Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Xiaomi Mi 9 series adalah deretan ponsel Xiaomi yang menawarkan desain, performa, dan hal lainnya yang membuatnya menarik. Contohnya, Xiaomi Mi 9 Lite yang unggul dari sisi desain. Ada juga Mi 9T Pro yang bisa dibilang sebagai ponsel Xiaomi dengan predikat price to performance, dan juga Mi 9 yang merupakan ponsel dengan spesifikasi yang bagus.

Namun, tidak ada ponsel Xiaomi yang benar-benar fokus pada kamera sebagai nilai jualnya, Sampai kemudian munculah Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ponsel ini menarik perhatian karena menawarkan lima kamera. Oh yah, sebagai catatan, Xiaomi Mi Note 10 Pro dikenal juga dengan nama Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition. Ada juga Xiaomi Mi Note 10 yang di Tiongkok diberi nama Xiaomi Mi CC9 Pro.

Kedua varian menawarkan spesifikasi yang serupa. Pembeda utama ada di lapisan lensa kamera utamanya dan varian memori saja. Karena itu, pada tulisan ini akan dirangkum hasil ulasan Xiaomi Mi Note 10 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Kecuali untuk kamera utamanya, akan berdasarkan data pengujian Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Lantas, seperti apa ponsel yang satu ini? Apakah menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Kelebihan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro memiliki berbagai kelebihan. Apa sajakah kelebihan yang dimiliki ponsel yang satu ini? Simak langsung berbagai kelebihan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

1. Konfigurasi Lima Kamera Belakang

xiaomi mi note 10
*

Xiaomi Mi Note 10 Pro datang dengan konfigurasi lima kamera. Satu hal yang menarik karena masih jarang ponsel yang menghadirkan lima kamera belakang. Lima kamera di ponsel ini masing-masing memiliki fungsi tersendiri, dengan dua kamera memiliki fungsi yang sama.

Kamera ponsel ini terdiri dari kamera utama 108 MP dengan bukaan f/1.7. Kamera ini hadir dengan fitur PDAF, Laser AF, dan OIS. Kamera ini memiliki panjang fokal 25mm. Lensa pada kamera ini adalah lensa buatan Samsung dengan jenis lensa 8P. Ada juga varian dari ponsel ini, yakni Xiaomi Mi Note 10  yang memiliki spesifikasi  sangat mirip, hanya kamera utamanya menggunakan lensa 7P.

Kamera kedua di ponsel ini adalah kamera telefoto 12 MP yang mendukung Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan 2x optical zoom. Kamera kedua adalah kamera 5 MP yang juga berfungsi sebagai telefoto dengan kemampuan 5X optical zoom. Kamera ini hadir juga dengan fitur PDAF, Laser AF, dan juga OIS. Kamera ini memiliki kemampuan upscale ke 8 MP.

Kamera ketiga di ponsel ini adalah kamera 20 MP dengan bukaan f.2.2. Kamera ini adalah kamera ultrawide dengan dukungan fitur laser autofocus. Sementara kamera keempat adalah kamera makro 2MP.

Bagaimana dengan hasil tangkapan kamera dari ponsel ini? Silakan simak contoh hasil tangkapan kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

hasil tangkapan kamera xiaomi mi note 10
*
hasil tangkapan kamera xiaomi mi note 10
*
hasil tangkapan kamera xiaomi mi note 10
*

Menilik gambar di atas, tampak kalau Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu menghadirkan kualitas foto yang keren. Kamera ini mampu menghadirkan foto yang bersih dengan detail yang sedikit lebih halus. Tidak berlebihan jika DxOMark memberikan skor 121 untuk ponsel ini dan menjadikannya sebagai salah satu ponsel dengan kualitas kamera terbaik.

Dinukil dari GSMArena, hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus  ketika menggunakan mode kamera 27 MP. Mode kamera ini adalah mode kamera bawaan. Tentu kamera ini bisa diubah menjadi mode 108 MP. Hanya saja penggunaan mode kamera 108 MP menghasilkan noise yang cukup jelas.

Kamera ini juga mampu menangkap foto dengan baik pada kondisi kurang cahaya. Hasil tangkapan foto di kondisi kurang cahaya mampu menghasilkan foto yang bersih, dan hadir dengan akurasi warna yang baik. Hanya saja untuk night mode terasa kurang bagus.

Menurut GSMArena, masih bagus memotret kondisi kurang cahaya dengan mode biasa dibandingkan memakai night mode. Tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera menggunakan ponsel ini tergolong bagus.

2. Kamera Selfie Oke

xiaomi mi note 10
*

Xiaomi Mi Note 10 Pro hadir dengan kamera depan 32 MP. Kamera ini memiliki fitur HDR dan kemampuan rekaman video 1080p 30 fps. Untuk hasil tangkapan kamera depannya, bisa disimak pada gambar berikut ini.

hasil tangkapan kamera depan xiaomi mi note 10
*

Tampak dari gambar di atas kalau kamera depan Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu melakukan tugasnya baik. Hasil gambarnya tergolong bagus dan detail. Ditegaskan pula oleh Android Authority, kalau hasil tangkapan kamera depan ponsel ini sangat baik. Hasilnya tergolong bagus, tajam, dan warnanya terlihat lebih alami dibandingkan kamera lainnya.

3. Daya Tahan Baterai Bagus

baterai mi note 10
*

Xiaomi Mi Note 10 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5.260 mAh. Kapasitas yang tentunya tergolong besar. Berdasarkan pengujian GSMArena, ponsel ini mendapat endurance rating 95h. Sementara waktu bicara ponsel ini adalah 33 jam 34 menit. Untuk internetan tanpa henti, ponsel ini bisa bertahan sampai 12 jam 32 menit. Sementara untuk tes pemutaran video, ponsel ini mencapai waktu 22 jam 20 menit.

Hasil pengujian tersebut menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini memang bisa dikatakan bagus. Situs Android Authority juga menyebut kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong bagus. Rata-rata tiap harinya, didapatkan waktu tujuh setengah jam screen-on-time, yang tentu tergolong bagus. Sebagai pembanding, OnePlus 7T ternyata hanya memiliki waktu screen-on-time sekitar lima setengah jam.

4. Pengisian Super Cepat

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram