Yuk, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan vivo X60!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo untuk kali kedua mendatangkan smartphone kelas atasnya ke Indonesia. Momen itu terjadi pada 8 April 2021, ketika vivo memboyong dua ponsel X60 Series 5G. Salah satu dari dua ponsel tersebut adalah vivo X60 yang dirilis dengan SRP Rp7.999.000 (8/128 GB).

Jika melihat label harganya, vivo X60 tentu saja diposisikan di bawah vivo X60 Pro yang dibanderol Rp9,99 juta. Walau dari segi harga berbeda, keduanya sama-sama memakai chipset premium Snapdragon 870. Karena itu, performa yang ditawarkan tentu bakal mirip.

Bahkan Anda bisa jadi diuntungkan jika memilih vivo X60. Hal ini karena harga jual si ponsel yang lebih miring ketimbang X60 Pro. Namun, potensi keuntungan tersebut mesti dibuktikan dengan membedah kelebihan dan kekurangan vivo X60 dari berbagai sisi.

Carisinyal pun telah menyiapkan ulasan kelebihan dan kekurangan vivo X60 yang sebentar lagi bakal Anda nikmati dalam artikel ini. Anda bisa menyimak spesifikasi umum vivo X60 berikut sebelum menyimak pembahasan inti.

Spesifikasi vivo X60

Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo X60

Setelah menilik dari spesifikasinya, Anda mungkin penasaran dengan keunggulan yang disuguhkan oleh vivo X60. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita selisik beberapa kelebihannya di bawah ini.

1. Desain Cantik

Desain yang dibawa vivo X60 memang tidak jauh berbeda ketimbang si pendahulu, vivo X50. Faktor pembeda yang terlihat dari sekilas tatapan hanya soal penempatan kamera depan dan formasi kamera belakang.

Lubang kamera depan X60 kini ada atas tengah, sebelumnya X50 ada di pojok kiri atas. Sedangkan formasi kamera belakang vivo X60 tersusun atas satu lensa besar diikuti dua lensa kecil di bawah dan lampu flash. Seluruhnya berkumpul dalam sebuah modul.

Adapun vivo X50 memakai susunan lensa kamera belakang vertikal, dengan lampu flash di luar modul. Di sisi lain, meski secara desain tak banyak berubah, vivo X60 tetap saja punya penampilan yang cantik. Kecantikannya terlihat dari penutup belakangnya yang memakai material Gorilla Glass 6 yang dipoles khusus agar anti-silau.

vivo menyebut polesan itu dengan istilah Satin Finish. Polesan ini jelas memberi kesan premium sekaligus membuat ponsel minim bercak tangan. Bahkan vivo X60 kian cantik karena bodinya lebih singset daripada vivo X50.

Sebab, ponsel dengan berat 176 g ini punya dimensi 159,63 x 75,01 x 7,36 mm (varian warna Midnight Black). Data dimensi tersebut menandakan bahwa vivo X60 sangat tipis dan ringan. Anda akan sulit menemukan ponsel flagship resmi lain yang lebih tipis ketimbang vivo X60.

2. Tampilan Ciamik

Bentang layar 6,56 inci berpanel AMOLED mengisi sektor tampilan vivo X60. Layar dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2376 piksel) tersebut juga kuat karena diproteksi Gorilla Glass 6. Di atas kertas, layar ponsel ini sangat baik dalam merespons sentuhan dan menampilkan konten.

Sebab, touch sampling-nya mencapai 240 Hz (sesuai standar ponsel gaming) dengan laju penyegaran (refresh rate) 120 Hz, apalagi kedalaman warnanya dijamin sip berkat sertifikasi HDR10+.

Bodhisatwa Ray dari Tech Radar menyebut bahwa layar vivo X50 bisa memproduksi warna yang hidup, karena rasio kontrasnya menyentuh 6.000.000:1. Menurut Ray, warna hitam bisa dimunculkan dengan sempurna dari layar ponsel ini. Begitu juga dengan warna-warna cerah.

Akurasi warnanya tidak pudar kendati ponsel dipakai di luar ruangan. Kata Ray, layarnya pun bisa mengidentifikasi warna dengan baik ketika jadi view finder untuk membidik gambar. Pengalaman menyenangkan saat melihat layar vivo X60 juga disampaikan Nitansh Rastogi dari 91 Mobiles.

Rastogi mengaku sangat senang memakai layar ponsel ini untuk menonton YouTube dan menyaksikan film secara maraton (binge-watching). Adapun layar vivo X60 sudah mendukung Widevine L1, sehingga bisa memutar film beresolusi tinggi di Netflix. Selain itu, sensor pemindai sidik jari di dalamnya yang dapat Anda andalkan untuk pengamanan ponsel.

3. Performa Bagus

Anda mungkin sudah tahu profil dari chipset Snapdragon 870 yang mengotaki vivo X60. Ya, SoC yang dibikin dengan proses fabrikasi 7 nm ini sejatinya adalah chipset flagship 2020, yakni Snapdragon 865+.

Namun, Snapdragon 870 mendapat suntikan clockspeed yang lebih tinggi, sebesar 3,2 GHz, pada satu core kencangnya yang bernama Kryo 585 Prime. Adapun Kryo 585 dirancang dengan arsitektur modern Cortex A77.

Selain core kencang Kryo 585 Prime, Snapdragon 870 membawa serta tiga core medium (Kryo 585 Gold: 2,42 GHz) dan empat core irit daya (Kryo 585 Silver: 1,8 GHz). Ada juga prosesor grafis bernama Adreno 650 yang melaju di kecepatan 670 MHz, dan modem 5G terintegrasi.

Berkat chipset delapan inti ini, vivo X60 performanya bisa ngebut. Berdasarkan pengalaman Nitansh Rastogi, si ponsel tak mengalami kendala semacam lag (HP bengong) atau stutter (tersendat-sendat), ketika menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi selanjutnya juga cepat. Kelancaran dalam membuka banyak aplikasi ini juga disebabkan oleh RAM 8 GB-nya yang besar. RAM 8 GB itu bisa menjelma menjadi 11 GB karena vivo membenamkan teknologi extended memory.

Teknologi ini memungkinkan sebagian ruang dalam memori internal UFS 3.1 yang ada di vivo X60 diubah fungsinya sebagai RAM. vivo mengklaim extended memory bisa membuat vivo X60 tetap lancar membuka 20 aplikasi sekaligus.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram