Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Masih ingat dengan Xiaomi Mi Pad 4 Plus yang hadir pada 2018? Di kala itu, Mi Pad 4 Plus merupakan salah satu tablet dengan spesifikasi unggulan di kelas harganya.

Lama tidak terdengar, Xiaomi meluncurkan suksesornya dengan nama Xiaomi Pad 5 Pro. Ya, kali ini nama "Mi' memang dihilangkan, dan konon ke depannya sudah tidak ada lagi produk Xiaomi yang berserikan "Mi". Hal ini tampaknya dilakukan agar nama produk-produk selanjutnya lebih mudah diucapkan fansnya di seluruh dunia.

Xiaomi Pad 5 Pro berada di rentang harga 5 jutaan, masih sama seperti Mi Pad 4 Plus. Namun, peningkatan spesifikasinya dibuat lebih gahar ketimbang sebelumnya.

Dilihat dari desian bodi, fitur, dan kinerjanya, banyak yang bilang Xiaomi Pad 5 Pro siap untuk menyaingi iPad Pro. Siap ketahui seluk-beluk dari tablet ini? Tunggu apalagi? Yuk, simak spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan harga dari Xiaomi Pad 5 Pro berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi Pad 5 Pro

  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 11 inci, 1600 x 2560 piksel
  • Chipset: Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP/13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 8600 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Pad 5 Pro

Melihat reputasi Xiaomi sebagai brand, banyak penggiat gawai yang percaya kalau Xiaomi Pad 5 Pro memiliki value for money yang tinggi. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dianggap kelebihan tablet ini.

1. Dapur Pacu Bertenaga Berkat Snapdragon 870

Di tahun 2021, semakin banyak perangkat-perangkat terjangkau yang hadir dengan dapur pacu bertenaga. Xiaomi Pad 5 Pro yang walaupun harganya tidak mencapai 10 jutaan, namun sudah hadirkan Snapdragon 870 sebagai chipsetnya. Jelas, hal ini berpengaruh positif pada performa tablet saat melakukan pekerjaan ataupun bermain game-game 3D bergrafis tinggi.

Xiaomi Pad 5 Pro sendiri berjalan pada sistem operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.5, dan mengandalkan chip Qualcomm kelas flagship yang memiliki fabrikasi 7 nm. Kartu grafis (GPU) yang ditawarkannya berupa Adreno 650 yang lebih unggul dari Adreno 512 pada Xiaomi Mi Pad 4 Plus (Snapdragon 660).

Snapdragon 870 sendiri menghadirkan tiga klaster, yakni satu inti prima Kryo 585 berkekuatan 3,2 GHz, tiga inti Kryo 585 berfrekuensi 2,42 GHz, dan terakhir adalah empat inti hemat daya Kryo 585 dengan clock speed 1,8 GHz.

Xiaomi Pad 5 Pro ini juga dibekali dengan RAM bertipekan LPDDR5 pada opsi 6 GB dan 8 GB. Adapun memori internal yang dibawakannya berjenis UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB dan 256 GB.

Seorang tech reviewer bernama TechTablets mengatakan bahwa kecepatan storage ini sangat baik, memiliki sequential read yang mencapai 1663,43 MB/detik dan sequential write sebanyak 768,59 MB/detik. Adapun skor benchmark 3DMark Wild Life pada Xiaomi Pad 5 Pro mencapai skor 4305 poin, dengan skor AnTuTu v9 meraih angka 713.418.

Sementara untuk performa Geekbench 5, Xiaomi Pad 5 Pro meraih skor 1001 pada pengujian single core dan 3212 pada pengujian multi-core. Perangkat tablet ini juga menyuguhkan fitur software bernama Game Turbo yang dapat memunculkan beragam opsi untuk mengoptimasi jalannya game. Anda bisa mematikan notifikasi, memunculkan frame rate, membersihkan RAM, dan hal-hal lainnya.

Saat diujikan bermain Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi (Highest, 60 FPS), Xiaomi Pad 5 Pro mampu menjaga frame rate yang stabil di angka 60 FPS. Sementara pada permainan PUBG Mobile pada grafis HD dan frame rate setting Extreme, jalannya permainan sangat mulus. Anda diekspektasikan akan mendapatkan frame rate konstan di angka 60 FPS.

Tangguhnya performa tablet ini turut dibuktikan oleh YouTuber Review2You. Saat bermain Genshin Impact di pengaturan grafis tertinggi, tablet ini juga turut menawarkan gameplay yang stabil tanpa lag sama sekali.

Terlihat bahwa penggunaan Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 5 Pro merupakan hal yang tepat, menawarkan rasio harga ke performa yang lumayan.

2. Fast Charging dan Ketahanan Baterai yang Unggul

Mayoritas tablet yang beredar di pasaran hanya menyediakan fast charging yang "seadanya". Ini mungkin melihat dari segi pemakaian tablet yang tidak seintens smartphone, dan pengguna pun tidak perlu terburu-buru untuk menyalakan tablet karena mereka sudah memiliki smartphone utama untuk melakukan berbagai kegiatan penting.

Tapi hal ini tetap tidak mencegah Xiaomi dalam memberikan yang terbaik. Tidak tanggung-tanggung, daya fast charging yang didukung Xiaomi Pad 5 Pro adalah 67 W pada kapasitas baterai Li-Po 8600 mAh.

Saat tablet ini berada pada tingkat kecerahan 200 nit, benchmark yang dilakukan TechTablets menunjukkan durasi penggunaan hingga 14 jam 17 menit. Menyisakan baterai pada kondisi 20 persen.

TechTablets juga menuturkan bahwa durasi pada pemakaian nyata bisa bertahan antara 10 hingga 11 jam pada kondisi refresh rate 120 Hz. Sebuah ketahanan luar biasa untuk seukuran tablet 11 inci.

Menggunakan casan 67 W, tablet ini dapat meraih baterai 100 persen dari 20 persen dalam waktu 49 menit saja. Untuk tablet yang punya baterai 8600 mAh, durasi ini tentu terbilang cepat. Jarang ada tablet lain di kelas harganya yang mampu menyaingi kecepatan fast charging ini.

3. Hadir dengan WiFi 6 dan Varian 5G

Koneksi jaringan internet tentu menjadi aspek paling penting dalam menilai sebuah perangkat Android. Dalam hal ini, Xiaomi Pad 5 Pro mendapatkan peningkatan yang signifikan dibanding Mi Pad 4 Plus yang jadi pendahulunya. Kini, Pad 5 Pro sudah mendukung WiFi 6 yang memunyai kecepatan berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding WiFi 5.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram