Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno7 Z 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

OPPO punya banyak PR yang harus dipenuhi jika ingin bersaing di kelas harga menengah. Pasalnya, sudah banyak pesaing yang duluan hadir di segmen ini, menyuguhkan berbagai macam spesifikasi dewa yang bahkan dapat menyaingi ponsel flagship sekalipun.

Misalnya saja ada Xiaomi Mi 10T yang gunakan Snapdragon 865, juga realme GT Neo2 dengan Dimensity 1200. Keduanya merupakan pesaing dengan price to performance yang tinggi, dan kemampuan kamera keduanya juga tak dapat dianggap remeh.

Kini Anda pun dapat menyambut OPPO Reno7 Z 5G yang berada di harga 6 jutaan, otomatis menjadi pesaing dari kedua smartphone yang telah disebutkan sebelumnya.

Secara hierarki, versi yang hadirkan embel-embel huruf "Z" di namanya ini lebih sederhana ketimbang OPPO Reno7 5G yang harganya sekitar 1 juta lebih mahal. Lalu, apakah OPPO Reno7 Z 5G memiliki keistimewaan dibandingkan HP lainnya? Simak jawabannya pada spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan OPPO Reno7 Z 5G berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan OPPO Reno7 Z 5G

Dengan harga 6 jutaan, mampukah OPPO Reno7 Z 5G hadir sebagai raja ponsel mid-range? Yuk, simak poin-poin kelebihan berikut ini!

1. Desain Bodi Memukau dengan Dual Orbit Lights

oppo-reno7-z-5g-orbit_

Seperti yang bisa Anda harapkan dari sebuah ponsel OPPO, seri Reno7 Z 5G ini memiliki desain bodi yang memukau. Bodinya mengusung rancang bangun datar di sisi-sisinya, sehingga memberikan pengalaman grip yang lebih nyaman dan aman.

Bagian panel belakangnya juga didukung dengan teknologi OPPO Glow Design pada varian warna Spektrum Pelangi dan Hitam Kosmik, mengusung tiga lapisan tekstur serta dua lapisan pelapis yang membuatnya tampil berkilau saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Tekstur yang dirasakan begitu halus di tangan, mengusung finishing matte yang membuatnya tidak mudah menjadi sarang noda sidik jari. Dengan begini, ponsel bisa tetap berada pada kondisi visual paling prima meski sudah sering digunakan seharian.

Tampilannya yang mengagumkan turut didukung dengan fitur Dual Orbit Lights, yakni lingkaran lampu cahaya (ring light) yang mengelilingi dua lensa pada panel belakang. Dua lingkaran lampu tersebut akan menyala ketika ponsel menerima notifikasi, atau saat sedang dicas.

Dual Orbit Lights yang merupakan fitur desain pertama di industri smartphone ini hanya memiliki sedikit dampak pada keawetan baterai. Saking kecilnya, bahkan tidak notice-able. Ketika ia bersinar selama 2 jam, lampu tersebut hanya akan mengurangi baterai sebanyak 1 persen saja. Masa ketahanan lampu ini juga begitu panjang, disinyalir sanggup menyala hingga durasi 50.000 jam alias lebih dari 5 tahun.

Adanya lampu ini diharapkan dapat membuat ponsel terlihat menonjol di antara yang lainnya, sekaligus memberitahukan pengguna setiap kali adanya notifikasi yang masuk. Artinya, jika memang ingin gunakan fitur ini sebagai penanda informasi, Anda harus menaruh ponsel dengan posisi layar menghadap ke bawah.

2. Layar dengan Tampilan Cerah

oppo reno7 z 5g layar_

Sebagai salah satu opsi ponsel mid-range, OPPO Reno7 Z 5G cukup baik dalam berikan pengalaman visual ketika menonton. Di layarnya sudah terbenam panel OLED dengan ukuran 6,43 inci pada resolusi Full HD+, alias 2400 x 1080 piksel.

Layar ini berjalan pada 8-bit yang sanggup tampilkan sebanyak 16,7 warna, memiliki kerapatan piksel 409 ppi, serta memiliki dua mode gamut warna yaitu mode Vivid dan Gentle. Jika ingin tampilkan sebanyak 93% gamut warna DCI-P3, maka pilihlah mode Vivid. Sedangkan, mode Gentle akan menampilkan gamut warna sRGB.

OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki layar dengan tingkat kecerahan yang cukup layak sehingga pengguna masih bisa membaca pesan di ponsel sekalipun berada di bawah terik matahari. Tingkat kecerahan yang diraihnya ialah 430 nit pada mode normal dan 600 nit pada mode kecerahan tinggi.

Dengan panel OLED, pengguna pun dapat merasakan tampilan layar yang lebih cerah dan memukau dibandingkan panel IPS LCD yang sering dihadirkan pada ponsel entry-level. Juga, panel OLED akan membuat baterai OPPO Reno7 Z 5G ini semakin awet, terutama saat ponsel berada pada pengaturan Dark Mode.

Oh ya, layar ini juga tentunya sudah mendukung Always On, hadirkan beragam opsi preset yang dapat menampilkan informasi pada layar sekalipun saat ponsel sedang tidak digunakan.

Layar juga diketahui suda mengantongi DRM (Digital Rights Management) Widevine L1 yang membuatnya eligibel dalam tampilkan konten beresolusi tinggi pada platform OTT (over the air) seperti Netflix dan Amazon Prime Video.

Jika mencari ponsel dengan kualitas layar yang asik dipakai menonton, berkinerja baik di bawah matahari, sekaligus suguhkan ketajaman yang unggul, layar OPPO Reno7 Z 5G tidak akan mengecewakan Anda.

3. Baterai Berkapasitas 4.500 mAh yang Awet

oppo reno7 z 5g baterai_

Tampaknya OPPO Reno7 Z 5G termasuk dalam ponsel yang mengalami pemangkasan kapasitas baterai, seperti beberapa ponsel rivalnya yang juga sama-sama gunakan panel OLED. Pasalnya, layar OLED memang dinilai jauh lebih hemat daya ketimbang IPS LCD sehingga hal ini kerap dijadikan justifikasi produsen smartphone untuk tidak hadirkan baterai besar.

OPPO Reno7 Z 5G sendiri memiliki kapasitas 4.500 mAh yang disertai kemampuan fast charging 33 W. Kapasitas tersebut memang bukan yang tertinggi di kelasnya, namun cukup wajar mengingat approach OPPO yang lebih mengedepankan sisi bodi yang ergonomis dan ringan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram