carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan kekurangan HP Vivo V20 2021

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Vivo V20 adalah ponsel yang cukup banyak diminati oleh pecinta gadget yang ekspresif, dan ingin tampil dengan lebih maksimal pada setiap unggahan selfie di Instastory. Setelah hadir dua varian lainnya seperti vivo V20 SE dan vivo V20 Pro, sekarang pasar India pun kedapatan varian baru yakni vivo V20 (2021).

Tidak banyak yang berbeda dari vivo V20 original, dijual dengan harga yang sama dan spesifikasi yang hampir tidak ada bedanya. Lantas apa uniknya vivo V20 versi 2021 ini? Kini, chipsetnya gunakan Snapdragon 730 alih-alih Snapdragon 720G. Nah, apakah worth it untuk menukar yang lama dengan versi baru ini? Simak kelebihan dan kekurangannya berikut.

Spesifikasi Vivo V20 (2021)

vivo V20

  • Layar: AMOLED 6,64 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 730
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Vivo V20 (2021)

Tentu vivo merilis kembali produk ini bukan tanpa alasan. Selain dari popularitasnya yang menjulang tinggi, ponsel ini memang perlu untuk diperbaharui agar lebih sesuai dengan selera pasar. Apa saja kelebihan dan kekurangan vivo V20 (2021) ini? Berikut adalah poin-poinnya.

1. Desain Bodi yang Compact dan Stylish

vivo v20 desain bodi belakang

Sebagai merk ponsel asal Tiongkok yang sudah punya sepak terjang yang luas, vivo makin lama makin dikenal atas desain bodinya yang stylish dan trendy. Varian warna yang tersedia tidak berbeda dengan vivo V20 yang versi 2020, masih menyediakan opsi Sunset Melody (gradasi pink dan ungu) dan Midnight Jazz (hitam).

Untuk yang versi Sunset Melody, terlihat bahwa tampilan belakangnya dapat berubah-ubah warna sesuai dari sudut mana Anda melihatnya. Memang sesuai namanya, warna ini akan mengingatkan Anda dengan suasana matahari terbenam yang indah dan memukau.

Tapi bagi Anda yang kurang menyukai hal yang begitu festive, bisa mempertimbangkan versi warna Midnight Jazz yang tidak se-hebring Sunset Melody. Warna hitamnya sungguh memesona dan memberikan kesan misterius. Vivo sendiri menyebutkan bahwa warna ini ditujukan untuk membuat penggunanya tampak lebih percaya diri.

Dan warna yang lebih kalem ini rupanya menyembunyikan satu kelebihan lain, yakni bodinya yang hanya sebesar 171 gram. Berbeda dengan Sunset Melody yang 172 gram. Barangkali untuk membuat gradasi pada bodi belakang memang memerlukan material yang lebih berat dan tebal. Tapi yang pasti, vivo sudah melakukan tugasnya dengan baik dalam sektor tampilan.

2. Layar OLED yang Cerah

vivo v20 layar

Bukankah begitu nyaman kalau Anda bisa mendapatkan tampilan layar yang tajam dan cerah dari smartphone? Inilah yang mendorong vivo untuk menghadirkan layar OLED pada vivo V20 (2021) ini. Bayangkan saja, ponsel mendukung kontras rasio 2.000.000 banding 1 sehingga mampu memberikan warna yang lebih akurat dan hidup.

Sekalipun ukurannya hanya 6,44 inci, tapi setidaknya sudah pakai resolusi Full HD Plus untuk kualitas ketajaman yang lebih sempurna. Layarnya mampu mencapai hingga tingkat kecerahan 621 nits pada mode Auto. Ini artinya, tulisan pada layar akan tetap terlihat jelas sekalipun di bawah terik sinar matahari.

3. FunTouch 11 dengan Fitur Fresh dan Minim Bloatware

vivo y51 funtouch os 11

Sistem operasi Android kini sudah mencapai versi 11. Sebagai salah satu ponsel yang dirilis pada awal tahun 2021, vivo V20 ini tentu sudah dikemas dengan Android 11 pada antarmuka FunTouch 11.

Salah satu yang sangat bisa memudahkan hidup Anda adalah fitur screen capture yang diperbaharui. Kalau biasanya Anda hanya bisa mengambil screenshot secara keseluruhan, sekarang Anda bisa melakukan seleksi wilayah mana yang mau diambil. Bentuknya pun tidak hanya persegi saja, dan fitur ini juga menghadirkan Mode Lasso.

Ada juga fitur Gaming Picture-in-Picture. Gunanya, agar pengguna bisa melakukan swipe up pakai tiga jari saat bermain game. Dan, akan muncul pilihan aplikasi yang ingin ditampilkan dalam bentuk mini window. Kini Anda tetap mampu melakukan multitasking sekali pun dibarengi bermain game.

Yang menariknya lagi, FunTouch OS 11 ini hanya punya sedikit aplikasi yang merupakan pre-installed. Alhasil isu bloatware pun bisa dihindari dan space pada memori internal bisa diinstal untuk aplikasi yang diinginkan.

4. Baterai yang Cukup Awet

vivo v20 pengurangan baterai

Vivo V20 (2021) masih sama seperti keluaran sebelumnya, dikemas dengan baterai LiPo non-removable yang berkapasitas 4.000 mAh. Terlihat kecil sih kalau dibandingkan beberapa ponsel yang sudah pakai 5.000 mAh. Tapi jangan salah, baterainya ini sungguh mampu bertahan hingga seharian dalam kondisi pemakaian normal.

Hal ini karena ponsel menggunakan layar OLED yang menampilkan True Black, tidak seperti IPS yang lampunya masih menyala saat layarnya hitam. Dengan begini, baterai HP bisa bertahan lebih lama. Jika kita tilik dari review GSM Arena pada vivo V20 original, kemampuan baterainya ini berada di endurance rating sebesar 111 jam. Dengan waktu telepon selama 40 jam. Cukup mencengangkan, bukan?

5. Fast Charging yang Kompetitif

vivo v20 fast charge

Tidak hanya baterainya saja yang bertahan lama, tapi vivo V20 (2021) juga menghadirkan fitur pengisian daya yang cepat. Perangkat ini mengusung fast charging 33W Flash Charge. Berdasarkan pengujian GSM Arena, HP dapat terisi dari kosong hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Ya, vivo V20 (2021) ini sungguh terbilang cepat untuk kelasnya. Akhirnya, tidak perlu lagi sering-sering mencari stop kontak setiap berpergian, dan Anda pun bisa lebih fokus dalam mengabadikan momen Anda tanpa harus terganggu notifikasi habis baterai. Casan 33W-nya pun sudah tersedia dalam kotak kemasan.

6. Hadir dengan NFC

vivo v20 2021 pakai nfcSumber: 99designs.com

*

Zaman yang sudah modern membutuhkan teknologi yang nyaman dan cepat. Seperti konektivitas NFC misalnya, yang dapat membantu pengguna dalam kesehariannya. Kini tidak lagi harus mengisi saldo secara manual, cukup dekatkan ponsel ke kartu atau mesin pembayaran dan saldo pun akan terisi. Tapi NFC memang sebuah luxury yang tidak semua orang bisa dapat, karena memang tidak semua HP dibekali fitur ini.

Vivo V20 (2021) rupanya tidak berbeda dengan versi originalnya soal ini. Sama-sama dikemas dengan fitur NFC, membuatnya semakin menggiurkan di mata warga yang tinggal di kota metropolitan. Sekarang buka pintu kantor ataupun apartemen bisa dilakukan melalui ponsel (setelah credential-nya disalin, tentunya). Aman, cepat, nyaman, tiga kata sifat yang Anda rasakan setelah memakai fitur NFC pada ponsel ini.

7. Kamera Depan 44 MP

vivo v20 gorilla glass

Siapa pun pasti tahu apa yang jadi senjata andalan vivo di setiap produknya. Ya, apalagi kalau bukan kamera depan? Nyatanya merk Vivo selalu kental akan kualitas foto selfie yang memukau dibanding kompetitornya. Hal ini juga tercermin dalam vivo V20 (2021) yang menghadirkan lensa 44 MP sebagai kamera selfie.

Di antara para kompetitor lainnya yang rata-rata pakai resolusi 32 MP, tentunya HP ini sangat unggul. Namun sayang, justru kamera belakangnya hanya Rear Triple Camera sementara teman-temannya sudah banyak yang pakai Quad Camera.

BGR.in mengatakan kalau Vivo V20 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya dalam hal kamera depan, mampu memperlihatkan rentang dinamis dan kontras rasio yang baik. Warna yang dihasilkannya pun cukup akurat, terlebih karena lensa juga bisa melakukan autofokus pada mata supaya hasilnya lebih tajam. Berikut kami perlihatkan sampel kamera depan dari berbagai sumber.

vivo v20 2021 selfie cam

* sumber: www.gsmarena.com

vivo v20 2021 selfie cam 2

* sumber: www.bgr.in

vivo v20 2021 selfie cam 3

* sumber: www.gsmarena.com

8. Performa yang Lebih Kencang

Snapdragon-730

Sungguh tidak banyak yang membedakan vivo V20 (2021) dengan yang versi originalnya, kecuali pada bagian chipset. Sementara versi original pakai Snapdragon 720G, keluaran terbarunya ini menggunakan Snapdragon 730.

Dari segi penomoran seharusnya Snapdragon 730 bisa meraih performa lebih gahar. Namun siapa sangka, menurut data yang didapat dari Nanoreview, terlihat kalau Snapdragon 720G dapat skor AnTuTu v8 lebih unggul ketimbang Snapdragon 730. Terlihat bahwa Snapdragon 730 mendapat skor 256589, lebih rendah dibanding Snapdragon 720G dengan skor 281340.

Tapi itu tadi merupakan perbandingan secara chipset-nya saja. Ditilik dari situs GeekBench 5 yang resmi, justru vivo V20 varian 2021 ini punya performa lebih kencang. Skornya mendapatkan angka 553 pada single core dan 1808 pada multi-core.

Sedangkan, vivo V20 original (vivo V2025) punya skor 553 pada single core dan 1667 pada multi-core. Ini artinya, secara pengujian multi-core, vivo V20 (2021) yang punya nama model V2040 ternyata lebih unggul.

Perbedaan benchmark ini tidak bisa dianggap representasi yang 100% akurat untuk menggambarkan performa di dunia nyata. Besar kemungkinan, Anda tidak akan merasakan perbedaan FPS yang signifikan saat bermain game. Tapi hal ini tetap perlu dianggap sebagai kekurangan.

Kekurangan Vivo V20 (2021)

Bagaimanapun juga, fans tidak dapat mengelak kalau vivo V20 versi 2021 ini tetap punya beberapa kekurangan, yakni sebagai berikut.

1. Hanya Punya Refresh Rate 60 Hz

vivo v20 bodi ramping

Lagi-lagi tidak berbeda dengan versi originalnya, vivo V20 keluaran 2021 ini juga tidak menghadirkan opsi laju penyegaran tinggi yang dapat memaksimalkan tampilan layar. Di rentang harganya yang Rp4 jutaan dan hampir mencapai harga Rp5 juta, kami harus bandingkan dengan salah satu kompetitornya yakni OPPO Reno5 yang sudah pakai laju penyegaran 90 Hz.

Kendati kalah saing, tapi sebenarnya ketiadaan refresh rate tinggi ini bukan yang harus dikeluhkan juga. Sebab, perangkat mengemas panel OLED dengan kualitas layar yang bagus. Beberapa orang bahkan lebih menyukai panel OLED 60 Hz ketimbang IPS LCD 90 Hz.

2. Kualitas Speaker Agak Mengecewakan

vivo v20 kamera belakang

Siapa pun pasti ingin punya HP dengan kualitas speaker bagus, walaupun lebih suka menggunakan earphone setiap saat. Untuk vivo V20 (2021) sendiri, speaker yang bisa dinikmati adalah single speaker. Ya, memang belum menyediakan speaker ganda atau stereo. Sebenarnya tidak masalah, karena sebagian ponsel di segmen manapun memang tidak selalu terfokus pada speaker ganda.

Yang jadi masalah adalah, speaker vivo V20 (2021) tidak mampu memberikan kualitas bass yang baik. Hal ini turut diungkapkan oleh GSM Arena yang mengatakan bahwa bass-nya bahkan tidak terasa sama sekali sekalipun suara vokalnya masih terdengar jernih. Untuk HP seharga mid range, seharusnya sih vivo bisa lebih memerhatikan lagi pada kualitas speaker supaya tidak kalah saing dengan ponsel lainnya.

Kita hidup di era digital di mana kegiatan menonton film atau TV series dilakukan pada ponsel, sungguh sayang vivo tidak memanfaatkan momen ini untuk mengemas speaker yang baik.

Simpulan

Vivo V20 versi 2021 ini merupakan handset yang tidak bisa diremehkan. Berbekal chipset yang cukup powerful, juga dengan ketahanan baterai cukup awet dan kehadiran panel layar OLED, penggunanya di pasar India akan merasakan pengalaman yang baik selayaknya ponsel mid-range.

Tapi bagi yang sudah beli vivo V20 versi original, saran kami sih sebaiknya tidak perlu ganti ke yang versi 2021. Soalnya dari segi performa, nampaknya tidak akan begitu terasa perbedaannya antara Snapdragon 720G dan 730.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram