carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 29 Juli 2021

Kelahiran produk Y53s di Indonesia jadi sesuatu yang menarik. Pasalnya, ponsel ini punya dua varian, yakni varian 5G dan varian 4G. Untuk varian 5G, sudah dibahas pada artikel "Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 5G". Sayangnya, sampai artikel ini dibuat, ponsel tersebut belum resmi masuk Indonesia.

Sementara varian 4G sudah resmi masuk ke Indonesia pada Juli 2021. Varian 4G jelas akan membuat sebagian konsumen yang menantikan ponsel 5G murah dari vivo kecewa. Namun, tentu kehadiran ponsel jaringan 5G belum mendesak mengingat jaringan 5G belum merata, bahkan di kota besar sekalipun.

Ponsel dengan jaringan 4G masih tetap dibutuhkan. Terlebih jaringan 5G di Indonesia akan hadir simultan bersamaan dengan jaringan 4G. Karena itu, kehadiran vivo Y53s sebagai ponsel jaringan 4G masih perlu diapresiasi meski harganya ada di kisaran Rp3 jutaan.

Dengan banderol harga tersebut, apakah vivo Y53s merupakan ponsel yang menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan vivo Y53s berikut ini.

Spesifikasi vivo Y53s

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y53s 1
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,58 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G80
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan vivo Y53s

Untuk mengenal ponsel pintar tentunya bisa diawali dengan menelisik kelebihan yang ditawarkannyaa. Lalu, apa saja kelebihan dari vivo Y53s? Menilik spesifikasi saja jelas tidak cukup untuk menilai kelebihan, karena itu langsung cek kelebihan dari vivo Y53S di bawah ini.

1. Desain yang Menawan

vivo Y53S 4G

Produk vivo dikenal sebagai produk yang menawarkan ponsel yang trendi. Desain yang dihadirkan selalu menarik perhatian. Begitu juga dengan vivo Y53s. Dengan dimensi 164 x 75,5 x 8,4 mm dan bobot 190 gram, ponsel ini masih tergolong tipis dan nyaman. Bobotnya memang bukan yang paling ringan tapi jelas bukan yang terberat.

Warna desain yang ditawarkan ponsel ini sendiri tidak sekadar trendi tetapi juga dinamis. Lewat model warna Fantastic Rainbow, vivo Y53s hadirkan warna beragam berkat teknologi Dynamic Color. Dengan desain ini, tampilan ponsel dapat memperlihatkan spektrum warna yang menarik seperti pantulan rona warna indah yang berganti-ganti.

Ada juga varian warna yang lebih kalem, Deep Sea Blue. Varian ini menawarkan kekuatan misterius dari kedalaman laut. Nikmati pantulan cahaya yang merefleksikan ombak, menyelimuti Anda dalam ketenangan. Dua varian warna ini akan menjadi pilihan warna yang menarik yang dapat menunjukan identitas penggunanya.

2. Layar P3 Color Gamut

vivo Y53S 4G

Sektor layar, vivo Y53s hadirkan layar Full HD 2408 x 1080 piksel piksel dengan teknologi P3 Color Gamut. Dengan dimensi layar 6,58 inci, layarnya mampu hadirkan tampilan yang luas, imersif, dan punya keakuratan warna yang baik. Tampilan visualnya cukup menggoda untuk berbagai kebutuhan. Karena itu, vivo juga menyebut layar ini sebagai colorfull screen.

Selain itu, layar ponsel ini didukung didukung dengan filter yang dapat menyaring cahaya biru untuk mejaga kesehatan mata. Mode ini sangat berguna karena mampu menawarkan pengalaman visual yang lebih sehat ke penggunanya.

Kanal Youtube Julian Pratama menyebut jika layar vivo Y53s ini mampu hadirkan warna yang luar biasa baik untuk menonton video maupun main gim. Semua berkat teknologi P3 Color Gamut yang merupakan layar dengan tingkat akurasi warna yang tinggi.

IPS LCD yang diklaim memproduksi warna lebih natural dan memiliki color gamut lebih baik, layar dari vivo Y53s berjalan dengan laju penyegaran 90Hz yang memungkinkan saat menjalankan berbagai aplikasi tidak ada istilah ngelag atau lemot.

Untuk bagian rasio layar banding bodinya, vivo Y53s punya rasio 84.5% yang berarti tidak sempit dan pengguna akan lebih asyik menatap layarnya yang luas. Sementara rasio layarnya adalah 20:9, komposisi yang pantas untuk sebuah ponsel kelas menengah. Guna menyuguhkan ketajaman layar yang optimal dan jelas pada pemakainya, vivo Y53s membawa kerapatan gambar yang menyentuh 401 ppi.

3. NFC dan Sensor Sidik Jari Bagian Samping

vivo Y53S 4G

Kelebihan lain dari vivo Y53s adalah hadirnya teknologi NFC, sebuah teknologi yang kini banyak dibutuhkan. Apalagi vivo cukup jarang menghadirkan ponsel NFC di Indonesia. Karena permintaan yang tinggi, beberapa ponsel yang resmi di Indonesia dari vivo pun banyak yang memakai NFC. Yang menarik, di beberapa negara, vivo Y53s justru tidak menawarkan NFC.

Selain itu, vivo Y53s juga menawarkan sensor sidik jari di bagian samping. Kehadiran sensor sidik jari di bagian samping ini jadi satu kelebihan mengingat bakal jadi tren baru kedepannya selain sensor sidik jari di layar. Sensor sidik jari di samping justru menarik karena menyatu dengan tombol power.


Sensor sidik jari ponsel ini juga tergolong oke. vivo sendiri mengklaim jika kecepatan buka layar melalui sensor sidik jari ini dapat mencapai 0,24 detik.

4. Kamera 64 MP dengan gyro-EIS

vivo Y53S 4G

Hal yang menarik dari vivo Y53s ada di kamera. Biasanya vivo seri V selalu mendapat keunggulan di sektor kamera. Namun, seri Y seperti vivo Y53s juga tidak kalah dari kamera. Hal itu semua berkat adanya tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera 64 MP plus kamera makro dan depth masing-masing 2 MP.

Kamera makro di ponsel ini vivo sebut sebagai Super Macro Camera. Kameranya dapat hadirkan foto yang menarik dengan kemampuan fokus sampai sedekat 4 cm. Sementara depth camera atau kamera bokeh merupakan kamera yang dapat membantu kamera utama hasilkan foto bokeh dengan akurat dan tajam.

Kamera utamanya sendiri adalah kamera 64 MP dengan teknologi 64 juta piksel di setiap gambar yang dihasilkannya. vivo mengklaim bahwa kamera ini dapat mengahsilkan foto dengan detail yang baik, bahkan dari sehelai rambut hingga bulu mata.

Kemampuan kamera ponsel ini memang tidak sekadar klaim. Kanal Youtube Julian Pratama menyebut jika hasil kamera ponsel ini bisa diandalkan untuk kondisi apapun. Bahkan, kemampuan mode malamnya dapat diandalkan di kondisi kurang cahaya. Selain itu, untuk rekaman video juga tergolong bagus dan bisa stabil berkat hadirnya gyro-EIS.

Untuk kamera depannya, ponsel ini menawarkan kamera 16 MP. Kamera ini dapat membantu hasilkan foto kualitas tinggi. vivo menyebut kamera depannya sebagai 16 MP AI Selfie Camera. Selain itu ada juga fitur AI Instant Vlogging.

Fitur ini memungkinkan pengguna berkreasi membuat video penuh gaya dan membagikannya dengan cepat di media sosial. Algoritma AI-nya mengidentifikasi wajah dan pemandangan dalam video pengguna, lalu menggabungkannya dalam template video yang baru.

5. Banterai Tahan Lama

vivo Y53S 4G

Di bagian baterai, vivo Y53s menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini punya pasokan daya besar sehingga bisa digunakan lama dalam satu kali pengisian daya. Terlebih, vivo menyematkan fitur AI penghemat daya di teknologi baterainya.

vivo menyebut jika hasil pengujian mereka, menunjukan kalau ponsel ini dapat digunakan untuk streaming film HD hingga 14,3 jam atau bermain gim yang membutuhkan daya besar selama 7 jam. Selain itu, baterai ponsel ini punya kemampuan mengisi daya perangkat lain saat kehabisan baterai.

6. Banjirnya Pasokan Daya

vivo Y53S 4G

Tidak hanya kapasitas baterai yang besar, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang vivo sebut 33W FlashCharge Technology. Berkat fitur ini, vivo Y53s dapat terisi sampai 70 persen hanya dalam waktu 41 menit. Hasil ini lebih cepat 37% dibandingkan pengisian cepat 18 watt. Teknologi ini bakal bermanfaat untuk pengguna yang sering keluar rumah.

7. Berbagai Fitur Pendukung Menarik

vivo Y53S 4G

vivo Y53s tidak hanya menawarkan spesifikasi, tetapi juga pengalaman penggunaan yang lebih baik. Contohnya adalah kemampuan menambah RAM virtual. RAM bawaan ponsel ini adalah 8 GB. Namun, RAM dapat ditambah 3 GB dengan mengambil dari memori internal ponsel ini yang berkapasitas 128 GB. Dengan tambahan RAM, kemampuan multitasking ponsel ini jadi lebih baik dan tidak perlu takut lag.

Selain itu, vivo Y53s dibekali fitur menarik lewat Funtouch OS yang dibawanya. Contohnya adalh hadirnya Mode Turbo 5.0 untuk mengoptimalkan sistem ponsel agar tidak lag saat bermain gim. Fitur ini juga didesain untuk memprioritaskan kebutuhan CPU dan penyimpanan internal - terutama ketika terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan di latar belakang.

Ada juga Ultra Game Mode yang menghadirkan pengalaman bermain gim yang lebih baik. Ultra Game Mode yang ditingkatkan mendukung Mode Esports baru, menghadirkan intensitas tertinggi saat bermain game setiap hari. Terlebih lagi, efek audio yang disesuaikan membantu membawa Anda ke medan pertempuran yang realistis.

Beberapa fitur lainnya di ponsel ini yakni Control Center untuk penyesuaian cara Anda memakai ponsel. Ada juga iManager yang berguna menghapus data sampah dalam sekali sentuhan. Tentu juga banyak fitur menarik lainnya yang dihadirkan ponsel yang satu ini.

Kekurangan vivo Y53s

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli vivo Y53s, kamu dapat membaca tentang kekurangan dari perangkat ini dalam beberapa aspek berikut ini.

1. Penggunaan Chipset yang Bisa Lebih Baik

vivo Y53S 4G

vivo Y53s hadir dengan chipset Helio G80. Chipset ini merupakan chipset dengan kecepatan prosesor hingga 2.0GHz. Dengan GPU yang menawarkan kekuatan lebih besar, yakni Mali-G52 MC2, pengolahan gambar bisa lebih berkualitas, dan performa yang lebih kuat, menjadikan Y53s menonjol dalam berbagai game.

Dengan chipset ini, vivo Y53s dapat menjalankan berbagai gim kelas menengah dengan lancar. Gim seperti PUBG Mobile juga berjalan baik dengan dukungan pengaturan grafis, Smooth Ultra atau Balanced Ultra. Masih tergolong playable tentunya.

Namun yang harus diiingat, Helio G80 ini bukanlah chipset yang cocok untuk kelas harga vivo Y53s. Chipset ini umumnya digunakan di ponsel harga Rp2 juta, baik di bawah maupun di atasnya. Tentu faktor chipset ini bisa jadi kekurangan tersendiri.

2. Bodi yang Gampang Kena Sidik Jari

vivo Y53S 4G

Desain dari vivo Y53s memang menarik. Sayangnya, bodi ponsel ini adalah plastik. Selain itu, bodinya ini gampang menimbulkan sidik jari di bodinya. Hal ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan kehadiran kasing.

3. Layar Waterdrop dan Panel IPS

vivo Y53S 4G

Sebagaimana yang dijelaskan di atas kalau ponsel pintar dari vivo ini diberkati oleh teknologi layar yang berkualitas. Tampilan layarnya memukau berkat P3 Color Gamut. Sayangnya, panel layar ponsel ini belum AMOLED. Pasalnya di kelas harga Rp3 jutaan, sudah banyak ponsel dengan layar AMOLED. Selain itu, layar ponsel ini masih memakai mdoe kamera depan waterdrop notch yang pelan-pelan ditinggalkan.

Simpulan

Dari pembahasan tersebut, dapat ditarik benang merah kalau vivo Y53s merupakan ponsel yang masih punya kekurangan di beberapa hal. Contohnya adalah chipset yang masih bisa lebih baik, sidik jari yang gampang menempel, dan penggunaan panel IPS LCD. Meskipun untuk yang terakhir masih bisa dimaafkan karena P3 Color Gamut mengompensasi hal tersebut.

Kelebihan ponsel ini justru lebih banyak. Kameranya oke, sektor baterai juga jadi nilai jual tersendiri. Dan yang paling menarik adanya NFC. Desain warna yang ditawarkan juga tergolong bagus.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari vivo Y53s. Menurutmu apakah ada kelebihan dan kekurangan lainnya dari ponsel pintar dengan harga retail awal Rp3,6 jutaan ini? Jangan sungkan untuk menceritakannya di kolom komentar, yah!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram