carisinyal web banner retina

Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno POVA Neo

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tecno Mobile benar-benar serius menggarap pasar smartphone terjangkau di Indonesia. Hal itu mereka tunjukkan lewat konsistensi dalam meluncurkan produk baru. Saat belum banyak produsen smartphone mengambil langkah, Tecno sudah meluncurkan dua HP anyar pada Januari 2022.

Salah satu HP TECNO terbaru adalah Tecno POVA Neo yang akan Carisinyal bahas dalam artikel ini. HP ini menjadi ponsel ketiga dari seri POVA yang masuk ke Indonesia. Pendahulu ponsel ini adalah Tecno POVA dan Tecno POVA 2.

Baterai berkapasitas besar merupakan hal yang paling ditonjolkan oleh Tecno POVA Neo, sama seperti para pendahulunya. Akan tetapi, HP ini masih menyimpan beragam sisi menarik yang patut untuk Anda ketahui. Apa saja itu? Simak artikel kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo ini sampai habis untuk mengetahuinya!

Spesifikasi Tecno POVA Neo

Tecno POVA Neo
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno POVA Neo

Smartphone kelas terjangkau merupakan spesialisasi Tecno. HP di kelas ini mampu menawarkan kelebihan mendasar yang fungsional, serta tidak sampai membuat dompet konsumen jadi jebol. Berikut kelebihan yang bisa ditawarkan Tecno POVA Neo.

1. Desain

desain Tecno POVA Neo

Penampilan Tecno POVA Neo jauh dari kata norak dan murahan. Desain HP ini cukup trendi, pertanda bahwa Tecno mengerjakannya dengan serius. Penutup belakang HP ini terbuat dari plastik polikarbonat.

Terdapat dua pola yang menghiasi penutup belakangnya. Pola pertama berupa garis-garis vertikal, segaris dengan penutup belakang. Sementara itu, pola kedua berupa tekstur bercorak diagonal, menutupi sekitar 2/3 bagian penutup belakang.

Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, tekstur pada pola kedua POVA Neo terasa sangat nyaman. Pola ini juga berfungsi agar berkas sidik jari tidak menempel.

Masih di bagian belakang, ada sensor pemindai sidik jari yang cekung kebawah, dan modul kamera persegi panjang hitam yang tampak berkilauan.

Beralih ke bagian samping, Irfan Hilmy, pemilik kanal YouTube GontaGantiHape, bilang bahwa polesan rangka HP ini terasa halus. Sisi kanan rangka HP ini diisi oleh tombol power dan tombol volume yang bercorak. Sisi bawah diisi jack audio 3,5 mm, port microUSB, mikrofon, dan grill speaker.

Sisi atas kosong, sedangkan sisi kiri diisi laci dua kartu SIM plus satu kartu microSD (triple slot). Menariknya, slot ini dilapisi karet agar cairan tidak merembes ke bagian dalam HP. Begitu sebagaimana pengamatan kanal YouTube TeknoLoGue.

Adapun bagian depan HP ini diisi layar dengan gaya ala tetesan air. Ada kamera depan, earpiece, dan dua lampu LED flash di ujung atas bagian depan.

Secara keseluruhan, untuk kelas harga Rp1 jutaan, Tecno POVA Neo disebut kanal YouTube TeknoLoGue punya desain keren dengan build quality yang solid.

2. Layar

layar tecno pova neo

Tecno POVA Neo dibekali layar IPS LCD dengan bentang 6,8 inci. Layar dengan resolusi HD+ (720 x 1640 piksel) ini terbilang lebar. Cocok untuk Anda yang suka menonton video atau film. Untuk mendukung kegiatan belajar dan rapat online pun asyik.

Kualitas layar HP ini sudah cukup baik. Enak dilihat dan tidak bisa dibilang burik menurut kanal YouTube TeknoLoGue. Walau begitu, kepadatan piksel layar POVA Neo baru mencapai 263 ppi saja.

Adapun layar POVA Neo mendukung refresh rate standar 60 Hz dengan touch sampling 120 Hz. Dua indikator ini menunjukkan bahwa layarnya cukup responsif untuk mendukung pemakaian sehari-hari.

3. Kamera

kamera tecno pova neo

Sektor kamera Tecno POVA Neo memang minimalis. Di bagian belakang, ada dua kamera yakni kamera utama 13 MP, f/1.8 dan lensa AI. Sementara itu, di sisi depan ada kamera swafoto 8 MP.

Yang menarik, baik kamera belakang dan kamera depan dilengkapi lampu flash. Empat lampu untuk kamera belakang dan dua lampu buat kamera depan. Kedua kamera juga bisa merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Fitur-fitur yang disematkan pun cukup banyak. Meliputi adalah mode slow motion, beauty, AR Shot, panorama, time lapse, portrait, autoHDR, dan dokumen. Hanya saja, mode malam belum ada. Hal ini wajar untuk HP di kelas harga Rp1 jutaan.

Terkait kualitasnya, kami menilai bahwa kamera POVA Neo mampu menghasilkan foto yang detail, warna natural, dan jernih. Rentang dinamisnya cukup baik, tetapi sedikit lebih baik di kamera depan. Soal rekaman videonya, detailnya cukup. Hanya saja, video tampak belum cukup stabil.

4. Memori

desain tecno pova neo

Tecno POVA Neo mengandung memori yang sudah cukup ideal untuk standar ponsel Android masa kini. Memori internalnya 64 GB dengan RAM 4 GB. Sekitar 13 GB dari total ruang simpan sudah dipakai oleh sistem. Artinya, ada 57 GB ruang memori internal yang bisa Anda pakai.

Angka tersebut lumayan besar untuk menyimpan beberapa aplikasi media sosial, aplikasi produktivitas, dan gim populer. Koleksi foto, video, dan dokumen Anda juga bisa masuk. Namun, agar memori internal lebih lega, Anda bisa memanfaatkan slot microSD khusus di HP ini.

Slot tersebut bisa dipasangi microSD hingga 128 GB. Sementara itu, RAM 4 GB cukup untuk mendukung kegiatan multitasking alias membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Ukuran RAM ini juga jadi standar paling minim agar ponsel bisa menjalankan gim-gim tertentu dengan lancar.

5. Baterai

baterai tecno pova neo

Apa akan Anda lakukan jika punya ponsel dengan baterai 6000 mAh? Menghabiskan hari untuk main gim? Menonton film? Atau curhat dengan teman lama saat hari tidak menentu? Semuanya bisa karena baterai 6000 mAh dibawa oleh Tecno POVA Neo.

Uji laboratorium internal yang dilakukan Tecno mengonfirmasi bahwa baterai HP ini memang awet. Disebutkan bahwa dalam satu kali cas Tecno POVA Neo bisa memutar video sampai 20 jam. Waktu pakai 40 jam bisa dicapai saat ponsel digunakan untuk menelepon.

Sementara itu, kalau dipakai memutar musik, si ponsel bisa bertahan selama 24 jam. Waktu nyala dalam skenario main gim juga cukup awet, mencapai 17 jam.

Adapun baterai super ponsel POVA Neo didukung teknologi pengisian cepat 18W. Memang bukan yang tercepat. Namun, Tecno mengeklaim, mengisi daya selama 15 menit bisa bikin si ponsel dipakai main Clash of Clans hingga 3 jam. Bisa juga memutar musik sampai 12 jam!

6. Fitur Keamanan dan Fitur Ekstra

voice changer tecno pova neo

Tecno memberi banyak opsi fitur keamanan pada POVA Neo. Bukan hanya password, kunci pola, dan pemindai wajah. Ada juga pemindai sidik jari yang berlokasi di sisi belakang ponsel. Pemindai sidik jari ini simpel, cepat, dan akurat.

Tidak cuma itu, HP ini juga datang dengan fitur-fitur ekstra yang fungsional. Mulai dari Radio FM, Voice Changer, Peek Proof, Vault 2.0, Kids Mode, dan fitur pemindah data dari ponsel lama.

Untuk Peek Proof, fitur ini membuat tampilan HP ini tidak bisa diintip orang di sekitar. Fitur ini penting ketika Anda sedang berada di kendaraan umum seperti kereta atau bus. Sementara itu, Vault 2.0 adalah sebuah fitur pengaman agar aplikasi dan isi galeri Anda tidak dibuka oleh sembarang orang.

Kekurangan Tecno POVA Neo

Kelebihan-kelebihan Tecno POVA Neo yang sudah dijelaskan di atas memang cukup menjanjikan. Hanya saja, ada beberapa poin yang juga perlu Anda ketahui. Mungkin saja poin-poin di bawah ini Anda anggap sebagai kekurangan dari si ponsel.

1. Berat dan Besar

desain tecno pova neo

Ukuran layar dan baterai yang besar menjadi sumber utama kenapa dimensi Tecno POVA Neo tak cukup ramah buat pengguna bertangan mungil. Dimensi ponsel ini adalah 171.4 x 77.3 x 9.1 mm dengan bobot sekitar 200 gram.

Angka-angka tersebut kurang lebih menggambarkan bahwa HP ini besar, tebal, dan agak berat. Menenteng HP ini dalam waktu lama bisa bikin tangan jadi pegal. Karena itu, jika Anda mendedikasikan HP ini sebagai teman menonton film, sebaiknya Anda menaruhnya pada dudukan ponsel dan diposisikan secara landscape.

2. Chipset

layar Tecno POVA Neo

Khusus pasar Indonesia, Tecno menyiapkan POVA Neo dengan chipset MediaTek Helio G25. POVA Neo yang dijual di negara lain memakai chipset MediaTek Helio P22. Kedua chipset sebetulnya punya konstruksi yang sama.

Chipset ini mengandung delapan core CPU dengan arsitektur Cortex A53 (empat core 2,0 GHz plus empat core 1,5 Ghz). Ada pula GPU PowerVR GE8320 650 MHz. Helio P22 dan G25 sama-sama dibikin melalui proses manufaktur 12 nm.

Kendati demikian, Helio G25 sedikit lebih baru ketimbang P22. MediaTek pun menyuntikkan teknologi bernama HyperEngine pada Helio G25. Teknologi tersebut diklaim mampu meningkatkan kemampuan gaming si chipset. Khususnya untuk manajemen CPU, GPU, temperatur, daya, dan kestabilan koneksi.

Hanya saja, Helio G25 tetap ditujukan buat kelas entri. Skor AnTuTu 8 sebesar 88.502 yang dicapai Tecno POVA Neo mengonfirmasi akan hal itu.

Dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue, HP ini memang bisa menjalankan gim PUBG Mobile pada setelan grafis balance-medium. Hanya, patah-patah bermunculan sepanjang permainan. Gim bisa berjalan agak mulus saat setelan grafis diturunkan ke smooth-medium.

Hasil pengujian kanal YouTube TeknoLoGue menunjukkan bahwa Tecno POVA Neo memang kurang cocok dipakai main gim berat. HP ini lebih cocok dipakai untuk menonton film, browsing, chatting, bermain sosmed, dan kegiatan produktivitas.

3. Kelengkapan Sensor

desain tecno pova neo

Kelengkapan sensor juga jadi hal yang mesti Anda perhatikan dari Tecno POVA Neo. HP ini sudah bagus karena punya sensor sidik jari dan sensor cahaya. Sensor yang disebut terakhir membuat HP ini bisa menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan tingkat pencahayaan lingkungan.

Sensor esensial yang absen dari HP ini adalah kompas. Praktis Anda tidak bisa menentukan arah mata angin dan kiblat, kecuali ponsel terhubung dengan koneksi internet. Adapun ragam sensor selain sidik jari dan cahaya yang dimiliki ponsel ini adalah akselerometer dan proksimitas.

4. Port USB

port usb tecno pova neo

Sayang sekali port USB yang dipakai Tecno POVA Neo belum kekinian alias masih microUSB, belum tipe C. Tecno sebetulnya tidak anti terhadap USB tipe C. Buktinya mereka telah menyematkan port jenis baru ini buat Tecno POVA 2.

Kemungkinan besar mengapa port microUSB masih dipakai POVA Neo adalah demi menekan harga jual. Ketiadaan port USB C membuat Anda mesti memperhatikan dengan saksama apakah posisi kabel cas sesuai dengan port pada HP. Hal ini tidak seperti port USB C yang bisa dicolok secara bebas, tanpa harus memperhatikan posisi atas dan bawah.

Simpulan

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo. Berdasarkan pengalaman para penguji, kami menyimpulkan bahwa HP ini cocok buat pengguna kasual. Sosialita yang membutuhkan HP berpenampilan oke juga layak mempertimbangkan HP ini.

Demikian juga dengan driver ojek online (ojol) yang akan terbantu dengan ponsel ini. Baterai besar membuat driver ojol tak perlu khawatir bekerja kendati tak membawa powerbank. Tecno POVA Neo juga punya hasil foto yang lumayan oke untuk Anda bagikan ke media sosial.

Namun demikian, ulasan artikel ini hanyalah kumpulan pengalaman dari para penguji, bukan penilaian secara mutlak. Oleh sebab itu, keputusan akhir untuk meminang ponsel ini tetap ada di tangan Anda!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram