carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Pro

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 26 Oktober 2021

Seri X dari vivo selalu menghadirkan smartphone yang menarik yang fokus pada kekuatan kamera. Mereka melakukannya ketika menghadirkan seri vivo X50 di 2020 yang terdiri dari vivo X50, X50 Pro, dan X50 Pro Plus. Di Indonesia, vivo X50 dan vivo X50 Pro masuk secara resmi.

Di 2021, hadir pula penerusnya yakni vivo X60, vivo X60 Pro, dan X60 Pro Plus. Yang masuk resmi ke Indonesia, lagi-lagi hanya ada dua. Seri Pro Plus tidak serta masuk resmi ke Indonesia.

Masih di tahun yang sama, vivo menghadirkan vivo X70, X70 Pro, dan X70 Pro Plus. Seri ini hadir kisaran 6 bulan setelah seri vivo X60 rilis. Namun, vivo Indonesia hanya membawa satu seri secara resmi ke Indonesia, vivo X70 Pro.

vivo X70 Pro membawa energi yang sama dengan vivo X60 Pro. Tapi tentu saja ada beberapa perbedaan spesifikasi dan desain yang membuat vivo X70 Pro punya keunikan tersendiri. Di Indonesia, harga vivo X70 Pro lebih mahal dibandingkan vivo X60 Pro.

Lantas, apa yang menarik dari vivo X70 Pro? Simak saja langsung detailnya pada pembahasan kelebihan dan kekurangan vivo X70 Pro berikut ini.

Spesifikasi vivo X70 Pro

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Pro 1
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Mediatek Dimensity 1200
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4450 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo X70 Pro

Poin kelebihan adalah sektor yang tentu saja jadi paling menonjol dari vivo X70 Pro. Karena itu, langsung saja simak beberapa kelebihan vivo X70 Pro yang bisa jadi bakal menarik perhatian Anda sebagai konsumen.

1. Desain Atraktif dan Ringan

vivo X7 Pro

Bahasa desain yang dianut vivo X70 Pro cenderung mirip dengan vivo X60 Pro dan vivo X50 Pro. Hanya saja, vivo X70 Pro lebih menawarkan desain yang menunjukan kalau ponsel ini adalah ponsel kelas atas.

Hal tersebut ditunjukan dengan desainnya yang atraktif, terlebih lebih ringan, dan tentu saja nyaman di tengan. Desainnya yang menampung layar 6,5 inci cenderung kompak dan cukup mudah digenggam tangan karena bobotnya hanya 183 gram.

Hal yang harus dipahami, di era saat ini, ukuran layar ponsel 6,5 inci adalah ukuran layar yang standar yang tampak jadi lebih umum. Tentu saja era ponsel di bawah 5,5 inci sudah ketinggalan zaman. Bahkan, sangat sedikit ponsel dengan layar di bawah 6 inci.

Soal desainnya ini bisa dibilang menarik. GSMArena mengatakan bahwa ponsel ini punya tampilan desain yang premium dan ringan. Sayangnya, pada bagian layarnya, tidak ada keterangan pelindung, bahkan pelindung Gorilla Glass 6 seperti yang tersemat di layar ponsel vivo X60 Pro.

Soal kaca, sebenarnya vivo X70 Pro punya bahan desain mirip kaca. Bahan tersebut disebut AG Glass yang punya permukaan halus. Selain itu, berkat permukaan kaca ini, tidak bakal ditemukan sidik jari menempel yang membuat desain bodi belakang punya “jejak jari” keringan tangan.

Satu hal lain yang menarik dari desainnya adalah modul desain kameranya. Model desain kamera ponsel ini punya bentuk persegi panjang dengan warna hitam yang tegas. Hal ini seolah-olah memberi tahu kalaumemang sektor kamera yang jadi nilai jual utama dari ponsel ini.

2. Layar OLED yang Sangat Cerah

vivo X7 Pro

Layar di vivo X70 Pro punya peningkatan signifikan dibandingkan vivo X60 Pro. Betapa tidak, layar ponsel ini digarap serius oleh vivo. Mengandalkan teknologi layar Samsung E5 AMOLED, layar ponsel ini memberikan kecerahan dan efisiensi daya yang baik.

Sebagai catatan, layar E5 AMOLED di vivo X70 Pro ini merupakan panel layar yang diproses dari manufaktur layar standar LTPS TFT. Berkat teknologi ini, layar vivo X70 Pro punya 10 bit panel dan dapat memvisualisasikan 1 miliar warna dengan baik.

Layar dengan dimensi 6,5 inci 1080 x 2376 piksel ini juga menawarkan tampilan layar yang cerah. Bahkan, kecerahan layarnya bisa mencapai 1.300 nits. Selain itu, layar vivo X60 Pro menawarkan fitur HDR10+ dan juga refresh rate 120 Hz. Tidak ketinggalan, layarnya juga sudah mendukung touch sampling rate 240 Hz

Sebenarnya fitur-fitur tersebut bisa dibilang tidak terlalu spesial. Pasalnya, fitur-fitur tersebut agak mirip dengan fitur di layar vivo X60 Pro. Termasuk kehadiran sertifikasi SGS Eye Care dan SGS Seamless yang menjamin layar ponsel ini aman untuk mata, karena radiasi cahaya biru sudah diminimalkan hingga kurang dari 7,5 persen.

3. Performa Tak Mengecewakan

vivo X7 Pro

Sama seperti seri sebelumnya, vivo membenamkan chip yang berbeda untuk X70 Pro versi yang dijual di Tiongkok dengan yang dijual di internasional. Di vivo X60 Pro, vivo membenamkan Qualcomm Snapdragon 870 untuk versi global atau internasional. Sementara untuk Tiongkok, vivo X70 Pro dijual dengan chipset 5 nm Exynos 1080 dari Samsung.

Chipset Exynos 1080 masih dibenamkan di vivo X70 Pro untuk Tiongkok. Namun, untuk global, bukan Snapdragon 870 yang digunakan. vivo X70 Pro versi global memakai chipset Mediatek Dimensity 1200 5G. Chipset ini merupakan chipset yang berbasis fabrikasi 6 nm dengan kode MediaTek MT6893.

Penggunaan Mediatek Dimensity 1200 5G membuat performa vivo X70 Pro mampu menawarkan performa yang terbilang oke bahkan bagus di kelas harganya. Bahkan, nilai Antutu yang didapatkan diklaim mencapai angka 700 ribuan, tepatnya 720.491

Antutu vivo X7 Pro

Angka tersebut sebenarnya cukup tinggil Beberapa pengujian menunjukan jika nilai Antutu vivo X70 Pro ada di bawah 700 ribuan. GSMArena contohnya menyatkan jika berdasarkan AnTuTu 9, angkanya ada di 694.499. Sementara 91mobiles mencatatkan angka AnTuTu 9 di 675.722.

Angka ini bersaing dengan vivo X60 Pro, yang dalam pengujian AnTuTu 9 meraih angka 720 ribuan. Angka yang cukup kompetitif sebenarnya. Namun, apakah performanya tidak lebih baik dari vivo X60 Pro yang memakai Snapdragon 870? Tentu saja tidak.

Berdasarkan pengujian dari 91mobiles, vivo X70 Pro mampu mengerjakan berbagai tugas dengan baik. Pekerjaan berat seperti gim intensif yang menyedot resource GPU, menjalankan banyak aplikasi berat dan beralih di antara keduanya, mengoperasikan layar terpisah, atau bahkan pengeditan video 4K amatir pada perangkat ditangani dengan baik.

Yang menarik, kinerja vivo X70 Pro masih bisa mempertahankan 75 persen kinerja puncaknya setelah 30 menit pemakaian. Performa yang benar-benar menarik.

Namun, GSMArena punya pandangan sendiri. Menurut mereka, vivo X70 Pro bukan tandingan yang setara dengan ponsel lain di kelas harga yang sama. Penggunaan chipset

Menurut mereka, vivo X60 Pro yang dibekali Snapdragon 870 punya kinerja yang lebih baik di semua skenario pengujian. Tentu ini juga bukan sebuah hal yang mutlak karena tim GSMArena juga menguji perangkat lain yang memakai Dimensity 1200 dan hasilnya malah lebih baik.

Bisa dikatakan jika vivo X70 Pro punya potensi besar dalam hal performa. Sayangnya, optimasi software tampaknya perlu dilakukan lebih lanjut oleh vivo, teutama menyangkut antarmuka mereka, FunTouch OS.

4. Daya Tahan Baterai Oke

vivo X7 Pro

Baterai pada vivo X70 Pro hanyalah 4.450 mAh. Namun, baterai ini tidak sekecil angka yang ditawarkannya. Baterainya tergolong cukup oke. Kalau menurut 91mobiles, daya tahan baterai vivo X70 Pro masih tergolong rata-rata. Namun, GSMArena punya pandangan lain. Berdasarkan pengujian yang mereka lakukan, vivo X70 Pro ini mendapat skor endurance rating yang baik.

tes baterai vivo X7 Pro

Waktu bicara yang mencapai 123 jam, internetan sampai 18 jam, dan video playback mencapai 20 jam lebih adalah hasil yang tergolong bagus. Endurance rating mereka mencapai 123h. Sementara vivo X60 Pro ada di endurance rating 77h, jauh tertinggal.

Menurut GSMArena, vivo X70 Pro menawarkan peningkatan besar dalam masa pakai baterai dibandingkan dengan vivo X60 Pro. Bisa jadi hal ini disebabkan karena vivo X70 Pro memakai panel E5 AMOLED yang lebih efisien dari panel punya Samsung. Selain itu, hadirnya chipset baru, dan peningkatan kecil pada kapasitas baterai (naik 4.450 mAh dari 4.200 mAh) cukup punya kontribusi pada skor daya tahan keseluruhan 123 jam yang mengesankan.

5. Pengisian Cepat 44 watt

vivo X7 Pro

Selain daya tahan baterai yang baik, vivo X70 Pro punya kemampuan pengisian yang tergolong cepat. Berkat teknologi 44w FlashCharge, ponsel ini dapat terisi penuh hanya dalam satu jam saja. Hal tersebut sesuai dengan percobaan yang dilakukan GSMArena. Pengisian dalam waktu 30 menit, ternyata didapatkan daya sebesar 64%. Sementara untuk penuh, dibutuhkan satu jam saja.

6. vivo, Zeiss, dan Teknologi Gimbal Stabilization 3.0

vivo X7 Pro

Kamera adalah sektor yang menyita perhatian dari vivo X70 Pro. Hal ini karena vivo melakukan hal yang sama di vivo X60 Pro. Kamera ini jadi sektor paling menjual di seri X punya vivo. Apalagi ada teknologi yang dinamakan Gimbal Stabilization.

Di vivo X60 Pro, yang digunakan adalah stabilisasi gimbal generasi kedua yang punya teknologi pixel shift, dan lensa Zeiss. Sistem stabilisasi optik berbasis gimbal diklaim mampu 3 kali lebih baik daripada OIS biasa dalam meredam guncangan vertikal maupun horizontal.

Di vivo X70 Pro, Gimbal Stabilization yang digunakan adalah generasi ketiga. Teknologi ini bekerja dalam 5 sumbu yang didukung dengan algoritma EIS atau electronic image stabilization.

Terutama karena adanya sistem stabilisasi gimbal generasi kedua, teknologi pixel shift, dan lensa Zeiss. Sistem stabilisasi optik berbasis gimbal diklaim mampu 3 kali lebih baik daripada OIS biasa dalam meredam guncangan vertikal maupun horizontal.

Teknologi Gimbal ini terdapat di kamera utamanya yang punya sensor 50MP dengan mode standar 12,5 MP. Sensor yang digunakan adalah Sony IMX766V yang telah disesuaikan oleh Sony khusus untuk vivo. Selain kamera 50MP, vivo juga hadirkan tiga kamera lainnya, yakni kamera 8 MP periscope telefoto, kamera 12 MP telefoto, dan kamera 12 MP ultrawide.

Sama seperti generasi sebelumnya, vivo masih menggandeng Zeiss sebagai rekan unutk meningkatkan teknologi kamera di vivo X70 Pro. Zeiss ini bisa dibilang sebagai pihak yang mensertifikasi standar kualitas citra kamera yang dimiliki vivo X70 Pro.

Kerjasama ini yang akhirnya membuat vivo X70 Pro mampu hadirkan gambar yang tajam dan kaya warna. Kualitas kamera utamanya benar-benar bagus. GSMArena menyebut kualitas kamera ponsel ini dapat hadirkan foto unggulan yang baik di mode 50 MP.

Hasil Kamera 50MP vivo X70 ProSumber: gsmarena.com
*Hasil Kamera 50MP vivo X70 Pro
Hasil Kamera Night vivo X70 ProSumber: gsmarena.com

Sayangnya, di mode 12,5 MP, hasilnya cenderung biasa. Menurut GSMArena, kamera utama dalam mode 12,5 MP punya ketajamannya yang tidak setara dengan HP lain di kelas harga yang sama atau di kelas atasnya. Bisa dibilang hasil fotonya kurang tajam.

Yang menarik justru ada di kemampuan merekam video. Berkat teknologi penstabil, kamera ini dapat merekam video yang baik tanpa menimbulkan guncangan pada video yang diambi,. Situs 91mobiles malah menyebut bahwa vivo X70 Pro punya kemampuan perekaman video perangkat ini di atas rata-rata.

Menurut mereka, Mode ultra stabilisasi dapat memotret 1080p 60fps tetapi kemampuan sensor untuk mengurangi guncangan tidak sempurna. Sayangnya, mode gimbal alias Ultra Steady hanya terbatas pada mode 1080p. Selain itu, ponsel ini tidak punya kemampuan merekam video 8K. Namun, hal-hal tersebut masih bisa dimaklumi.

Kekurangan vivo X60 Pro

Tidak pernah ada ceritanya sebuah ponsel bisa memberi kepuasan di berbagai sektor. Karena itu, sebuah ponsel pasti memiliki sisi yang kurang disukai oleh konsumen. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa poin kekurangan dari vivo X70 Pro

1. Hanya Unggul di Satu Kamera Utama

vivo X7 Pro

Kamera utama vivo X70 Pro bisa dibilang merupakan kamera yang tergolong bisa diandalkan. Bahkan, dalam pengujian foto di kondisi kurang cahaya, hasilnya benar-benar bagus. Di kondisi gelap, kamera utama memang tidak punya ketajaman yang baik namun mampu menawarkan rentang dinamis yang mengesankan, kontras yang bagus, dan detail yang cukup apik.

Sayangnya, vivo hanya terfokus pada kamera utamanya saja. Tiga kamera belakang lain yang sebenarnya punya potensi cenderung biasa. Tidak jelek memang namun masih kurang bisa dimaksimalkan. Bahkan, kualitas kamera depan ponsel ini menurut GSMArena cenderung mengecewakan.

Terlepas dari itu, setup kamera vivo X70 Pro bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik. Semuanya bisa hadirkan kemampuan yang oke dan masih bisa diterima. Meskipun fokus selalu ada di kamera utama.

2. Seharusnya Ada IP Rating

vivo X7 Pro

Satu hal yang tidak meningkat dari produk vivo adalah belum beraninya vivo hadirkan kemampuan tahan air di produk mereka. Setidaknya, sampai artikel ini dibuat. Agar ponsel ini lebih menarik untuk dilirik, tentu kemampuan tahan air perlu ada dan bisa membuat vivo X70 Pro justru semakin menarik jika dibandingkan vivo X60 Pro. Semoga di seri X berikutnya, vivo hadirkan kemampuan anti air alias IP Rating,

3. Mono Speaker

vivo X7 Pro

vivo X70 Pro harusnya bisa lebih menarik di sektor multimedia. Sayangnya, vivo X70 Pro hanya menempatkan speaker bawah yang ada di samping port USB C dan slot dual-SIM. Tidak adanya speaker stereo sepertinya merupakan kekurangan yang cukup besar. Kurangnya, speaker stereo memberi pengalaman multimedia yang cenderung negatif.

4. Tidak Ada Wireless Charging dan Rekaman 4K yang Kurang Oke

vivo X7 Pro

vivo X70 Pro punya potensi sebagai ponsel kelas atas yang bisa diandalkan. Sayangnya, lagi-lagi ada beberapa fitur yang seharusnya ada di ponsel kelas atas. Contohnya adalah kemampuan wireless charging. Selain itu, vivo X70 Pro punya kemampuan rekaman video 4K yang kurang nendang untuk kelas harganya.

Simpulan

vivo masip mempertahankan jati diri seri X mereka sebagai smartphone flagship sejati, teutama di sektor kamera. Tak lagi memakai Snapdragon 870, vivo X70 Pro tetap memberikan pengalaman yang baik dalam menjalankan kinerja yang berat.

Kualitas kamera yang sudah teruji di seri sebelumnya, tetap dipertahankan di seri ini. Bahkan, kombinasi kamera di ponsel ini cenderung lebih baik, meskipun tentu saja ada hal-hal lain yang perlu dikompromikan lebih lanjut. Tapi kita tahu tidak ada ponsel yang sempurna.

vivo X70 Pro sendiri dijual di Indonesia dengan harga kisaran Rp10 jutaan. Dari banderol harga ini, vivo X70 Pro bersaing dengan OPPO Reno6 Pro 5G, Xiaomi Mi 11, Samsung Galaxy S21, dan tentu saja berbagai seri iPhone di kisaran harga tersebut. Tertarik membeli vivo X70 Pro?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram