10 Kelebihan dan Kekurangan nubia Red Magic 7S dan 7S Pro

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

nubia memperkenalkan dua HP gaming baru pada Juli 2022, yakni nubia Red Magic 7S dan nubia Red Magic 7S Pro. Kedua HP tersebut masuk dalam Red Magic 7S Series. Adanya huruf "S" pada nama kedua HP memiliki arti bahwa mereka adalah versi penyegaran.

Keduanya merupakan versi refresh dari Red Magic 7 dan Red Magic 7 Pro yang meluncur pada Februari 2021. Secara penampilan, Red Magic 7S dan 7S Pro mirip-mirip saja seperti versi orisinalnya.

Faktor pembedanya adalah SoC. Red Magic 7S dan 7S Pro sudah memakai SoC Snapdragon 8+ Gen 1, sedangkan Red Magic 7 dan 7 Pro menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Oleh sebab itu, terdapat potensi kenaikan performa dari dua ponsel yang lebih baru tersebut.

Qualcomm, selaku produsen SoC Snapdragon, memang menjanjikan peningkatan performa dan efisiensi daya pada Snapdragon 8+ Gen 1. Hal itu tak lepas dari keputusan Qualcomm untuk mengalihkan produksi SoC ke TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Sisi performa itulah yang akan Carisinyal bahas dalam artikel kelebihan dan kekurangan Red Magic 7S dan 7S Pro ini. Pembahasan dalam artikel ini akan lebih berfokus pada Red Magic 7S Pro, karena sudah turut mewakili Red Magic 7S.

Pembahasan juga akan mencakup potensi lain di luar performa, beserta faktor apa saja yang bisa jadi merupakan titik lemah kedua ponsel. Sebelum pembahasan dimulai, Anda bisa menyimak spesifikasi singkat Red Magic 7S dan 7S seperti berikut.

Spesifikasi nubia Red Magic 7S

ZTE nubia Red Magic 7S
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi nubia Red Magic 7S Pro

zte nubia Red Magic 7S Pro
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan nubia Red Magic 7S dan 7S Pro

nubia adalah vendor yang konsisten merilis HP gaming. Perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki ZTE ini memang andal dalam membuat perangkat mobile gaming yang menarik. Berikut ini beberapa alasan mengapa Red Magic 7S dan 7S Pro cukup menarik.

1. Desain Kalem untuk HP Gaming

red magic 7s pro

Bodi Red Magic 7S dan 7S Pro dibentuk dari material yang sama. Material kaca digunakan untuk bagian kover atau penutup belakang, material aluminium untuk bagian frame. Kedua HP juga memakai aluminium - yang biasa dipakai pada industri pesawat terbang - untuk bagian rangka tengah.

Secara umum, dua material tersebut memberi kesan kokoh pada kedua HP. Tidak ada satu pun reviewer yang mengeluh soal build quality Red Magic 7S dan 7S Pro.

Kedua HP juga masih mempertahankan komponen khas HP gaming Red Magic. Elemen itu adalah adanya lubang isap dan lubang keluar udara beserta kipas internal. Namun, komponen-komponen itu ditempatkan di posisi yang berbeda.

Pada Red Magic 7S, lubang isap ditaruh di frame kiri dan dekat modul kamera belakang, sedangkan kipas dan lubang keluar udara ditaruh di frame kanan.

Untuk Red Magic 7S Pro, lubang isap hanya ada di dekat modul kamera belakang, sedangkan kipas dan lubang keluar udara tetap di frame kanan.

Tidak cuma itu, masih ada beberapa perbedaan lagi yang bisa Anda cermati pada penampilan kedua ponsel. Pertama, sisi belakang. Di bagian tersebut, Red Magic 7S memiliki modul kamera dengan susunan kamera memanjang.

Sementara itu, Red Magic 7S Pro memilih modul kamera kotak dengan tatanan kamera seperti dadu. Perbedaan selanjutnya kedua ponsel ada di penempatan tombol-tombol.

Red Magic 7S memilih memisah posisi tombol power dan volume. Tombol power HP ini ada di sisi kanan bersama dua tombol trigger. Adapun sisi kiri HP ini diisi tombol volume dan tombol Game Space.

Lain dengan saudaranya itu, Red Magic 7S Pro menaruh tombol power dan volume di sisi kanan, bersama dua tombol trigger. Sisi kiri HP hanya ada tombol Game Space.

Perbedaan ketiga dari kedua HP ada di sisi muka. Red Magic 7S mempertahankan desain HP gaming konvensional dengan bezel agak tebal pada sisi atas dan bawah. Bezel atas HP ini dinaungi berbagai sensor dan kamera depan.

Red Magic 7S Pro berbeda, ia nyaris tak punya bezel. Lalu ditaruh di mana kamera depannya? Posisi tepatnya ada di tengah atas ponsel.

Namun, karena kamera depan tersebut merupakan kamera under-display, ia tak akan terlihat. Satu-satunya cara melihatnya ialah dengan menerawang bagian atas ponsel di bawah terik matahari.

Perbedaan terakhir adalah soal dimensi. Red Magic 7S memang lebih bongsor dengan ukuran 170.6 x 78.3 x 9.5 mm. Akan tetapi, ia justru lebih ringan daripada 7S Pro dengan bobot 215 g. Adapun ukuran Red Magic 7S Pro adalah 166.3 x 77.1 x 10 mm, berikut bobot 235 g.

Ngomong-ngomong soal corak, baik Red Magic 7S dan 7S Pro memiliki tampak atraktif layaknya HP gaming lain. Keduanya juga punya garis lampu RGB di bagian belakang untuk menampilkan macam-macam notifikasi.

Walau begitu, menurut kami, corak yang terdapat pada penutup belakang kedua ponsel masih terbilang kalem di seluruh opsi warna. Hal ini membuat pengguna non gamer tak perlu malu saat memperlihatkan Red Magic 7S dan 7S Pro di depan khalayak.

Satu hal menarik yang perlu Anda ketahui dari HP ini adalah masih memiliki jack audio 3,5 mm. Colokan untuk earphone tersebut ditaruh di sisi atas ponsel. Bukan rahasia lagi bahwa earphone berkabel belum terkalahkan untuk urusan latensi suara, jika dibandingkan dengan TWS.

2. Layar Cerah dan Responsif

red magic 7s pro

Baik Red Magic 7S dan 7S Pro dibekali layar AMOLED dengan bentang 6,8 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan telah diproteksi kaca Corning Gorilla Glass 5.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram