Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Pro Berikut!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setelah hadirkan versi reguler dan Ultra di pasar Indonesia, sang brand HP raksasa - Xiaomi - melanjutkannya dengan merilis Xiaomi Mi 11 Pro. Sesuai namanya, varian Pro ini berada di antara reguler dan Ultra, punya spesifikasi yang lebih balance di antara keduanya. Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari versi Pro ini? Lanjutkan membaca untuk ketahui jawabannya.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Pro

Xiaomi Mi 11 Pro
  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: AMOLED 6,81 inci 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP + 8 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Pro

Punya harga lebih mahal dari Mi 11 biasa, pastinya Anda dapat menemukan lebih banyak kelebihan pada versi Pro ini. Penasaran apa saja? Yuk simak poin-poin kelebihan di bawah!

1. Performa Chipset Dewa

Xiaomi Mi 11 Pro sebagai ponsel flagship tentu sudah dibekali chipset terbaik untuk game. Tidak tanggung-tanggung, bahkan Mi 11 series adalah ponsel pertama yang menyuguhkan Snapdragon 888 dari Qualcomm, penerus dari Snapdragon 865 yang marak dimiliki flagship tahun 2020.

Snapdragon 888 ini sungguh membawakan inovasi unggulan dari semua sektor baik itu gaming, konektivitas, fotografi, AI, dan lain sebagainya. Chipset bergengsi ini mengusung konfigurasi CPU octa core yang terdirikan atas satu inti Kryo 680 Prime (berbasiskan ARM Cortex X1) dengan kemampuan clock speed hingga 2,84 GHz.

Itu tadi merupakan klaster untuk prime core-nya. Sementara untuk performance core, menggunakan tiga buah inti Kryo 680 Gold berbasiskan ARM Cortex A78, berkekuatan hingga 2,42 GHz. Lalu klaster ketiga merupakan efficiency core yang terdiri dari empat inti Kryo 680 Silver. Yakni, core berbasiskan ARM Cortex A55 dengan clock speed up to 1,8 GHz.

Nah, di bagian pengolah grafisnya, menggunakan Adreno 660 dengan frekuensi hingga 840 MHz. Angka ini sungguh meninggi dibandingkan Adreno yang hadir pada Snapdragon 865 Plus dan 870 (670 MHz).

Bagaimana dengan kemampuannya dalam bermain game berat? Apakah punya performa tangguh untuk dapat FPS tinggi? Menurut Gizmochina yang menguji Xiaomi Mi 11 Pro versi Cina, perangkat stabil di angka 89,65 FPS saat memainkan PUBG Mobile. Sementara versi Global-nya locked di angka 60 FPS.

Permainan Genshin Impact juga menunjukkan FPS yang tinggi, yakni hingga 52,16 FPS. Seperti yang diketahui, Genshin Impact sendiri merupakan permainan open world dengan kualitas grafis cukup tinggi, sehingga frame rate tersebut sangatlah terbilang bagus untuk hasilkan pengalaman bermain yang layak.

2. Kualitas Layar yang Unggul dari Segala Sisi

Satu hal yang sungguh patut dinantikan pada HP flagship sekelas Mi 11 series adalah kualitas layarnya. Xiaomi Mi 11 Pro tidak menunjukkan banyak perbedaan dari segi layar dibanding seri reguler, menawarkan ukuran 6,81 inci pada resolusi 2K WQHD+ yakni 1440 x 3200 piksel.

Panel yang digunakan tentu saja sudah tak lagi IPS, melainkan pakai AMOLED yang dikenal punya tingkat kecerahan tinggi dan akurasi warna lebih baik. Benar saja, karena layar Xiaomi Mi 11 Pro ini memang mampu meraih peak brightness 1500 nit serta mendukung tampilan spektrum 1 milyar warna.

Belum lagi layar juga mendukung dua tipe HDR format streaming yakni Dolby Vision dan juga HDR10+. Kalau Anda punya akun Netflix yang paling mahal, bisa mencobanya untuk dapatkan hasil ketajaman terbaik saat menonton film/series kesukaan.

Selain hadirkan kualitas layar tajam dengan kerapatan piksel 515 ppi, layar Xiaomi Mi 11 Pro yang punya aspek rasio 20:9 ini juga menyuguhkan opsi laju penyegaran tinggi yakni 120 Hz. Sehingga saat Anda berpindah-pindah aplikasi ataupun sekadar scrolling di Instagram, layar akan terlihat dua kali lipat lebih mulus dibanding 60 Hz konvensional.

Besarnya laju penyegaran ini juga berpengaruh baik dalam performa game, di mana pengguna bisa menginputkan respon lebih cepat pada layar tanpa delay berkat touch sampling rate berukuran 240 Hz. Kesemuanya ini dibalut dengan istimewa dalam satu paket HP flagship yang bernilai jual tinggi.

3. Salah Satu HP dengan Kamera Terbaik di Dunia

Xiaomi Mi 11 Pro memang tidak punya jumlah resolusi kamera utama sebesar Mi 11 reguler yang mengantongi angka 108 MP.

Kendati demikian, kualitas kamera Mi 11 Pro justru dinilai lebih baik. Mengusung setup Triple Camera, Xiaomi 11 Pro dan Ultra membawakan sensor 50 MP Samsung GN2 dengan ukuran yang paling besar di dunia smartphone, yakni 1/1.12 inci.

Kamera utama tersebut juga dibekali fitur canggih untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengambil foto, seperti Dual Pixel PDAF yang dapat menangkap subjek dengan sangat akurat, serta Laser AF yang kinerjanya jauh lebih cepat dan bekerja baik saat pencahayaan minim.

Tidak lupa, kamera utama 50 MP dengan aperture f/2.0 dan focal length 24 mm ini juga menghadirkan OIS (Optical Image Stabilization) agar pengguna dapat lebih mudah menangkap subjek kamera tanpa ngeblur.

Lanjut ke lensa, di mana perangkat dibekali dengan lensa telefoto periskop 8 MP dengan focal length 120 mm, mendukung tingkat zoom lossless (optikal) sebanyak 5 kali. Zoom optikal ini berarti kualitas gambar tidak akan berkurang sama sekali.

Total maksimal zoom yang bisa dilakukan perangkat adalah 120 kali, namun tentu kualitasnya akan berkurang drastis saat zoom maksimal dilakukan. Kehadiran lensa telefoto ini tentu sebuah peningkatan yang bisa diapresiasi para fans, ketimbang Mi 11 reguler yang hanya menyuguhkan lensa makro.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram