Carisinyal / Wiko 2020 / Sebelum Beli, Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Wiko View 4 Berikut Ini

Sebelum Beli, Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Wiko View 4 Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wiko, brand Perancis ternyata tetap bertahan di Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk yang cukup menarik di 2020. Padahal, nama Wiko belakangan jarang terdengar.

Ternyata, Wiko tetap hadir di Indonesia. Mereka kali ini fokus di segmen pasar murah, segmen yang cukup ketat karena brand lokal dan brand dari Tiongkok pun bermain di ranah ini.

Untuk “berperang” di segmen murah, Wiko hadirkan tiga produk. Ada Wiko Y61, Wiko View 4 Lite, dan Wiko View 4. Yang bakal dibahas pada kesempatan kali ini adalah Wiko View 4.

Di toko online, Wiko View 4 dijual dengan harga kisaran Rp1,4 jutaan. Dengan banderol harga tersebut, apakah Wiko 4 cukup menarik untuk dilirik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Wiko View 4 berikut ini.

Spesifikasi Wiko View 4

  • Rilis: 2020
  • Layar: 6,52 inch HD+
  • Chipset: MediaTek MT6762D Helio A25 (12 nm)
  • GPU:  PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP with AI Features & Super Wide
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Wiko View 4

Dijual dengan harga kisaran Rp1,4 juta, Wiko View 4 hadirkan berbagai kelebihan yang pastinya bisa jadi nilai jual tersendiri.  Mari simak saja langsung kelebihan dari Wiko View 4 berikut ini.

1. Tiga Kamera yang Oke

wiko view 4

Wiko View 4 dan Wiko View 4 Lite sebenarnya cukup identik. Pembeda paling terlihat dari Wiko View 4 dan Wiko View 4 Lite ada di kameranya.

Di bumper kamera belakang, terlihat jelas kalau Wiko View 4 Lite hanya punya dua kamera sedangkan Wiko View 4 memiliki tiga kamera.

Ketiga kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera depth atau bokeh 2 MP, dan kamera ultra-wide  5 MP. Wiko menyebut kamera ultra-wide ini sebagai Super Wide Angle

Apapun namanya, pada intinya, kamera tersebut mampu menangkap sudut pandang yang lebar.

Kualitas kamera belakang ponsel ini secara keseluruhan tergolong cukup oke. Hasil fotonya bisa dilihat berikut ini.

hasil tangkapan kamera wiko view 4 (3)

* sumber: www.nextpit.com

hasil tangkapan kamera wiko view 4 (2)

* sumber: www.notebookcheck.net

hasil tangkapan kamera wiko view 4 (1)

* sumber: www.notebookcheck.net

Di kelas harga ini, hasil foto tentu memiliki standar yang berbeda. Menilik hasil yang ditawarkan, kualitas tangkapan kamera belakang ponsel ini tergolong cukup.

Situs Nextpit mengatakan jika untuk kelas harganya, hasil foto ponsel ini tergolong cukup. Di bawah kondisi cahaya yang cukup, hasil fotonya tergolong bagus. Namun, di bawa kondisi kurang cahaya, hasilnya tergolong rata-rata.

Hal yang wajar memang di kelas harganya. Namun, seharusnya Wiko bisa memberikan nilai fitur lebih untuk kamera. Seperti menghadirkan mode malam tentunya.

Sementara situs Notebookcheck mengatakan jika hasil gambar tergolong layak untuk kisaran harganya. Hasilnya terlihat cukup tajam.

Adanya lensa lebar alias ultrawide jadi nilai lebih karena memberikan keluwesan kepada pengguna dibandingkan satu kamera saja.

Kamera belakangnya sendiri mampu merekam video sampai resolusi 1080p. Resolusi yang cukup wajar untuk standar saat ini.

Sementara kamera depan ponsel ini hadir dengan sensor 8 MP. Hasil kamera depan ini juga tergolong layak untuk sebuah ponsel di kelas harganya.

2. Desain yang Menarik

wiko view 4

Desain Wiko View 4 sebenarnya biasa saja. Tidak ada yang istimewa sekali. Namun, hal ini memuat desain Wiko View 4 sesuai dengan selera pasar. Memang tidak menawarkan keunikan tersendiri dari desain, tapi hal ini bukan masalah besar.

Wiko sama seperti ponsel murah lain, hadirkan bodi desain berbahan plastik. Terlebih bodi desain belakang ponsel ini memiliki efek cahaya.

Dilansir dari kanal Youtube GadgetGaul, Wiko View 4 ini memiliki bodi belakang bercahaya yang memberikan efek pelangi. Sesuatu yang menarik meskipun sebenarnya tidak istimewa sekali.

Namun, mari apresiasi hal tersebut.

Sementara situs Nextpit mengatakan jika desain ponsel ini cukup kompak. Bobotnya agak berat yakni 160 gram. Hanya saja, ponsel ini masih tergolong enak dibawa dengan satu tangan.

3. Layar yang Oke di Kelas Harganya

wiko view 4

* sumber: www.nextpit.com

Di bagian layar, Wiko View 4 menawarkan dimensi layar 6,52 inci. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel. Layarnya memiliki fitur pengaturan cahaya otomatis.

Tingkat keceraha layarnya juga tergolong cukup. Hanya saja jika digunakan di tempat yang terik, tingkat keterbacaannya masih rendah.


Menurut Nextpit, layar Wiko View 4 bekerja dengan sangat baik. Ketika diatur pada mode gelap atau tampilan normal, tingkat kecerahan dapat menyesuaikan sehingga memberikan pengalaman menarik bagi pengguna.

Pengalaman menonton video pun cukup bagus di ponsel ini. Hanya saja ponsel ini mendukung Widevine L3 saja yang artinya, Wiko View 4 hanya bisa menonton film di Netflix di 480p.

4. Baterai Bertahan Sampai 3 Hari

wiko view 4

Wiko View 4 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAhihak Wiko mengklaim jika baterainya ini bisa membuat ponsel bertahan sampai tiga hari.

Kanal Youtube GadgetGaul juga mengatakan kalau daya tahan baterai Wiko View 4 ini tergolong lama. Padahal ponsel digunakan untuk nonton film, main gim, foto-foto, merekam video, bisa sampai 2 hari 5 jam.

Sementara situs Nextpit mengatakan bahwa dalam satu kali pengisian daya, Wiko View 4 dapat bertahan sampai tiga hari penggunaan, bahkan dengan penggunaan cukup berat. Hal ini menegaskan kalau klaim dari Wiko memang tidak berlebihan yang menyebutkan kalau baterai ponsel ini bisa bertahan sampai tiga hari.

5. Interface yang Oke dan Integrasi Google Assistant

wiko view 4

Wiko View 4 menawarkan tampilan antarmuka yang membuat ponse daapat bekerja efisien. Ponsel dengan basis Android 10 ini dapat mampu menangani tugas-tugas navigasi yang semakin rumit. Contohnya adalah menikmati hiburan dan konsumsi media sosial.

Wiko View 4 dapat melakukan hal tersebut. Terlebih karena ponsel ini menawarkan RAM 3 GB yang tentu batas minimal penggunaan Android yang nyaman. Apalagi harganya cukup murah.

Selain itu, Wiko View 4 juga memiliki tombol Google Assistant. Dengan tombol ini, pencarian internet dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pertanyaan dan permintaan pada Google menjadi lebih menyenangkan.

6. Menawarkan Kelebihan di Kelas Harganya

wiko view 4

*sumber: https://youtu.be/EPZ_LWr4fmI (Channel Benchmark)

Triple Slot dan OTG, storage, google assistant button, storage 64 GB

Keunggulan lain dari Wiko View 4 adalah hal-hal yang jarang ditemukan di ponsel kelas harga Rp1 sampai Rp1,5 juta. Contohnya dukungan USB On-The-Go yang memungkinkan transfer data bisa lebih cepat ke flash disk. 

Wiko View juga menawarkan kapasitas penyimpanan 64 GB. Sektor ini jadi kelebihan tersendiri mengingat dengan harga Rp1,5 jutaan, cukup jarang, ponsel yang menawarkan penyimpanan internal sebesar ini. Paling bentar ada di 32 GB saja.

Jika memori internal 64 GB terasa kurang, Wiko menawarkan dua slot SIM dan satu slot tambahan microSD yang bisa digunakan secara bersamaan alias triple slot tray.

Slot microSD di ponsel ini dapat digunakan dengan microSD sampai 256 GB. Untuk penggunaan pemula, kapasitas 64 GB sebenarnya sudah lebih dari cukup. Namun, menawarkan hal lebih jelas jadi keunggulan tersendiri.

Kekurangan Wiko View 4

Wiko View 4 memiliki beberapa kekurangan yang membuat ponsel kurang menarik untuk dibeli. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Langsung saja simak poin-poin kekurangannya di bawah!

1. Performa Grafis yang Rendah

wiko view 4

*sumber: https://youtu.be/EPZ_LWr4fmI (Channel Benchmark)

Wiko View 4 datang dengan chipset MediaTek Helio A25. Penggunaan chipset ini masih bisa dimaklumi dan tergolong cukup oke karena lebih mengutamakan efisiensi daya.  

Dibandingkan Unisoc, chipset Helio A25 malah cenderung lebih baik, meski nilai Antutu ponsel dengan Helio A25 berkisar di 79 ribuan. Sementara ponsel dengan Unisoc SC9863A bisa mencapai 100 ribuan tetapi chipset Unisoc lebih boros karena masih memakai fabrikasi 28 nm. 

Sementara, chipset Mediatek Helio A25 dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm yang lebih kekinian. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor delapan core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5 GHz dan 1,8 GHz dan GPU PowerVR GE8320.

Dengan sokongan RAM 3 GB, Wiko View 4 dapat menjalankan berbagai program dengan baik dan lancar. Untuk penggunaan aplikasi ringan seperti media sosial, Youtube, dan internetan, performa ponsel ini sudah tergolong cukup.

Hanya saja ponsel ini tidak untuk bermain gim. Ketika digunakan bermain PUBG Mobile, grafis yang didapatkan hanya smooth medium. Saat bermain PUBG Mobile tersebut, seringkali mengalami frame drop dan membuat pengalaman bermain kurang nyaman

2. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

wiko view 4

* sumber: www.nextpit.com

Di bagian belakang ponsel ini, atau di bagian sisinya, tidak ada tombol bagian khusus untuk sensor sidik jari. Hal ini karena memang Wiko View hanya mendukung sistem biometrik pengenalan wajah.

Hal ini jadi satu kekurangan lagi karena sistem pengenalan wajah belum tentu aman. Jika mau dibandingkan, itel Vision 1 dan itel Vision 1 Plus yang berada di kelas harga dengan ponsel ini justru memiliki sensor sidik jari dan pengenalan wajah.

3. Pengisian Baterai yang Lama

wiko view 4

*sumber: https://youtu.be/EPZ_LWr4fmI (Channel Benchmark)

Konsekuensi dari baterai berkapasitas besar adalah pengisian waktu yang lama. Hal terjadi dengan Wiko View 4 Lite dan Wiko View 4.

Bedanya, Wiko View 4 Lite dibekali baterai 4.000 mAh dengan charger bawaan 5 watt. Sementara Wiko View 4 hadir dengan baterai 5.000 mAh dengan charger bawaan 10 watt.

Untuk pengalaman pengisian cepat minimal charger yang didukung adalah 15 watt. Namun, Wiko View tidak mendukung hal tersebut.

Berdasarkan pengalaman GadgetGaul, pengisian daya Wiko View 4  membutuhkan waktu pengisian sampai 3 jam 17 menit dari 10 persen sampai penuh.

4. Kualitas Audio yang Tidak Menyenangkan

wiko view 4

*sumber: https://youtu.be/EPZ_LWr4fmI (Channel Benchmark)

Satu kekurangan dari Wiko View 4 adalah kualitas audio yang ditawarkan. Menurut Nextpit, kualitas audio dari Wiko View 4 tergolong buruk.

Bukan hanya Nextpit yang mengatakan soal sisi audio yang kurang baik ini. Situs Notebookcheck juga mengatakan jika loudspeaker mono kecil di tepi bawah ponsel tidak terlalu keras tetapi berfrekuensi tinggi. Efeknya, suara yang dihasilkan kurang bagus untuk didengar telinga.

Simpulan

Wiko View 4 punya kelebihan tersendiri. Daya tahan baterai yang awet, layar cukup oke, dan juga kapasitas 64 GB jadi nilai lebih. Sayagnnya, kekurangan paling fatal di ponsel ini adalah kualitas audionya yang kurang menyenangkan.

Jika soal audio tidak terlalu masalah dan pengguna bisa mengantisipasinya dengan earphone atau sejenisnya, maka Wiko View 4 ini masih cukup menarik untuk dilirik.

Dengan banderol harga kisaran Rp1,4 jutaan, Wiko View 4  ini bakal bersaing dengan ponsel seperti Redmi 9C, Advan G9, Evercoss Tera S6, ataupun Realme C11.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *