10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Tecno POVA 2

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tecno belum puas membikin kejutan di Indonesia meski sudah meluncurkan Tecno Spark 7 Pro, Juni 2021. Pasalnya, satu ponsel keren lagi mereka datangkan ke Nusantara. Ponsel yang dimaksud adalah Tecno POVA 2 yang dibanderol Rp2 jutaan.

Hadirnya Tecno POVA 2 otomatis membuat sang pendahulu, Tecno POVA, mesti segera undur diri dari pasar smartphone. Siklus edar yang pendek pada smartphone masa kini memang jadi penyebab utamanya. Namun, Tecno POVA 2 membawa sesuatu yang menarik, sehingga bisa menjaring pembeli.

Hal-hal menarik itulah yang akan Carisinyal paparkan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 2 ini. Harapan kami tidak lain adalah agar Anda tahu seluk beluk si ponsel, sebelum memberikan penilaian, dan mengambil keputusan akhir untuk membeli atau tidak. Pembahasan dimulai dari sajian spesifikasi si ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi Tecno POVA 2

Layar IPS LCD 6.9 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Tecno POVA 2

Ponsel kelas menengah dengan harga Rp2 jutaan biasanya memiliki beberapa keunggulan spesifik. Entah itu dalam hal performa, fotografi, dan lain sebagainya. Poin-poin berikut ini akan menjelaskan sisi mana yang menjadi keunggulan Tecno POVA 2.

1. Desain Menarik

Tecno melakukan perubahan desain secara dramatis buat Tecno POVA 2. Jika pada model sebelumnya, Tecno masih malu-malu memperlihatkan identitas POVA Series, kini di POVA 2 identitas itu ditonjolkan. Ya, kini logo "POVA" di penutup belakang ponsel ini dicetak lebih besar daripada logo brand Tecno.

Tidak ada alasan lain yang lebih masuk akal daripada untuk membuat orang semakin familier dengan jajaran ponsel Tecno. Pendekatan yang seperti ini telah dilakukan Tecno pada saat merilis Tecno Spark 7 Pro. Pada ponsel tersebut, logo "Spark" dicetak dengan fon yang besar.

Sisi menarik dari desain POVA 2 berlanjut pada tekstur garis-garis menyerong yang menghasilkan tampilan keren. Menurut kami, tekstur ini terlihat lebih sip pada varian warna Dazzle Black ketimbang Polar Silver.

Varian Dazzle Black semakin menawan karena di tengah-tengah penutup belakang terdapat semacam garis pembatas yang bisa memancarkan warna pelangi. Di varian Polar Silver, garis pembatas tengah juga ada, tetapi warnanya perpaduan antara abu-abu, silver, dan putih.

Masih di sisi belakang, HP ini punya modul kamera persegi panjang yang dapat memancarkan kilauan seperti berlian, ketika terkena paparan cahaya. Adapun bagian depan POVA 2 menganut layar bergaya punch hole dengan lubang kamera di sisi atas tengah. Bezel layar ini sangat tipis.

Geser ke sisi rangka, POVA 2 memiliki tombol pengatur volume dan tombol power (sekaligus pemindai sidik jari) di samping kanan. Sisi bawah terdapat port USB C, mikrofon, dan jack audio 3,5 mm. Kemudian di sisi kiri ada dua slot kartu SIM plus satu kartu microSD. Di sisi atas ada earpiece yang merangkap speaker dan dua lampu flash.

HP ini memilki dimensi 173,3 x 78,8 x 9,6 mm. Tecno tidak menjelaskan berapa gram berat HP ini. Namun, situs Gadget Snow dan Manila Shaker menyebut bahwa POVA 2 memiliki berat 185 gram. Jika itu benar, maka HP ini terbilang ringan karena punya layar yang lebar dan baterai besar.

Entah angka itu benar atau salah, A. J. Viray dari Yuga Tech menilai bahwa HP ini memang ringan. Menggenggamnya pun tidak terlalu sulit, sebab rangka ponsel ini punya bentuk melengkung. Kemungkinan besar lain yang membuat HP ini bisa ringan adalah penggunaan material plastik pada seluruh bodi.

2. Layar Responsif

Sumber: Tecno

Tekno POVA 2 dibekali layar dengan panel IPS LCD, sama seperti Tecno POVA. Hanya saja, kini ukurannya naik 0,1 inci jadi 6,9 inci. Resolusinya pun ikut meningkat dari HD+ menjadi Full HD+ (1080 x 2460 piksel).

Kenaikan resolusi punya imbas terhadap detail konten yang semakin bagus. Situs teknologi asal Filipina Astig menyebut bahwa tampilan yang muncul dari layar HP ini memang tidak seterang HP lain di kelas harganya, begitu juga dengan kecerahan warnanya.

Level kontras dan viewing angle juga kurang sip. Meski begitu, pemakaian di luar ruangan masih memungkinkan karena layar POVA 2 memiliki kecerahan puncak 480 nit. Hal yang istimewa dari layar HP ini adalah touch sampling rate-nya yang tembus 180 Hz.

Berkat touch sampling rate tersebut, layar jadi responsif. Nyaris tidak ada jeda antara sentuhan dan aksi yang ditampilkan di layar. Hal ini akan sangat berguna jika Anda adalah seorang gamer. Adapun laju penyegaran atau refresh rate POVA 2 masih standar, yaitu 60 Hz.

3. Performa Menjanjikan

Sumber: Tecno

Sektor dapur pacu Tecno POVA 2 didukung oleh chipset MediaTek Helio G85. Chipset dengan litografi 12 nm ini sudah sangat populer karena banyak ponsel gaming kelas menengah yang menggunakannya. Maka tidak heran bila tagline "Main Tanpa Batas" disematkan buat POVA 2.

Helio G85 memiliki dua klaster CPU dengan konfigurasi 2-6. Artinya, ada dua inti performa Cortex A75 (2,0 GHz) yang dikawinkan dengan 6 inti hemat daya Cortex A55 (1,8 GHz). Selain itu, terdapat pula GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz). SoC MediaTek ini kemudian berpadu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Di atas kertas, Tecno POVA 2 mampu menghasilkan performa yang mumpuni berbekal komponen-komponen tersebut. Menurut pengujian AnTuTu 9 yang dilakukan oleh kanal YouTube TeknoLoGue, HP ini mencatat skor total 251.859.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram