Atau, bisa jadi karena Dimensity 810 5G memang cenderung tidak mudah panas dibandingkan dengan Snapdragon 778G.

7. Memiliki Konektivitas NFC Multifunctions

vivo t1 5g nfc_

Jika Anda sering berpergian menggunakan jalan tol, pastikan smartphone yang Anda bawa memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Soalnya, fitur NFC akan sangat membuat hidup Anda lebih praktis. Anda bisa mengecek saldo eMoney dan eToll dengan hanya tempelkan kartu ke bodi vivo T1 5G.

Menariknya lagi, fitur NFC yang ada di HP ini adalah Multifunctions. Sehingga, bisa juga difungsikan untuk menyalin kredensial kartu akses pintu kantor dan apartemen modern. Alhasil jika Anda ketinggalan kartu akses saat ngantor, Anda tetap bisa membuka pintu dengan menempelkan bodi HP. Menarik, bukan?

Nyatanya tidak semua HP di harga 2 dan 3 jutaan memiliki fitur NFC, lho. Contohnya saja Infinix Zero 5G. Semakin membuat kehadiran NFC di vivo T1 5G layak diapresiasi.

Kekurangan vivo T1 5G

Terlepas dari beragam kelebihannya, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal soal vivo T1 5G yang berpotensi menjadi deal-breaker.

1. Fast Charging Cuman 18 W

vivo t1 5g fast charging_

Jika Anda sering melihat-lihat HP 2 dan 3 jutaan yang dirilis pada tahun 2022, Anda pasti sering melihat besaran daya fast charging 33 W seperti pada POCO M4 Pro, realme 9, Infinix Zero 5G, dan Redmi Note 11.

Inilah yang membuat vivo T1 5G kalah saing, karena hanya suguhkan fast charging 18 W. Otomatis, ia tentu tidak akan secepat kebanyakan pesaingnya saat mengecas baterai hingga penuh.

Port pengisian HP ini sudah USB Type-C dengan antarmuka OTG (on-the-go) sehingga dapat digunakan untuk terhubung dengan flashdisk dan HDD. Sementara untuk durasi pengecasannya, GadgetIn menyebutkan butuh waktu 2 jam 8 menit untuk isi daya dari 0% hingga 100%.

Berbeda sedikit dengan pengujian oleh Jagat Review yang mengatakan vivo T1 5G makan waktu 1 jam 56 menit untuk fully charged. Jadi secara kesimpulan, vivo T1 5G memang butuh waktu agak lama untuk dicas.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

vivo t1 5g tanpa ultrawide_

Bisa dipastikan Anda lebih butuh kamera ultrawide dibandingkan makro. Sayangnya, vivo T1 5G tidak menghadirkan lensa ultralebar sama sekali sehingga pengguna tak dapat mengambil foto pemandangan/grup secara optimal.

Alternatifnya, Anda perlu menggunakan aksesoris lensa ultralebar, atau menggunakan mode panorama jika memang jumlah subjek yang difoto terlalu banyak hingga tidak muat dalam satu frame.

Ini memang salah satu "penyakit" HP 5G di harga terjangkau, sih. Umumnya, memang perlu ada aspek yang dikorbankan agar HP 5G bisa dibanderol dengan harga murah. Dan yang sering menjadi tumbal adalah kamera ultrawide. Kalau punya dana lebih, pertimbangkan saja vivo T1 Pro 5G.

Kalau tidak mau keluarkan budget lebih tapi masih kekeuh ingin miliki HP 5G dengan kamera ultrawide, masih ada Samsung Galaxy A22 5G di harga rilis Rp3,3 juta. Meski begitu, Galaxy A22 5G hadir dengan chipset yang sedikit inferior yakni Dimensity 700.

3. Tanpa Dual Stereo Speaker dan Refresh Rate Tinggi

vivo t1 5g

Bagian atas pada bodi vivo T1 5G hanya menawarkan earpiece. Ya, bukan speaker kedua. Soalnya, vivo T1 5G memang tidak menyuguhkan stereo speaker alias masih mono. Ini pastinya bisa jadi deal-breaker bagi sebagian orang, terlebih bagi pengguna yang senang mendengarkan lagu tanpa earphone.

Oh, omong-omong soal earphone, untungnya ponsel ini masih menyuguhkan 3.5 mm jack audio port. Sebuah kabar gembira, mengingat varian Pro-nya sudah tidak lagi menyediakan port tersebut.

Kekurangan lain yang bisa dikatakan deal-breaker adalah absennya refresh rate tinggi pada layar. Ya, layar ponsel hanya mentok di 60 Hz konvensional, membuatnya jadi mirip HP jadul keluaran 2018.

Cukup unik, padahal HP dengan panel IPS LCD umumnya hadir dengan refresh rate 90 Hz. Artinya, layar tidak akan menampilkan pergerakan yang lebih mulus saat menjelajahi antarmuka ataupun bermain gim.

Simpulan

Apakah vivo T1 5G termasuk dalam jajaran HP terbaik di kelas harga menengah? Definitely yes! Kapan lagi HP vivo di harga 2 hingga 3 jutaan punya performa gegas buat bermain gim? Hadir dengan sistem pendingin khusus pula. Semakin mantap untuk bermain Genshin Impact yang terkenal suka bikin HP manapun kepanasan.

Walau cocok untuk bermain gim, vivo T1 5G tetap tidak melupakan aspek fotografi yang nyatanya terbilang cukup kece. Pakai kamera utama 50 MP, hasil foto di siang hari cukup membanggakan. Baterainya pun punya ketahanan solid meskipun dicasnya lumayan bikin kesabaran terkuras karena hanya pakai daya 18 W.

Tapi overall, ini merupakan salah satu implementasi dari "salju di gurun pasir", karena vivo T1 5G sungguh keluar dari zona nyamannya dan sudah satu level dengan the big leagues seperti Xiaomi dan realme. Tidak lagi seperti HP vivo Y series di harga 2 hingga 3 jutaan yang umumnya tidak mementingkan performa.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram