Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5

Sebut saja namanya Farhan, seorang teman dari penulis yang sedang kebingungan mencari smartphone dengan chipset Snapdragon 636. Ada dua ponsel yang masuk resmi ke Indonesia yang hadir dengan chipset ini, yang pertama adalah Asus Zenfone Max Pro M1 dan yang kedua adalah Xiaomi Redmi Note 5.

Keduanya dijual dengan harga kisaran 2 sampai 3 jutaan, tergantung varian. Farhan akhirnya memilih Xiaomi Redmi Note 5 sebagai HP pilihannya. Ia agak kesulitan mendapatkan HP dari Asus karena banyak orang yang juga mencarinya tetapi stock HP terbatas (saat artikel ini ditulis).

Saat saya tanya alasan memilih Xiaomi Redmi Note 5, Farhan mengatakan jika dia lebih mementingkan kamera dan yang ditawarkan Xiaomi Redmi Note 5 memang tergolong seimbang jika dibandingkan pesaingnya.

Apa yang dikatakan Farhan membuat saya penasaran dengan HP Xiaomi Redmi Note 5. Apa saja kelebihan dan kekurangan HP ini? Penasaran saya akhirnya terjawab dengan paparan tulisan berikut yang saya kumpulkan dari berbagai sumber yang sudah mengulas HP ini.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 5? Mari simak 10 poin berikut yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangannya. Namun, sebelum membahas lebih detail, mari simak spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 5 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

Redmi Note 5 (China Only)

  • Rilis: Maret, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.99 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
  • GPU: Adreno 509
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP (f/1.9, 1.4 μm) + 5 MP (f/2.0, 1.12 μm) with AI, dual-pixel phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 13 MP with AI, LED flash, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5

1. Performa yang Baik untuk Gaming

Xiaomi Redmi Note 5 yang masuk resmi ke Indonesia hadir dengan dua varian RAM. Varian pertama adalah RAM 3 GB yang punya ROM 32 GB dan varian kedua adalah RAM 4 GB yang punya ROM 64 GB. Kedua varian sama-sama dibekali dengan chipset Snapdragon 636 .

Chipset Snapdragon 636 ini merupakan chipset yang bisa membuat HP murah punya performa kencang. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core tipe Kryo. Umumnya, prosesor Kryo ini tersemat di chipset kelas atas dari Qualcomm. Prosesor ini sendiri dikombinasikan dengan pengolah grafis Adreno 509 yang tentu memberi pengaruh besar pada performa Xiaomi Redmi Note 5.

Dengan jeroan tersebut, HP ini mampu menembus skor Antutu di atas 116.221. Dengan kisaran skor tersebut, Xiaomi Redmi Note 5 tergolong baik untuk main gim. Main gim PUBG tergolong lancar seperti yang dapat dilihat dari ulasan Xiaomi Redmi Note 5 oleh ObatGaptek meski pengaturan grafis tidak bisa high.

Pengalaman yang sama juga diungkapkan oleh Yangcanggih.com dengan mengatakan, bermain PUBG di Xiaomi Redmi Note 5 bisa berjalan dengan mulus pada pengaturan medium, dengan frame rate stabil dan baik. Sementara gim populer seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, tergolong lancar untuk dimainkan.

Snapdragon 636 ini umumnya digunakan di HP 4 jutaan. Karena itu, bisa dibilang, kehadiran Snapdragon 636 di Xiaomi Redmi Note 5 yang dibanderol mulai kisaran 2,5 jutaan sampai 3 jutaan tergolong baik dan jadi kelebihan tersendiri alias Xiaomi menawarkan price to performance yang menggiurkan.

2. Kamera AI dengan Hasil Foto yang Menakjubkan

Xiaomi Redmi Note 5 datang dengan hasil kamera foto yang baik. Baik kamera depan maupun kamera belakang, hasilnya tergolong baik, bahkan bisa bersaing dengan HP mendekati angka 4 juta. Kualitas foto yang baik pada HP ini tak lepas dari teknologi AI atau Artificial Intelegence yang melekat di sektor kameranya.

Hasil Kamera Belakang Redmi Note 5

* sumber: www.youtube.com

Hasil Kamera Belakang Redmi Note 5

* sumber: www.youtube.com

Kamera HP ini hadir dengan dual kamera 12 MP + 5 MP di bagian belakang. Kamera ini punya fitur pixel phase detection autofocus dan LED flash. Hasil foto memakai kamera belakang ini tergolong baik, bisa dilihat pada gambar di atas. Bagaimana dengan kamera depan? Berikut contoh foto dengan kamera depan Xiaomi Redmi Note 5.

Selfie Redmi Note 5

* sumber: twitter.com

Tampak hasil foto kamera depan HP ini tergolong cukup baik. Kamera depan 13 MP yang tersemat di HP ini jadi andalan untuk swafoto dan pamer di media sosial. Terlebih kamera depan HP ini sudah dilengkapi dengan AI. HP ini juga sudah mendukung LED flash dan dukungan rekaman video hingga 1080p.

Karena kamera adalah nilai jual dari HP ini, wajar jika hasil foto memakai Xiaomi Redmi Note 5 tergolong memuaskan. Bahkan, jika dibandingkan HP lain sejenis di kelas rentang harga yang sama, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong baik.

3. Layar 18:9 yang Terang

Layar Redmi Note 5

Mengingat masih ada HP yang mengusung rasio 16:9, HP yang hadir dengan layar penuh masih jadi kelebihan. Meski saya sebenarnya bingung apakah layar penuh alias fullview sudah bisa dikategorikan sebagai kelebihan atau jadi standar? Pasalnya, HP baru umumnya sudah mengusung rasio layar penuh dan sudah meninggalkan rasio jadul 16:9, termasuk Xiaomi Redmi Note 5.

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan layar 5,99 inch dengan resolusi Full HD+ alias 1080 x 2160 pixels. Jelas layarnya tergolong lebar dan cocok digunakan untuk kebutuhan multimedia. Layarnya juga bisa menampilkan tampilan visual yang baik dan cerah.

Seperti kata SobatHape, tampilan visual layar Xiaomi Redmi Note 5 tergolong baik. Layarnya bisa tetap jelas meskipun berada di bawah terik sinar matahari. Jelas ini menjadi nilai tambah buat Anda yang suka berpergian dan sering melihat layar di bawah terik matahari, selain tentunya penggunaan pelindung Corning Gorilla Glass.

4. Kapasitas Baterai Besar

baterai xiaomi redmi note 5

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali dengan kapasitas baterai 4.000 mAh. Kapasitas baterai HP ini tentu tegolong besar. ObatGaptek menguji baterai HP ini dengan bermain gim Infinity Ops selama 7 jam dan masih bisa stand by dengan perolehan waktu 22 jam alias seharian.

Jika tanpa main gim, jelas waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Jika kapasitas baterai habis, Anda bisa mengisi baterai HP ini dengan kisaran 2 jam saja, seperti yang telah diuji oleh SobatHape dan ObatGaptek. Meski secara resmi tidak mendukung Qualcomm Quick Charge versi terbaru, durasi pengisian daya HP ini tergolong baik mengingat kapasitas baterai HP ini yang besar.

5. MIUI 9.5

miui 9.5

Salah satu alasan kenapa HP Xiaomi selalu jadi rekomendasi untuk dipilih adalah karena MIUI. MIUI pada Xiaomi Redmi Note 5 adalah MIUI 9.5 yang berbasis Android Oreo yang berarti sudah terbaru. Dengan MIUI ini, navigasi dan penggunaan Xiaomi Redmi Note 5 tergolong baik. Terlebih MIUI ini punya manajemen baterai yang cukup baik.

Bisa dibilang, kombinasi MIUI, baterai 4.000 mAh, dan prosesor fabrikasi 14nm membuat HP ini punya kombinasi yang maut dalam hal manajemen daya. Jangan lupakan juga soal tampilan antarmuka MIUI dan gegasnya perpindahan antara aplikasi yang tentu menjadi kelebihan tersendiri. Satu hal lain yang membuat MIUI menarik adalah dukungan update yang biasanya selalu hadir untuk terus mengoptimalkan performa HP.

6. Bodi Metal

Saya menyukai tipe ponsel yang solid dengan balutan metal dan Xiaomi Redmi Note 5 mempunyai itu. Pada bagian belakang bodi HP ini, tersemat material metal yang tentu jadi kelebihan tersendiri, mengingat HP lain yang dibanderol lebih mahal banyak yang tak menggunakan metal.

Memang, bodi material HP ini tidak sepenuhnya metal, lapisan bawah dan atas pada bagian antena masih menggunakan plastik. Saya masih mewajari untuk hal ini, setidaknya ada usaha untuk membuat bodi HP ini jadi terlihat premium dengan balutan metal pada bagian belakang bodinya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5

1. Slot Hybrid

slot hybrid xiaomi redmi note 5

Spesifikasi yang mirip antara Xiaomi Redmi Note 5 dan ASUS Zenfone Max Pro M1 membuat keduanya selalu dibandingkan, termasuk sektor yang bisa dibilang kecil, yakni slot untuk SIM dan microSD.

ASUS Zenfone Max Pro M1 hadir dengan triple slot alias dedicated slot yang bermanfaat untuk penguna yang punya lebih dari dua kartu SIM. Xiaomi Redmi Note 5 memungkinkan untuk menggunakan dual SIM secara bersamaan tapi harus mengorbankan slot microSD yang artinya HP ini mengusung slot hybrid (Nano SIM + Nano SIM/microSD).

Sebenarnya, slot hybrid bukanlah masalah yang krusial. Masalahnya, terkadang banyak pengguna yang butuh memori tambahan dan juga butuh dua kartu aktif secara bersamaan. Karena alasan inilah slot hyrbrid masuk dalam kekurangan Xiaomi Redmi Note 5, terlebih mengacu kepada pesaingnya yang punya triple slot.

2. Desain Bodi yang Membosankan

Bagian belakang bodi Xiaomi Redmi Note 5 memang menggunakan metal dan menjadikannya terasa premium. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan desain dari Xiaomi Redmi Note 5. Desain bodi Xiaomi Redmi Note 5 sebenarnya tidak jelek, hanya hampir semua seri Xiaomi Redmi punya garis desain yang mirip.

Mau seri apapun, jika lihat bagian belakang, orang akan mudah mengenali bentuk desain Xiaomi seri Redmi, termasuk seri Xiaomi Redmi Note 5. Memang, punya ciri khas jadi identitas, tapi kesannya malah Xiaomi terkesan malas membuat desain yang beda untuk seri Redmi. Karena alasan inilah, saya boleh bilang desain Xiaomi Redmi Note 5 membosankan dan tak cantik-cantik amat.

3. Port Belum USB Type-C

USB Type-C adalah port masa depan. Jika sebelumnya port ini hadir di smartphone kelas premium, belakangan banyak HP di kelas menengah yang juga hadir dengan USB Type-C. Sayangnya, Xiaomi Redmi Note 5 masih memakai port micro USB.

Padahal untuk kelas harganya, Xiaomi Redmi Note 5 sudah tergolong cukup pas punya port USB Type-C. Dengan port ini, transfer data bisa lebih cepat sehingga akan sangat memudahkan pengguna yang sering memindahkan data dari smartphone ke PC, seperti saya. Terlepas dari itu, untuk yang satu ini kelemahannya masih bisa dimaklumi.

4. Bezel Atas-Bawah Terlalu Tebal

Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 memang mengusung layar penuh yang membuat layarnya tampak memanjang dan nyaman digunakan menonton. Bezel kiri dan kanan pun cukup tipis. Sayangnya, bezel atas dan bagian bawah (bagian dagu) masih tampak tebal.

Bezel yang tampak tebal pada bagian atas dan bawah ini membuat HP tampak jadi semakin memanjang dan kurang enak dipandang dari bagian depan. Seandainya saja Xiaomi bisa memangkas lagi ukuran bezelnya, terutama bagian bawah, tentu akan membuat smartphone jadi menarik untuk dilirik.

Simpulan

Xiaomi Redmi Note 5 bisa dibilang merupakan HP yang hampir sempurna di kelas harganya. HP ini punya performa yang baik di kelasnya, punya baterai yang besar, layar penuh, dan juga kamera yang tergolong cakep. Saya berani merekomendasikan HP ini untuk teman-teman yang butuh HP kisaran harga 2,5 sampai 3 jutaan.

Kekurangan HP ini masih bisa dimaklumi tapi khusus untuk yang butuh HP cantik, Xiaomi Redmi Note 5 bukanlah jawabannya. HP ini lebih cocok untuk yang butuh HP untuk foto-foto dan selfie serta untuk main gim. Tertarik? Anda bisa membeli Xiaomi Redmi Note 5 ini melalui Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment