Carisinyal / Vivo 2020 / Sebelum Beli, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51 Ini!

Sebelum Beli, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51 Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Vivo, sebuah perusahaan smartphone asal Hong Kong lagi-lagi merilis ponsel seri Y di rentang harga Rp3 jutaan. Nama dari ponsel tersebut adalah vivo Y51, dan ini sudah ketiga kalinya vivo Y51 dirilis ke pasaran.

Di tahun 2015, ada vivo Y51 yang mengusung desain layar Full View dengan bezel tebal. Pada saat itu memang belum marak desain waterdrop notch atau punch hole. Lalu bulan September 2020, lahir kembali vivo Y51 dengan berbagai fitur yang sesuai standar zaman modern.

Tapi, artikel ini tidak akan membahas kedua versi vivo Y51 di atas, melainkan versi vivo Y51 yang dirilis pada Desember 2020 seharga Rp3,6 juta. Karena versi yang baru ini dirilis di waktu tak jauh berbeda dari sebelumnya, hanya sedikit perbedaan antara vivo Y51 versi September dan Desember. Kendati demikian, keduanya tetap dianggap produk yang berbeda.

Versi lama dan versi yang baru hanya berbeda di bagian penggunaan chipset, varian RAM dan memori internal, serta ukuran layar. Daripada penasaran, yuk disimak kelebihan dan kekurangan vivo Y51 Desember 2020 berikut ini!

Spesifikasi vivo Y51

vivo Y51 Indonesia

  • Rilis: Desember 2020
  • Layar: IPS LCD 6,58 inci
  • Chipset: Snapdragon 665
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Kelebihan vivo Y51

Tidak perlu lagi penasaran, kami akan menjabarkan beragam kelebihan utama yang dihadirkan pada ponsel vivo Y51 ini.

1. Dirilis dengan Android 11

vivo y51 funtouch os 11

Siapapun tahu kalau versi sistem operasi yang terbaru akan menghadirkan fitur lebih canggih. Nah, kalau Anda bosan dengan sistem operasi Android 10, vivo Y51 yang sudah dirilis pada Android 11 ini boleh banget dicoba.

Pasalnya, vivo Y51 sudah menggunakan FunTouch OS 11 dengan keberagaman fitur baru. Contohnya saja, pengguna vivo Y51 bisa mengambil tangkapan layar dengan lebih kreatif dan fleksibel lagi, menggunakan tali laso ataupun select area dengan bentuk-bentuk lain selain persegi.

Fitur lainnya yang hadir adalah iManager yang bisa menampilkan rangkuman dari kondisi ponsel seperti performa, pemindaian virus, dan lain-lain. Serta untuk yang suka main game bisa mengandalkan Ultra Game Mode yang bisa memunculkan jendela PIP alias picture in picture agar bisa ber-SMS ria sembari bermain.

2. Sensor Sidik Jari di Samping

vivo y51 side fingerprint

Rasanya sensor sidik jari yang terletak di samping semakin banyak memiliki peminat. Selain membuat tampilan bodi belakang lebih bersih, sensor di samping juga lebih nyaman disentuh menggunakan jempol untuk penggunaan kanan kanan ataupun pakai telunjuk memakai tangan kiri.

Kabar baik untuk Anda, karena vivo Y51 pun dihadirkan dengan lokasi sidik jari di samping pada tombol Power. Memang sih tidak seperti vivo Y51 edisi September 2020 yang menanamkan sensor pemindainya di dalam layar. Tapi, setidaknya peletakkan sensor di samping masih lebih unggul daripada di belakang seperti beberapa ponsel pesaingnya.

Perusahaan vivo juga mengklaim kalau sensor pemindai sidik jari ini punya responsivitas yang secepat kilat, bisa membuka kunci layar hanya dalam waktu 0,248 detik saat layar dalam kondisi menyala. Sedangkan, apabila layar dalam kondisi mati, perlu waktu 0,352 untuk terbuka. Tentu hal ini dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan, ya!

3. Layar Ultra All Screen Full HD+

vivo y51 ultra all screen

Jangan cepat puas dengan layar berukuran kecil. Nyatanya tidak perlu HP yang harganya selangit untuk bisa menikmati konten visual secara imersif. Sudah ada vivo Y51 Desember 2020 yang menawarkan ukuran layar 6,58 inci. Kabar baiknya lagi, resolusinya sudah Full HD Plus, lho! Dijamin tajam dan jernih.

Dibandingkan dengan vivo Y51 versi sebelumnya, ukuran perangkat ini lebih besar. Hanya saja, panel yang digunakan masih IPS LCD alih-alih Super AMOLED.

4. 48 MP Night Camera

vivo y51 kamera

Berbeda dengan vivo Y51 yang dirilis pada September 2020, vivo Y51 yang satu ini disemat dengan Triple Camera alih-alih Quad Camera. Kendati demikian, bukan berarti kemampuan kameranya lebih buruk, lho! Malahan, vivo Y51 yang baru ini sudah mendukung perekaman beresolusikan 4K.

Menggunakan lensa utama 48 MP Night Camera di belakangnya, perangkat dicanangkan memiliki kemampuan fotografi yang baik bahkan di saat malam hari sekalipun. Tidak selamanya kita berada di kondisi pencahayaan yang baik. Kemampuan fotografi malam hari pada vivo Y51 memastikan Anda tetap mampu menghasilkan kualitas foto terbaik kapanpun atau di manapun Anda berada.

Kamera utama telah dilengkapi dengan kemampuan algoritma khusus yang bisa mengurangi noise dengan mutl-frame untuk menjaga hasil foto agar tetap jernih. Selain itu, kehadiran Stylish Night Filter juga bisa membuat tampilan foto menjadi lebih kreatif dan unik.

Selain lensa utama 48 MP, dua lensa pendampingnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dalam beberapa mode. Contohnya, seperti lensa ultra lebar 8 MP ber-FOV 120 derajat yang mengabadikan momen berkumpul agar semuanya dapat muat dalam satu frame.


Jika Anda melihat adanya objek foto yang terlihat menarik, bisa memotretkan secara close up menggunakan lensa makro 2 MP. Pasti Anda penasaran dengan hasil fotonya, bukan? Tenang saja, kami telah kumpulkan beberapa sampel foto vivo Y51 dari beberapa sumber berikut ini.

vivo y51 hasil kamera makro

vivo Y51 mode makro. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=RWeTA88CJeM (More Reviews)

vivo y51 hasil kamera bokeh

Vivo Y51 bokeh mode. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=RWeTA88CJeM (More Reviews)

vivo y51 hasil kamera night filter

Vivo Y51 Stylish Night Filter. * sumber: www.vivo.com

Bagaimana? Oke banget, ‘kan, hasil fotonya vivo Y51? Selain memberikan ketajaman dan kejernihan yang terjaga dengan baik, sisi pencahayaannya pun terbilang sangat oke untuk seukuran ponsel Rp3 jutaan. Kalau soal keunggulan kamera, vivo memang tidak perlu diragukan lagi.

5. Bodi yang Ramping

vivo y51 trendy slim design

Kenyamanan saat menggenggam ponsel tentu tak kalah penting. Vivo Y51 nyatanya memang dihadirkan dengan desain bodi yang begitu ramping, memberikan kenyamanan pengguna yang maksimal dan tidak akan membuat tangan cepat lelah.

Dengan ketebalan bodi sebesar 8,38 mm, vivo Y51 termasuk pada jajaran ponsel yang punya bodi yang cukup tipis. Tentunya, bodi HP yang ramping ini juga turut menyumbang pada estetika yang lebih indah. Mengingat baterainya yang besar, cukup mengesankan perusahaan berhasil menyematkan bodi yang ramping pada vivo Y51.

6. Baterai Tahan Lama

vivo y51 baterai

Kita semua tahu kalau kapasitas baterai selalu jadi daya tarik untuk semua buyer’s persona. Entah itu HP dipakai untuk bermain game, sekadar menonton film, atau fotografi, semua jenis konsumen bisa mendapatkan benefit dari kapasitas baterai yang besar.

Ingin tahu setahan apa vivo Y51 dalam penggunaan sehari-hari? Pastinya sih tahan seharian, karena mengandalkan baterai LiPo sebesar 5.000 mAh. Di laman resmi vivo, produk ini dicanangkan dapat bertahan selama 7,26 jam untuk game yang berat-berat. Sedangkan untuk menonton film HD secara streaming, bisa bertahan hingga 14,3 jam.

7. RAM dan Memori Internal Besar

vivo y51 ram dan memori internal

Kesal dengan aplikasi yang suka di-kill secara otomatis? Kendala ini cukup lumrah untuk ponsel yang kapasitas RAM-nya tidak memadai. Semakin besar RAM, semakin banyak pula jumlah aplikasi yang bisa berjalan bersamaan. Inilah yang jadi sorotan utama vivo Y51 yang menghadirkan RAM 8 GB LPDDR4x Double Channel serta penyimpanan internal 128 GB UFS 2.1.

Dengan kapasitas memori besar, Anda bisa menginstal begitu banyak aplikasi sampai bingung mau instal aplikasi apa lagi. Dan, jumlah aplikasi yang terpasang juga ter-backup dengan RAM lega yang menunjang. Kurang apalagi?

8. Dukungan Audio Booster

vivo y51 audio booster

Vivo Y51 memang hadir menggunakan port audio jack 3,5mm untuk bisa dihubungkan dengan earphone secara leluasa. Tapi di kala tidak ingin menggunakan earphone, speaker yang dimiliki vivo Y51 sangatlah berkualitas untuk HP di kelasnya.

Meski hanya hanya menghadirkan speaker tunggal, ia sudah dilengkapi dengan Audio Booster yang bisa meningkatkan kekencangan suara hingga 73,1 dB. Oleh karena itu, pengalaman menonton film dan mendengarkan musik akan terasa lebih menyenangkan.

Kekurangan vivo Y51

Tidak ada gading yang tak retak, para fans vivo pun harus mengakui kalau vivo Y51 memang hadir dengan beberapa kekurangan.

1. Chipset Terbilang Mengecewakan di Kelasnya

vivo y51 performa

Nampaknya vivo Y51 memang tidak ditujukan untuk bermain game yang begitu berat. Walaupun ponsel tersebut masih bisa menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa masalah, vivo Y51 akan kesulitan memainkan game PUBG M dengan grafis yang tinggi.

Ini adalah salah satu kekurangan yang sering hadir pada vivo seri Y, semakin mengamini bahwa vivo adalah brand yang lebih mementingkan kamera ketimbang performa, terutama untuk produk yang berada di kelas entri.

Di balik cangkangnya, tersemat SoC berupa Snapdragon 665 dari Qualcomm. Jangan salah, chipset ini masih terbilang cukup powerful, tapi jika dipasangkan pada ponsel Rp2 jutaan. Snapdragon 665 sendiri sebenarnya sudah menggunakan Kryo 260 Gold yang merupakan turunan dari ARM Cortex A73. Secara teori, ini membuatnya cocok untuk gaming.

Akan tetapi, jika Anda bandingkan dengan pesaing lain di harga Rp3 jutaan, ada Realme 7 dengan Helio G95 yang mencapai skor AnTuTu v8 sekitar 297.000. Begitu pun dengan POCO X3 NFC yang sama-sama di kelas harga Rp3 jutaan, meraih skor kurang lebih 286.000 poin. Kedua pesaing tersebut tentu jauh lebih unggul ketimbang vivo Y51 yang hanya mengantongi skor 165.000 pada AnTuTu v8.

2. Hanya Pakai Fast Charging 18 W

vivo y51 fast charging 18w

Sekalipun pengguna merasa puas dengan ketahanan baterainya, vivo rupanya tidak membekali Y51 dengan fast charging yang memadai untuk kelas harganya. Bayangkan saja, di harga Rp3 jutaan, ponsel ini hanya dibekali dengan pengisian daya 18 W.

Fast charging dengan besaran daya tersebut masih terbilang wajar untuk kelas harga di bawahnya. Tapi untuk di range harga Rp3 juta, masih banyak ponsel lain yang menawarkan fast charging yang lebih cepat, seperti Realme 7 dengan fast charging 30 W atau realme Narzo 20 Pro yang pakai daya 65W. Perusahaan mengklaim kalau durasi pengisian vivo Y51 memakan waktu 67 menit.

Simpulan

Nah, jadi sekarang Anda sudah tahu, ‘kan, kelebihan dan kekurangan dari vivo Y51? Kami harus bilang kalau vivo Y51 ini tergolong HP yang hampir serba bisa, dengan kapasitas baterainya sebesar 5.000 mAh, ukuran RAM dan memori internal yang besar, lensa 48 MP dengan kinerja baik, dan juga desain bodi yang tipis.

Mengapa kami bilang “hampir”? Karena, nyatanya vivo Y51 tergolong biasa saja dalam hal performa gaming dengan menghadirkan chipset Snapdragon 665. Padahal kegiatan main game sudah tak dapat lagi dipisahkan dengan kebiasaan anak muda. Well, setidaknya vivo Y51 masih bisa diandalkan dari segi pemotretan malam hari, dan layarnya yang terbilang besar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *