carisinyal web banner retina

Yuk, Cari Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02t

Ditulis oleh Jihan Fauziah

vivo menghadirkan penerus dari vivo Y02 series, yakni vivo Y02t. Ponsel dengan harga terjangkau ini menawarkan beberapa kelebihan. Tentu, keunggulannya ini mungkin menarik perhatian Anda yang berniat untuk membawanya pulang.

Tak ayal, vivo Y02t juga punya beberapa kekurangan. Tim Carisinyal tak ingin membiarkan Anda penasaran. Mari simak tabel di bawah ini untuk mengetahui rincian kelebihan dan kekurangan vivo Y02t.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain bodi mewah dan menarik
Chipset kurang gahar
Ada fitur penambah kapasitas RAM
Tidak ada sensor sidik jari
Layar lebar dengan fitur Eye Protection
Masih pakai microUSB
Baterai besar dan awet
Bezel layar yang tebal
Ada Slot MicroSD Terpisah
Sektor kamera cukup untuk kelas harganya
Funtouch OS Berbasis Android 13

Jangan lupa juga untuk menyimak daftar spesifikasi lengkap dari HP vivo harga 1 jutaan pada poin berikut.

Spesifikasi vivo Y02t

vivo Y02T
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo Y02t

Seperti biasa, tim Carisinyal akan memulai pembahasan inti dengan mengulas kelebihan vivo Y02t. Apa saja yang jadi nilai plus HP ini? 

1. Desain Bodi Mewah dan Menarik

vivo Y02t

vivo Y02t masih mengusung desain serupa dengan seri vivo Y02. Berat dan tebal bodinya mencapai 186 gram dan 8.8 mm. Cukup ringan, bukan? Tampilannya masih sama cantik dengan ‘sang kakak’. Vivo masih memakai formula yang sama: Dynamic Design. Ini adalah sebuah desain yang membuat ponsel tampak lebih mewah dan menarik dipandang mata.

Tak ketinggalan, ada teknologi 2.5 Trendy Design; membuat bagian tepi ponsel melengkung. Pengaplikasian desain ini menjadikan bodi ponsel tampak lebih solid. Nah, di bodi samping ini, vivo menempatkan tombol power dan volume. Ada pula port microUSB dan speaker di bagian bawah bodi.

Meski tampak cantik, vivo Y02t masih menggunakan bahan plastik.  Bodi belakang dibuat dengan finishing matte. vivo mengklaim bahwa bodi HP ini dirancang agar dapat menahan goresan, bekas sidik jari, dan debu. Vivo Y02t juga nyaman digenggam di tangan.

Vivo Y02t mengusung desain modul kamera yang sama dengan vivo Y02. Modulnya berbentuk persegi dengan kilauan warna. Modul kameranya jadi ‘rumah’ bagi satu modul lain. Dan di dalam sini ada kamera utama dan LED Flash. 

Untuk kamera selfie-nya, vivo masih menanamkan model kamera waterdrop yang tergolong jadul. Meski begitu, kehadiran model kamera ini tak merusak sisi desain HP vivo Y02t.

Selain desain bodi yang menarik, HP ini juga punya ketahanan yang oke. Meski memang, vivo Y02t tidak punya sertifikasi militer ataupun sertifikasi tahan air. Hanya saja, vivo Y02t diklaim vivo sebagai ponsel terjangkau yang tangguh. Klaim ini didasarkan dari hasil pengujian mereka terhadap HP ini.

Pengujian yang dilakukan meliputi ketahanan terhadap goresan, tes jatuh sebanyak 32 ribu kali, tes colok cabut USB port sebanyak 10 ribu kali, dan tes colok cabut headset audio jack sebanyak 6 ribu kali. vivo Y02t juga telah diuji dengan penggunaan di lingkungan yang eskstrem, seperti di kondisi suhu dingin dan kondisi suhu panas.

Meski itu cuman klaim semata. Namun, tentu ini cukup menarik karena di kelas harga Rp1 jutaan, vivo cukup serius hadirkan ponsel yang oke.

2. Ada Fitur Penambah Kapasitas RAM

vivo y02t ram_

Vivo Y02t memang membawa kapasitas RAM kecil: 4 GB saja. Namun, Anda tak perlu khawatir. Produsen HP ini sudah memberikan fitur penambah kapasitas RAM (RAM Extension). Artinya, Anda dapat meningkatkan kapasitas RAM ponsel mencapai 4 GB secara virtual.

Fitur seperti ini biasa ditemukan pada ponsel kelas menengah ke atas, bukan? Untuk itu, hadirnya penambah kapasitas RAM di vivo Y02t patut diapresiasi. 

Kini, memang ada beberapa ponsel low-entry yang sudah menyertakan fitur RAM Extension. Salah satunya adalah Infinix Hot 30 Play.

3. Layar Lebar dengan Fitur Eye Protection

vivo y02t layar_

vivo menggunakan layar lebar berukuran 6,51 inci pada vivo Y02t ini. Layarnya mampu memberikan tampilan yang lega, sehingga cocok untuk mengakses media sosial, menonton video dan juga browsing.

Walau resolusinya hanya HD+ 720 x 1600 piksel, HP ini sudah menggunakan panel IPS., Resolusinya memang tidak terlalu tinggi, mengingat HP ini dijual dengan harga Rp1 jutaan saja. Walaupun demikian, tampilan layarnya sudah cukup jernih dan tajam. 

vivo Y02t juga dilengkapi dengan perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur ini dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Selain itu, Eye Protection-nya juga berguna dalam menyaring cahaya biru yang berbahaya. 

Menurut tim Carisinyal,  layar HP ini sudah cukup dan dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan harian. Sebut saja seperti browsing atau nonton film. Layar HP vivo Y02t juga masih memberi tampilan jernih saat digunakan di bawah terik matahari.

4. Baterai Besar dan Awet

vivo y02t baterai_

Vivo Y02t dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Tentu, ukuran baterainya ini terbilang besar untuk HP di kelasnya. Apalagi, kebanyakan ponsel saat ini memang sudah menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Namun, apakah baterainya ini dapat bertahan lama? Jawabannya adalah iya. Klaim dari vivo, baterai HP ini mampu bertahan hingga 18 jam untuk menonton video.

Menariknya, vivo menyematkan teknologi pengecasan cepat 18 W pada HP ini. Ponsel ini juga bisa dijadikan power bank untuk perangkat elektronik lain melalui fitur Reverse Charging.

5. Ada Slot MicroSD Terpisah

vivo y02t 4_

Vivo Y02t hanya dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB. Ya, ukuran penyimpanan seperti ini tentu sudah kurang relevan. Apalagi, di masa sekarang, ukuran file seperti foto saja bisa jadi sangat besar.

Untungnya, vivo masih membekali HP ini dengan slot microSD terpisah. Jadi, Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan mudah. Tak perlu takut repot gonta-ganti antara kartu SIM dan microSD, deh.

7. Sektor Kamera Cukup untuk Kelas Harganya

kamera vivo Y02t

Beralih ke sektor kamera. vivo Y02t mengantongi satu kamera utama berukuran 13 MP f/2.0. Kameranya sudah dibekali dengan autofokus dan LED Flash. Modul kamera ini tak ‘ditemani’ oleh lensa lain, seperti makro, depth, atau ultra-wide.

Ada pula kamera selfie di bagian depan. Ukurannya 5 MP f/2.2 dengan kemampuan untuk menghasilkan foto bokeh.

Kedua sektor kameranya ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p di 30 fps. Bukan sektor kamera yang outstanding dengan kualitas foto dan video yang wah, memang. Tapi, setidaknya sudah cukup untuk memfasilitasi kebutuhan foto dan video Anda setiap hari.

8. Funtouch OS Berbasis Android 13

funtouch os 13_

vivo Y02t sudah mendukung OS yang baru di 2023, Android 13 dengan UI Funtouch OS. Ada beberapa fitur menarik yang dihadirkan Funtouch OS. Salah satunya adalah phone cloner. Fitur ini akan membantu Anda untuk menduplikasi ponsel.

Ada juga fitur iManager. Fitur ini punya kemampuan membersihkan file sampah dan memeriksa
keamanan serta memastikan ponsel vivo Y02t berjalan lancar sepanjang waktu.

Kekurangan vivo Y02t 

Kini saatnya bagi kami untuk membahas kekurangan vivo Y02t. Pembahasan selengkapnya bisa Anda simak di poin-poin berikut:

1. Chipset Kurang Gahar

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Sektor dapur pacu vivo Y02t ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35. SoC besutan Qualcomm ini membawa delapan inti prosesor. Ada 4 core Cortex A53 yang berjalan di kecepatan 2.35 GHz dan 4 core lagi di 1.8 GHz.

Chipset MediaTek Helio P35 kerap ditemukan pada HP-HP low-end. Untuk itu, performa yang disuguhkan sudah pasti tak segahar chipset yang ada pada HP kelas menengah, apalagi flagship.

Namun, setidaknya chipset ini mampu memberi performa yang cukup untuk aktivitas ringan. Sebut saja scrolling medsos, nonton YouTube, atau sekadar chatting-an. Bagaimana dengan main game? Kalau yang ukurannya ringan, masih ngangkat, kok. Namun, jika game-nya berat macam PUBG, sudah pasti akan ada frame drop dan lag.

2. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

face wake vivo y02t

Sensor sidik jari jadi salah satu fitur yang sudah umum. Tak hanya ada di HP flagship, teknologi ini kini bisa ditemukan di HP dengan harga Rp1 jutaan.

Sayangnya, fitur ini absen di vivo Y02t. Padahal, bila ada sensor sidik jari, tentu Anda tak akan merasa khawatir soal keamanan ponsel. Sepertinya, vivo Y02t mengikuti jejak vivo Y02 yang juga tak memiliki fitur sensor sidik jari, melainkan hanya ada fitur Face Recognition saja. Atau vivo menyebutnya sebagai Face Wake.

Meski begitu, HP ini masih punya beberapa sensor lain. Ada akselerometer, proksimitas dan sensor cahaya.

3. Masih Pakai MicroUSB

kabel microusb vivo

Sama dengan vivo Y02, vivo tak melengkapi HP ini dengan port USB tipe C. vivo Y02t hanya dibekali dengan port MicroUSB 2.0 dan OTG. 

Seperti yang kita ketahuim USB tipe C dan microUSB punya kemampuan transfer yang berbeda. USB tipe C dapat membantu perangkat dalam mengirim dan menerima data dengan lebih cepat. 

Di masa sekarang, absennya USB tipe C sangat disayangkan. Padahal, banyak pesaing dari vivo Y02t yang sudah menggunakan USB tipe C. Contohnya, seperti Samsung Galaxy A03s.

4. Bezel Layar yang Tebal

vivo y02t 3_

vivo Y02t memiliki bezel layar yang tebal. Ini cukup mengurangi desain bodi belakangnya yang sebenarnya cukup mewah. Bezel layar yang tebal ini tentu membuat bodi ponsel jadi terlihat besar. Namun, ini cukup bisa dimaklumi mengingat HP ini ada di kelas harga terjangkau.

Simpulan

vivo Y02t pas untuk Anda yang mencari HP 1 jutaan dengan desain cantik, baterai besar, dan layar lebar. Sayangnya, HP ini bukan juara di kelasnya kalau kita bicara soal performa.

Tapi, hal tersebut sebenarnya bisa dimaklumi, mengingat vivo Y02t bukanlah datang dari lini flagship. Seperti yang sudah disebutkan, HP yang refresh rate layarnya hanya 60Hz ini cocok untuk aktivitas biasa saja. Seperti nonton video di YouTube, atau main game yang benar-benar ringan. HP ini pas untuk digunakan oleh para pelajar.

Jika Anda mencari HP 1 jutaan dengan sensor sidik jari, layar 90Hz yang pergerakannya mulus, dan sudah punya USB tipe C, silakan pertimbangkan untuk memilih ponsel seperti Samsung Galaxy A04s, itel S23 atau Tecno Spark Go 2023. 

vivo Y02t hadir dengan tiga pilihan warna berbeda: Orchid Blue, Cosmic Grey dan Sunset Gold. HP ini dipasarkan dengan harga Rp1.6 jutaan. 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram