carisinyal web banner retina

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 11 September 2021

Xiaomi memang senantiasa menelurkan varian baru pada keluarga flagship Xiaomi Mi. Namun tahukah Anda? Xiaomi juga punya seri flagship lainnya bernama Mi Mix meskipun seri ini bukanlah yang utama.

Pada seri Xiaomi Mi Mix, inovasi terbaru senantiasa dihadirkan, terutama dalam hal spesifikasi layar. Bisa dilihat sejak kemunculan Xiaomi Mi Mix pertama kali pada tahun 2016, ponsel yang menyuguhkan bezel begitu tipis di bagian atas, kiri, dan bawahnya.

Lalu pada tahun 2017, lahirlah penerusnya bernama Xiaomi Mi Mix 2 dengan desain bodi yang kurang lebih sama. Sama-sama tawarkan bezel tipis di ketiga sisi namun meninggalkan bezel tebal di bawah bodi.

Nampaknya Xiaomi mulai mengubah resep ini pada Xiaomi Mi Mix 3 yang rilis pada 2018 dengan tampilan bezel yang semakin tipis. Kala itu, keempat sisinya hadir tanpa bezel karena kamera depannya tersedia dalam mekanisme pop-up manual.

Hiatus selama beberapa tahun, barulah Xiaomi Mix 4 dirilis pada tahun 2021 dengan membawakan spesifikasi yang semakin gahar. Bagaimana tidak? Kamera depannya tertanam di dalam layar, serta membawakan dapur pacu paling gahar di dunia, yakni Snapdragon 888 Plus.

Jangan lupa, Anda tidak perlu menyebutkan kata "Mi" lagi pada ponsel ini. Pasalnya, Xiaomi memang berencana mengakhiri seri flagship "Mi" ini agar penyebutan namanya tidak terlalu belibet di lidah.

Tanpa perlu tunggu lebih lama lagi, Carisinyal akan beberkan secara ringkas spesifikasi, harga, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Mix 4 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mix 4

Xiaomi Mi Mix 4
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: AMOLED 6,67 inci FHD+
  • Chipset: Snapdragon 888+ 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: Tidak didukung
  • Kamera Belakang: 108 MP + 8 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: Kamera di dalam layar, 20 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Mix 4

Menawarkan sejumlah spesifikasi buas, pastinya tidak sedikit penggemar gadget yang tertarik soal kelebihan-kelebihan Xiaomi Mix 4. Untuk itu, berikut adalah beberapa poin kelebihan yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli.

1. Kamera Depan Tertanam dalam Layar (Under-Display Camera)

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 2

Beberapa desain tampilan untuk penempatan kamera depan yang paling banyak diketahui pencinta gadget adalah full-view (kamera terletak pada bezel atas atau pada mekanisme pop-up dan sejenisnya), waterdrop notch (kamera terletak pada 'poni' layar), serta punch hole (kamera tompel). Desain manakah yang digunakan Xiaomi Mix 4?

Dari segi tampilan, Xiaomi Mix 4 ini masuk desain full-view. Namun, teknologi penempatan kamera depannya kekinian, yakni UDC alias under display camera. Sesuai namanya, kamera depan HP ini tertanam di dalam layar selayaknya sensor sidik jari, sehingga wujud kamera tidak terlihat.

Xiaomi Mix 4 memang bukan satu-satunya yang hadirkan desain kamera ini. Samsung Galaxy Z Fold3 5G juga menyematkan kamera selfie di dalam layar utamanya. Namun dalam hal seberapa baik kamera depan ini "disembunyikan", di sini Xiaomi Mix 4 lebih unggul.

Kamera depan pada Galaxy Z Fold3 masih dapat sedikit terlihat jika memang Anda sengaja berusaha keras untuk melihatnya. Sedangkan, menurut pantauan YouTuber Frankie Tech, kamera depan Mix 4 benar-benar tersembunyi.

Anda benar-benar tidak akan dapat melihat keberadaan kamera depan ini, bahkan saat dilihat dari sudut atau tingkatan brightness mana pun. Satu-satunya cara agar kamera depan ini terlihat adalah dengan menyorotinya dengan lampu senter.

Secara spesifikasi, kamera depan ini memiliki resolusi 20 MP pada focal length 27 mm dan ukuran sensor 1/3.4 inci. Hasil foto dan videonya cenderung baik, namun tetap saja masih bisa dikembangkan lagi.

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 4Sumber: YouTube/Frankie Tech
Xiaomi Mix 4 20 MP UDC, terlihat pudar pada sudut tertentu

Frankie Tech mengatakan kalau hasil foto hanya bagus saat dipotret dari sudut tertentu. Sedangkan pada sudut lainnya (misalnya saat ada cahaya dari arah belakang), warna foto dan video jadi terlihat pudar dan buram seperti yang terlihat pada foto di atas.


Ya, kualitas kamera depan ini memang kurang dapat diandalkan jika Anda bandingkan dengan seri flagship umumnya. Tapi mengingat ini adalah teknologi yang terbilang jarang, kami tidak begitu mempermasalahkan. Mudah-mudahan saja ke depannya Xiaomi akan perbaiki kualitas hasil foto pada kamera UDC-nya.

2. Kinerja Snapdragon 888+ yang Luar Biasa Dahsyat

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 6

Sorotan utama lainnya dari Xiaomi Mix 4 adalah kemampuan dapur pacunya yang memang sekelas HP flagship. Bahkan kami berani bilang kalau Xiaomi Mix 4 ini punya kinerja di atas HP flagship kebanyakan. Pasalnya, di saat HP pesaingnya masih gunakan Snapdragon 888 reguler, Xiaomi Mix 4 sudah dibekali dengan Snapdragon 888 Plus.

Perbedaan kedua chipset sebenarnya tidak begitu drastis. Snapdragon 888 Plus hanya melakukan overclock pada inti prima Kryo 680 berbasiskan Cortex X1. Yang asalnya inti tersebut punya kecepatan 2,84 GHz (Snapdragon 888) kini menjadi menjadi 2,995 GHz.

Pun pada spesifikasi kartu pengolah grafisnya, masih sama-sama tawarkan Adreno 660 dengan frekuensi yang tidak berbeda. Xiaomi Mix 4 juga dibekali dengan RAM 8 GB LPDDR5 Double Channel dengan frekuensi 6400 MHz serta memori internal hingga 512 GB pada tipe UFS 3.1.

Dilansir dari Sparrownews, memori internal perangkat ini hadir dengan kecepatan baca sekuensial 1950 MB per detik dan kecepatan tulis sekuensial hingga 737 MB per detik.

Berdasarkan hasil benchmark AnTuTu v9 yang bisa dilihat di atas, Xiaomi Mix 4 meraih skor sebesar 830.506 poin. Ini merupakan salah satu poin terbesar yang bisa didapatkan pada tangga benchmark ponsel pintar Android.

Karena hasil benchmark tidak selamanya mencerminkan performa di dunia nyata, Anda juga harus melihat kinerjanya saat memainkan game berat.

Pada saat dimainkan Genshin Impact pada pengaturan grafis tinggi di 60 FPS, Xiaomi Mix 4 ini mampu meraih frame rate rata-rata di angka 40-an FPS. Tidak ada frame drop sama sekali saat permainan berlangsung, baik saat mengalahkan lawan ataupun menjelajahi luasnya open world.

Kinerjanya yang tangguh ini juga tercermin saat pengujian game PUBG Mobile. Sebagaimana yang terlihat pada video pengujian oleh AXLE Gaming, Xiaomi Mix 4 bahkan dapat memainkan PUBG Mobile pada pengaturan grafis Ultra HD dan frame rate 90 FPS.

Mulai dari saat pemain baru memasuki medan perang, sedang mencari-cari item, hingga tiba saatnya menghabisi musuh, Xiaomi Mix 4 sungguh berhasil menjaga frame rate-nya agar tetap stabil dan bisa dimainkan dengan nyaman.

3. Desain Premium Berbalutkan Gorilla Glass Victus

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 12

Xiaomi Mix 4 memiliki desain bodi sekelas flagship dengan tampilan bodi belakang yang begitu berkelas. Sekilas, modul kameranya tampak seperti Mi 11 Ultra meskipun Mix 4 tidak menawarkan layar mini OLED di belakangnya. Pada bagian bump kamera, Anda akan melihat satu lensa besar yang begitu menonjol dibandingkan lensa lainnya.

SCMP.com juga mengatakan kalau bodi HP ini terasa begitu premium saat digenggam dan dipoles dengan matang. Ini berkat penggunaan bahan materai keramik yang menyelimuti bodi secara menyeluruh.

Dan tentu saja, yang menjadi sorotan utama pada desain Xiaomi Mix 4 adalah bagian layarnya yang sama sekali tidak tampilkan kamera depan. Berkat teknologi UDC, pengguna dapat rasakan immersion lebih mendalam saat menonton ataupun bermain game.

Ponsel ini juga telah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan terhadap benturan, bahkan ketika terjatuh dari ketinggian dari hingga 2 meter ke permukaan keras.

Di bagian sisi atas dan depannya juga tersemat dual stereo speaker yang disetel oleh Harman Kardon untuk berikan suara yang lebih menggelegar. Xiaomi Mix 4 ini juga hadir dengan bobot yang terbilang cukup ringan untuk sekelas flagship, yakni 225 gram. Ketebalannya pun hanya 8 mm.

4. Hadir dengan Sensor Ultra-Wide Band

Di saat teknologi NFC mulai merambah ke jajaran ponsel menengah dan sebagian ponsel murah, Xiaomi Mix 4 kini hadirkan juga teknologi nirkabel UWB yang merupakan singkatan dari Ultra-Wide Band.

UWB merupakan teknologi nirkabel yang dapat dimanfaatkan untuk melacak aksesoris tertentu. Misalnya pada kasus Samsung, ia mampu melacak keberadaan Smart Tags. Tidak hanya sekadar mengetahui letak pinpoint di Maps, tapi ia secara harfiah menampilkan arah-arah petunjuk di layar secara real-time dan presisi.

Jadi jika Anda memiliki Xiaomi Mix 4, Anda dapat memanfaatkan fitur UWB ini dengan cara yang serupa. Selain untuk melacak perangkat, UWB juga dapat difungsikan sebagai fitur keamanan, berkirim data antar perangkat selayaknya Bluetooth, juga melakukan kontrol pada ekosistem Smart Home.

5. Triple Camera 108 MP

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 14

Jika Anda sering mengikut perkembangan gadget, tentu sudah tidak asing dengan resolusi kamera HP flagship yang seringkali besar-besar. Di antara hampir semua flagship yang ada, tampaknya Xiaomi Mix 4 membawakan resolusi lensa utama yang paling besar, yakni 108 MP.

Konfigurasi Triple Camera yang dibawanya mencakup sensor utama Samsung Bright S5KHMX ISOCELL berkekuatan 108 MP yang memiliki ukuran sensor 1/1,33 inci, ukuran piksel 0,80 µm, dan bekerja pada pixel binning 1-4 (2x2).

Pada sensor keduanya, terdapat ultrawide 13 MP bertipekan CMOS pada bukaan f/2.2, hadirkan FOV 123 derajat. Adapun lensa ketiganya merupakan sensor telefoto dengan resolusi 8 MP, mampu lakukan zoom optik sebanyak 5 kali. Konfigurasi ini terlihat lebih menggiurkan ketimbang Xiaomi Mi 11 Ultra yang hanya suguhkan lensa utama 50 MP.

Meski begitu, Mi 11 Ultra punya lensa-lensa pendamping dengan resolusi yang lebih besar, yakni 48 MP telefoto dan 48 MP ultrawide. Untuk kemampuan perekaman videonya, Xiaomi Mi 11 dan Xiaomi Mix 4 sama-sama tawarkan resolusi hingga 8K.

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 16Sumber: YouTube/TechTablets
Xiaomi Mix 4: default (kiri) vs. zoom 10x (kanan)
Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 18Sumber: Sparrownews.com
Xiaomi Mix 4: zoom 1x (default) (atas) vs. ultrawide (bawah)
Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 20
Xiaomi Mix 4: tanpa night mode (atas) vs. pakai night mode (bawah)

Saat melakukan zoom sebanyak hingga 10x, maka detail foto pun berkurang dengan cukup tajam. Nampaknya jika ingin lakukan zoom tanpa kehilangan kualitas sama sekali, sebaiknya hanya lakukan zoom hingga 5x (zoom optik). Pada kualitas kamera ultrawide-nya, ia berhasil tampilkan lebih banyak area dengan detail yang masih tetap terjaga.

Kami pun cukup terkesima dengan kemampuan mode malamnya yang mampu berikan exposure lebih, bahkan langit malam pun jadi lebih terlihat jelas. Pepohonan yang semula terlihat bak siluet karena terlalu gelap, kini jadi lebih tersorot.

Mengingat resolusi kamera utamanya yang jauh lebih tinggi ketimbang Xiaomi Mi 11 Ultra, kami pun memutuskan untuk hadirkan perbandingan sampel foto dari Xiaomi Mix 4 dan Mi 11 Ultra yang kami ambil dari Frankie Tech. Manakah yang mampu menghasilkan foto secara lebih berkualitas?

Bagaimana menurut Anda? Apakah hasil foto Xiaomi Mix 4 lebih baik ketimbang Mi 11 Ultra? Menurut pantauan kami, nampaknya Mix 4 lebih mampu tampilkan rentang dinamis yang lebih luas. Meski banyak cahaya masuk dari luar, ia tetap menjaga langit-langit bangunan agar terlihat lebih terang.

Sementara pada bagian pemotretan malam hari, kami rasa Mi 11 Ultra dapat hasilkan exposure lebih banyak. Anda pun bahkan dapat melihat perbedaan warna dari lantainya secara jelas.

Terlepas dari perangkat mana yang menurut Anda lebih baik, nyatanya tidak dipungkiri bahwa Xiaomi Mix 4 memang punya hasil foto sekelas flagship dan layak dijadikan pilihan bagi pencinta mobile photography profesional.

6. Kualitas Layar Unggulan dengan Dolby Vision

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 26

Jika melihat dari beragam ponsel flagship XIaomi yang telah dirilis belakangan ini, kami sangat percaya kalau Xiaomi Mix 4 akan dibekali dengan layar yang begitu berkualitas. Baik dari segi keterbacaan, tingkat pencahayaan, akurasi warna, maupun dari pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Hadirkan layar CUP (Camera Under Panel) AMOLED berukuran 6,67 inci, resolusi yang digunakan layar sudah tentu berupa Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Layar inipun mengantongi kerapatan piksel sebesar 400 ppi, dengan kualitas HDR10+ dan juga Dolby Vision.

Berkat hadirnya standar Dolby Vision yang eksklusif, pengguna diekspektasikan dapat menikmati konten dengan tingkat kecerahan yang mencapai 10.000 nit serta kedalaman warna 12 bit. Bisa dipastikan, apa yang Anda lihat di layar merupakan tampilan kualitas terbaik yang bisa Anda bayangkan.

Layar Xiaomi Mix 4 juga mendukung kontras rasio 5.000.000:1 dengan 10-bit warna yang membuatnya sungguh akurat. Gamut warna yang didukungnya adalah DCI-P3 100% dengan delta E sekitar 0,4. Untuk membuatnya lebih terlihat mulus saat di-scroll, layar juga tawarkan opsi refresh rate 120 Hz yang dua kali lipat lebih tinggi dari 60 Hz konvensional.

Ingin menjadi yang terhebat dalam game kompetitif seperti PUBG Mobile? Layar Xiaomi Mix 4 juga mendukung touch sampling rate yang begitu besar, yakni 480 Hz.

Ini artinya, layar dapat menerima respon dari setiap sentuhan yang diberikan dengan sangat cepat, tanpa delay. Jika Anda dan musuh saling menembaki satu sama lain di waktu yang sama, niscaya serangan Anda yang akan mengenai musuh duluan.

Hadirnya X-axis linear motor pada perangkat juga membuat getaran yang terasa di tangan menjadi lebih renyah dan menyenangkan. Bikin main game jadi semakin asyik!

7. Fast Charging 120 W dan Wireless Charging 50 W yang Super Ngebut

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 28

Anda mungkin sering melihat ponsel-ponsel flagship keluaran Samsung seperti Galaxy S21 Series, Galaxy Z Flip3, ataupun Galaxy Fold3. Yang jadi kekurangan dari ketiga seri tersebut adalah fast charging yang kalah saing. Padahal, fast charging yang lambat akan menghambat produktivitas pengguna, terlebih jika mereka memiliki sisi mobilitas yang tinggi.

Dengan gunakan Xiaomi Mix 4, Anda tidak perlu menunggu lama saat mengisi daya sampai penuh. Perangkat ini sudah menghadirkan fast charging 120 W. Pihak perusahaan pun mengklaim kalau fast charging tersebut hanya makan waktu 15 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga 100%.

Sementara itu, wireless charging berdayakan 50 W pada Xiaomi Mix 4 dikabarkan akan mengecas daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 28 menit saja. Fast charging 120 W ini jelas lebih unggul ketimbang Mi 11 Ultra yang hanya punya daya 67 W. Xiaomi Mix 4 ini mendukung protokol pengisian daya Quick Charge 4 dan Power Delivery 3.0.

Dilansir dari TechNick, dibutuhkan waktu sekitar 21 menit untuk mengisikan daya Xiaomi Mix 4 (4.500 mAh) hingga penuh. Ini cukup melenceng jauh dari yang diklaim oleh Xiaomi yang menjanjikan pengisian daya 15 menit sampai 100%.

Sayangnya, suhu tertinggi yang dicapai perangkat ini saat dicas adalah 53,9 derajat celsius, saat sisa baterai mencapai 50 hingga 60 persen. Jadi, Anda disarankan berhati-hati saat bermain game sambil mengecas.

8. Kinerja Baterai 4.500 mAh yang Awet

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 30

Banyak yang berpikir bahwa kapasitas 4.500 mAh bukanlah kapasitas yang layak berada di jajaran ponsel flagship. Padahal, kapasitas ini sudah terbilang cukup besar karena seperti kebanyakan HP premium lainnya, Xiaomi Mix 4 membawakan panel layar AMOLED yang lebih hemat daya ketimbang panel IPS.

Tidak percaya? Seorang YouTuber bernama TechTablets turut mengamini kelayakan baterai pada Xiaomi Mix 4. Disebutkan bahwa saat perangkat berada pada mode 120 Hz dan tingkat pencerahan 220 nit, Xiaomi Mix 4 berhasil bertahan selama 10 jam 36 menit. Durasi ini lebih lama ketimbang Mi 11 Ultra dengan durasi 8 jam 57 menit.

Yap, jadi bagi Anda yang mungkin kurang puas atau agak skeptis pada ketahanan baterai Xiaomi Mi 11 Ultra, rupanya Xiaomi Mix 4 adalah pilihan yang lebih baik. Semakin jauh dari frasa low battery, bukan?

Kekurangan Xiaomi Mix 4

Sulit membayangkan ponsel seinovatif ini memiliki kekurangan. Tapi ya nyatanya Xiaomi Mix 4 tetap tidak luput dari beberapa hal yang perlu Anda jadikan catatan sebelum membeli. Berikut adalah poin-poin kekurangannya!

1. Sertifikasi IP53 yang Kalah Saing

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 32

Hadir di rentang harga yang begitu mahal membuat ekspektasi terhadap Xiaomi Mix 4 begitu tinggi. Itulah mengapa, ponsel yang hanya hadirkan sertifikasi IP53 ini mungkin akan membuat sebagian orang kecewa.

Makna dari IP53 itu sendiri adalah sebuah ketahanan terhadap debu, namun secara terbatas. Sedangkan pada ketahanan terhadap airnya, ia hanya terlindungi saat terkena cipratan air kurang dari 60 derajat dari arah vertikal.

Artinya meski Xiaomi Mix 4 punya rating IP, ponsel ini tetap tidak akan selamat jika terendam ke dalam air. Beda halnya dengan beragam HP flagship tertentu seperti Mi 11 Ultra atau Huawei P50 Pro, karena kedua ponsel ini menghadirkan sertifikasi IP68.

Sertifikasi IP68 membuat ponsel terlindungi dari debu tanpa kecuali, serta mampu bertahan di rendaman air hingga kedalaman 1,5 meter pada durasi hingga 30 menit. Jadi, kalau ada konsumen yang mencari ponsel untuk dibawa bersantai di kolam renang ataupun di bak mandi, kami sih tidak rekomendasikan Xiaomi Mix 4 sama sekali.

2. Tanpa Slot Memori Eksternal

Yuk, Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix 4! 34

Apakah Anda memiliki kartu memori eksternal yang ingin dipindahkan dari HP lama ke Xiaomi Mix 4? Sayang sekali, hal ini tidak mungkin dilakukan karena HP flagship Xiaomi tersebut memang tidak tawarkan dukungan terhadap microSD.

Ini adalah praktek yang umum bagi ponsel jajaran premium. Mengingat opsi memori internal pada HP ini sangat besar (hingga 512 GB), maka Xiaomi pun percaya konsumen tidak akan kehabisan memori sekalipun banyak instal aplikasi dan menyimpan file-file besar.

Padahal dengan adanya slot memori eksternal, pengguna bisa melakukan backup file-file di HP dengan mudah. Tinggal salin saja ke microSD, dan file-file Anda akan cenderung lebih aman sekalipun ada masalah pada HP. Pasalnya, file-file di kartu memori eksternal tidak akan terhapus sekalipun ponsel melakukan factory reset.

Dengan dukungan slot memori eksternal, Anda pun dapat dengan mudah mencabut memori eksternal dari ponsel dan memasangkannya ke HP lain. Memberikan transisi yang seamless saat Anda harus berganti dari ponsel lama ke ponsel baru. Apakah tidak adanya slot microSD jadi deal-breaker bagi Anda?

Simpulan

Di Tiongkok, Xiaomi Mix 4 dijual dengan harga 4.999 yuan atau sekitar Rp11 jutaan untuk varian RAM 8 GB + 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 12 GB + 512 GB, Xiaomi Mix 4 yang beroperasi pada Android 11 berantarmuka MIUI 12.5 ini dibanderol dengan harga 6.299 yuan atau sekitar Rp13,9 jutaan.

Menilik dari harganya yang selangit, wajar saja kalau banyak yang bandingkan HP ini dengan Xiaomi Mi 11 Ultra. Well, jika Anda memang tertarik dengan inovasi kamera dalam layar, Xiaomi Mix 4 ini adalah salah satu model terbaik yang bisa didapatkan.

Di antara ponsel-ponsel lain yang hadirkan kamera dalam layar seperti Galaxy Z Fold3 5G dan ZTE Axon 30, hanya Xiaomi Mix 4 yang kameranya benar-benar invisible. Hadirnya sensor UWB juga memberikan banyak kemungkinan baru pada penggunaan Xiaomi Mix 4, semakin membuatnya fungsional, inovatif, dan pastinya praktis.

Namun entah mengapa, Xiaomi memutuskan untuk tidak berikan IP68 pada Mix 4, melainkan hanya IP53 yang hanya membuatnya tahan terhadap cipratan air. Sebagai alternatif, pengguna dapat memilih Xiaomi Mi 11 Ultra dengan IP68. Jadi, bagaimana menurut Anda? Buy or bye? Tulis pendapat di kolom komentar di bawah, ya!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram