Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 (2018)

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 (2018)

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Oktober 2018

Samsung biasanya menghadirkan Galaxy seri A sebagai ponsel kelas menengah mereka. Tapi, kehadiran Samsung Galaxy A8 (2018) yang juga berbarengan dengan Samsung Galaxy A8+ membuat HP ini sedikit naik tingkat. Faktor penyebabnya karena spesifikasi yang ditawarkan hampir mendekati HP Samsung flagship, begitu pun juga dengan harganya.

Samsung Galaxy A8 (2018) menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni. HP ini sudah dibekali Exynos 7885 yang di dalamnya tersemat prosesor octa core dan GPU Mali-G71. Yang menarik dari prosesor adalah pembagian unit kerja prosesornya.

Di dalam Exynos 7885 tersemat dual prosesor Cortex-A73 dengan kecepatan 2.2 GHz yang aktif saat HP menjalankan game maupun aplikasi berat. Sementara enam prosesor Cortex-A53 yang berkecepatan 1.6 GHz akan aktif untuk kebutuhan kinerja ringan dan lebih hemat daya.

Dengan pembagian kluster tersebut, Exynos 7885 tergolong masih mumpuni untuk menjalankan game berat. Meski menurut GSMArena, GPU pada chipset ini terbilang mediocore. Sementara menurut PhoneArena, kinerja HP ini memiliki performa yang lebih lancar dibanding Samsung Galaxy S8 untuk kebutuhan harian.

Soal performa ini, bisa dibilang Samsung Galaxy A8 (2018) tidak bisa diukur sebagai kelebihan tersendiri. Dibilang kekurangan pun tidak, karena memang masih tergolong mumpuni. Untuk performa, barangkali tergantung dari pengalaman dan kebutuhan penggunaan Samsung Galaxy A8 (2018) itu sendiri.

Lalu, apa sajakah kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy A8 (2018)? Anda yang penasaran dengan plus-minus dari HP ini bisa menyimaknya berikut ini. Tapi sebelumnya, mari lihat lebih detail spesifikasi Samsung Galaxy A8 (2018) berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 (2018)

Samsung Galaxy A8 (2018)

* sumber: www.expertreviews.co.uk

  • Rilis: Januari 2018
  • Layar: Super AMOLED 5.6 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 64/32 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.7, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: Dual: 16 MP + 8 MP, f/1.9, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy A8 (2018)

1. Mewarisi Desain Premium Flagship

samsung galaxy a8 2018

* sumber: style.tribunnews.com

Salah satu alasan mengapa Samsung Galaxy A8 (2018) bisa naik tingkat adalah desain dan penampilan HP ini yang elegan dan terlihat premium. Hal ini bukan isapan jempol semata karena secara desain, Samsung Galaxy A8 (2018) mewarisi desain elegan dari Samsung Galaxy S8 yang merupakan HP flagship Samsung.

Hanya saja, Samsung Galaxy A8 (2018) ini tidak membawa desain layar melengkurng alias edge. Tapi feel secara keseluruhan, desain HP ini terasa seperti HP mahal kelas Samsung. Apalagi desain HP ini berbalut metal 3D Glass yang membuatnya tampil lebih elegan. Terlebih kehadiran sensor sidik jari di bagian belakang juga tentunya jadi nilai lebih.

2. Layar Full Super AMOLED

galaxy-a8-2018

Samsung Galaxy A8 (2018) menjadi salah satu HP Samsung yang punya layar penuh. Samsung menyebut ini sebagai Infinity Display. Dengan mengusung layar Super AMOLED 5.6 inches yang punya resolusi 1080 x 2220 pixels membuat tampilan layarnya memang terlihat penuh dengan kerapatan piksel yang lebih tinggi mengingat HP ini mengusung rasio 18.5:9.

Tabloid Pulsa menulis bahwa layar pada Samsung Galaxy A8 ini punya banyak fitur yang menarik. Salah satunya adalah pilihan pengaturan mode layar yakni Adaptive Display, AMOLED cinema, AMOLED Photo dan Basic. Pilihan mode Adaptive Display akan membuat layar bisa secara otomatis mengatur optimalisasi soal warna, saturasi, dan ketajaman sesuai objek di layar.

Ada juga fitur Blue Light Filter yang sangat bermanfaat untuk kenyamanan mata Anda saat menggunakan HP ini. Fitur ini memungkinkan HP Galaxy A8 (2018) mereduksi cahaya biru dari layar sehingga nyaman digunakan. Bisa dibilang kehadiran banyak fitur di layar ini, membuat Samsung Galaxy A8 (2018) punya kelebihan di sektor layar Full Super AMOLED.

3. Dual Kamera Depan yang Cocok untuk Selfie

samsung-galaxy-a8-2018

* sumber: www.thegioididong.com

Tak banyak yang tahu kalau HP ini sebenarnya sangat cocok untuk selfie. Mungkin karena tidak mengusung tagline atau embel-embel “selfie” sebagai marketing gimmick. Padahal, kamera depan pada Samsung Galaxy A8 (2018) yang mengusung dual kamera 16 MP + 8 MP ini mampu menghasilkan foto selfie yang baik.

Phone Arena sudah menguji kamera depannya dan hasilnya tergolong baik. Kameranya punya fitur “Live Focus” yang tergolong mengagumkan. Terlebih karena kameranya punya fitur agar bisa diatur tingkat keburaman bagian latar belakang alias bisa foto selfie bokeh. Dan, tentu saja ini jadi kelebihan tersendiri.

4. Daya Tahan Baterai dan Dukungan Fast Charging

endurance rating galaxy a8 2018

* sumber: www.gsmarena.com

Baterai pada HP ini punya kapasitas 3000 mAh. Baterainya punya kapasitas yang sama dengan Samsung Galaxy A8+ (2018) dan Samsung Galaxy S8. Baterainya sudah mendukung fast charging. Berdasarkan pengujian yang dilakukan PhoneArena, baterai HP ini dapat diisi sampai penuh selama 1 jam 37 menit. Daya tahan baterainya juga bisa digunakan seharian penuh.

Daya tahan baterai HP ini tergolong bagus. Seperti yang diungkap oleh GSMArena yang melakukan pengujian baterai Samsung Galaxy A8 bahwa hasil pengujian mennghasilkan skor 92 jam untuk peringkat daya tahan baterai HP ini.

Durasi 22 jam 46 menit diraih HP ini untuk waktu bicara (3G talk time). Dalam pengujian penggunaan HP memutar video, capaian waktu yang diraih adalah 16 jam 59 menit. Untuk browsing, baterai HP ini mampu bertahan selama 11 jam 25 menit.

5. Tahan Air

galaxy a8 2018 tahan air

* sumber: www.soyacincau.com

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy A8 adalah telah mendapatkan sertifikasi IP68. Dengan sertifikasi ini, Samsung Galaxy A8 berarti bisa dipilih oleh Anda yang butuh HP anti air dan debu. Hal ini juga berlandakan pengujian yang menyatakan bahwa HP ini bisa bertahan di air selama 30 menit pada kedalaman 1,5m.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 (2018)

1. Tidak Mendukung Rekaman Video 4K

samsung-galaxy-a8-2018

* sumber: www.androidcentral.com

Kamera belakang pada Samsung Galaxy A8 (2018) sebenarnya tergolong bagus. Kameranya mengusung 16 MP dengan bukaan f/1.7 yang sudah dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED flash. Kamera belakangnya bisa menghasilkan gambar yang baik.

Hasil memuaskan juga dicapai untuk rekam video. Sayangnya, kamera belakangnya ini tidak mendukung rekaman video dengan resolusi 4K. Padahal di kelas harga yang mendekati harga HP ini atau bahkan di bawahnya, ada banyak HP yang sudah mendukung rekaman video 4K.

2. Belum Dual Kamera Belakang

galaxy a8 2018 grey

Sudah disebutkan di poin sebelumnya kalau kamera pada HP ini sebenarnya cukup baik. Tapi untuk sebuah HP modern, ketidakhadiran dual kamera belakang menjadi kekurangan tersendiri. Pasalnya, HP lain yang harganya di bawah HP ini dan merupakan HP kelas menengah sudah mendukung dual kamera baik depan maupun belakang.

Ketiadaan dual kamera belakang sedikit berimbas pada hasil foto. Hasil tangkapan kamera belakang jika merujuk pengujian PhoneArena, kurang baik untuk pengambilan di tempat dengan cahaya rendah.

3. ROM 32 GB

Samsung Galaxy A8 2018 ROM 32 GB

Samsung Galaxy A8 (2018) yang beredar di Indonesia memiliki penyimpanan internal atau ROM 32 GB saja. Untuk HP yang mendekati kelas flagship, kapasitas penyimpanan ini tergolong rendah.

Apalagi setelah terpasang sistem, kapasitas penyimpanan yang tersedia hanya 22 GB. Menggunakan memori tambahan pada HP ini menjadi keharusan karena seperti yang kita tahu ukuran data dan aplikasi semakin besar saja.

4. Masih Mengusung Android Nougat

Samsung-Galaxy-A8-2018

* sumber: www.gadgetmatch.com

Hal ini juga menjadi catatan kekurangan tersendiri. Meskipun sebenarnya masih bisa ditolerir, untuk sebuah HP baru dari Samsung di awal 2018, OS Android 7.1 Nougat yang jadi bawaan HP ini menjadi terasa kurang begitu menggigit. HP lain justru secara bawaan mengusung OS Android dan ketika dinyalakan sudah ada dukungan Android Oreo.

Kabarnya memang Samsung Galaxy A8 (2018) akan mendapatkan OS Adnroid Oreo. Sayangnya, kabar yang belum pasti ini membuat HP ini jadi kehilangan nilai sendiri meskipun kekurangan ini terbilang minor.

5. Mahal

Harga Samsung Galaxy A8 2018

Samsung Galaxy A8 (2018) ditawarkan dengan harga 6 jutaan. Banyak yang berpendapat bahwa harga yang ditawarkan untuk HP ini masih terlalu mahal. Hal ini didasari karena spesifikasi yang ditawarkan sebenarnya ada di kelas menengah.

Simpulan

Sebenarnya, Samsung Galaxy A8 (2018) punya nilai dari berbagai aspek. Contohnya adalah bagian baterai, kamera depan, kehadiran sensor sidik jari, tahan air, dan juga performa yang masih terbilang cukup. Kekurangan HP ini tidak begitu dominan. Harganya yang ada di atas 6 juta memang jadi hal minus. Tapi karena ini Samsung yang punya citra bagus, harga tampaknya jadi dianggap wajar.

Samsung Galaxy A8 (2018) cocok digunakan untuk Anda yang suka selfie atau Anda yang sering bepergian dan HP ini masih cukup layak dijadikan HP untuk main game umum.

Demikianlah pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy A8 (2018). Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mempertimbangkan bagus tidaknya Samsung Galaxy A8 (2018). Jika tertarik untuk membelinya, Anda bisa langsung mengunjungi Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment