carisinyal web banner retina

Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan vivo X90 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Memilih smartphone terkadang bisa jadi perkara yang sulit. Punya bujet besar saja belum cukup untuk menuntun Anda memilih smartphone yang tepat. Anda perlu melihat apa yang Anda butuhkan.

Jika kemampuan kamera tinggi yang Anda butuhkan, vivo X90 tentu bisa dipertimbangkan. HP flagship dari vivo ini meluncur secara global pada Februari 2023. Ia merupakan penerus langsung dari vivo X80. Kemampuan kamera yang andal dari HP ini hadir berkat cip pemrosesan gambar vivo V2 dan teknologi Zeiss.

Sebagai HP flagship, vivo X90 tentu tak hanya memiliki kamera yang piawai. Ia masih menyimpan berbagai hal menarik yang rasanya perlu untuk dibahas. Ketahui semuanya dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo X90 ini. Kisi-kisi pembahasan dapat Anda lihat pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain bodi yang simpel dan punya sertifikasi IP64
Bodi licin dan terkesan norak
Layar AMOLED yang aman, dilengkapi speaker stereo
Sensor sidik jari kurang responsif
Performa tinggi berkat SoC Dimensity 9200
Belum mendukung display out
Kamera yang mumpuni di berbagai kondisi
Daya tahan baterai yang baik
Pengisian baterai sangat cepat
Ada infrared blaster
Paket penjualan masih lengkap

Setelah melihat tabel di atas, Anda tentu sudah memiliki bayangan soal aspek mana saja yang menjadi keunggulan dari vivo X90. Begitu juga dengan aspek yang mungkin menjadi kelemahannya. Namun, Anda perlu membaca artikel ini sampai akhir untuk mengonfirmasinya.

Spesifikasi vivo X90

vivo X90
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9200
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4810 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo X90

vivo X90 mempertahankan apa yang sudah bagus pada vivo X80. Akan tetapi, ia juga memperoleh beberapa penambalan yang membuatnya jadi lebih menarik ketimbang pendahulunya. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan secara lengkap hal yang membuat smartphone ini menarik.

1. Desain Bodi yang Simpel dan Punya Sertifikasi IP64

vivo x90

vivo membuang bingkai berbentuk kotak besar yang sebelumnya ada pada modul kamera vivo X80. Kini modul kamera vivo X80 hanya berupa tonjolan melingkar berkelir hitam. Bentuk yang demikian membuat desain bodi vivo X90 terlihat lebih simpel.

Sisi belakang bodi HP ini terbuat dari kaca dengan permukaan matte. Terdapat slogan "Xtreme Imagination" dengan lis glossy yang membuat bagian belakang HP ini seolah terbagi menjadi dua bagian.

Kok Kee, dalam situs media Malaysia Nasi Lemak Tech, mengapresiasi desain vivo X90 yang memiliki tepi penutup belakang, rangka, dan tepi layar melengkung. Bagi dia, sisi melengkung membuat HP ini jadi enak digenggam.

Kok Kee juga bilang bahwa vivo menciptakan lengkungan yang baik, sehingga tombol power dan volume tetap nyaman dipencet. Dua tombol yang ada di sisi kanan ponsel itu pun tidak terasa tajam.

Hal selanjutnya yang membuat desain vivo X90 berbeda dari pendahulunya yakni adanya sertifikasi ketahanan alias IP rating. Dulu vivo X80 tak punya IP rating, sekarang vivo X90 punya IP64. Angka 6 menunjukkan bahwa HP ini benar-benar tahan terhadap debu, sedangkan angka 4 artinya tahan terhadap percikan air dari segala arah.

vivo X90 varian global hadir dalam dua opsi warna: Asteroid Black dan Breeze Blue. Adapun HP ini memiliki dimensi 164,1 x 74,44 x 8,48 mm dengan bobot sekitar 200 g. Tidak terlalu berat untuk sebuah HP dengan layar 6,78 inci.

2. Layar AMOLED yang Aman, Dilengkapi Speaker Stereo

vivo x90

vivo X90 menggunakan layar AMOLED yang dibuat oleh BOE, sebuah produsen panel layar dari Beijing, Cina. Layar tersebut memiliki resolusi 1260p (1260p x 2800 piksel), refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 300 Hz.

Resolusi 1260p tentu dapat memberi ketajaman ekstra dibanding Full HD+ (1080p). Namun, konsumsi baterai jadi lebih boros. Untungnya, resolusi layar HP ini bisa diatur sesuai selera. Pengguna dapat memilih antara 1260p dan 1080p.

Tak cuma itu, refresh rate dan touch sampling rate-nya pun bisa diatur sesuai keperluan. Pengguna bisa memilih refresh rate 60 Hz atau 120 Hz, sedangkan touch sampling rate-nya 240 Hz atau 300 Hz. Khusus pengaturan refresh rate dan touch sampling rate dapat diakses di Game Space.

vivo mengeklaim tingkat kecerahan puncak layar vivo X90 mencapai 1300 nit. Tingkat kecerahan itu berlaku saat Anda mengaktifkan High Brightness Mode (HBM). Untuk di dalam ruangan, tingkat kecerahannya mencapai 530 nit menurut pengujian Kok Kee.

Kok Kee menilai, reproduksi warna layar HP ini sangat baik. Dalam pengujiannya, gamut warna layar vivo menembus 99,96% sRGB dan 98,29% DCI-P3. Akurasinya pun baik dengan nilai deltaE 1,9.

Secara tampilan, kualitas layar vivo X90 tak perlu diragukan. Namun, bagaimana agar layar tersebut tidak menimbulkan dampak negatif pada mata? Masalah ini dapat diatasi dengan adanya dua fitur.

Pertama, teknik peredupan 2160 Hz PWM. Gizmochina mengetes seberapa efektif fitur peredupan tersebut. Tim Gizmochina lantas memakai vivo X80 sebagai pembanding.

Hasilnya, saat kecerahan kedua HP sudah disetel pada level terendah, layar vivo X90 hampir tak menimbulkan kedipan. Sementara itu, kedipan di layar vivo X80 sangat terasa. Kedipan ini bikin mata sakit, terutama saat Anda menggunakan HP di lingkungan remang.

Fitur kedua adalah AI Smart Eye Protection (semacam blue light filter). Dengan fitur ini, HP dapat secara real time mengurangi komposisi warna biru pada layar. Di HP lain, fitur semacam ini mesti diaktifkan secara manual oleh pengguna.

Layar HP ini tentu sudah mendukung sertifikasi Widevine L1, supaya pengguna bisa menonton film di platform bioskop digital dengan kualitas terbaik. Untuk kaca proteksi, vivo tak menjelaskan jenis kaca apa yang dipakai untuk melapis layar vivo X90.

Adapun layar HP ini yang punya kualitas tampilan bagus diduetkan dengan speaker stereo alias ganda. Speaker utama ada di sisi bawah, sedangkan speaker keduanya menyatu dengan earpiece di bezel atas.

Kualitas suaranya bagus menurut Gizmochina. Akan tetapi, terasa tidak ada peningkatan berarti jika dibandingkan dengan speaker stereo vivo X80.

3. Performa Tinggi Berkat SoC Dimensity 9200

vivo x90

vivo X90 adalah HP pertama di dunia yang ditenagai SoC MediaTek Dimensity 9200. SoC dengan fabrikasi 4 nm ini merupakan tandingan Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm.

MediaTek merancang Dimensity 9200 dengan banyak standar baru. Misalnya dukungan penyimpanan UFS 4.0, RAM LPDDR5x, WiFi 7, dan teknologi ray tracing.

Terdapat prosesor delapan inti dalam SoC ini yang terdiri atas satu inti super Cortex-X3 (3,05 GHz), tiga inti performa Cortex-A715 (2,85 GHz), dan empat inti efisiensi Cortex-A510 (1,80 GHz). Ada juga GPU baru bernama Immortalis-G715 MC11 (981 MHz).

Komponen-komponen lain yang ada di SoC ini antara lain prosesor AI MediaTek APU 690, prosesor gambar MediaTek Imagiq 890, dan modem internal 5G. Dimensity 9200 dibantu oleh cip pemrosesan gambar bikinan vivo sendiri yakni vivo V2, RAM 12 GB, dan penyimpanan 256 GB.

Sebelum melihat bagaimana performa HP ini di saat digunakan main game, mari kita lihat hasil uji di berbagai aplikasi benchmarking. Dalam pengujian yang dilakukan Gizmochina, vivo X90 mampu mencetak skor AnTuTu 9 di atas 1 juta, tepatnya 1.137.620.

vivo X90Sumber: Gizmochina

Skor yang wajar untuk sebuah HP flagship. Bagaimana dengan kemampuan CPU-nya di GeekBench 5. Pada kenario single-core skornya 1422, sedangkan multi-core 4452. Skornya sedikit lebih rendah dari iQOO 11 5G (1469; 4839), tetapi masih dalam rentang sama.

Adapun skor kemampuan grafisnya di 3D Mark Wild Life Extreme mencapai 3617. Skor ini juga termasuk tinggi dan bersaing dengan HP-HP lain di level flagship.

Dari hasil-hasil tes tersebut, terlihat bahwa vivo X90 memiliki potensi performa yang tinggi. Lalu bagaimana ketika dipakai main game? Singkat kata, memuaskan.

vivo X90Sumber: Gizmochina

Gizmochina mendapati HP ini dapat menjalankan game Genshin Impact dengan setelan grafis "Highest- 60 fps". Gameplay-nya lancar dengan stutter-stutter kecil yang wajar terjadi di semua ponsel.

Selama 30 menit menjalankan game tersebut, vivo X90 memperlihatkan performa yang cukup stabil. Rerata frame rate yang dicapainya adalah 58,5 fps. Adapun temperatur tertinggi selama pengujian game masih terbilang aman, yakni 45,6°C.

Pengujian game merupakan salah satu metode untuk mengetahui bagaimana performa sebuah ponsel di kondisi nyata.

4. Kamera yang Mumpuni di Berbagai Kondisi

vivo x90

vivo tidak mengganti spesifikasi kamera vivo X90. Seluruh komponen kamera di HP ini masih sama seperti vivo X80. Di sisi belakang ada tiga kamera, sedangkan sisi depan terdapat satu kamera.

Rangkaian tiga kamera belakang HP ini terdiri atas kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.0), dan kamera potret 12 MP (f/2.0). Yang beda, kini kamera potret vivo X90 malah dicopot fitur autofokusnya.

Dulu di vivo X80 seluruh kamera belakang punya autofokus. Sebagian orang ada yang menyebut kamera potret HP ini dengan kamera telefoto karena kemampuannya untuk melakukan perbesaran optik hingga 2x.

Kamera utama HP ini menggunakan sensor Sony IMX866, kamera ultrawide dan kamera potretnya memakai sensor Sony IMX663. Fitur penstabil berbasis optik (OIS) ada di kamera utama. Pelapis lensa dari Zeiss untuk mengurangi flare ada di seluruh kamera belakang.

Balik ke sisi muka ada kamera depan 32 MP (f/2.45) yang nama sensornya tak disebutkan. Kamera depan ini fixed focus.

Terkait perekaman video, hanya kamera utamanya yang bisa merekam hingga resolusi 4K 60 fps. Kamera ultrawide dan potret sampai 1080p 30 fps, sedangkan kamera depan 1080p 60 fps.

vivo menjanjikan peningkatan kualitas meskipun vivo X90 menggunakan komponen kamera yang tak jauh beda dari vivo X80. Noise 20% lebih sedikit dan punya reproduksi warna 15% lebih baik.

Peningkatan itu ada pada kamera utamanya yang dipadu dengan teknologi VCS True Color. Menurut vivo, teknologi tersebut membuat kamera dapat menangkap informasi sebanyak mungkin, sehingga menghasilkan foto yang makin realistis.

Kamera-kamera yang lain diklaim turut mengalami peningkatan kemampuan, terutama soal akurasi kecerahan dan white balance. Peningkatan ini akibat dari penggunaan cip pemrosesan gambar baru yang namanya vivo V2.

Teknologi dari Zeiss di kamera ini bukan cuma coating, tapi juga berbagai preset yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik hasil. Preset itu contohnya Zeiss Planar dan Zeiss Biotar yang dipakai untuk menghasilkan foto bokeh. Ada juga Zeiss Cinematic mode untuk perekaman video.

Lantas bagaimana tangkapan kameranya? Tidak ada yang berubah ketika kondisi siang hari. Tangkapannya masih sama bagus seperti vivo X80. Namun, kemampuan low light-nya berbeda.

Hasil foto bisa lebih terang daripada kondisi aslinya. Meskipun begitu, pemrosesan yang baik membuat foto tetap memiliki detail dan minim pantulan cahaya. Berikut contoh tangkapan vivo X90 yang bisa Anda nilai sendiri.

vivo X90Sumber: Eoydo
Kamera utama
vivo X90Sumber: Eoydo
Kamera ultrawide
vivo X90Sumber: Eoydo
Kamera potret
vivo X90Sumber: Nasi Lemak Tech
Kamera utama - low light

5. Daya Tahan Baterai yang Baik

vivo x90

vivo meningkatkan kapasitas baterai vivo X90 menjadi 4810 mAh. Sebelumnya, vivo X90 hanya mengantongi baterai 4600 mAh. Peningkatan kapasitas ini memiliki dampak yang positif terhadap daya tahan baterai.

Dalam pengujian Kok Kee di aplikasi PCMark battery life test, vivo X90 mampu mencatat skor ketahanan baterai 16 jam! Catatan itu berhasil diraih baik saat layar si ponsel disetel pada resolusi Full HD+ (1080p) maupun 1260p.

SoC yang efisien juga mempengaruhi daya tahan baterai. Sebagai perbandingan, Carisinyal pernah menguji POCO M4 Pro dengan aplikasi yang sama. HP dengan baterai 5000 mAh itu hanya tembus 13 jam 47 menit.

Adapun PCMark menguji daya tahan baterai dengan simulasi pemakaian di kondisi nyata. Ada lima skenario pemakaian sehari-hari yang diuji aplikasi tersebut: browsing, mengedit video, mengetik, mengedit foto, dan memproses data.

6. Pengisian Baterai Sangat Cepat

vivo x90

Selain kapasitas baterai yang meningkat, teknologi pengisian yang didukung pun makin kencang. Benar, vivo X90 kini mendukung pengisian cepat 120W dari yang sebelumnya 80W pada vivo X80.

Berdasarkan uji yang dilakukan Kok Kee dan tim Nasi Lemak Tech, mengisi baterai dari 15%-100% memerlukan waktu 28 menit. Hasilnya berbeda dari Gizmochina dan kanal YouTube Han's Tech Talk.

Gizmochina hanya perlu 27 menit untuk 0-100%, sedangkan Han's Tech Talk butuh 26 menit dengan kondisi yang sama. Temperatur ponsel dan suhu ruangan dapat mempengaruhi durasi pengisian baterai. Bagaimanapun, pengisian baterai vivo X90 tergolong sangat cepat.

7. Ada Infrared Blaster

vivo x90

Sejak merilis vivo X70 Pro, vivo selalu menyematkan infrared blaster buat smartphone flagship-nya. Hanya, infrared cuma diberikan di model "Pro". Kini vivo lebih adil. Seluruh anggota vivo X90 Series punya infrared blaster, termasuk vivo X90.

Infrared di HP masa kini tak lagi berfungsi untuk mengirim data sebagaimana HP era 2000-an. Infrared digunakan untuk mengendalikan beragam perangkat elektronik. Misalnya, AC, televisi, proyektor, dan segala perangkat elektronik yang punya remote.

Adanya infrared di vivo X90 menegaskan bahwa fitur ini tidak cuma eksklusif di HP Xiaomi. Maklum, sejak dulu cuma Xiaomi yang konsisten menyematkan infrared di berbagai seri HP mereka.

8. Paket Penjualan Masih Lengkap

vivo x90Sumber: Lim Reviews

vivo X90 varian global, termasuk yang didistribusikan ke regional Asia Tenggara, memiliki paket penjualan yang lengkap. Di dalam boks ponsel berisi berbagai aksesori. Ada softcase transparan, SIM ejector, kabel USB C, dan charger dengan output 120W.

Kelengkapan paket penjualan ini perlu diapresiasi. Pasalnya, tren memperlihatkan beberapa produsen telah menghilangkan charger dalam paket penjualan ponselnya. Kalau konsumen belum punya charger atau kebetulan charger-nya rusak, tentu akan bikin mereka harus keluar duit lagi untuk membelinya.

Kekurangan vivo X90

Status vivo X90 yang merupakan ponsel flagship tidak membuatnya bebas dari catatan minor. Beberapa poin di bawah ini adalah hal yang mungkin bisa Anda pandang sebagai kekurangan si ponsel. Simak penjelasannya dengan saksama.

1. Bodi Licin dan Terkesan Norak

vivo x90

Permukaan matte tidak serta merta membuat pengalaman genggam vivo X90 jadi sempurna. Jenis permukaan tersebut nyatanya hanya menjaga bodi supaya tidak mudah dekil.

Pasalnya, menurut Gizmochina, bodi HP ini masih terasa licin. Ia sangat riskan terjatuh apabila Anda tidak memasang softcase. Di sisi lain, memasang softcase mungkin bisa mengurangi estetika ponsel karena feel premiumnya akan hilang.

Masalah soal desain tidak cuma itu. Lis melingkar di bawah modul kamera yang memuat tagline "Xtreme Imagination" menurut Kok Kee tidak semestinya ada. Menurut dia, tagline itu merusak kecantikan desain vivo X90.

Gara-gara tagline dua kata itu, kata Kok Kee, HP ini jadi terlihat norak. Memasang casing gelap pun jadi solusi bagi Anda yang merasakan hal serupa seperti Kok Kee.

2. Sensor Sidik Jari Kurang Responsif

vivo x90

vivo X90 menggunakan sensor pemindai sidik jari di layar dengan jenis optik. Jenisnya tidak seperti vivo X90 Pro yang memakai ultrasonik. Kecepatan pindai sensor sidik jari HP ini tak seinstan ultrasonik. Area pemindaiannya pun tidak terlalu luas.

Namun, sensor pemindai sidik jari di HP ini tetap lebih baik dibanding password, pola, ataupun pemindai muka. Sebab pemindai sidik jari lebih simpel daripada seluruh alternatif itu, dan dapat diandalkan di berbagai kondisi.

3. Belum Mendukung Display Out

vivo x90

Hal selanjutnya yang membuat vivo X90 berbeda dari saudaranya sesama anggota vivo X90 Series adalah port USB C yang dipakai. Jika vivo X90 Pro dan X90 Pro+ sudah mengadopsi USB 3.2, vivo X90 masih setia dengan standar USB 2.0.

Kecepatan transfer data USB 2.0 pelan, tak sampai 1/40 dari USB 3.2 yang bisa sampai 20 Gbps. Oleh sebab itu, standar ini tidak mendukung fitur display out untuk sarana multimedia. Jika ingin memproyeksikan tampilan HP ini ke monitor eksternal, Anda mesti menggunakan jaringan WiFi.

Simpulan

vivo X90 sekali lagi membuktikan bahwa SoC MediaTek sangat bisa diandalkan buat HP flagship. SoC Dimensity 9200 yang dipakai mampu membuat HP ini tidak hanya kencang, tapi dapat menghasilkan foto yang bagus dan daya tahan baterai prima.

Optimasi yang dilakukan vivo melalui cip V2 serta adanya teknologi Zeiss turut berpengaruh. Namun, vivo X90 tidak sekadar itu. HP ini memperoleh beberapa upgrade dibanding pendahulunya. Misalnya adanya sertifikasi IP64, teknologi layar yang aman buat kesehatan mata, dan pengecasan yang lebih singkat.

Kendati demikian, vivo X90 tampaknya bukan dirancang sebagai HP flagship sejati. Hal itu terlihat dari belum adanya dukungan display out dan sensor pemindai sidik jari yang kurang responsif. Bisa jadi dua aspek itu belum jadi perhatian vivo agar harga jual HP ini bisa ditekan.

Namun, buat Anda yang tidak terlalu mempermasalahkannya, vivo X90 tetap saja layak dipertimbangkan. Terutama bagi Anda yang mengincar kemampuan kameranya untuk keperluan content creation , atau ingin mengandalkan performanya untuk mobile gaming.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram