Carisinyal / Vivo 2020 / Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X50 Ini!

Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X50 Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda sudah tidak sabar menanti kehadiran vivo seri X di Indonesia? Penantian Anda kini terjawab sudah, karena vivo X50 kini hadir di Indonesia.

Vivo memang termasuk salah satu merk HP yang sibuk-sibuknya mengeluarkan ponsel baru di 2020, seperti vivo Y50, vivo Y30, dan vivo Y12i. Sekarang waktunya seri vivo X50 yang unjuk gigi dengan menunjukkan kebolehannya di bidang kamera dan juga berbagai parameter lainnya.

Sebelumnya kami telah memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan vivo X50 Pro. Kini giliran vivo X50 varian biasa yang memang tidak menghadirkan spesifikasi secanggih “kakak”-nya. Nah, kira-kira worth it tidak ya membeli vivo X50 ketimbang varian Pro-nya? Simak kelebihan dan kekurangan vivo X50 berikut.

Spesifikasi vivo X50

vivo X50
  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: AMOLED, 6,53 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
  • GPU: Adreno 620
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 8 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Kelebihan vivo X50

Sudah siap menyaksikan betapa hebatnya vivo X50? Berikut kami sajikan beberapa poin kelebihan ponsel canggih seharga Rp6 jutaan ini, mulai dari kamera hingga desainnya.

1. Kamera

kamera vivo x50

Salah satu kelebihan dari vivo X50 sebagai ponsel di segmen harga menengah ke atas tentu saja adalah kameranya. Berbekal kombinasi quad camera yang mumpuni, Anda bisa menangkap keindahan objek dengan detil yang bagus bahkan pada saat malam hari sekalipun.

Kamera-kameranya ini terdiri dari kamera utama berkekuatan 48 MP, kamera potret 13 MP, sensor ultra lebar 8 MP, serta kamera makro 5 MP. Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti dual LED Flash, HDR, dan juga mode panorama.

Lensa potretnya bisa dipakai zoom lossless sebanyak 2 kali. Cukup sayang ia tidak dihadirkan lensa periskop yang bisa dipakai zoom optik 5x seperti varian Pro-nya, tapi hal ini wajar mengingat harga vivo X50 yang lebih murah. Masih berbicara soal zoom, vivo X50 juga memadukan lensa ini dengan algoritma khusus yang membuatnya mampu melakukan zoom digital hingga 20x.

Di sisi lain, vivo X50 juga bisa Anda gunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p dan juga 4K. Menarik, bukan? Tidak lupa, vivo X50 yang mengandalkan sensor IMX598 ini juga sudah dilengkapi OIS gyro.

Bagi pecinta selfie juga tak akan dikecewakan dengan ponsel ini, karena vivo X50 sudah hadir dengan sensor kamera 32 MP yang ditampilkan berupa punch-hole di sisi kiri atas.

Fitur-fitur menariknya pun turut hadir. Misalnya seperti 3D Sound Tracking yang dapat memfokuskan sumber suara ke satu objek tertentu, serta Smart Zoom yang bisa membuat objek tetap berada di tengah. Penasaran dengan hasil tangkapan kamera vivo X50? Berikut kami sajikan beberapa sampel yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Extreme Night Vision, untuk kondisi pencahayaan yang tidak dapat ter-cover oleh mode malam biasa. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FOYA7CCweXE (GadgetIn)

Super Macro vivo X50 *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FOYA7CCweXE (GadgetIn)

Kamera utama vivo X50. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FOYA7CCweXE (GadgetIn)

Mode malam vivo X50 * sumber: www.gsmarena.com

Kamera ultra lebar vivo x50 * sumber: www.gsmarena.com

Kamera utama vivo X50 * sumber: www.gsmarena.com

Seperti yang bisa terlihat di atas, memang tidak salah memercayakan urusan fotografi pada vivo X50. Baik saat memotret pencahayaan normal maupun malam hari, ponsel mid-range ini mampu menangkap pemandangan dengan detil yang terjaga dan ketajaman yang jelas, begitu pun dengan ultra lebar dan lensa makronya.

2. Layar FHD+ AMOLED

vivo x50 dimensi bodi

Berbicara soal ponsel, tentu Anda menginginkan layar yang cocok dipakai menonton film seharian dengan immersion yang tinggi. Nah, keinginan Anda terjawabkan dengan tuntas oleh vivo X50 yang menghadirkan layar beresolusikan Full HD+, serta memiliki panel AMOLED yang dijamin cerah.

Layarnya yang berukuran 6,56 inci ini pun juga telah dibekali standar lisensi HDR10+ sehingga benar-benar menghadirkan kontras cahaya dan warna yang sangat tinggi. Seolah tidak cukup, layar vivo X50 juga dibalutkan dengan standar DCI-P3 color gamut, memiliki tingkat maksimal kecerahan 1300 nit, dan juga rasio kontras 6.000.000:1.

Ini benar-benar layar yang bisa membuat siapapun terpukau berkat tampilannya yang berkualitas, tajam, dan nyaman di mata. Tidak salah kalau vivo X50 dinobatkan sebagai salah satu ponsel mid-range dengan tampilan layar terbaik.

3. Refresh Rate 90 Hz

vivo x50 laju penyegaran

* sumber: media.skyegrid.id

Masih berbicara soal layar, vivo X50 tidak hanya unggul di segi kecerahan ataupun ketajaman layarnya saja. Pasalnya, ponsel vivo X50 yang berada di harga Rp6-jutaan ini pun sudah dibekali dengan laju penyegaran 90 Hz serta sample rate sebesar 180 Hz.

Laju penyegarannya ini lebih tinggi ketimbang ponsel biasa yang hanya menghadirkan 60 Hz. Artinya, setiap pergerakan yang terpampang di layar akan terlihat lebih mulus. Sampel rate 180 Hz miliknya juga mampu membuat layar menangkap respon sentuhan lebih cepat, cocok untuk bermain game tembak-tembakkan secara kompetitif.

4. Daya Tahan Baterai Awet

vivo x50

* sumber: media.skyegrid.id

Jika Anda memang ingin bermain mobile games dengan durasi yang begitu panjang, baterai vivo X50 sudah sangat memadai untuk menunjang keinginan tersebut. Ponsel vivo yang satu ini menghadirkan baterai berkapasitas jumbo, yakni sebesar 4.200 mAh.


Angka ini merupakan yang paling besar di antara ponsel-ponsel lain dengan rentang harga yang sama, dan Anda pun dipastikan dapat menjalankan berbagai aktivitas pada vivo X50 seperti menelepon, menonton video, dan bermain game tanpa takut terganggu notifikasi low-batt.

5. Fast Charging 33W

vivo x50 baterai

vivo X50 tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang awet, melainkan juga dihadirkan dengan kemampuan fast chargingTidak nanggung-nanggung, vivo X50 ini telah dibekali dengan casan bertenagakan 11V/3A dari boksnya.

Situs vivo sendiri mengklaim kalau fast charging 33 W pada vivo X50 mampu mengisi daya ponsel dari 0% hingga 58% selama 30 menit durasi pengisian. Berkat dukungan pengisian daya cepat bertajuk FlashCharge 2.0 miliknya, Anda pun tidak perlu bersabar agar bisa langsung menggunakan ponsel kembali setelah habis baterai.

6. Desain Ramping yang Terlihat Premium

vivo x50 (2)

* sumber: media.skyegrid.id

Satu kelebihan yang langsung kelihatan dari luar adalah desain bodinya yang sungguh terlihat premium. Material bodi belakangnya terdiri dari kaca dan memiliki tekstur matte, sehingga selain membuatnya terlihat mewah juga menjadikan ponsel seharga 6 jutaan ini terasa nyaman saat digenggam.

Di sisi lain, vivo X50 juga menghadirkan dua varian warna yang bisa dipilih sesuai selera, yakni Glaze Black dan Frost Blue. Memiliki bobot sebesar 173 gram, ponsel ini pun terbilang cukup ringan, terutama jika dibandingkan dengan varian Pro-nya yang sebesar 181.5 gram.

Kekurangan vivo X50

Jika kelebihan-kelebihan vivo X50 membuat Anda tertarik untuk memilikinya, jangan lewatkan juga beberapa kekurangan di bawah ini supaya Anda lebih yakin.

1. Memori Internal Kurang Besar

vivo x50 (4)

Bagi Anda yang ingin menginstal banyak aplikasi tentu tidak dapat melakukannya jika memori internal kehabisan ruang. Sayang, vivo X50 ini hanya menghadirkan ukuran penyimpanan internal sebesar 128 GB saja. Sebagian orang mungkin merasa sudah puas dengan kapasitas ini. Toh, 128 GB juga bukan angka yang kecil-kecil amat.

Masalahnya terlihat saat HP ini dibandingkan dengan ponsel lain di rentang harga mid-range atau menengah ke atas. Cukup banyak ponsel pesaing yang sudah menghadirkan kapasitas 256 GB, contohnya saja seperti Xiaomi Black Shark 2 Pro, OPPO Reno2, dan masih banyak lagi.

Memori internal 128 GB milik vivo X50 juga disandingkan dengan RAM sebesar 8 GB. Memori internalnya ini juga berjalan pada teknologi UFS 2.1, dan tidak menyediakan dukungan terhadap memori eksternal.

2. Chipset Kurang Bersaing

Snapdragon-730

Biasanya, salah satu alasan utama seseorang menilai ponsel adalah dari performa gaming-nya. Nah, vivo X50 sendiri telah dibekali dengan chipset Snapdragon 730 yang dibuat dengan manufaktur 8 nm.

Chipset ini dihadirkan dengan prosesor 8 inti yang terdiri dari 2 inti Kryo 470 Gold berkekuatan 2,2 GHz serta 6 inti Kryo 470 Silver yang memiliki clock speed 1,8 GHz. Tidak lupa, chipset ini pun dilengkapi dengan pengolah grafis Adreno 618.

Yang menjadi pertanyaan, apakah vivo X50 memiliki performa yang layak untuk harga 6 jutaan yang ditawarkannya? Jawabannya mungkin akan sedikit mengecewakan Anda. Soalnya, rata-rata ponsel seharga ini sudah dibekali dengan chipset lebih unggul seperti Snapdragon 765 atau bahkan sudah Snapdragon seri 8.

Misalnya saja seperti Xiaomi Black Shark 2 yang sudah menghadirkan Snapdragon 855, Xiaomi Mi 8 dengan Snapdragon 845, dan masih banyak lagi. Sekarang, coba Anda perhatikan hasil benchmark AnTuTu v8 dari vivo X50 ini.

Video GadgetIn menyatakan kalau vivo X50 ini mampu meraih skor sebesar 243498 saja. Angka ini sesungguhnya masih terbilang kurang untuk vivo X50 yang berada di harga Rp6 jutaan.

Di harga yang sama ada pula Xiaomi Poco F2 Pro yang memiliki chipset Snapdragon 865. Berdasarkan perbandingan Nanoreview, dikatakan bahwa Snapdragon 865 meraih skor AnTuTu v8 sebesar 422.027 atau sekitar 69% lebih unggul ketimbang 730. Artinya, Anda sebenarnya bisa mendapatkan ponsel yang jauh lebih bertenaga dengan mengeluarkan biaya yang sama besarnya.

Meski begitu, bagi Anda yang ingin memainkan game PUBG M di vivo X50, Anda sudah bisa memainkannya dengan pengaturan Smooth (rata kiri) dengan pengaturan grafis Extreme atau yang tertinggi. Sedangkan untuk pengaturan grafis HD, Anda bisa menyetel frame rate di pengaturan High.

3. Tidak Memiliki Gimbal OIS

vivo x50 (5)

Satu lagi yang menjadi kekurangan bagi vivo X50. Seri yang sangat dielu-elukan berkat kemampuan kameranya hanya menghadirkan fitur gimbal OIS pada varian Pro-nya saja.

Padahal, salah satu daya tarik utama yang membuat seri ini unik adalah gimbal OIS-nya. Gimbal ini berfungsi untuk menstabilkan pengambilan gambar dan video agar hasilnya tidak buram dan tidak goyang-goyang. Fitur ini tentu saja lebih unggul dari fitur OIS tradisional yang dimiliki vivo X50.

Walau begitu, fitur OIS pada vivo X50 tetap terbilang lebih unggul dari HP biasa karena masih dihadirkan dengan 4-axis Ultra Stabilization.

4. Hanya Menghadirkan Mono Speaker

vivo x50 speaker

* sumber: media.skyegrid.id

Kualitas suara dari speaker juga cukup berpengaruh dalam menentukan value suatu ponsel. vivo X50, terlepas dari berbagai kelebihannya yang unggul, rupanya tidak menghadirkan dual stereo speaker yang dapat menghasilkan suara lebih immersive.

Ya, hanya ada satu speaker yang tersedia pada vivo X50. Cukup sayang mengingat vivo X50 bukanlah ponsel murah dan seharusnya sudah menyediakan stereo speaker. Terlebih lagi karena vivo X50 tidak menghadirkan 3.5mm jack audio port.

Walau begitu, vivo X50 diklaim mampu memberikan kualitas suara yang baik berkat sertifikasi Hi-Res yang dimilikinya. Serta, di dalam boksnya sudah tersedia sebuah earphone XE 160 dan juga adapter.

Simpulan

Itu tadi kelebihan dan kekurangan vivo X50 yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli. Tidak banyak ponsel kelas menengah yang berfokuskan pada stabilisasi kamera, inilah yang membuat ponsel tersebut cukup unik.

vivo X50 dengan chipsetnya yang kurang begitu bertenaga, memang lebih pantas dipakai sebagai sarana fotografi. Hasil gambar yang ditangkap sangat bagus, dan bisa dipakai untuk memotret dalam gelap juga.

Kalau memang butuh varian HP ini yang memiliki fitur gimbal, Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai vivo X50 Pro melalui artikel ini. Di sisi lain, Anda pun bisa membandingkan keduanya secara langsung melalui artikel perbedaan vivo X50 dan vivo X50 Pro yang sudah kami sajikan untuk Anda.

Yang pasti, kehadiran seri X dari vivo di Indonesia memang sudah lama dinanti-nanti. Kini Anda pun bisa membeli ponsel canggih ini seharga Rp6.999.000,- melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *