Carisinyal / Smartphone / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 3

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 3

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2019

Xiaomi merilis Xiaomi Mi Mix 3 yang punya keunikan tersendiri di sektor kameranya. Ya, Xiaomi Mi Mix 3 hadir dengan kamera berjenis pop-up yang bisa ‘muncul dengan sendirinya’. Selain itu, ada banyak hal lain yang menarik untuk dibahas dari HP satu ini. Anda penasaran, bukan?

Maka dari itu, Carisinyal akan mengupas tuntas mengenai 10 kelebihan dan kekurangan dari HP Xiaomi Mi Mix 3 yang punya desain elegan ini. Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3

 

Xiaomi Mi Mi 3_

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 3200 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 8.700.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Xiaomi Mi Mix 3

1. Dilengkapi Kamera Pop-Up

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 3 2

* sumber: www.techradar.com

Xiaomi Mi Mix 3 adalah salah satu dari deretan HP modern yang dilengkapi dengan kamera pop-up untuk selfie. Kamera pop-up yang dimiliki HP ini berjenis mechanical yang artinya Anda dapat menggunakannya dengan cara menggeser bagian layar HP ke bawah.

Ya, letak kamera selfie dari Xiaomi Mi Mix 3 bukan pada bagian layar seperti kebanyakan HP yang beredar di pasaran, sehingga layar dari HP ini menjadi penuh dan memiliki bezel yang sangat tipis. Unik, bukan?

Xiaomi Mi Mix 3 punya total empat kamera. Dua di bagian belakang, dan dua lagi terletak di bagian depan yang ‘terhalangi’ oleh layar penuhnya. Dua kamera utamanya adalah satu lensa 12 MP dan satu lagi lensa dengan ukuran sama, yakni lensa telefoto. Sementara itu, dua lensa di bagian depannya berukuran 2 MP untuk efek background blur dan satu lagi lensa 24 MP.

Walaupun tak semua orang tertarik dengan kamera yang dapat ‘muncul sendiri’ seperti yang dimiliki HP ini, Anda mungkin saja tertarik untuk memilikinya. Terutama, kalau Anda membutuhkan HP dengan tampilan yang berbeda. Oh ya, berikut hasil jepretan dari kamera HP Xiaomi Mi Mix 3.

Mi Mix 3 camsample 3

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 4

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 2

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 9

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 10

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 8

* sumber: www.gsmarena.com

Mi Mix 3 camsample 7

* sumber: www.gsmarena.com

2. Punya Performa Kencang

mi mix 3 3

* sumber: www.techradar.com

Selain punya keunggulan di sektor kameranya yang unik, Xiaomi Mi Mix 3 juga unggul di sektor dapur pacunya. HP besutan vendor asal Tiongkok ini menggunakan chipset terbaik Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 845 sehingga Xiaomi Mi Mix 3 memiliki performa yang kencang.

Mi Mix 3 Geekbench test (Single core)

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena melakukan geekbench test (single core) pada Xiaomi Mi Mix 3 dan hasilnya, HP ini memperoleh skor sebanyak 2429, setara dengan OnePlus 6T hingga Sony Xperia XZ3 karena memang menggunakan chipset serupa, yakni Snapdragon 845. Xiaomi Mi Mix 3 berhasil mengungguli Google Pixel 3 dan saudaranya, yaitu Xiaomi Mi Mix 2.

 

Mi Mix 3 Geekbench test (multi core)

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena juga melakukan geekbench test (multi core) pada Xiaomi Mi Mix 3. HP ini memperoleh skor sebesar 9065 dan berhasil mengungguli HP lainnya yang menggunakan chipset serupa seperti OnePlus 6T, Sony Xperia XZ3, dan Google Pixel 3.

Mi Mix 3 Antutu

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk skor Antutu-nya, HP Xiaomi Mi Mix 3 memperoleh skor yang cukup besar yakni di kisaran 200 ribuan seperti yang tampak pada gambar di atas. Hasil geekbench test yang dilakukan GSMArena ini juga memperlihatkan bahwa Xiaomi Mi Mix 3 lagi-lagi bisa dibilang lebih unggul, bahkan dibanding Samsung Galaxy Note 9 dan Google Pixel 3.

Kalau Anda membutuhkan HP yang punya performa kencang untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, baik membuka aplikasi sosial media hingga bermain game, HP ini dapat Anda jadikan andalan. Berdasarkan pengalaman dari TechUtopia, HP ini dapat memainkan game seperti Rules of Survival dengan lancar menggunakan setting grafis tertinggi.

3. Layar Berukuran Besar

Xiaomi Mi Mix 3

* sumber: www.trustedreviews.com

Xiaomi Mi Mix 3 punya tampilan layar yang luas dengan bezel yang sangat tipis, ditambah lagi dengan posisi kamera selfie yang terpisah membuat layar HP ini semakin terasa lega. Meski tak ada notch seperti yang dimiliki oleh HP zaman sekarang, Xiaomi Mi Mix 3 tetap tampil elegan.

Layar berukuran 6.39 inci-nya berteknologi OLED dengan tampilan yang jernih dan tentunya punya sudut pandang yang luas dan warna yang cukup tajam. Nah, jika Anda mengutamakan kenyamanan saat menggunakan HP, baik untuk menonton atau bermain game, maka Xiaomi Mi Mix dengan layarnya yang lebar dan minim bezel ini cocok untuk Anda.

Oh ya, layarnya sudah dilengkapi dengan corning Gorilla Glass 5, sehingga Anda tidak perlu lagi memasang anti-gores tambahan pada layar ponsel.

4. Baterai Tahan Lama

Mi Mix 3 Battery life

* sumber: www.gsmarena.com

Meski hanya mengantongi baterai berkapasitas 3.200 mAh saja, baterai Xiaomi Mi Mix 3 ini bisa dibilang tahan lama. GSMArena melakukan battery test pada HP ini, dan hasilnya menunjukkan bahwa baterai Xiaomi Mi Mix 3 bisa tahan hingga 84 jam lamanya, dengan rincian 23:15 jam untuk 3G talk time, 10:03 jam untuk berselancar di internet dan 13:57 jam untuk memutar video.

Sementara Techradar menyebutkan bahwa baterai Xiaomi Mi Mix 3 dapat bertahan seharian dan mereka hanya perlu melakukan satu kali pengisian daya dalam sehari. HP ini digunakan untuk menonton video hingga bermain game dan masih menyisakan kurang lebih 20% daya pada malam harinya.

5. Didukung Teknologi Wireless Charging

Xiaomi Mi Mix 3 6

* sumber: www.trustedreviews.com

HP Xiaomi Mi Mix 3 ini ternyata sudah mengantongi teknologi wireless charging, sehingga Anda tak perlu lagi repot mengisi daya baterai HP dengan menggunakan charger yang punya kabel. Anda dapat dengan mudah menempelkan HP ini ke wireless charger dan membiarkan daya baterai terisi dengan sendirinya.

Pihak vendor sendiri sudah berbaik hati karena sudah menyertakan wireless charger untuk Xiaomi Mi Mix 3 ini dalam paket penjualan mereka. Jadi, Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk membelinya.

For your information, Xiaomi Mi Mix 3 juga sudah didukung teknologi fast charging, yakni Quick Charge 4+ sehingga Anda tak perlu menunggu lama ketika mengisi daya baterai ponsel satu ini.

6. Menggunakan Port USB-C

Xiaomi Mi Mix 3 4

* sumber: www.techradar.com

Adanya teknologi wireless charging pada Xiaomi Mi Mix 3 ini semakin lengkap dengan hadirnya port USB tipe-C yang lebih modern dan tentunya lebih baik ketimbang port USB dengan tipe mikro.

Port USB tipe-C ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya baterai dengan lebih cepat hingga melakukan transfer data dengan waktu yang juga lebih singkat dibanding biasanya.Tidak cuma Xiaomi Mi Mix 3 saja, kebanyakan HP kelas atas saat ini sudah memakai port USB tipe-C, lho.

7. Sudah Dilengkapi Fitur NFC

mi mix 3 1

* sumber: www.techradar.com

Si cantik Xiaomi Mi Mix 3 juga ternyata telah didukung fitur NFC atau Near Field Communication yang salah satu fungsinya adalah untuk digunakan bertransaksi tanpa uang tunai dengan sekali tap saja. Selain itu, dengan NFC, Anda juga dapat menjalankan aplikasi dengan lebih praktis dan cepat. NFC juga telah banyak disematkan Xiaomi pada HP-HP besutan mereka yang lain.

Di antaranya adalah Xiaomi Mi 8 Pro hingga Xiaomi Mi Note 3. Pembahasan selengkapnya dapat Anda simak dalam artikel 10 HP Xiaomi dengan NFC dari Carisinyal ini.

Kekurangan Xiaomi Mi Mix 3

1. Tidak Tahan Air dan Debu

mi mix 3 2

* sumber: www.techradar.com

Meski punya bodi yang cantik dengan minim bezel, layar yang besar dan jernih serta terjamin aman berkat corning Gorilla Glass 5 yang ditanamkan pada HP yang sudah mampu menjalankan OS Android terkini, yakni Android 9.0 (Pie) tetap memiliki kekurangannya tersendiri.

HP yang merupakan generasi terbaru dari seri Mi Mix ini tidak tahan terhadap air dan debu. Sehingga, jika Anda menginginkan HP Xiaomi yang tahan terhadap air maupun debu, HP ini kurang cocok untuk Anda.

2. Tidak Dilengkapi Jack 3.5 mm

Xiaomi Mi Mix 3

* sumber: www.techradar.com

Selain tak tahan terhadap air dan debu, Xiaomi Mi Mix 3 juga tidak memiliki audio jack berukuran 3.5 mm yang biasa digunakan untuk memasang earphone. Anda perlu memasang konektor sehingga Anda dapat memakai earphone saat menggunakan ponsel satu ini.

Mungkin, bagi sebagian orang, hal tersebut dianggap kurang praktis, karena selama ini, jika ingin mendengarkan musik atau melakukan aktivitas lain dengan menggunakan earphone, kita hanya tinggal memasangkannya ke port yang tersedia. Namun, bila Anda tidak keberatan, Anda tetap bisa menjadikan HP satu ini sebagai andalan.

3. Bodi Belakang Licin

Xiaomi Mi Mix 3 5

* sumber: www.trustedreviews.com

Satu kekurangan lagi yang dimiliki oleh Xiaomi Mi Mix 3. Adalah bagian belakangnya yang terbuat dari bahan keramik sehingga membuat HP ini tergolong licin ketika dipegang. Selain membuat licin, bahan keramik ini juga menjadikan bodi belakang dari HP Xiaomi mudah terkotori oleh bekas sidik jari tangan. Sangat disayangkan, bukan?

Simpulan

Xiaomi Mi Mix 3 sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan HP Xiaomi dengan desain cantik serta kamera yang unik, juga layar yang lebar dan punya fitur seperti wireless charging hingga NFC yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai dengan mudah.

Namun, jika Anda membutuhkan alternatif lain, Anda dapat memilih Samsung Galaxy S9+ yang sudah memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan debu. Tapi jangan lupa siapkan budget lebih untuk mengantongi HP satu ini, ya.

Itulah 10 kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Mi Mix 3 yang harus Anda ketahui. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk memiliki HP keren satu ini? Jika iya, Anda dapat langsung membeli Xiaomi Mi Mix 3 di Bukalapak lewat link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment