carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno7 Z 5G

OPPO punya banyak PR yang harus dipenuhi jika ingin bersaing di kelas harga menengah. Pasalnya, sudah banyak pesaing yang duluan hadir di segmen ini, menyuguhkan berbagai macam spesifikasi dewa yang bahkan dapat menyaingi ponsel flagship sekalipun.

Misalnya saja ada Xiaomi Mi 10T yang gunakan Snapdragon 865, juga realme GT Neo2 dengan Dimensity 1200. Keduanya merupakan pesaing dengan price to performance yang tinggi, dan kemampuan kamera keduanya juga tak dapat dianggap remeh.

Kini Anda pun dapat menyambut OPPO Reno7 Z 5G yang berada di harga 6 jutaan, otomatis menjadi pesaing dari kedua smartphone yang telah disebutkan sebelumnya.

Secara hierarki, versi yang hadirkan embel-embel huruf "Z" di namanya ini lebih sederhana ketimbang OPPO Reno7 5G yang harganya sekitar 1 juta lebih mahal. Lalu, apakah OPPO Reno7 Z 5G memiliki keistimewaan dibandingkan HP lainnya? Simak jawabannya pada spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan OPPO Reno7 Z 5G berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO Reno7 Z 5G

Dengan harga 6 jutaan, mampukah OPPO Reno7 Z 5G hadir sebagai raja ponsel mid-range? Yuk, simak poin-poin kelebihan berikut ini!

1. Desain Bodi Memukau dengan Dual Orbit Lights

oppo-reno7-z-5g-orbit_

Seperti yang bisa Anda harapkan dari sebuah ponsel OPPO, seri Reno7 Z 5G ini memiliki desain bodi yang memukau. Bodinya mengusung rancang bangun datar di sisi-sisinya, sehingga memberikan pengalaman grip yang lebih nyaman dan aman.

Bagian panel belakangnya juga didukung dengan teknologi OPPO Glow Design pada varian warna Spektrum Pelangi dan Hitam Kosmik, mengusung tiga lapisan tekstur serta dua lapisan pelapis yang membuatnya tampil berkilau saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Tekstur yang dirasakan begitu halus di tangan, mengusung finishing matte yang membuatnya tidak mudah menjadi sarang noda sidik jari. Dengan begini, ponsel bisa tetap berada pada kondisi visual paling prima meski sudah sering digunakan seharian.

Tampilannya yang mengagumkan turut didukung dengan fitur Dual Orbit Lights, yakni lingkaran lampu cahaya (ring light) yang mengelilingi dua lensa pada panel belakang. Dua lingkaran lampu tersebut akan menyala ketika ponsel menerima notifikasi, atau saat sedang dicas.

Dual Orbit Lights yang merupakan fitur desain pertama di industri smartphone ini hanya memiliki sedikit dampak pada keawetan baterai.

Saking kecilnya, bahkan tidak notice-able. Ketika ia bersinar selama 2 jam, lampu tersebut hanya akan mengurangi baterai sebanyak 1 persen saja. Masa ketahanan lampu ini juga begitu panjang, disinyalir sanggup menyala hingga durasi 50.000 jam alias lebih dari 5 tahun.

Adanya lampu ini diharapkan dapat membuat ponsel terlihat menonjol di antara yang lainnya, sekaligus memberitahukan pengguna setiap kali adanya notifikasi yang masuk. Artinya, jika memang ingin gunakan fitur ini sebagai penanda informasi, Anda harus menaruh ponsel dengan posisi layar menghadap ke bawah.

2. Layar dengan Tampilan Cerah

oppo reno7 z 5g layar_

Sebagai salah satu opsi ponsel mid-range, OPPO Reno7 Z 5G cukup baik dalam berikan pengalaman visual ketika menonton. Di layarnya sudah terbenam panel OLED dengan ukuran 6,43 inci pada resolusi Full HD+, alias 2400 x 1080 piksel.

Layar ini berjalan pada 8-bit yang sanggup tampilkan sebanyak 16,7 warna, memiliki kerapatan piksel 409 ppi, serta memiliki dua mode gamut warna yaitu mode Vivid dan Gentle. Jika ingin tampilkan sebanyak 93% gamut warna DCI-P3, maka pilihlah mode Vivid. Sedangkan, mode Gentle akan menampilkan gamut warna sRGB.

OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki layar dengan tingkat kecerahan yang cukup layak sehingga pengguna masih bisa membaca pesan di ponsel sekalipun berada di bawah terik matahari. Tingkat kecerahan yang diraihnya ialah 430 nit pada mode normal dan 600 nit pada mode kecerahan tinggi.

Dengan panel OLED, pengguna pun dapat merasakan tampilan layar yang lebih cerah dan memukau dibandingkan panel IPS LCD yang sering dihadirkan pada ponsel entry-level. Juga, panel OLED akan membuat baterai OPPO Reno7 Z 5G ini semakin awet, terutama saat ponsel berada pada pengaturan Dark Mode.

Oh ya, layar ini juga tentunya sudah mendukung Always On, hadirkan beragam opsi preset yang dapat menampilkan informasi pada layar sekalipun saat ponsel sedang tidak digunakan.

Layar juga diketahui suda mengantongi DRM (Digital Rights Management) Widevine L1 yang membuatnya eligibel dalam tampilkan konten beresolusi tinggi pada platform OTT (over the air) seperti Netflix dan Amazon Prime Video.

Jika mencari ponsel dengan kualitas layar yang asik dipakai menonton, berkinerja baik di bawah matahari, sekaligus suguhkan ketajaman yang unggul, layar OPPO Reno7 Z 5G tidak akan mengecewakan Anda.

3. Baterai Berkapasitas 4.500 mAh yang Awet

oppo reno7 z 5g baterai_

Tampaknya OPPO Reno7 Z 5G termasuk dalam ponsel yang mengalami pemangkasan kapasitas baterai, seperti beberapa ponsel rivalnya yang juga sama-sama gunakan panel OLED. Pasalnya, layar OLED memang dinilai jauh lebih hemat daya ketimbang IPS LCD sehingga hal ini kerap dijadikan justifikasi produsen smartphone untuk tidak hadirkan baterai besar.

OPPO Reno7 Z 5G sendiri memiliki kapasitas 4.500 mAh yang disertai kemampuan fast charging 33 W. Kapasitas tersebut memang bukan yang tertinggi di kelasnya, namun cukup wajar mengingat approach OPPO yang lebih mengedepankan sisi bodi yang ergonomis dan ringan.

Menurut klaim dari YouTuber GadgetEmpire, daya tahan baterai ponsel dapat berlangsung hingga lebih dari dua hari pemakaian, dan tersedia pula beberapa opsi pengaturan yang bisa Anda sesuaikan agar ketahanan baterainya semakin awet.

Hadirnya ketahanan baterai optimal ini disebutkan karena penggunaan layar OLED yang hemat daya dan juga pemilihan SoC berfabrikasi rendah.

4. Bodi yang Ringan dan Tahan Percikan Air

oppo reno7 z 5g ipx4_

OPPO menyebut desain pada Reno7 Z 5G sebagai Slim Retro Design. Istilah itu mengacu pada bodinya sudah tak lagi berbentuk curved melainkan kotak alias datar. Dan yang membuatnya menarik lagi, Anda sungguh dapat ekspektasikan pengalaman grip maksimal berkat bodinya yang dibuat setipis mungkin - hanya 7,5 mm!

Dengan bodi yang tipis, bodi ponsel pun sekaligus terasa lebih ringan, sehingga tidak akan mudah membuat tangan lelah walaupun dipakai seharian. Diketahui, panjang dan lebar bodi ponsel meraih dimensi 159,9 mm x 73,2 mm dengan bobot bodi yang seringan 173 gram.

Bukan hanya ringan, bodi ponsel juga sudah mengantongi sertifikasi antipercikan air berupa IPX4. Jadi, saat Anda sedang menggunakan smartphone di saat gerimis, ponsel tidak akan mudah rusak walau terkena beberapa tetes air. Anda pun tak perlu khawatir saat ponsel sedikit terkena tetesan air dari minuman yang sedang Anda teguk.

HP ini juga sudah melewati serangkaian pengujian OPPO Enduring Quality yang mencakup pengetesan tombol daya sebanyak 500ribu kali, pengujian micro-drop sebanyak 28ribu kali, serta ketahanan di suhu dan kelembaban tinggi selama 14 hari.

5. 64 MP Triple Camera + Bokeh Flare Portrait

oppo reno7 z 5g kamera_

Namanya juga ponsel OPPO, tentu hasil fotonya bukan isapan jempol belaka. Bukan hanya menawarkan kamera beresolusi tinggi pada sisi hardware-nya, namun ia pun suguhkan beragam fitur software menarik yang akan membuat pengalaman fotografi dan videografi semakin menyenangkan.

OPPO Reno7 Z 5G menghadirkan kombinasi Triple Camera yang asyik, meliputi sensor utama 64 MP (f/1.7) dengan FOV 79 derajat, sensor bokeh 2 MP (f/2.4) dengan FOV 89 derajat, dan kamera makro 2 MP (f/2.4) untuk hasilkan foto menarik saat membidik objek berukuran kecil pada jarak dekat.

Berbagai mode pun bisa Anda nikmati pada ponsel ini, seperti Bokeh Flare Portrait yang mengandalkan teknologi AI untuk mengubah latar belakang subjek menjadi kehilangan fokus (blur).

Fitur ini juga memiliki kualitas isolasi yang bagus, hadirkan pemisahan yang akurat antara subjek dan latar serta benar-benar sanggup membuat sumber cahaya di belakangnya berbentuk bulat dengan rapi.

Ponsel ini juga menghadirkan sensor selfie 16 MP (f/2.4) dengan FOV 79 derajat yang dirancang dalam bentuk desain punch hole.

Selain hasilkan foto selfie bagus, ia pun mendukung fitur Selfie HDR sehingga isu backlight bisa teratasi. Warna tone kulit pun terlihat sungguh terjaga, sekaligus Anda bisa tetap tampil dengan sisi terbaik meski membelakangi sinar matahari.

Dan, bagi Anda yang sering menyukai foto di Instagram dan ingin membuat kualitas foto serupa, Anda bisa gunakan fitur AI Palettes yang dapat menyalin filter atau pencahayaan dari gambar manapun.

Dengan begitu, Anda bisa menerapkan filter dari foto orang lain dan menerapkannya pada foto Anda. Oh ya, pengguna juga dapat memilih beragam filter yang OPPO sediakan seperti Red Orange, Moon, Gothic, dan Mars.

OPPO Reno7 Z 5G memang punya kekuatan AI yang optimal untuk mengisolasi subjek dari latar belakang. Hal ini pun mereka manfaatkan pada fitur AI Color Portrait, sehingga pengguna bisa membuat latar menjadi hitam-putih, menyisakan sang subjek sebagai satu-satunya yang memperlihatkan full color.

Tak lupa, perangkat yang memang difokuskan untuk aktivitas fotografi ini juga mampu merekam pakai kamera belakang dan depan di saat bersamaan, dengan fitur yang bernama Dual-View Video. Fitur ini umumnya hanya dimiliki ponsel flagship, namun kini bisa Anda nikmati pada OPPO Reno7 Z 5G di segmen mid-range.

Bagi Anda yang mencari ponsel dengan kemampuan fotografi unggul, OPO Reno7 Z 5G bisa dibilang salah satu opsi terbaik di segmen harga menengah. Berikut adalah beberapa hasil sampel foto yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

oppo reno7 z 5g wide sample camera_Sumber: YouTube/Mary Bautista
OPPO Reno7 Z 5G Main Camera
oppo reno7 z 5g wide sample camera 2_Sumber: YouTube/Mary Bautista
OPPO Reno7 Z 5G main camera
oppo reno7 z 5g portrait selfie bokeh sample camera_Sumber: YouTube/Flash Gadget
OPPO Reno7 Z 5G, selfie camera dengan AI Color Portrait

Terlihat dari beberapa sampel foto di atas, Anda dapat mengekspektasikan detil yang bagus untuk keperluan fotografi sehari-hari, baik itu di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, rupanya fitur AI Color Portrait di kamera depan bekerja sama baiknya dengan kamera belakang, sanggup mengisolasi subjek dari latar belakang dengan rapi.

Akan tetapi, kemampuan videografinya tidak sefleksibel beberapa ponsel lain. Ia tidak mendukung perekaman dengan resolusi 4K dan hanya menyuguhkan Full HD 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Kekurangan OPPO Reno7 Z 5G

Menghadirkan sejumlah kelebihan di sisi fotografi, rupanya OPPO Reno7 Z 5G tidak luput dari kekurangan, yakni sebagai berikut ini.

1. Chipset Snapdragon 695 5G yang Kalah Saing

Snapdragon 695

OPPO Reno7 Z 5G ditopang oleh chipset Snapdragon 695 5G yang sudah mendukung konektivitas seluler generasi kelima. Jika Anda bertanya-tanya apakah chipset ini cukup mampu mengangkat game berat, tentu jawabannya: bisa. Akan tetapi, pemilihan SoC (System on a Chip) tersebut tetap saja jadi suatu hal yang disayangkan.

Di harganya yang mencapai angka 6 jutaan, seharusnya ia sudah dibekali dengan chipset yang lebih gahar lagi. Untuk diketahui, Snapdragon 695 5G dapat ditemui pada beberapa ponsel di segmen harga lebih murah, seperti realme 9 Pro di harga 3 jutaan, ataupun Redmi Note 11 Pro 5G yang disinyalir memiliki harga rilis 4 jutaan.

Snapdragon 695 5G ini sebenarnya bukan SoC yang buruk-buruk amat. Secara face value, chipset Qualcomm ini memiliki fabrikasi 6 nm yang membuatnya setara flagship dari sisi efisiensi daya. Hanya saja, ia memiliki kelemahan pada sisi multimedia-nya yang hanya mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p saja.

Di dalam chipset ini, terbenam kombinasi delapan inti prosesor yang mencakup dua unit Kryo 660 Gold berbasiskan Cortex A78 berkekuatan 2.2 GHz, serta enam inti hemat daya Kryo 660 Silver berbasiskan Cortex A55 dengan kemampuan 1.7 GHz.

Sebagai kartu pengolah grafisnya, chipset ini hadirkan Adreno 619 yang memiliki peningkatan kinerja hingga 30% dibandingkan pendahulunya.

Tak lupa, Snapdragon 695 5G hadirkan Qualcomm Spectra™ 346T Triple ISP yang mampu hasilkan foto minim cahaya dengan eksposur yang meningkat serta detil lebih tajam. Chipset juga didukung dengan Qualcomm® Snapdragon™ X51 5G Modem-RF System yang sanggup meraih kecepatan unduhan 5G hingga 2.5 Gb per detik serta kecepatan unggahan hingga 1.5 Gb per detik.

Smartphone ini gunakan RAM LPDDR4X pada kapasitas 8 GB serta memori internal berstandar UFS 2.2 dengan kapasitas 128 GB. Tidak lupa, tersedia pula fitur ekspansi RAM yang dapat menambah RAM virtual sebanyak 5 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan memori dengan menyelipkan microSD hingga kapasitas 1 TB.

Apabila dilansir dari NanoReview, chipset Snapdragon 695 5G memiliki skor AnTuTu v9 yang mencapai 399.411, atau bisa kita bulatkan saja menjadi 400k. Sebuah kinerja yang cukup andal jika berniat memainkan game ringan seperti Mobile Legends Bang Bang pada pengaturan grafis tertinggi dengan nyaman.

Ketika diujikan permainan Genshin Impact pada grafis Low, video gameplay pada kanal YouTube milik lctfix.net menunjukkan permainan yang cukup mulus. Frame rate terlihat stabil di angka 30 hingga 40 FPS, walau sesekali menurun ke 20-an FPS saat berada pada adegan yang intens.

Jika memang mencari ponsel dengan Snapdragon 695 5G, Anda masih bisa mendapatkannya pada ponsel yang lebih murah. Namun jika ingin merasakan kinerja optimal di harga 6 jutaan, bisa pertimbangkan Xiaomi 11T dengan chipset Dimensity 1200.

2. Tak Hadirkan Lensa Ultra-wide

oppo reno7 z 5g tanpa ultrawide_

Tak ada yang dapat menyangkal kalau OPPO Reno7 Z 5G memang menyediakan fitur kamera yang unik dan beragam. Walau begitu, sayangnya Anda akan merasa kewalahan saat mencoba memotret foto grup berisikan banyak orang. Soalnya, ponsel ini tidak sediakan kamera ultra-wide sama sekali.

Tanpa lensa tersebut, pengguna mau tak mau harus memotret dari jarak yang lebih jauh agar semua orang muat di dalam satu frame. Atau, bisa juga andalkan fitur panorama yang relatif lebih ribet ketimbang pakai mode ultra-wide.

Tampaknya OPPO menganggap pengurangan lensa ini menjadi suatu hal yang lumrah mengingat Reno7 Z 5G merupakan versi ringan dari OPPO Reno7 5G biasa. Padahal, OPPO Reno7 5G masih dibekali dengan kamera ultra-wide ini.

Tidak terbayangkan untuk seukuran ponsel OPPO di harga 6 jutaan bahwa ia tidak dibekali ultra-wide, sementara banyak ponsel seharga 2 jutaan dan 3 jutaan yang memilikinya, sebut saja POCO M4 Pro 5G.

3. Fast Charging 33 W yang Kurang Ngebut di Kelasnya

oppo reno7 z 5g fast charging_

Kemampuan fast charging 33 W di HP ini disinyalir dapat mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam saja. Durasi ini turut diamini oleh reviewer Infofull pada kanal YouTube-nya.

Disebutkan bahwa pengisian daya selama 30 menit dapat menghasilkan baterai hingga 57%, sedangkan OPPO Reno7 5G reguler dengan daya 65 W sanggup hasilkan hingga 66% baterai.

Adapun untuk kondisi pengecasan dari kosong hingga 100%, OPPO Reno7 Z 5G memakan waktu sekitar 66 menit. Masih kalah dari OPPO Reno7 5G yang sanggup meraih kondisi full battery setelah dicas selama 35 menit saja.

Fast charging 33 W memang tidak bisa dikatakan lambat. Namun lagi-lagi, OPPO Reno7 Z 5G terkendala di masalah harganya yang terlalu mahal untuk fitur yang dibawakannya. Nyatanya, Anda bisa dapatkan ponsel dengan pengisian daya yang lebih cepat lagi, seperti realme GT Neo2 di harga rilis Rp6,5 juta dengan fast charging 65 W.

4. Tanpa Refresh Rate Tinggi

oppo reno7 z 5g layar tanpa refresh rate_

Kondisi layar pada smartphone OPPO ini memang begitu menyenangkan. Anda dapat menikmati indahnya panel OLED cerah yang mampu tampilkan konten beresolusi tinggi pada Netflix, ataupun menyusuri feed Instagram di bawah terik matahari dengan jelas.

Namun yang harus Anda ketahui, OPPO Reno7 Z 5G hanya menyuguhkan refresh rate 60 Hz standar. Tak seperti kebanyakan ponsel 6 jutaan lain yang setidaknya sudah suguhkan 90 Hz, bahkan tak sedikit pula yang sudah suguhkan 120 Hz.

Tanpa kehadiran refresh rate tinggi, Anda akan melihat pergerakkan pada layar yang terasa agak tersendat, terlebih jika Anda sudah terbiasa melihat layar HP di mode 90 Hz atau 120 Hz.

Untuk HP keluaran tahun 2022, sungguh tidak lazim ponsel 6 jutaan yang masih belum sediakan refresh rate tinggi, sementara ponsel di harga 2 jutaan saja sudah berbondong-bondong memboyong refresh rate 90 Hz. Adapun untuk touch sampling rate-nya, OPPO Reno7 Z 5G berada di angka 180 Hz.

5. Tanpa Stereo Speaker

oppo reno7 z 5g tanpa stereo speaker_

Ada lagi satu hal yang membuat OPPO Reno7 Z 5G ini kurang layak diminati, karena tidak suguhkan suara speaker ganda yang bisa keluar dari kiri dan kanan ponsel (saat berada di mode lanskap).

Stereo speaker akan membuat pengalaman sinematis jadi lebih menyenangkan, terlebih jika Anda sering lupa membawa earphone ke mana-mana. Umumnya, suara yang dihasilkan stereo speaker akan lebih menggelegar, nendang, dan punya kejernihan yang lebih mantap.

Untung saja, OPPO Reno7 Z 5G masih menyediakan port audio jack 3.5 mm sehingga dapat dihubungkan dengan earphone kabel tanpa harus mengandalkan adapter.

Selain itu, jika Anda lebih senang menggunakan TWS (True Wireless Stereo), smartphone ini juga dilengkapi dengan audio kodek A2DP dan aptX HD pada Bluetooth 5.2 untuk latensi yang rendah.

Simpulan

OPPO Reno7 Z 5G tidak dapat dikatakan yang terbaik di kelas harganya. Ya, ia memang menghadirkan beragam fitur fotografi dan videografi menarik, namun itu saja tidak cukup jika ia hendak bersaing dengan kompetitor lainnya.

Tidak adanya kamera ultra-wide membuat HP ini terlihat inferior dari segi pemotretan, dan chipset yang dihadirkannya pun tidak dapat memberikan yang terbaik dari sisi multimedia-nya.

Tanpa perekaman 4K, hal ini memberatkan pengguna yang terbiasa membuat konten untuk dimasukkan ke video editor. Beberapa konten editor menganggap video 4K lebih ideal dimasukkan ke YouTube.

Dan yang lebih mencengangkan lagi, OPPO Reno7 Z 5G hanya mentok di laju penyegaran standar 60 Hz. Membuatnya terlihat seperti ponsel keluaran tahun jadul saat refresh rate tinggi belum menjadi praktik umum di industri smartphone.

OPPO Reno7 Z 5G memang memiliki kekurangan cukup banyak di harganya yang 6 jutaan. Akan tetapi, ini adalah salah satu ponsel dengan bodi paling tipis dan ringan. Keberadaan Dual Orbit Lights juga merupakan sebuah hal yang cukup baik untuk dimiliki bagi Anda yang memrioritaskan estetika di atas segalanya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram