carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 13 September 2021

Masih ingat dengan Xiaomi Mi Pad 4 Plus yang hadir pada 2018? Di kala itu, Mi Pad 4 Plus merupakan salah satu tablet dengan spesifikasi unggulan di kelas harganya.

Lama tidak terdengar, Xiaomi meluncurkan suksesornya dengan nama Xiaomi Pad 5 Pro. Ya, kali ini nama "Mi' memang dihilangkan, dan konon ke depannya sudah tidak ada lagi produk Xiaomi yang berserikan "Mi". Hal ini tampaknya dilakukan agar nama produk-produk selanjutnya lebih mudah diucapkan fansnya di seluruh dunia.

Xiaomi Pad 5 Pro berada di rentang harga 5 jutaan, masih sama seperti Mi Pad 4 Plus. Namun, peningkatan spesifikasinya dibuat lebih gahar ketimbang sebelumnya.

Dilihat dari desian bodi, fitur, dan kinerjanya, banyak yang bilang Xiaomi Pad 5 Pro siap untuk menyaingi iPad Pro. Siap ketahui seluk-beluk dari tablet ini? Tunggu apalagi? Yuk, simak spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan harga dari Xiaomi Pad 5 Pro berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi Pad 5 Pro

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 1
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 11 inci, 1600 x 2560 piksel
  • Chipset: Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP/13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 8600 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Pad 5 Pro

Melihat reputasi Xiaomi sebagai brand, banyak penggiat gawai yang percaya kalau Xiaomi Pad 5 Pro memiliki value for money yang tinggi. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dianggap kelebihan tablet ini.

1. Dapur Pacu Bertenaga Berkat Snapdragon 870

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 3

Di tahun 2021, semakin banyak perangkat-perangkat terjangkau yang hadir dengan dapur pacu bertenaga. Xiaomi Pad 5 Pro yang walaupun harganya tidak mencapai 10 jutaan, namun sudah hadirkan Snapdragon 870 sebagai chipsetnya. Jelas, hal ini berpengaruh positif pada performa tablet saat melakukan pekerjaan ataupun bermain game-game 3D bergrafis tinggi.

Xiaomi Pad 5 Pro sendiri berjalan pada sistem operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.5, dan mengandalkan chip Qualcomm kelas flagship yang memiliki fabrikasi 7 nm. Kartu grafis (GPU) yang ditawarkannya berupa Adreno 650 yang lebih unggul dari Adreno 512 pada Xiaomi Mi Pad 4 Plus (Snapdragon 660).

Snapdragon 870 sendiri menghadirkan tiga klaster, yakni satu inti prima Kryo 585 berkekuatan 3,2 GHz, tiga inti Kryo 585 berfrekuensi 2,42 GHz, dan terakhir adalah empat inti hemat daya Kryo 585 dengan clock speed 1,8 GHz.

Xiaomi Pad 5 Pro ini juga dibekali dengan RAM bertipekan LPDDR5 pada opsi 6 GB dan 8 GB. Adapun memori internal yang dibawakannya berjenis UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB dan 256 GB.

Seorang tech reviewer bernama TechTablets mengatakan bahwa kecepatan storage ini sangat baik, memiliki sequential read yang mencapai 1663,43 MB/detik dan sequential write sebanyak 768,59 MB/detik. Adapun skor benchmark 3DMark Wild Life pada Xiaomi Pad 5 Pro mencapai skor 4305 poin, dengan skor AnTuTu v9 meraih angka 713.418.

Sementara untuk performa Geekbench 5, Xiaomi Pad 5 Pro meraih skor 1001 pada pengujian single core dan 3212 pada pengujian multi-core. Perangkat tablet ini juga menyuguhkan fitur software bernama Game Turbo yang dapat memunculkan beragam opsi untuk mengoptimasi jalannya game. Anda bisa mematikan notifikasi, memunculkan frame rate, membersihkan RAM, dan hal-hal lainnya.

Saat diujikan bermain Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi (Highest, 60 FPS), Xiaomi Pad 5 Pro mampu menjaga frame rate yang stabil di angka 60 FPS. Sementara pada permainan PUBG Mobile pada grafis HD dan frame rate setting Extreme, jalannya permainan sangat mulus. Anda diekspektasikan akan mendapatkan frame rate konstan di angka 60 FPS.

Tangguhnya performa tablet ini turut dibuktikan oleh YouTuber Review2You. Saat bermain Genshin Impact di pengaturan grafis tertinggi, tablet ini juga turut menawarkan gameplay yang stabil tanpa lag sama sekali.

Terlihat bahwa penggunaan Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 5 Pro merupakan hal yang tepat, menawarkan rasio harga ke performa yang lumayan.

2. Fast Charging dan Ketahanan Baterai yang Unggul

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 5

Mayoritas tablet yang beredar di pasaran hanya menyediakan fast charging yang "seadanya". Ini mungkin melihat dari segi pemakaian tablet yang tidak seintens smartphone, dan pengguna pun tidak perlu terburu-buru untuk menyalakan tablet karena mereka sudah memiliki smartphone utama untuk melakukan berbagai kegiatan penting.


Baca juga:

Tapi hal ini tetap tidak mencegah Xiaomi dalam memberikan yang terbaik. Tidak tanggung-tanggung, daya fast charging yang didukung Xiaomi Pad 5 Pro adalah 67 W pada kapasitas baterai Li-Po 8600 mAh.

Saat tablet ini berada pada tingkat kecerahan 200 nit, benchmark yang dilakukan TechTablets menunjukkan durasi penggunaan hingga 14 jam 17 menit. Menyisakan baterai pada kondisi 20 persen.

TechTablets juga menuturkan bahwa durasi pada pemakaian nyata bisa bertahan antara 10 hingga 11 jam pada kondisi refresh rate 120 Hz. Sebuah ketahanan luar biasa untuk seukuran tablet 11 inci.

Menggunakan casan 67 W, tablet ini dapat meraih baterai 100 persen dari 20 persen dalam waktu 49 menit saja. Untuk tablet yang punya baterai 8600 mAh, durasi ini tentu terbilang cepat. Jarang ada tablet lain di kelas harganya yang mampu menyaingi kecepatan fast charging ini.

3. Hadir dengan WiFi 6 dan Varian 5G

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 7

Koneksi jaringan internet tentu menjadi aspek paling penting dalam menilai sebuah perangkat Android. Dalam hal ini, Xiaomi Pad 5 Pro mendapatkan peningkatan yang signifikan dibanding Mi Pad 4 Plus yang jadi pendahulunya. Kini, Pad 5 Pro sudah mendukung WiFi 6 yang memunyai kecepatan berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding WiFi 5.

Seperti tablet lain pada umumnya, Xiaomi Pad 5 Pro juga tersedia pada dua versi yakni WiFi-only dan juga jaringan seluler. Pada tablet ini, jaringan seluler yang didukung adalah 5G pada bandwidth n1, n3, n28, n41, n77, dan n78.

Teknologi jaringan yang digunakan merupakan Sub6 yang memiliki cangkupan wilayah lebih tinggi ketimbang mmWave, walau kecepatan unduhannya tidak begitu besar. Saat artikel ini ditulis, pita jaringan yang didukung di Tanah Air adalah n40 yang artinya, 5G pada Xiaomi Pad 5 Pro ini memang belum bisa digunakan di Indonesia.

Namun tetap saja, hadirnya teknologi 5G dan WiFi 6 tetap jadi sebuah hal yang patut diberikan apresiasi. Ke depannya, Indonesia akan terus kembangkan varian pita jaringan lainnya sehingga Xiaomi Pad 5 Pro akan menjadi perangkat dengan 5G yang siap digunakan.

4. Stereo Speaker yang Nendang

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 9

Xiaomi Pad 5 Pro menghadirkan stereo speaker dengan jumlah yang berbeda pada setiap variannya. Untuk model yang hanya menggunakan WiFi, tersedia empat buah speaker sedangkan varian 5G-nya menawarkan delapan speaker.

Keempat atau kedelapan speaker ini dirancang dengan penyetelan Dolby Atmos untuk memastikan hasil suara yang jernih, jelas, dan lantang saat menonton konten-konten video.

Letak speakernya terbagi pada dua sisi untuk memberikan keseimbangan suara yang baik. Baik itu saat menonton film, bermain game, atau sekadar YouTube, pengguna dapat merasakan pengalaman yang imersif dan menghanyutkan.

5. Kualitas Layar Terbaik di Kelasnya

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 11

Sebenarnya, masih ada beberapa tablet terjangkau yang sudah menggunakan panel Super AMOLED sebagi layarnya. Mengingat Xiaomi Pad 5 Pro ini hanya gunakan panel IPS, kami awalnya terpancing untuk menjadikannya sebagai kekurangan. Namun, jika ditilik lebih dalam lagi, panel IPS LCD pada Xiaomi Pad 5 Pro rupanya salah satu yang terbaik di kelasnya.

Tablet yang gunakan bentang layar diagonal 11 inci ini memiliki resolusi 2K, atau tepatnya 2560 x 1600 piksel. Untuk dapat menawarkan tampilan yang begitu oke saat menonton film dan bermain game, perangkat juga sediakan teknologi HDR10 serta standar Dolby Vision. Alhasil, pengguna pun disuguhkan gamut DCI-P3 dengan 1 milyar warna.

Layar tablet hanya menggunakan bezel yang tipis di sisi-sisinya, memberikan kenyamanan sekaligus keamanan content consumption berkat dukungan TÜV Rheinland Eye Comfort Certification yang dapat mengurangi intensitas sinar biru. Kontras rasio yang diperlihatkan adalah 1500:1, serta menyuguhkan laju penyegaran 120 Hz untuk membuat tampilan layar 2x lipat lebih mulus saat di-scroll.

Xiaomi Pad 5 Pro juga menyuguhkan layar yang sangat ideal untuk menonton film. Soalnya, ia memiliki teknologi MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation), yang dapat menambah tambahan frame secara artifisial di antara frame asli. Artinya, yang awalnya film hanya berjalan pada 24 atau 30 FPS, Anda dapat menontonnya dalam frame rate 60 FPS.

Menurut keterangan gizmochina, kondisi tipikal brightness pada Xiaomi Pad 5 Pro mencapai 485 nit. Tech Tablets menjelaskan bahwa saat digunakan di bawah terik matahari, Anda dapat mengaktifkan sunlight mode agar kecerahan layar dapat didongkrak melebihi 600 nit.

Secara keseluruhan, Xiaomi Pad 5 Pro menonjolkan tampilan layar yang unggul dibandingkan para pesaingnya yang juga sama-sama berpanelkan IPS.

6. Dukungan Stylus dan Keyboard

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 13

Sebagai salah satu produk tablet dari perusahaan ternama di dunia, sudah jelas Xiaomi Pad 5 Pro juga dibekali dukungan terhadap aksesoris tambahan yang dapat menunjang produktivitas. Tablet ini dilengkapi dengan magnet di atas bodi yang dapat menampung sekaligus mengisikan daya stylus.

Stylus ini bernama Mi Pen, memiliki panjang 152 mm dengan bobot 12,2 gram dan sensitivitas tekanan sebanyak 4096 tingkatan. Mi Pen ini juga mendukung touch sampling rate 240 Hz untuk hadirkan responsivitas tinggi.

Di saat stylus habis baterai, cukup dengan menempelkannya pada bodi bermagnet selama 18 menit dan stylus sudah terisi dalam kondisi penuh. Selain itu, ada juga aksesoris keyboard atau papan ketik yang bisa membuat pengalaman mengetik jadi lebih mudah.

Keyboard ini tidak mendukung kapabilitas Bluetooth sehingga harus selalu tersambung secara fisik dengan tabletnya agar dapat berfungsi. Sayangnya, kedua aksesoris ini tidak tersedia pada boks pembelian dan harus dibeli secara terpisah.

7. Kemampuan Kamera yang Cukup Baik untuk Sekelas Tablet

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 15

Umumnya, tablet merupakan perangkat yang jarang digunakan untuk mengambil gambar. Hal ini dikarenakan bodinya yang terbilang lebih berat ketimbang smartphone. Itu mengapa, beberapa vendor condong tidak begitu memerhatikan aspek kamera pada produk tablet.

Kami pun alhasil agak terkejut setelah mengetahui bahwa Xiaomi Pad 5 Pro (varian 5G) hadir dengan kamera utama 50 MP dengan ukuran sensor 1/2.5 inci. Sedangkan untuk varian WiFi, lensa utamanya hanya tawarkan resolusi 13 MP pada bukaan f/2.4.

Kedua varian juga dihadirkan dengan lensa 5 MP (depth) dengan diafragma f/2.4 sebagai sensor pendampingnya. Bagi yang ingin mencoba membuat video menggunakan tabelt ini, Xiaomi Pad 5 Pro juga mendukung resolusi perekaman 4K dan 1080p pada 30 FPS.

Sementara itu, di bagian depan tablet juga tersemat kamera selfie berkekuatan 8 MP pada bukaan f/2.0, mendukung resolusi 1080p pada 30 FPS pada fitur perekaman video. TechTablet menyebutkan bahwa kamera depan Xiaomi Pad 5 Pro ini mengandalkan EIS (Electrical Image Stabilization) untuk membuat tangkapan kamera jadi lebih stabil, terutama pada saat merekam video.

Dari segi kualitas hasil fotonya, Xiaomi Pad 5 Pro rupanya cukup dapat diandalkan. Memang, tidak bisa disamakan dengan kinerja kamera smartphone, tapi kejernihan dan detail yang dihadirkannya sudah cukup layak untuk dibagikan ke medsos dan juga menjadi dokumen pribadi. Yuk, cek beberapa sampel foto berikut ini!

Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Tidak hanya punya kelebihan, Xiaomi pad 5 Pro juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Berikut ini adalah beberapa poin kekurangan tersebut.

1. Absennya Slot Memori Eksternal dan 3.5mm Jack Audio

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 23

Berbeda dengan Xiaomi Mi Pad 4 Plus, Xiaomi Pad 5 Pro kini menghilangkan slot memori eksternal dan 3.5 mm jack audio port. Pengguna pun tidak dapat lagi menyematkan microSD ataupun menggunakan earphone kabel tanpa bantuan adapter.

2. Tidak Mendukung Video Output

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 25

Beragam tablet dari merk lain seperti Samsung dan Lenovo memiliki fitur yang berguna untuk urusan pekerjaan, yakni dukungan terhadap video output melalui USB Type-C. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk menduplikasi tampilan tablet pada monitor eksternal.

Pada Samsung Galaxy Tab S Series misalnya, memiliki fitur Samsung DeX yang dapat membuat tampilan tablet di monitor eksternal tampak seperti desktop atau laptop.

Sayangnya, fitur-fitur ini absen pada Xiaomi Pad 5 Pro. Jika memang ingin lakukan pekerjaan dengan seamless dan praktis, setidaknya Pad 5 Pro ini mendukung split-screen untuk kemudahan multi-tasking.

3. Tidak Menyediakan Casan pada Boks Pembelian

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro 27

Xiaomi Pad 5 Pro edisi Tiongkok tidak menghadirkan casan pada boks pembeliannya. Berkaca dari beragam ponsel flagship lain, nampaknya ketersediaan casan pada boks pembelian juga akan serupa pada versi globalnya. Hal ini karena tren yang sedang berlangsung antar produsen smartphone untuk mengurangi jejak karbon.

Dengan meniadakan casan dalam boks, kemasan dapat dibuat lebih kecil sehingga memudahkan proses distribusi. Dengan kemasan yang kecil, perusahaan dapat memuat produk mereka ke dalam kontainer dengan jumlah yang lebih besar, mengurangi frekuensi distribusi yang akan memakan banyak sumber daya.

Akan tetapi, tidak disediakannya casan mengharuskan pengguna untuk melakukan pembelian lagi secara terpisah. Menurut laman resmi Xiaomi China, hanya tersedia tablet dan adapter 3.5 mm jack audio ke USB Tipe C di dalam paket penjualan Xiaomi Pad 5 Pro.

Simpulan

Bagaimana menurut Anda? Apakah Xiaomi Pad 5 Pro layak dijadikan alternatif dari iPad Pro? Jika memang mendambakan tablet dengan segudang fitur dan keunggulan di harga yang relatif murah, sudah jelas Xiaomi Pad 5 Pro adalah salah satu pilihan yang tepat.

Di varian termurahnya, Xiaomi Pad 5 Pro tersedia dalam harga 2.499 yuan atau sekitar Rp5,5 jutaan (RAM 6 GB + 128 GB, WiFi-only). Sementara itu, untuk tablet yang hadirkan jaringan seluler 5G, dijual seharga 3.499 yuan atau setara dengan Rp7,7 jutaan.

Hingga artikel ini ditulis, Xiaomi Pad 5 Pro hanya tersedia di pasar Tiongkok dan belum dijual secara global. Besar kemungkinan tablet ini akan dijual secara global, namun tidak tahu pasti kapan ia akan memasuki pasar Indonesia. Semoga sih secepatnya, karena Xiaomi Pad 5 Pro sayang untuk dilewatkan.

Apalagi mengingat warga Indonesia yang sedang butuh-butuhnya perangkat layak untuk kebutuhan sekolah daring atau Zoom meeting, Xiaomi Pad 5 Pro jelas akan menjadi sarana yang unggul untuk menunjang produktivitas.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram