Carisinyal / Vivo 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20s!

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20s!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebelumnya, kami sudah memberikan sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki vivo Y20. Sekarang, kami akan memberikan treatment yang sama pada salah satu variannya, yakni vivo Y20s.

Sebenarnya cukup sedikit perbedaan antara keduanya, malah bisa dibilang hampir tidak ada sama sekali. Perbedaan paling kentara yang terlihat adalah kapasitas RAM dan memori internal, juga varian warnanya. Sementara vivo Y20 hadir duluan pada Agustus 2020, varian Y20s ini rilis beberapa bulan setelahnya, tepatnya di Oktober 2020. Oh, dan yang pasti, harganya pun berbeda.

Alih-alih berada di rentang harga Rp2 jutaan seperti vivo Y20, kali ini seri Y20s berada di harga mulai dari Rp3 juta. Apa sih yang membuatnya sebegitu menarik di harga segini? Untuk tahu jawabannya, yuk baca artikel yang satu ini!

Spesifikasi vivo Y20s

  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan vivo Y20s

Punya harga lebih tinggi dari reguler, mampukan vivo Y20s menarik minat para fans vivo? Berikut adalah beberapa kelebihannya yang patut Anda pertimbangkan.

1. Layar Tergolong Lebar

vivo y20s layar

Pada ponsel vivo Y20s ini, pengguna akan dimanjakan dengan layar berukuran lebar, tepatnya berukuran 6,51 inci yang berjalan pada aspek rasio 20:9. Perusahaan juga mengklaim bahwa layar ini bisa menghasilkan kualitas warna yang lebih baik berkat tampilan yang dipadukan dengan teknologi In-Cell terbaru.

Tak hanya itu saja, desain layar yang dinamakan Ultra All Screen inipun bisa melindungi mata penggunanya dari bahaya sinar biru berkat kehadiran mode Eye Protection. Melakukan scrolling di YouTube, bermain game, dan menonton drakor kesukaan kini bisa dilakukan dengan lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah.

2. RAM dan Memori Internal Super Besar

vivo y20 ram dan memori internal

Zaman serba canggih seperti sekarang, hampir semua aspek kehidupan ada aplikasinya. Mau makan, tinggal pesan lewati aplikasi. Begitu juga dengan berpergian, booking tiket, belanja daring, hingga belajar.

Nah, bagaimana kalau memori internalnya hanya sedikit? Terpaksa sedikit-sedikit harus hapus aplikasi lain supaya bisa instal yang baru. Ribet? Pastinya. Makanya, vivo Y20s menghadirkan kapasitas memori internal yang tidak nanggung, yakni 128 GB.Kalau sudah begini, bisa-bisa ratusan aplikasi dan game pun bisa muat.

Kalau kebanyakan aplikasi, bukannya akan membuat HP lemot? Itu sih kalau RAM-nya kecil, berbeda dengan vivo Y20s yang juga dibekali RAM yang besar pula, sebesar 8 GB pada tipe memori LPDDR4x. Dengan RAM dan memori internal yang super besar begini, super besar pula pengalaman pengguna yang ditingkatkan.

3. Baterai Tahan Lama

vivo y20 baterai

Kalau soal kapasitas baterai, vivo Y20s cukup berdaya saing dengan menyuguhkan angka 5.000 mAh menggunakan tipe baterai LiPo yang tidak bisa dilepas. Cukup standar untuk HP di harga Rp3 jutaan memang, dan ini artinya Anda bisa berekspektasi kalau vivo Y20s tidak kalah saing dengan ponsel lain dalam hal ketahanan baterai.

Tentunya, ada bantuan peranti lunak yang berperan untuk menjaga baterai lebih awet. Dengan dukungan teknologi AI, vivo mengklaim kalau ketahanan baterainya bisa sangat irit.

Vivo berucap, pemakaian ponsel bisa bertahan selama 16 jam saat menonton film HD, atau bermain game selama 16 jam. Untuk pemakaian normal, umumnya baterai 5000 mAh pasti bisa bertahan dari pagi sampai malam. Siap binge-watching seharian?

4. Pemindai Sidik Jari dan Face Unlock Responsif

vivo y20s pemindai sidik jari

Sudah bukannya lagi mengetikkan kata kunci pada layar atau menorehkan pattern yang berbelit-belit setiap kali mau buka layar. Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur lebih praktis yaitu sensor pemindai jari.

Beda ponsel, beda-beda lagi lokasinya. Ada yang ditaruh di belakang dekat kamera, ada yang tertanam di layar, ada juga yang di samping. Nah, kalau vivo Y20s sendiri pakai lokasi di mana? Well, perangkat ini mengusung sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol Power. Atau, bahasa kerennya: Side-Mounted Fingerprint.

Apa keuntungannya lokasi di samping? Balik lagi ke preferensi pengguna sih, karena tidak semua suka sidik jari di samping. Tapi kalau pengguna beralih dari ponsel jadul ke vivo Y20s, pasti langsung terbiasa menggunakan pemindai ini. Toh, siapapun pasti selalu menekan tombol Power saat menyalakan atau menghidupkan, terlepas dari apapun jenis HP-nya.

Ditambah lagi, pengguna tidak perlu meraba-raba jari ke punggung bodi untuk mengetahui lokasi pemindainya. Dan, tampilan belakang juga jadi terlihat lebih minimalistik tanpa adanya penampakkan sensor fingerprint.

Selain unggul di bagian lokasinya, ternyata side-mounted fingerprint scanner ini punya tingkatan responsivitas yang cepat. Ya, sensor ini dicanangkan dapat membuka kunci layar dalam waktu 0,22 detik saja! Belum sempat mengedip, tahu-tahu layar sudah terbuka.


Kalau misalnya jempol tangan sedang kotor, Anda juga tetap bisa membuka layar menggunakan sensor biometrik pengenal wajah alias Face Access. Fitur ini juga terbilang cukup cepat responnya.

5. Ada Fast dan Reverse Charging

vivo y20s fast charging

Baterai besar mungkin belum cukup untuk menarik minat pengguna. Ia harus mampu dicas dengan cepat pula. Vivo Y20s sendiri telah membekali dua fitur berguna pada baterainya, yakni FlashCharge 18W dan juga kemampuan pengecasan terbalik untuk mengisi daya ponsel lain.

Tidak perlu repot membeli casan secara terpisah juga, karena adaptor 9V/2A sudah termasuk dalam boks pembelian supaya Anda bisa langsung merasakan betapa cepatnya pengisian daya 18 W ini. Dalam kondisi 0 persen, baterai vivo Y20s ini diklaim dapat mencapai angka 70% setelah dicas selama 69 menit saja.

6. Tampilan Bodi Cukup Memukau

vivo y20s desain bodi

Meski harganya berada di kisaran Rp3 juta, vivo Y20s tidak tampak seperti HP murah. Ini karena tampilan bodinya dibekali dengan desain lengkungan 2,5D dan dirilis pada dua varian warna yang kece, yakni Purist Blue yang terinspirasi dari jernihnya air laut dan Obsidian Black bagi Anda yang ingin terlihat sophisticated dan mewah.

Bagian layarnya terdapat poni tetesan air, bukan kamera punch hole. Di belakangnya, modul kamera dibuat dalam bentuk persegi panjang yang terletak di pojok kiri atas. Ada tulisan merk vivo di bagian kiri bawah, dan bodinya menampilkan pantulan cahaya yang mencuat dari arah kamera.

Kekurangan vivo Y20s

Sayang sekali, rupanya vivo Y20s punya beberapa kekurangan yang mungkin akan membuat konsumen beralih ke HP lain. Apa sajakah kekurangannya itu? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Chipset Kalah Saing

vivo y20s snapdragon 460

Chipset Snapdragon 460 masih terbilang “barang baru” saat ponsel ini diluncurkan, pertama kali hadir pada OPPO A53 yang dirilis 2 bulan lebih awal ketimbang vivo Y20s.

SoC ini merupakan chipset lanjutan dari Snapdragon 450 yang mengalami berbagai peningkatan secara drastis. Ya, bisa dibilang, seri 460 ini merupakan bentuk evolusi yang membuatnya tidak kalah saing dengan Snapdragon seri 600 sekalipun. Contohnya seperti Snapdragon 625.

Kendati demikian, untuk smartphone di harga Rp3 jutaan, rasanya tetap tidak lazim masih menggunakan Snapdragon 460. Bagaimanapun juga, ia tetap kalah dengan beragam HP lain di rentang harga yang sama. Berdasarkan salah satu sumber, vivo Y20s hanya mampu meraih skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 142.156 poin.

Terbilang kecil deh pokoknya untuk HP Rp3 jutaan. Toh, Redmi 9 yang harganya di bawah Rp2 juta saja skor benchmark-nya sudah mencapai 200.000-an, kok. 

2. Layar Belum Full HD Plus

vivo y20s hdplus

Dari segi ukuran layar, panel IPS LCD pada perangkat ini masih terbilang cukup oke. Sayangnya, ia tidak mengusung resolusi Full HD Plus yang kerap kali dihadirkan pada kebanyakan pesaingnya.

Ya, resolusi yang diusung layar ini merupakan HD Plus atau sebesar 720 x 1600 piksel. Sehingga saat dibandingkan dengan ponsel yang sudah FHD Plus, ketajamannya akan terlihat kurang baik.

3. Tidak Pakai USB Tipe-C

vivo y20s microusb

Port pengisian yang sudah cukup umum digunakan ponsel adalah USB tipe-C yang notabene lebih cepat saat melakukan transfer data, dan juga lebih nyaman dipakai karena bentuk ujung kabelnya yang simetris. Beda halnya dengan microUSB yang masih dipakai vivo Y20s, bentuk ujungnya trapesium dan mengharuskan Anda untuk mencocokkan ujung kabel dengan port agar sesuai.

4. Spesifikasi Kamera Kurang Bagus

vivo y20s kamera

Penggunaan kamera pada ponsel kian meningkat. Selain untuk menunjukkan eksistensi di Instagram, kamera ponsel pun acap kali menjadi sarana praktis untuk yang hobi fotografi. Itulah anehnya vivo Y20s belum memberikan spesifikasi kamera terbaik di kelas harganya.

Ia berbekali konfigurasi Triple Camera di belakang dengan resolusi lensa utama sebesar 13 MP dengan apertur f/2.2. Sementara itu, dua lensa lainnya merupakan fungsi sensor makro 2 MP dan lensa kedalaman 2 MP.

Betul, bahkan tidak ada kamera ultra lebar di sini. Padahal kebanyakan fotografer handal di seluruh dunia sepakat kalau lensa ultra lebar sebenarnya lebih dibutuhkan ketimbang lensa makro. Ditambah lagi, ponsel-ponsel Rp3 jutaan banyak yang sudah mengusung Quad Camera bahkan, seperti POCO X3 NFC. Atau, setidaknya kamera utamanya bisa diberikan resolusi lebih besar lagi seperti Realme Narzo 20.

Simpulan

Pembahasan kali ini cukup menarik, kita mengetahui bahwa vivo Y20s ini bisa dibilang kurang mampu bersaing di harganya yang sebesar Rp3.099.000,-. Soalnya, jika Anda berminat menambah Rp100 ribu atau lebih, pastinya sudah bisa mendapatkan beragam ponsel yang merupakan mid-range killer seperti POCO X3 NFC.

Dan kalau performa adalah satu-satunya yang Anda pedulikan, bahkan ponsel di kelas harga Rp2 jutaan saja sudah ada yang lebih unggul, seperti realme Narzo 20 contohnya yang sudah mengandalkan chipset Helio G85 dan baterai sebesar 6000 mAh.

Snapdragon 460 mungkin memang terbilang handal dalam perbandingannya dengan seri Snapdragon 400 lainnya, tapi sepertinya lebih layak kalau hanya dimiliki oleh ponsel seharga Rp2 jutaan saja.

Itu tadi mungkin sekilas mengenai chipsetnya, setidaknya kalau dilihat dari performa keseluruhan, sedikit terbantu dengan ukuran RAM-nya yang sudah 8 GB. Ini, digabung dengan memori internal 128 GB, membuat vivo Y20s berhasil dalam menawarkan pengalaman pengguna yang nyaman.

Tertarik dengan HP vivo ini? Silakan beli di sini. Atau, Anda juga bisa melihat kelebihan dan kekurangan vivo Y19 sebagai generasi pendahulunya, dan kami pun menyediakan beberapa opsi lain HP vivo terbaru lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *