Carisinyal / HP 2020 / Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 3s!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 3s!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

ZTE, vendor asal Tiongkok, memiliki sub-brand untuk ponsel bernama Nubia. Awalnya, Nubia ini adalah nama seri HP dari ZTE namun pada perkembangan selanjutnya, Nubia menjadi sub-brand dari ZTE. Hanya saja pemisahan ini kurang kuat karena Nubia masih identik dengan ZTE. MIrip dengan Redmi yang selalu identik dengan Xiaomi.

Nubia sendiri memiliki beberapa lini produk ponsel yang menarik. Salah satunya adalah ponsel yang dikhususkan untuk bermain gim, yakni Red Magic series. Red Magic series ini sudah menghadirkan beberapa HP seperti Nubia Red Magic, Nubia Red Magic Mars, dan Nubia Red Magic 3.

Nubia Red Magic 3s kemudian hadir sebagai varian dari Nubia Red Magic 3. Apa yang menarik dari HP yang satu ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Nubia Red Magic 3s berikut ini.

Spesifikasi ZTE Nubia Red Magic 3s

ZTE nubia Red Magic 3s

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    171.7 x 78.5 x 9.7 mm
  • Berat
    215 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED
  • Ukuran
    6,65 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~388 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • CPU
    Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.8 GHz Kryo 485)
  • GPU
    Adreno 640 (700 MHz)

Memori

  • RAM
    8 GB atau 12 GB
  • Memori Internal
    128/8 GB | 256/12 GB, UFS3.0
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, aptX, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go, konektor aksesori

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    - Pengisian baterai cepat 18W
    - Quick Charge 4+

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Silver, Red/Blue
  • Lainnya
    Fitur body:
    - Panel cahaya RGB (di bagian belakang)
    - Zona sensitif tekanan
    - Kipas pendingin internal

    Fitur layar:
    - DCI-P3 100%
    - 90 Hz

    Fitur audio:
    - Suara DTS XU1tra
    - Audio 32-bit/384kHz
    - Active noise cancellation with dedicated mic

Kelebihan Nubia Red Magic 3s

Nubia Red Magic 3s tergolong HP yang sangat menarik. Karena itu, tidak heran jika Nubia Red Magic 3s hadir dengan beberapa kelebihan berikut ini.

1. Performa Sudah Jelas Kencang untuk Main Gim

performa zte nubia red magic 3s

* sumber: www.techradar.com

Nubia Red Magic 3s hadir dengan chipset Snapdragon 855+ yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 855. Selain itu, memori internal yang ada di Nubia Red Magic 3s menggunakan tipe penyimpanan FS 3.0.

Kombinasi tersebut jelas menghasilkan sebuah ponsel dengan performa yang lebih cepat, bahkan bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan Nubia Red Magic 3. Pasalnya, Nubia Red Magic 3 hanya dibekali dengan Snapdragon 855 dan penyimpanan UFS 2.1.

Untuk melihat performa dari Nubia Red Magic 3s, bisa simak hasil benchmark Antutu yang dilakukan GSMArena berikut ini.

antutu zte nubia red magic 3s

*Dari data di atas, tampak kalau Nubia Red Magic 3s memiliki skor Antutu yang tinggi. Pada pengujian Antutu 8, skornya mencapai 495.229, sedikit lebih tinggi jika dibandingkan ASUS ROG Phone II dengan X Mode dan Huawei Mate 30 Pro dengan performance mode.

Di bagian Antutu 7, skor Antutu Red Magic 3s mencapai 358.748. Skor ini sedikit kalah dari Antutu Red Magic 3 dengan kondisi New ROM yang mencapai angka 380 ribuan. Tapi hal ini bukan berarti performa Nubia Red Magic 3 lebih baik.

Sebagai ponsel untuk main gim, performa dari HP ini tergolong luar biasa. Hal ini dibuktikan dari pengujian beberapa gim yang dilakukan AndroidAuthority. Menurut mereka, HP yang satu ini dapat menjalakan gim seperti Fortnite, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, and Critical Ops dengan sangat lancar.

Pujian performa yang bagus juga diungkapkan oleh Gadgets NDTV. Menurut mereka, performa HP ini tergolong bagus. HP ini dapat menjalankan aplikasi dan multitasking dengan lancar  tanpa harus mematikan aplikasi di latar belakang. Hal ini jelas menegaskan kalau HP ini memang dihadirkan untuk menjalankan gim dan aplikasi berat.

2. Layar AMOLED 90 Hz

layar zte nubia red magic 3s

Nubia Red Magic 3s masih mempertahankan spesifikasi layar yang ada di Nubia Red Magic 3. Layar HP ini hadir menawarkan 6,65 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya juga masih menawarkan panel AMOLED dengan teknologi DCI-P3 100% dan DCI-P3 100%

Spesifikasi tersebut memang serupa dengan Nubia Red Magic 3. Kehadiran refresh rate 90 Hz juga masih dipertahankan di HP ini. Hal ini membuktikan kalau HP ini menawarkan performa yang tentunya tergolong nyaman untuk main gim dengan dukungan layar 90 Hz.

Pengalaman visual menyenangkan dari HP ini sendiri diungkap oleh AndroidAuthority. Menurut mereka, HP ini menawarkan tampilan layar yang bagus dan tidak mengecewakan. Situs AndroidCentral bahkan sesumbar bilang kalau kombinasi Snapdragon 855+ dengan layar 90 Hz mampu memberikan pengalaman bermain gim yang fantastis.

3. Memiliki Sistem Pendingin yang Sangat Bagus

fan system zte nubia red magix 3s

* sumber: www.androidauthority.com

Nubia Red Magic 3s hadir dengan sistem pendingin yang serupa dengan sistem pendingin yang ada di Nubia Red Magic 3. Sistem pendingin tersebut adalah ICE 2.0 multi-dimensional cooling system, yang merupakan sistem dengan kemampuan mendukung area pendinginan efektif 32000mm,


Sistem pendingin ini bekerja dengan baik dan dapat menurunkan suhu bodi ponsel sampai 18℃, Sistem pendingin ini juga dapat menurunkan suhu sampai 5℃ dan menurunkan suhu permukaan ponsel menjadi 3℃.

Sistem pendingin ICE 2.0 multi-dimensional cooling system ini berkolaborasi dengan sistem pendingin lainnya, yakni liquid cooling dan air coolingAir cooling atau pendingin udara bekerja dengan kipas yang tidak terlalu berisik. Hal ini jelas sangat bagus agar ponsel memiliki suhu yang tetap selalu terjaga.

4. Pengisian Baterai Cepat dan Daya Tahannya Lama

baterai zte nubia red magic 3s

Nubia Red Magic 3s hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Daya tahan baterai ini tergolong besar dan membuat Nubia Red Magic 3s memiliki umur baterai yang panjang. Hal tersebut juga dibuktikan berdasarkan skor pengujian dari GSMArena yang mencatatkan hasil endurance rating 115h.

daya tahan baterai zte nubia red magic 3

* sumber: www.gsmarena.com

Skor 115h tentu skor yang bagus. Tetapi berpatokan pada skor saja tidaklah cukup. Karena itu, mari melihat penggunaan harian HP ini. Misalnya, hasil dari pengujian AndroidCentral yang mengatakan kalau daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan sampai dua harian dalam keadaan awal full charge. Jika digunakan main gim, baterai bisa bertahan seharian.


Situs Techradar juga menguji daya tahan baterai ponsel ini dalam penggunaan sehari-hari. Menurut mereka, daya tahan baterai ini bisa menyisakan 30% di akhir hari dengan penggunaan bermain gim yang tergolong intensif.

Oh yah, selain daya tahan baterainya, HP ini juga mendukung pengisian cepat 18W. Dengan teknologi ini, baterai ponsel ini dapat terisi penuh di bawah 2 jam. Hal ini berdasarkan hasil dari tes yang dilakukan Techradar.

5. Kemampuan Kamera Merekam Video 8K

desain zte nubia red magic 3s

* sumber: www.techradar.com

Nubia Red Magic 3s dibekali dengan kamera yang mampu merekam video sampai 8K. Saat artikel ini dibuat, jarang ada HP yang mampu merekam video dengan kualitas 8K. Fitur ini sebenarnya bukan hal yang baru karena fitur ini juga dihadirkan di Nubia Red Magic 3. Tentu mempertahankan fitur ini adalah sesuatu yang tergolong baik.

6. Memiliki Tombol Tambahan untuk Main Gim

desain pinggir zte nubia red magic 3s

* sumber: www.techradar.com

Nubia Red Magic 3s memiliki tombol pendukung untuk bermain gim. Tombol pendukung tersebut berada di bagian samping kanan. Tombol ini dapat berfungsi seperti tombol L1 dan R1, kalau mengacu pada controller pada umumnya. Kehadiran tombol tentunya bakal banyak disuka, terutama untuk gamer yang membutuhkan banyak tombol aksi.

Ada satu tombol lainnya juga yang ternyata dapat dimanfaatkan ketika bermain gim. Tombol tersebut adalah tombol sensor sidik jari. Yap, sensor sidik jari di HP ini bisa dijadikan sebagai tombol tambahan untuk mendukung permainan.

7. Kualitas Speaker yang Oke

speaker zte nubia red magic 3s

Nubia Red Magic 3s ternyata adalah HP yang tergolong spesial karena memiliki kualitas speaker yang baik. Sangat jarang, HP yang fokus untuk main gim memiliki kemampuan speaker yang baik ini.

Speaker pada HP ini ternyata adalah dual front-firing speaker. Situs AndroidAuthority memuji kualitas speaker dari HP ini yang ternyata tergolong enak, baik ketika digunakan bermain gim maupun ketika menonton video seperti Youtube mapun Netflix. Situs AndroidCentral juga memuji speaker dari HP ini yang menurut mereka tergolong fantastis.

Satu hal lagi yang patut diapresiasi dari sektor audio adalah masih dipertahankannya audio jack 3.5 mm. Banyaknya HP kelas atas yang menghilangkan port ini serta masih banyaknya orang yang masih butuh audio jack 3.5 mm, membuat kehadiran port audio jack 3.5 mm di sebuah ponsel jadi sesuatu yang spesial.

Kekurangan Nubia Red Magic 3s

Meskipun terlihat menarik, tapi ternyata Nubia Red Magic 3S ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut beberapa kekurangan tersebut.

1. Tidak Mendukung Slot MicroSD

desain zte nubia red magic 3s

* sumber: www.androidauthority.com

Nubia Red Magic 3s tidak mendukung penambahan memori eksternal. Hal ini berarti pengguna harus puas dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan HP ini. Adapun HP ini memiliki dua varian penyimpanan. Pertama, varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan kedua varian RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB.

Ketidakhadiran memori eksternal sendiri masih wajar mengingat HP ini menawarkan memori tipe UFS 3.0. Namun, terkadang masih banyak orang yang terasa kurang puas jika hanya mengandalkan memori internal saja dan tidak ada opsi untuk menambahnya.

2. Hanya Satu Kamera yang Hasilnya Biasa Saja

kamera zte nubia red magic 3s

* sumber: www.techradar.com

Nubia Red Magic 3s masih mempertahankan satu kamera belakang, yakni kamera 48 MP, sama seperti Nubia Red Magic 3. Kehadiran satu kamera ini tentu jadi kekurangan mengingat banyak HP lain, bahkan termasuk HP gim, menawarkan minimal dua kamera di bagian belakang.

Meskipun kamera HP ini mampu merekam video sampai 4K, tetapi tentu saja kehadiran kamera kedua, bisa telefoto maupun ultra-wide akan sangat membuat ponsel ini tergolong menarik. Lantas, apakah kamera ini memiliki kualitas tangkapan gambar yang baik? Mari lihat contoh hasil tangkapan dari kamera HP ini.

hasil tangkapan kamera zte nubia red magic 3s b

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera zte nubia red magic 3s c

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera zte nubia red magic 3s a

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil tangkapan kamera Nubia Red Magic 3s ini tampak cenderung oke. Bukan sesuatu yang istimewa tetapi tidak bisa dikatakan jelek. Tapi berdasarkan pengujian kamera yang dilakukan GSMArena, dapat dibilang kalau hasil kamera ponsel ini agak kurang bagus.

Menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini menghasilkan foto dengan rentang dinamis yang tidak terlalu kuat. Detail bayangan foto tampak hancur dan gambar kurang terasa terang. Hal ini mengindikasikan kalau hasil tangkapan kamera HP ini memang kurang maksimal.

3. Desain yang Tidak akan Semua Orang Suka

desain zte nubia red magic 3s

Satu kekurangan lain dari Nubia Red Magic 3s adalah soal desain. Sebenarnya desain HP ini tergolong bagus, berbeda, dan menarik. Hanya saja menurut AndroidAuthority, desain ponsel ini tidak ditujukan untuk semua orang.

Menurut AndroidAuthority, desain perangkat HP ini tidak halus. Dan strip LED yang ada di bodi desain HP ini tampak terasa menyenangkan tetapi kemudian setelah terbiasa, daya tariknya jadi hilang.

Apa yang dikatakan AndroidAuthority bisa jadi benar. Hanya saja soal desain ini, bisa jadi terkesan subjektif.

Simpulan

Nubia Red Magic 3s pada dasarnya memiliki fitur dan spesifikasi yang dibawa Nubia Red Magic 3. Pembedanya, Nubia Red Magic 3s membawa chipset yang sedikit lebih baik dan dukungan memori internal UFS 3,0 yang lebih baik jika dibandingkan UFS 2.1 milik Nubia Red Magic 3.

Karena alasan tersebut, tentu Nubia Red Magic 3s bisa jadi salah satu HP gim yang menarik karena performa yang ditawarkannya tergolong kencang.Tertarik dengan HP ini? Anda bisa membeli Nubia Red Magic 3 melalui Bukalapak di link ini atau bisa juga membelinya di toko online lainnya melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *