Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Banyak yang menantikan kehadiran ponsel kelas atas Xiaomi yang beredar resmi di Indonesia. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Xiaomi hanya sering menghadirkan ponsel resmi di kelas harga Rp1 sampai Rp4 jutaan.

Di awal 2020, Xiaomi mendatangkan ponsel resmi yang fokus pada kamera, Xiaomi Mi Note 10 Pro yang dilanjut dengan Xiaomi Mi Note 10. Ponsel ini memang memiliki keunggulan di sektor kamera tetapi tidak sepenuhnya kelas atas karena chipset yang digunakan masih menengah.

Penantian panjang pun akhirnya tiba. Mei 2020, Xiaomi merilis resmi smartphone flagship mereka di Indonesia, Xiaomi Mi 10. Ponsel ini dijual resmi dengan harga Rp10 juta kurang seribu.

Kehadiran Xiaomi Mi 10 disambut antusias oleh para pengguna Indonesia, terutama para pencinta ponsel Xiaomi. Meskipun tidak memasukan Xiaomi Mi 10 Pro, tetapi kehadiran Xiaomi Mi 10 patut diapresiasi.

Pertanyaannya, apakah dengan banderol harga Rp9.999.000, Xiaomi Mi 10 merupakan ponsel yang layak dipilih? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10

Mi 10
  • Layar: Super AMOLED, 6,67 inci
  • Chipset: Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 108 MP + 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Po 4780 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Ada berbagai keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 10. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Layar OLED yang Bagus dengan 90 Hz

Layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 10 benar-benar kelas atas. Layar ponsel ini hadir dengan panel Super AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini sudah dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan diklaim Xiaomi memiliki tingkat kecerahan layar 500 nit.

Layarnya memang hanya memiliki kerapatan 386 ppi tetapi dukungan HDR10+ membuat tampilan layar ponsel ini benar-benar bagus. Apalagi dukungan layar 90 Hz, membuat scroll di ponsel ini benar-benar halus.

Tampilan layar ponsel ini benar-benar bagus. Klaim kalau layarnya mendukung 500 nits juga bukan sembarang klaim. Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSMArena, layar ponsel ini bisa mencapai tingkat kecerahan 522 nit.

Ketika diuji di kondisi cahaya yang terang, tingkat kecerahan layar ponsel ini bisa mencapai 854 nit. Dan menurut GSMArena, angka ini menunjukan nilai positif karena merupakan skor yang menandakan kalau ponsel ini adalah ponsel kelas unggulan alias real flagship. 

Situs China-Gadgets, menyebut kalau tingkat kecerahan layar maksimum dari Xiaomi Mi 10 mencapai 1120 nit. Angka ini merupakan angka yang tinggi mengingat ponsel sekelas iPhone 11 Pro Max saja hanya mencapai 1.200 nit.

Data tersebut jelas menunjukan kalau Xiaomi Mi 10 adalah ponsel kelas atas yang memang menawarkan layar OLED berkualitas. Selain itu, layar ponsel ini juga benar-benar menawarkan tingkat kecerahan yang baik dan membuat ponsel ini bakal nyaman digunakan untuk menikmati konten video.

2. Daya Tahan yang Bagus

baterai Xiaomi Mi 10

Keunggulan lain dari Xiaomi Mi 10 ada di sektor baterai. Kapasitas baterai ponsel ini tidak mencapai 5.000 mAh, hanya 4.780 mAh. Tetapi kapasitas ini tergolong besar, malah lebih besar jika dibandingkan Xiaomi Mi 10 yang hanya 4.500 mAh.

Dengan baterai tersebut, Xiaomi Mi 10 mampu menawarkan daya tahan baterai yang baik. Hal ini terbukti dari pengujian tes GSMArena yang menobatkan daya tahan baterai Xiaomi Mi 10 dengan skor 109h.

tes baterai xiaomi mi 10 90Hz
*

Skor tersebut tergolong tinggi, apalagi dengan pencapaian 18 jam 57 menit untuk memutar video. Dan ingat, skor tersebut diraih dengan mode layar 90 Hz. Xiaomi Mi 10 juga punya mode untuk mengubah refresh rate. Jadi, ada opsi memakai layar 90 Hz atau 60 Hz.

Pada mode layar 60 Hz, hasil tes ketahanan baterai mencapai angka yang lebih baik. Hal yang wajar tentunya karena refresh rate yang tinggi memang cenderung boros.

tes baterai xiaomi mi 10 60Hz
*

Terlihat pada gambar di atas, kalau endurance rating Xiaomi Mi 10 di mode layar 60 Hz adalah 113h. Peningkatan signifikan terlihat pada pengujian tes internet dan video playback, yang peningkatannya mencapai 3 sampai 4 jam. Hanya saja di waktu bicara, angkanya sama. Hal yang wajar karena tes waktu bicara tidak membutuhkan kemampuan layar yang signifikan.

Data tersebut menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong baik. Data lain dari China-Gadgets, menyebutkan kalau baterai Xiaomi Mi 10 mencapai 15 jam pada pengujian tes baterai PC Mark. Hasil tersebut tergolong tinggi dan bagus.

3. Wireless Fast Charging

Fast Charging Xiaomi Mi 10
*

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang baik, Xiaomi Mi 10 juga menawarkan kemampuan pengisian super cepat. Kemampuan ini jelas harus dimiliki oleh sebuah ponsel kelas atas. Dan Xiaomi Mi 10 memiliki dengan dukungan pengisian cepat 30W.

Berdasarkan pengujian dari GSMArena, kecepatan pengisian daya ponsel ini mencapai 72 menit dari 0 sampai 100%, Untuk 30 menit pertama, daya tahan baterai mencapai 53%. Bukan yang tercepat memang tetapi hal ini sudah merupakan sesuatu yang baik.

Yang jadi primadona tentu saja bukan soal pengisian cepat kabelnya, tetapi pengisian cepat tanpa kabel alias wireless charging. Xiaomi Mi 10 ini mendukung wireless charging 30W. Hal ini berarti kecepatan pengisian daya tanpa kabelnya mirip dengan kecepatan pengisian daya menggunakan kabel. Hal yang benar-benar luar biasa.

4. Desain yang Sangat Premium

Xiaomi Mi 10

Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Xiaomi Mi 10 tentu saja harus menawarkan desain yang premium. Dan hal tersebut memang terlihat dari Xiaomi Mi 10. Seperti kata GSMArena, desain ponsel ini tergolong trendi, tampak hebat, dan juga solid.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram