carisinyal web banner retina

Membedah 7 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

ASUS ROG Phone 7 hadir sebagai HP gaming andalan ASUS untuk tahun 2023. HP ini meluncur di pasar global bersama ROG Phone 7 Ultimate pada April 2023. Status ROG Phone 7 adalah suksesor dari ROG Phone 6.

Peningkatan performa jadi surutan utama HP ini mengingat SoC yang dipakai adalah Snapdragon 8 Gen 2. Kendati demikian, ASUS juga menawarkan beberapa peningkatan lain guna memberi kepuasan bagi gamers. Apa saja peningkatan-peningkatan itu?

Simak segera pembahasannya dalam artikel kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 7 ini. Ringkasannya dapat Anda tengok dalam tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Bodi yang tahan debu dan percikan air
Bodi tebal dan berat
Layar AMOLED dengan kecerahan hingga 1500 nit
Kemampuan kamera oke saja
Speaker stereo yang lantang
Kipas AeroActive Cooler 7 dijual terpisah
Performa dahsyat Snapdragon 8 Gen 2
Daya tahan baterai yang Keren
Ada audio jack dan dukungan display out
Jaminan pembaruan software 4 Tahun

Jika poin-poin di atas kurang jelas, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai kelar. Ada banyak informasi terkait ROG Phone 7 yang mungkin bisa memuaskan rasa ingin tahu Anda.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7 merupakan smartphone yang berorientasi pada aktivitas gaming. Tentunya HP ini tak sekadar punya performa tinggi. Namun, ia punya beragam hal menarik yang mampu membuat gamers merasa nyaman.

1. Bodi yang Tahan Debu dan Percikan Air

asus rog phone 7

ASUS menyajikan desain baru pada bodi ROG Phone 7, khususnya di sisi belakang. Terdapat dua corak di sisi belakang ponsel yang terbagi secara diagonal. Corak semi transparan tertoreh di bagian atas dekat modul kamera. Corak tersebut memiliki sentuhan glossy.

Sementara itu, corak polos ada di bagian bawah. Corak yang menjadi tempat bagi logo RGB ROG Phone tersebut memiliki sentuhan matte. Desain yang ditawarkan cukup memberi penegasan sebagai HP gaming, tetapi tidak berlebihan.

Hal selanjutnya yang menjadi pembeda ROG Phone 7 dengan pendahulunya adalah sertifikasi ketahanan. Kini ROG Phone 7 sudah mengantongi sertifikasi IP54, bukan lagi IPX4. Hal ini menjamin bahwa sang ponsel tidak hanya tahan terhadap percikan air (angka 4), tapi juga tahan terhadap debu (angka 5).

Adanya sertifikasi IP54 pada ROG Phone 7 patut diapresiasi. Pasalnya, menurut GSM Arena, sertifikasi ketahanan sulit diberlakukan buat HP dengan banyak colokan dan speaker yang besar.

GSM Arena juga menilai HP ini memiliki build quality yang baik. Wajar mengingat material yang dipakai adalah aluminium (rangka), Gorilla Glass 3 (penutup belakang), dan Gorilla Glass Victus (bagian depan).

Sang ponsel dikatakan enak digenggam karena rangka dan tepi penutup belakangnya melengkung. Adapun ROG Phone 7 tersedia dalam dua pilihan warna: Phantom Black dan Storm White.

2. Layar AMOLED dengan Kecerahan Hingga 1500 nit

asus rog phone 7

Sekilas layar ROG Phone 7 memang tak berbeda dari layar ROG Phone 6, kalau dilihat dari spesifikasinya. Benar saja, panel yang dipakai masih AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD (1080 x 2448 piksel). Dukungan refresh rate-nya pun tetap sampai 165 Hz, dengan touch sampling rate hingga 720 Hz.

Akan tetapi, tingkat kecerahannya kini naik. Di kondisi outdoor, ASUS mengeklaim layar ROG Phone 7 bisa meraih kecerahan 1000 nit (200 nit lebih tinggi daripada ROG Phone 6). Sementara itu saat digunakan untuk memutar konten HDR, kecerahan layarnya tembus 1500 nit (300 nit lebih tinggi ketimbang ROG Phone 6).

Secara kualitas tampilan, layar ROG Phone 7 masuk kategori baik. ASUS menyebut bahwa layar HP ini memiliki gamut warna 111,23% DCI-P3 dan 150,89% sRGB. Itu artinya HP ini tak cuma mendukung kegiatan nonton film dan main game, tapi juga mengedit video.

Akurasi warnanya juga bagus karena tingkat penyimpangannya rendah (DeltaE kurang dari 1). Bagi penikmat Netlfix dan sejenisnya, tak usah khawatir lantaran ROG Phone 7 sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Film dengan kualitas Full HD pun bisa diputarnya.

Fitur lain yang dimiliki layar ROG Phone 7 adalah sensor pemindai sidik jari optik. Menurut GSM Arena, proses pemindaiannya cepat dan akurat.

3. Speaker Stereo yang Lantang

asus rog phone 7

Audio adalah elemen penting dalam bermain game. Karena itu, ASUS tak pernah main-main soal kualitas speaker ponsel garapannya. ASUS menyematkan dua speaker (stereo) front facing alias menghadap ke arah pengguna. Letak speaker ini ada di bezel atas dan bezel bawah layar.

GSM Arena mencatat kelantangan suara speaker si ponsel masuk kategori sangat bagus. Dalam pengujian, speaker HP ini meraih skor kelantangan -26 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Suara yang keluar dikatakan bersih tanpa distorsi.

Speaker ROG Phone 7 dikatakan ASUS punya kemampuan bass 20% lebih baik ketimbang pendahulunya. Namun, jika itu terasa kurang di telinga pengguna, ASUS menawarkan satu solusi simpel lewat kipas AeroActive Cooler 7.

Ya, kipas eksternal baru ini ternyata juga berfungsi sebagai subwoofer. Menurut ASUS, AeroActive Cooler 7 mampu meningkatkan elemen bass hingga 77%. Jadi, masih perlu sambungan ke speaker aktif?

4. Performa Dahsyat Snapdragon 8 Gen 2

snapdragon 8 gen 2_

Anda mungkin sudah tahu bahwa Snapdragon 8 Gen 2 adalah SoC yang punya performa tinggi dengan efiiensi yang baik. Banyak ponsel flagship yang mendapat pujian berkat SoC yang diproduksi dengan fabrikasi 4 nm ini.

Oleh sebab itu, kami tidak akan lagi spesifik membahas profil Snapdragon 8 Gen 2. Yang akan kami bahas adalah bagaimana SoC ini mampu menghadirkan performa yang tinggi, stabil, dan minim throttling di sebuah HP gaming.

Sekilas soal Snapdragon 8 Gen 2, SoC ini punya delapan inti CPU. Masing-masing terdiri atas satu Kryo Prime (1 Cortex X3 3,2 GHz), empat Kryo Gold (2 Cortex A715 2,8 GHz + 2 Cortex A710 2,8 GHz), dan tiga Kryo Silver (3 Cortex A510 2,0 GHz). Adreno 730 adalah unit pengolah grafis yang termasuk dalam SoC ini.

Hal pertama yang mesti Anda tahu adalah Snapdragon 8 Gen 2 dipasang di tengah-tengah mainboard ROG Phone 7. SoC tersebut diapit oleh dua keping baterai (masing-masing 3000 mAh). Posisi tersebut diklaim membuat proses pendinginan jadi lebih cepat dan efektif.

asus rog phone 7
Ilustrasi sistem termal ASUS ROG Phone 7

Kedua, ASUS memakai komponen boron nitrida (BN) sebagai solusi pertama. Komponen ini diklaim mampu mentransfer panas 200 kali lebih cepat, sehingga tidak ada penumpukan panas. Ketiga, panas yang dialirkan boron nitrida disebarkan secara merata ke seluruh bodi oleh komponen vapor chamber dan grafit (luas area 16.000 mm²).

Dalam pengujian CPU Throttling yang dilakukan GSM Arena, ROG Phone 7 menunjukkan performa yang cukup stabil untuk ukuran sebuah HP gaming. Ketika mode performa (X Mode) diaktifkan, performanya turun ke angka 67% dari kemampuan puncak.

asus rog phone 7Sumber: GSM Arena
CPU Throttling test

Lalu saat mode performa aktif (X Mode+) dan kipas AeroActive Cooler 7 dipasang (dengan mode frozen), throttling-nya sangat minim. Performa yang dihasilkan hanya turun ke angka 89% dari kemampuan puncak.

Beberapa hasil uji aplikasi benchmark sintetis pun menunjukkan bahwa ROG Phone 7 memang punya potensi performa yang dahsyat. Pasalnya, HP ini memiliki skor AnTuTu 9 di atas 1,2 juta baik saat X Mode aktif ataupun tidak. Dalam GeekBench 5, ia meraih skor single-core 1400-an dan skor multi-core 5100-an ketika X Mode aktif.

asus rog phone 7Sumber: Androplus
Catatan frame rate pengujian game

Situs Androplus memperlihatkan hasil uji ROG Phone 7 saat menangani game berat Genshin Impact. Game tersebut mampu berjalan lancar dengan frame rate nyaris konstan di 60 fps. Game dimainkan pada setelan grafis tertinggi dan X Mode aktif selama pengujian.

5. Daya Tahan Baterai yang Keren

asus rog phone 7

ROG Phone 7 mengandung dua keping baterai 3000 mAh yang kapasitas totalnya adalah 6000 mAh. Dengan spesifikasi tersebut, baterai sang ponsel tidak mengalami perubahan dibanding pendahulunya. Akan tetapi, karena memakai SoC baru, daya tahan baterainya kemungkinan besar berbeda.

Ternyata memang begitu. Dalam tes yang dilakukan GSM Arena, ROG Phone 7 meraih skor ketahanan baterai 131 jam. Hasil ini merupakan peningkatan signifikan karena ROG Phone 6 Pro cuma bisa meraih skor ketahanan 119 jam.

Pada skenario pengujian memutar video lokal, ROG Phone 7 dapat bertahan hingga 29 jam 27 menit! Hasil ini dapat diraih ketika refresh rate disetel konstan di 60 Hz.

Tidak butuh lama untuk mengisi baterai 6000 mAh sang ponsel. Dengan charger 65W bawaan dalam paket penjualan, baterai kosong bisa penuh dalam waktu 1 jam 1 menit.

Satu lagi hal menarik dari sisi daya ROG Phone 7 adalah fitur bypass charging. Dengan fitur tersebut, listrik yang dihantarkan oleh charger tidak masuk ke baterai, melainkan langsung ke smartphone.

Fitur bypass charging penting bagi Anda yang suka main game sambil mengecas ponsel. Pasalnya, secara teori, bypass charging tidak menimbulkan panas tambahan pada ponsel serta dapat memperpanjang usia baterai.

6. Ada Audio Jack dan Dukungan Display Out

asus rog phone 7

Gamers mungkin kurang suka dengan TWS karena latensinya cukup besar. Latensi yang besar menyebabkan delay alias jeda. Hal ini tentu akan mengganggu komunikasi gamer dengan rekan setimnya. Yang mereka butuhkan audio jack untuk menghubungkan earphone atau headset berkabel

ROG Phone 7 pun punya audio jack 3,5 mm. Letaknya ada di sisi bawah ponsel. Colokan yang satu ini juga bisa Anda jumpai di AeroActive Cooler 7.

Fitur lain yang juga mampu meningkatkan pengalaman main game pengguna adalah USB Display Out. Fitur ini ada di port USB utama si ponsel yang terletak di bodi samping. Dengan fitur ini, Anda bisa mentransfer tampilan layar ponsel ke monitor eksternal via kabel USB saja.

7. Jaminan Pembaruan Software 4 Tahun

asus rog phone 7

ROG Phone 7 datang dengan sistem operasi Android 13 yang dibalut antarmuka ROG UI. ASUS menyiapkan seabrek kustomisasi agar tampilan HP ini kental nuansa gaming. Namun, ASUS juga menyediakan tema standar untuk pengguna yang ingin simpel.

Ada banyak fitur yang disematkan dalam antarmuka ponsel ini. Misalnya, Battery Care (mengatur mode pengisian baterai), Mobile Manager (untuk tune up ponsel), dan Armory Crate yang benyediakan beragam optimasi untuk mendapatkan performa gaming terbaik.

Fitur-fitur yang disebut di atas mungkin sudah familier bagi pengguna ROG Phone. Yang berbeda di ROG Phone 7 kali ini adalah jaminan pembaruan software selama 4 tahun. Rinciannya adalah peningkatan sistem operasi sebanyak 2x dan pembaruan sistem keamanan hingga tahun keempat sejak ponsel rilis.

Komitmen ini telah mengalami peningkatan, mengingat pada ROG Phone 6 ASUS hanya menjanjikan upgrade Android sebanyak 2x dengan pembaruan security patch selama 24 bulan. ROG Phone 7 pun diproyeksikan mencicipi Android 15 dengan dukungan sampai tahun 2027.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7

Tidak ada smartphone yang sempurna bagi semua orang, sekalipun itu HP flagship. Demikian pula dengan ASUS ROG Phone 7. HP ini memiliki beberapa hal yang bisa jadi dianggap sebagai kekurangan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Bodi Tebal dan Berat

asus rog phone 7

Smartphone kelas atas cenderung memiliki bobot yang lebih berat ketimbang HP kelas menengah atau kelas entri. Itu wajar mengingat smartphone kelas atas punya fitur dan komponen yang lebih banyak ketimbang dua kategori ponsel lainnya.

ROG Phone 7 tentu saja masuk kategori flagship, dengan orientasi ke aktivitas gaming. Oleh sebab itu, HP ini tidak hanya punya bobot yang berat, tapi juga bodinya tebal. Adanya sistem termal yang lebih kompleks jadi alasan mengapa ROG Phone 7 berbodi tebal dan berat.

Ketebalan HP ini adalah 10,3 mm, sedangkan bobotnya adalah 239 gram. Buat mereka yang punya tangan mungil, menggenggam ROG Phone 7 dengan satu tangan akan terasa sedikit melelahkan.

Namun, ROG Phone 7 adalah HP gaming yang akan lebih sering dipakai secara landscape menggunakan dua tangan. Maka berat ponsel akan terdistribusi ke dua sisi tangan. Bodi yang tebal dan berat jadi tidak terlalu masalah, bukan?

2. Kemampuan Kamera Oke Saja

asus rog phone 7

ASUS nyaris tidak melakukan perombakan pada sektor kamera belakang ROG Phone 7. Spesifikasi kamera yang dipakai masih sama seperti ROG Phone 6. Ada kamera utama 50 MP (f/1.9; Sony IMX766), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.0).

Perubahan ada pada kamera depannya. Kamera depan yang dipakai ROG Phone 7 kini punya resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.5. Dulu kamera depan ROG Phone 6 cuma beresolusi 12 MP.

Soal perekaman video, kamera utama ROG Phone 7 bisa menghasilkan video dengan resolusi maksimal di 8K 24 fps, sedangkan kamera depan di 1080p 30 fps. Hasil tangkapan kamera ponsel ini sebenarnya tidak jelek.

Ia bisa hasilkan gambar yang cukup memuaskan. Namun, jika dibandingkan dengan kamera HP flagship reguler, ROG Phone 7 jelas takluk. Salah satu alasannya adalah kemampuan kamera ultrawide dan kamera depan yang kurang bagus dalam kondisi low light.

Berikut adalah contoh jepretan kamera ROG Phone 7 yang diambil oleh Robert Triggs dari Android Authority. Silakan Anda nilai sendiri.

asus rog phone 7Sumber: Android Authority
Kamera utama
asus rog phone 7Sumber: Android Authority
Kamera ultrawide
asus rog phone 7Sumber: Android Authority
Kamera makro
asus rog phone 7Sumber: Android Authority
Kamera selfie

3. Kipas AeroActive Cooler 7 Dijual Terpisah

asus rog phone 7

AeroActive Cooler 7 cukup mengesankan. Kipas tipe peltier ini tidak cuma mampu membuat ponsel adem dan performanya stabil. Namun, ia juga memiliki fungsi sebagai subwoofer speaker dan punya audio jack.

Sayangnya, AeroActice Cooler 7 tidak masuk paket penjualan pada unit ROG Phone 7 versi global. Kipas ini baru bisa didapatkan secara cuma-cuma jika konsumen membeli ROG Phone 7 Ultimate.

Di dalam paket penjualan ROG Phone 7 versi global hanya terdapat kabel USB C, kepala charger, SIM ejector, dan hard case. AeroActice Cooler 7 dijual terpisah. Di Inggris, kipas peltier ini dijual seharga 100 pounds (setara Rp1,8 juta).

Jika sebelumnya Anda memakai ROG 6, Anda tak perlu keluar duit untuk beli AeroActive Cooler 7. Pakai saja AeroActive Cooler 6 bawaan ROG 6. Kipas ASUS generasi terdahulu kompatibel dengan ROG Phone 7.

Simpulan

Banyak pihak meyakini bahwa ASUS ROG Phone 6 adalah salah satu HP gaming terbaik pada 2022. Gelar itu tampaknya dapat dipertahankan dengan baik oleh ROG Phone 7. HP ini memang tidak mengalami peningkatan yang drastis dibanding ROG Phone 6.

Namun, beberapa peningkatan yang ada sudah mampu membuat ROG Phone 7 jadi lebih menarik untuk dipinang. Perubahan itu seperti kenaikan tingkat kecerahan layar, sistem termal yang bagus dalam menangani panas, serta daya tahan baterai yang keren.

Sertifikasi ketahanan IP54 ada. Lalu pembaruan software-nya kini meningkat jadi 4 tahun. Dua hal itu membuat masa pakai ROG Phone 7 jadi kian panjang. Namun, HP ini memang diciptakan secara khusus buat para gamer. Oleh sebab itu, kemampuan kameranya tentu tidak sebaik flagship umum.

Anda juga mesti menyiapkan bujet ekstra untuk membeli kipas AeroActive Cooler 7. Kipas tersebut diperlukan untuk menunjang aktivitas main game dengan intensitas tinggi. Jika HP dengan orientasi gaming adalah yang Anda cari, ROG Phone 7 tentu sangat layak untuk dipertimbangkan.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram