carisinyal web banner retina

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Meramaikan seri vivo Y20, produsen ponsel pintar asal Tiongkok, vivo kembali mempersembahkan produk termudanya yakni vivo Y20A di awal tahun 2021. Sama seperti seniornya, vivo Y20A dirancang dengan bodi yang berkonsepkan waterdrop notch. Tidak hanya itu, pada sektor jaringan ponsel pemula ini kompakan dengan rekan di lininya yang belum diusung oleh teknologi 5G.

Model yang tersedia dalam dua varian warna Dawn White dan Nebula Blue ini dipasarkan pada harga 11,490 Rupe atau sekitar Rp2,18 jutaan. Dengan harga tersebut, vivo Y20A siap menyuguhkan kecanggihan dan menemani pengguna lewat spesifikasi yang dipikulnya. Untuk mengetahui spesifikasi vivo Y20A, kamu bisa membacanya berikut ini:

Spesifikasi vivo Y20A

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 1
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: IPS, 6.51 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal:  microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan vivo Y20A

Bila kamu jeli, maka setelah membaca spesifikasi di atas kamu akan mengetahui beberapa kelebihan yang dibawa oleh vivo Y20A. Namun, jika kamu tidak punya gambaran atau masih awam dalam hal perponselan, tenang Carisinyal hadir memberikan rangkuman tentang kelebihan apa saja yang ada di perangkat ini. Yuk, langsung saja disimak pembahasanya sampai tuntas!

1. Layar Nyaman Dipandang

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 3

Keuntungan membeli ponsel pintar masa kini adalah suguhan layar yang berukuran lebar. Seperti vivo Y20A dirancang lewat layar berukuran 16,55 cm yang mengimplementasikan desain bezel-less dengan Halo FullView pada area atas tengahnya.

Dengan rasio layar-ke-bodi 81,6 persen, semakin menciptakan nuansa yang lega dan tentunya ini memberikan keseruan saat bermain gim atau menonton video.

Berpanelkan IPS LCD, layar vivo Y20A telah diselipkan mode Eye Protection dan spesial filter yang diklaim mampu mencegah emisi cahaya biru (blue light) yang eksesif dan membuat mata tetap nyaman. Berteknologi in-cell teranyar, layarnya dapat mempersembahkan 16 juta warna sehingga tampilan akan tampak lebih berwarna, jelas, dan rinci.

2. Baterai Mumpuni untuk Aktivitas Lama

baterai 5000 mah

Untuk pengguna yang tengah memburu ponsel pintar dengan baterai berukuran besar, vivo Y20A bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Pasalnya, ponsel pintar vivo telah diinjeksi daya berkapasitas 5.000 mAh pada baterai Lithium Polymer-nya. Lewat ukuran badak ini pengguna bisa bermesraan dengan vivo Y20A hingga seharian penuh.

Sistem baterai yang tersemat di perangkat ini menjanjikan dapat bertahan sampai 16 jam untuk menonton video streaming beresolusi 1080p pada kondisi dayanya terisi penuh. Pengguna juga bisa menyaksikan berbagai video di YouTube dengan kualitas HD selama 14,9 jam.

Begitupun bagi pengguna yang suka bermain gim, tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai. Sebab baterai milik vivo Y20A ini mampu menyala selama 11 jam saat menjalankan aplikasi gim standar. Sementara, ketika menggulirkan gim PUBG ketahanan hidupnya bisa tembus 8,1 jam.

3. Kehadiran Multi Turbo 3.0

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 6

Kehebatan lain yang bisa pengguna cicipi di vivo Y20A adalah kemunculan fitur Gaming bernama Multi Turbo 3.0. Lewat fitur ini mendorong performa saat menjalankan aplikasi gim menjadi maksimal dengan mengoptimalkan sistem baterai pada vivo Y20A.

Fitur ini terdiri dari serangkaian fungsi mulai dari Center Turbo yang beroperasi hingga di kelas dasar sistem, Cooling Turbo untuk mendinginkan area dalam sistem agar kinerjanya tetap kencang, Game Turbo untuk meninggikan kinerja lebih baik, hingga ART++TURBO yang memungkinkan pengguna dapat membuka aplikasi 11 persen lebih pesat di awal.

Kemudian, ada juga AI Turbo yang mampu menerawang dan memperbaiki keganjilan di sistem. Keganjilan atau gangguan di sistem bisa dikarenakan kehadiran berbagai perangkat lunak pihak ketiga yang terpasang di ponsel. Secara garis besar dengan kehadiran Multi Turbo 3.0, memberikan pengalaman lebih asyik saat bermain gim bersama vivo Y20A.

Multi-Turbo 3.0 yang terdapat di dalam Vivo Y20A ini juga memiliki Center Turbo yang bekerja sampai di tingkat dasar sistem. Teknologi AI Turbo-nya berfungsi sebagai alat untuk memprediksi dan kemudian membenahi kelainan pada sistem sebelum hal tersebut terjadi. Pada umumnya, kelainan pada sistem tersebut disebabkan oleh aplikasi-aplikasi third party yang terinstal.

4. Kencangnya Konektivitas WiFi

WiFi Hotspot

Penyematan fitur WiFi pada ponsel pintar saat ini jelas sangat fundamental, khususnya bagi pengguna yang tergantung dengan internet yang kencang dalam menunjang produktivitasnya. Guna mewujudkan konektivitas internet yang anti lelet, maka vivo Y20A menambahkan teknologi WiFi yang lebih mutakhir yakni WiFi ac.

Kemunculan WiFi ac menjadi pelengkap dari WiFi a, b, g, dan n pada vivo Y20A. WiFi generasi kelima ini diklaim beroperasi pada kecepatan 5GHz yang punya latensi lebih rendah.

Sehingga hal tersebut memungkinkan koneksi menjadi lebih solid dan transmisi data jauh lebih ngebut. Kini pengguna vivo Y20A tanpa perlu risau akan koneksi yang tersendat saat membuka berbagai aplikasi dan main gim online.

5. Aksesibilitas Sidik Jari

sensor sidik jari di samping

Seperti yang kamu tahu, sekarang banyak sekali ponsel di luaran sana mulai dari kelas pemula hingga andalan yang telah dibekali oleh fitur pemindai sidik jari. Salah satu kegunaan fitur ini yakni sebagai pengganti atau alternatif pengaman ponsel antara lain PIN, pola, dan kata sandi.

Dengan pemanfaatan fitur pemindai sidik jari, pengguna tidak perlu cemas kalau suatu hari lupa kata sandi untuk membuka dan menuju tampilan utama ponsel. Jadi, cukup dengan merekatkan jari pada sensor sidik jari, ponsel otomatis akan terbuka. Beruntung vivo V20 punya fitur satu ini, tidak tanggung-tanggung desain peletakannya terbilang unik yaitu di area bingkai.

Penempatan sidik jari di bagian samping terbilang masih jarang diimplementasikan pada ponsel pintar apalagi di kelas entri, jadi vivo Y20A sangat mujur dalam hal ini. Peletakan sidik jari di kawasan bingkai tentunya memberikan kemudahan dalam mengaksesnya seperti pengguna tidak perlu mengangkat atau membalikkan ponselnya.

Untuk mengoperasikan sidik jari samping ini, pengguna vivo Y20A hanya membutuhkan waktu sekitar 0,43 detik saat layar dalam situasi tertidur dan 0,26 detik ketika layar dalam keadaan menyala. Sebagai pengamanan tambahan, vivo Y20A mempersembahkan fitur Face Wakeup atau pemindai wajah lewat yang telah terpasang saat pertama kali membeli perangkat.

Kekurangan vivo Y20A

Seperti sebuah atom yang punya sisi negatif, vivo Y20A diketahui memiliki sisi negatif atau kekurangan juga pada beberapa aspek. Supaya kamu tidak penasaran, Carisinyal akan bongkar sampai habis poin-poin kekurangan dari vivo Y20A. Berikut ini pembahasan selengkapnya:

1. Bodi Belum Tahan Air dan Anti Gores

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 10

Bila berbicara bodi, vivo Y20A digarap dengan bobot yang lumayan ringan di kelasnya yakni 192,3 gram. Dengan dimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm, perangkat ini dibuat dari bahan kaca pada area depan dan plastik di kawasan belakang maupun bingkai.

Di sisi cangkang nangkring tiga lensa kamera utama dengan desain kekinian, sementara pada bagian depan terhampar layar berkonsepkan waterdrop notch yang di atas tengahnya ada kamera selfie. Untuk area sisi kiri bingkai menghadirkan satu slot untuk menaruh kartu memori dan kartu SIM. Sedangkan, di sebelah kanan hadir tombol volume Up-Down dan sidik jari sekaligus jadi tombol power.

Dengan bodi yang aduhai tersebut, sayangnya vivo Y20A belum mendapatkan lapisan pelindung dari Corning Gorilla Glass sehingga pengguna vivo Y20A harus berhati-hati agar perangkat tidak terjatuh ke permukaan kasar dan keras yang bisa menyebabkan layar tergores.

Juga dikarenakan belum membungkus sertifikat IP68, ponsel pintar ini tidak memberikan jaminan tahan air dan debu. Dengan demikian, pengguna disarankan untuk mengeluarkan ongkos tambahan untuk membeli anti gores dan casing atau pelindung tubuh perangkat lainnya.

2. Tidak Dilengkapi Sensor Ultrawide

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 12

Guna menumbuhkan minat pada dunia fotografi, vivo Y20A telah menidurkan tiga sensor pada kamera utamanya dengan konfigurasi antara lain 13 MP berdiafragma f/1.8 dan masing-masing 2 MP yang memiliki aperture f/2.4 untuk sensor makro juga kedalaman. Ditambah adanya fitur LED Flash dan HDR, serta kemampuan merekam yang beresolusi 1080p dengan kecepatan bingkai hingga 30fps.

Setelah ditelisik lebih jauh ternyata sistem kamera utama pada vivo Y20A belum dipasangkannya sensor ultrawide. Padahal dengan sensor ini memungkinkan pengguna bisa berfoto bersama orang terdekat dalam jumlah banyak dan membidik pemandangan alam dengan sudut lebih lega.

3. Tidak Mendukung Teknologi Pengisian Cepat

poco m3 fast charging 2

Berdaya 5.000 mAh, ponsel pintar produksi vivo ini memperoleh dukungan dari teknologi pengisian cepat 10W. Teknologi bisa membantu mengurangi masa pengisian supaya tidak lama. Selain itu, ada microUSB yang diklaim dapat menyokong pengisian cepat juga.

Akan tetapi dengan teknologi pengisian cepat berukuran 10W yang dimiliki vivo Y20A, bisa dikatakan proses pengisian untuk mendapatkan baterai secara penuh masih membutuhkan waktu yang lama. Setidaknya pengguna vivo Y20A memerlukan durasi 3 jam untuk mengisi daya dengan menggunakan tegangan 5V 2A.

4. Versi Bluetooth Masih Lawas

infinix smart 5 bluetooth

Alih-alih memasang Bluetooth versi 5.0 seperti vivo Y20 dan vivo Y20 2021, model Y20A masih menggunakan Bluetooth 4.2. Penggunaan Bluetooth 4.2 memang memiliki kecepatan menerima data 2.6 kali lebih cepat dan keamanan yang lebih tinggi dari versi Bluetooth pendahulunya.

Akan tetapi, nyatanya edisi Bluetooth pada vivo Y20A harus menelan kekalahan dari Bluetooth versi 5.0 yang punya jangkauan lebih luas, transfer lebih cepat, kecepatan komunikasi hingga 2MBps, dan telah mendukung aktivitas yang berteknologi Internet of Things (IoT).

5. Kurang Faktor "WOW" pada Dapur Pacu

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y20A 16

Berjalan di atas Android 10 dengan sistem antarmuka Funtouch 11, vivo Y20A diotaki oleh chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 yang didasarkan pada proses 12 nm dengan CPU Octa-core terdiri dari 4 buah Cortex-A53 berkecepatan 1.95 GHz dan 4 buah Cortex-A53 yang melaju hingga 1.45 GHz. Sementara, proses pengolahan grafisnya mengusung Adreno 505.

Dari dapur pacu yang diusung vivo Y20A mendapatkan nilai AnTuTu v8 sebesar 95.000. Pengguna ponsel ini sepertinya jangan terlalu menaruh ekspektasi tinggi akan performa yang dihasilkannya. Bahkan performanya harus bertekuk lutut dari para pendahulunya di seri yang sama. Bagaimana pun, vivo Y20A masih layak dibungkus apalagi punya fitur-fitur yang mendukung dalam aktivitas gaming.

Simpulan

Secara keseluruhan vivo Y20A menawarkan berbagai pembaharuan seperti chipsetnya yang berbeda dengan berkolaborasi dengan Qualcomm, meski kinerjanya terbilang standar. Lalu, menyuguhkan fitur yang mendukung dalam aktivitas gaming, konektivitas WiFi yang kencang, hingga keberadaan layar yang lega.

Demikianlah rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y20A. Semoga bisa membuka wawasan dan menjadi bahan pertimbangan sebelum meminang ponsel pintar ini. Coba komen di kolom komentar impresimu soal kecanggihan vivo Y20A! Terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram