10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Sebut saja namanya Farhan, seorang teman dari penulis yang sedang kebingungan mencari smartphone dengan chipset Snapdragon 636. Ada dua ponsel yang masuk resmi ke Indonesia yang hadir dengan chipset ini, yang pertama adalah Asus Zenfone Max Pro M1 dan yang kedua adalah Xiaomi Redmi Note 5.

Keduanya dijual dengan harga kisaran 2 sampai 3 jutaan, tergantung varian. Farhan akhirnya memilih Xiaomi Redmi Note 5 sebagai HP pilihannya. Ia agak kesulitan mendapatkan HP dari Asus karena banyak orang yang juga mencarinya tetapi stock HP terbatas (saat artikel ini ditulis).

Saat saya tanya alasan memilih Xiaomi Redmi Note 5, Farhan mengatakan jika dia lebih mementingkan kamera dan yang ditawarkan Xiaomi Redmi Note 5 memang tergolong seimbang jika dibandingkan pesaingnya.

Apa yang dikatakan Farhan membuat saya penasaran dengan HP Xiaomi Redmi Note 5. Apa saja kelebihan dan kekurangan HP ini? Penasaran saya akhirnya terjawab dengan paparan tulisan berikut yang saya kumpulkan dari berbagai sumber yang sudah mengulas HP ini.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 5? Mari simak 10 poin berikut yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangannya. Namun, sebelum membahas lebih detail, mari simak spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 5 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

Redmi Note 5 (China Only)

[aps_product_specs id="35033"]

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5

1. Performa yang Baik untuk Gaming

Xiaomi Redmi Note 5

* sumber: www.yangcanggih.com

Xiaomi Redmi Note 5 yang masuk resmi ke Indonesia hadir dengan dua varian RAM. Varian pertama adalah RAM 3 GB yang punya ROM 32 GB dan varian kedua adalah RAM 4 GB yang punya ROM 64 GB. Kedua varian sama-sama dibekali dengan chipset Snapdragon 636 .

Chipset Snapdragon 636 ini merupakan chipset yang bisa membuat HP murah punya performa kencang. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core tipe Kryo. Umumnya, prosesor Kryo ini tersemat di chipset kelas atas dari Qualcomm. Prosesor ini sendiri dikombinasikan dengan pengolah grafis Adreno 509 yang tentu memberi pengaruh besar pada performa Xiaomi Redmi Note 5.

Dengan jeroan tersebut, HP ini mampu menembus skor Antutu di atas 116.221. Dengan kisaran skor tersebut, Xiaomi Redmi Note 5 tergolong baik untuk main gim. Main gim PUBG tergolong lancar seperti yang dapat dilihat dari ulasan Xiaomi Redmi Note 5 oleh ObatGaptek meski pengaturan grafis tidak bisa high.

Pengalaman yang sama juga diungkapkan oleh Yangcanggih.com dengan mengatakan, bermain PUBG di Xiaomi Redmi Note 5 bisa berjalan dengan mulus pada pengaturan medium, dengan frame rate stabil dan baik. Sementara gim populer seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, tergolong lancar untuk dimainkan.

Snapdragon 636 ini umumnya digunakan di HP 4 jutaan. Karena itu, bisa dibilang, kehadiran Snapdragon 636 di Xiaomi Redmi Note 5 yang dibanderol mulai kisaran 2,5 jutaan sampai 3 jutaan tergolong baik dan jadi kelebihan tersendiri alias Xiaomi menawarkan price to performance yang menggiurkan.

2. Kamera AI dengan Hasil Foto yang Menakjubkan

Xiaomi Redmi Note 5

* sumber: www.yangcanggih.com

Xiaomi Redmi Note 5 datang dengan hasil kamera foto yang baik. Baik kamera depan maupun kamera belakang, hasilnya tergolong baik, bahkan bisa bersaing dengan HP mendekati angka 4 juta. Kualitas foto yang baik pada HP ini tak lepas dari teknologi AI atau Artificial Intelegence yang melekat di sektor kameranya.

Hasil Kamera Belakang Redmi Note 5

* sumber: www.youtube.com

Hasil Kamera Belakang Redmi Note 5

* sumber: www.youtube.com

Kamera HP ini hadir dengan dual kamera 12 MP + 5 MP di bagian belakang. Kamera ini punya fitur pixel phase detection autofocus dan LED flash. Hasil foto memakai kamera belakang ini tergolong baik, bisa dilihat pada gambar di atas. Bagaimana dengan kamera depan? Berikut contoh foto dengan kamera depan Xiaomi Redmi Note 5.

Selfie Redmi Note 5

* sumber: twitter.com

Tampak hasil foto kamera depan HP ini tergolong cukup baik. Kamera depan 13 MP yang tersemat di HP ini jadi andalan untuk swafoto dan pamer di media sosial. Terlebih kamera depan HP ini sudah dilengkapi dengan AI. HP ini juga sudah mendukung LED flash dan dukungan rekaman video hingga 1080p.

Karena kamera adalah nilai jual dari HP ini, wajar jika hasil foto memakai Xiaomi Redmi Note 5 tergolong memuaskan. Bahkan, jika dibandingkan HP lain sejenis di kelas rentang harga yang sama, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong baik.

3. Layar 18:9 yang Terang

Layar Redmi Note 5

Mengingat masih ada HP yang mengusung rasio 16:9, HP yang hadir dengan layar penuh masih jadi kelebihan. Meski saya sebenarnya bingung apakah layar penuh alias fullview sudah bisa dikategorikan sebagai kelebihan atau jadi standar? Pasalnya, HP baru umumnya sudah mengusung rasio layar penuh dan sudah meninggalkan rasio jadul 16:9, termasuk Xiaomi Redmi Note 5.

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan layar 5,99 inch dengan resolusi Full HD+ alias 1080 x 2160 pixels. Jelas layarnya tergolong lebar dan cocok digunakan untuk kebutuhan multimedia. Layarnya juga bisa menampilkan tampilan visual yang baik dan cerah.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram