Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno POVA Neo

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tecno Mobile benar-benar serius menggarap pasar smartphone terjangkau di Indonesia. Hal itu mereka tunjukkan lewat konsistensi dalam meluncurkan produk baru. Saat belum banyak produsen smartphone mengambil langkah, Tecno sudah meluncurkan dua HP anyar pada Januari 2022.

Salah satu HP TECNO terbaru adalah Tecno POVA Neo yang akan Carisinyal bahas dalam artikel ini. HP ini menjadi ponsel ketiga dari seri POVA yang masuk ke Indonesia. Pendahulu ponsel ini adalah Tecno POVA dan Tecno POVA 2.

Baterai berkapasitas besar merupakan hal yang paling ditonjolkan oleh Tecno POVA Neo, sama seperti para pendahulunya. Akan tetapi, HP ini masih menyimpan beragam sisi menarik yang patut untuk Anda ketahui. Apa saja itu? Simak artikel kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo ini sampai habis untuk mengetahuinya!

Spesifikasi Tecno POVA Neo

Tecno POVA Neo
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Tecno POVA Neo

Smartphone kelas terjangkau merupakan spesialisasi Tecno. HP di kelas ini mampu menawarkan kelebihan mendasar yang fungsional, serta tidak sampai membuat dompet konsumen jadi jebol. Berikut kelebihan yang bisa ditawarkan Tecno POVA Neo.

1. Desain

desain Tecno POVA Neo

Penampilan Tecno POVA Neo jauh dari kata norak dan murahan. Desain HP ini cukup trendi, pertanda bahwa Tecno mengerjakannya dengan serius. Penutup belakang HP ini terbuat dari plastik polikarbonat.

Terdapat dua pola yang menghiasi penutup belakangnya. Pola pertama berupa garis-garis vertikal, segaris dengan penutup belakang. Sementara itu, pola kedua berupa tekstur bercorak diagonal, menutupi sekitar 2/3 bagian penutup belakang.

Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, tekstur pada pola kedua POVA Neo terasa sangat nyaman. Pola ini juga berfungsi agar berkas sidik jari tidak menempel.

Masih di bagian belakang, ada sensor pemindai sidik jari yang cekung kebawah, dan modul kamera persegi panjang hitam yang tampak berkilauan.

Beralih ke bagian samping, Irfan Hilmy, pemilik kanal YouTube GontaGantiHape, bilang bahwa polesan rangka HP ini terasa halus. Sisi kanan rangka HP ini diisi oleh tombol power dan tombol volume yang bercorak. Sisi bawah diisi jack audio 3,5 mm, port microUSB, mikrofon, dan grill speaker.

Sisi atas kosong, sedangkan sisi kiri diisi laci dua kartu SIM plus satu kartu microSD (triple slot). Menariknya, slot ini dilapisi karet agar cairan tidak merembes ke bagian dalam HP. Begitu sebagaimana pengamatan kanal YouTube TeknoLoGue.

Adapun bagian depan HP ini diisi layar dengan gaya ala tetesan air. Ada kamera depan, earpiece, dan dua lampu LED flash di ujung atas bagian depan.

Secara keseluruhan, untuk kelas harga Rp1 jutaan, Tecno POVA Neo disebut kanal YouTube TeknoLoGue punya desain keren dengan build quality yang solid.

2. Layar

layar tecno pova neo

Tecno POVA Neo dibekali layar IPS LCD dengan bentang 6,8 inci. Layar dengan resolusi HD+ (720 x 1640 piksel) ini terbilang lebar. Cocok untuk Anda yang suka menonton video atau film. Untuk mendukung kegiatan belajar dan rapat online pun asyik.

Kualitas layar HP ini sudah cukup baik. Enak dilihat dan tidak bisa dibilang burik menurut kanal YouTube TeknoLoGue. Walau begitu, kepadatan piksel layar POVA Neo baru mencapai 263 ppi saja.

Adapun layar POVA Neo mendukung refresh rate standar 60 Hz dengan touch sampling 120 Hz. Dua indikator ini menunjukkan bahwa layarnya cukup responsif untuk mendukung pemakaian sehari-hari.

3. Kamera

kamera tecno pova neo

Sektor kamera Tecno POVA Neo memang minimalis. Di bagian belakang, ada dua kamera yakni kamera utama 13 MP, f/1.8 dan lensa AI. Sementara itu, di sisi depan ada kamera swafoto 8 MP.

Yang menarik, baik kamera belakang dan kamera depan dilengkapi lampu flash. Empat lampu untuk kamera belakang dan dua lampu buat kamera depan. Kedua kamera juga bisa merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Fitur-fitur yang disematkan pun cukup banyak. Meliputi adalah mode slow motion, beauty, AR Shot, panorama, time lapse, portrait, autoHDR, dan dokumen. Hanya saja, mode malam belum ada. Hal ini wajar untuk HP di kelas harga Rp1 jutaan.

Terkait kualitasnya, kami menilai bahwa kamera POVA Neo mampu menghasilkan foto yang detail, warna natural, dan jernih. Rentang dinamisnya cukup baik, tetapi sedikit lebih baik di kamera depan. Soal rekaman videonya, detailnya cukup. Hanya saja, video tampak belum cukup stabil.

4. Memori

desain tecno pova neo

Tecno POVA Neo mengandung memori yang sudah cukup ideal untuk standar ponsel Android masa kini. Memori internalnya 64 GB dengan RAM 4 GB. Sekitar 13 GB dari total ruang simpan sudah dipakai oleh sistem. Artinya, ada 57 GB ruang memori internal yang bisa Anda pakai.

Angka tersebut lumayan besar untuk menyimpan beberapa aplikasi media sosial, aplikasi produktivitas, dan gim populer. Koleksi foto, video, dan dokumen Anda juga bisa masuk. Namun, agar memori internal lebih lega, Anda bisa memanfaatkan slot microSD khusus di HP ini.

Slot tersebut bisa dipasangi microSD hingga 128 GB. Sementara itu, RAM 4 GB cukup untuk mendukung kegiatan multitasking alias membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Ukuran RAM ini juga jadi standar paling minim agar ponsel bisa menjalankan gim-gim tertentu dengan lancar.

5. Baterai

baterai tecno pova neo

Apa akan Anda lakukan jika punya ponsel dengan baterai 6000 mAh? Menghabiskan hari untuk main gim? Menonton film? Atau curhat dengan teman lama saat hari tidak menentu? Semuanya bisa karena baterai 6000 mAh dibawa oleh Tecno POVA Neo.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram