carisinyal web banner retina

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2022

Tidak banyak yang tahu bahwa keyboard memiliki dua tipe, keyboard rubber dome (atau keyboard membrane) dan keyboard mechanical. Keyboard rubber dome adalah keyboard yang pada umumnya digunakan orang. Keyboard ini menggunakan karet pada bagian bawah keycapsnya.

Sementara keyboard mechanical adalah keyboard yang memiliki sifat mekanik dengan memanfaatkan sebuah switch di bawah keycap sehingga jari terasa memiliki tekanan balik saat mengetik. Hal ini membuat penggunaan keyboard mechanical lebih nyaman jika dibandingkan dengan keyboard biasa.

Keyboard mechanical harganya lebih mahal dibandingkan dengan keyboard rubber dome, harganya bisa mencapai Rp1 jutaan ke atas. Harga mahal tersebut cukup pantas mengingat keyboard mechanical umumnya sudah anti cipratan air, memiliki kabel braided, menggunakan plate emas pada bagian USB, dan biasanya memiliki ketahanan tekanan keyboard 50 juta kali ke atas.

Menariknya, tidak semua keyboard mechanical mahal karena yang termurah umumnya hadir mulai harga Rp400 ribuan. Karena itu, kali ini akan dipaparkan tentang 10 daftar keyboard mechanical murah (Rp400 ribuan sampai Rp1 jutaan) berkualitas. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Rexus MX10

Rexus-MX10

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu hal paling menonjol dari keyboard mekanikal ini adalah pencahayaan LED-nya yang begitu terang, tajam, dan bervariasi – ia mampu menghasilkan 16 juta spektrum warna dengan 9 pengaturan pencahayaan. Semakin menjadikannya terlihat modern dan futuristik.

Jumlah tombolnya sebanyak 104 tombol dan semuanya memiliki kemampuan anti-ghosting. Mau seberapapun tombol yang ditekan berbarengan, keyboard akan mendeteksi inputtan tanpa masalah.

Anda tentu tidak mau 'kan keyboard mulai tidak enak dipakai setelah pemakaian lama? Jangan khawatir, kualitas switch merk Outemu yang diusungnya tidak dapat diragukan lagi. Ia mampu bertahan hingga 50 juta klik pemakaian serta diklaim memiliki jarak aktuasi yang optimal, yakni 4mm.

Waktu responsnya pun di bawah 5 ms. Cepat sekali, bukan? Oh iya, terdapat juga tiga pilihan switch Outemu (dengan feel dan suara yang berbeda saat ditekan) yang bisa diganti dengan mudah. Untuk keyboard mekanikal sebagus ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp400 ribuan.

2. Redragon KUMARA K552 RGB

Redragon-K552-KUMARA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hadir dengan build yang tahan lama disertai dengan harga yang tidak begitu mahal, keyboard mekanikal ini cocok masuk ke dalam daftar rekomendasi Carisinyal. Dengan hanya sekitar Rp400 ribu, Anda bisa mendapatkan keyboard yang juga dilengkapi dengan backlight LED ini.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya termasuk kemampuan anti-ghosting, pencahayaan RGB yang bisa disesuaikan, kualitas switch yang tak bisa diremehkan, juga ketahanan pada spring mekanikal yang membuat tombol nyaman ditekan selama bertahun-tahun. Selain itu, konstruksi pada build-nya juga bukan abal-abal.

Ia menggunakan bahan alumunium dan juga dilapisi polimer ABS yang terbukti mampu bertahan pada suhu tinggi tertentu. Ia tahan juga terhadap zat-zat yang umumnya bisa merusak bahan plastik biasa.

Anda pun tidak perlu khawatir huruf-hurufnya memudar, karena keycaps pada Redragon KUMARA K552 RGB menggunakan teknik injeksi ganda. Secara keseluruhan, keyboard mekanikal ini mampu membuat pengalaman gaming Anda lebih nyaman dan berkesan.

3. Armaggeddon MKA-3C

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 3

Armaggeddon MKA-3C Psychfalcon adalah pilihan yang tak bisa dikesampingkan jika Anda butuh keyboard berperforma sip dengan bentuk ringkas. Pasalnya, Anda tak perlu tenaga berlebih untuk menekan tombol di keyboard dengan layout TKL (Ten Key Less) ini. Maklum tactile travel keyboard ini sekitar 1,8 mm, dengan rata-rata operating force 60 gf.

Kemudian, keyboard seharga 400 ribuan ini memakai switch biru Outemu Blue Switch yang punya karakteristik clicky. Karena itu, suara setiap kali mengetik akan cukup berisik. Meski begitu, switch ini awet karena bisa melayani pengguna hingga 50 juta kali pencetan.

Yang menarik, Armaggeddon MKA-3C memakai keycap dengan teknologi kevlar yang membuat kelirnya tahan luntur. Bahkan Armageddon menjaminnya dengan garansi tahan luntur seumur hidup. Keyboard yang dilengkapi dengan kabel 1,3 meter ini juga menarik karena tipis, punya 9 LED backlight multiwarna, dan movement EFX beserta 9 game profile.

4. Imperion Centipada KG-C10R

Imperion Centipada

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Imperion Centipada adalah keyboard mechanical yang memiliki lampu RGB LED di bagian keyboard maupun di bagian seluruh bodinya. Keyboard ini mengusung desain full size alias memiliki bagian tombol numpad. Dengan tipe layout ini, Imperion Centipada cocok digunakan sebagai keyboard gaming.


Bentuk desain keyboard ini tergolong cukup elegan dengan bodi aluminium yang solid. Kabel keyboard ini sudah braided dan di bagian belakang bodi keyboard ini sudah tersedia ruang untuk manajemen kabelnya.

Imperion Centipada mengggunakan konsep keycaps floating alias keycaps pada keyboard ini tampak mengambang. Jika dibuka bagian keycaps keyboard ini, Anda akan menemukan fakta kalau keyboard ini menggunakan Kailh LH Blue Switch. Tipe switch ini tergolong clicky dan cukup berisik. Keyboard ini memiliki fungsi RGB yang beragam dengan ketersedian tombol mutlitmedia di bagian atas.

Menilik fitur yang ditawarkannya, keyboard ini tergolong cukup baik dan cocok digunakan bermain gim maupun untuk mengetik. Tertarik dengan keyboard Imperion Centipada? Bagi Anda yang tertarik, Anda cukup mengeluarkan dana kisaran Rp600 ribuan.

5. Sades Shield Mechanical

Sades-Shield-Mechanical

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Setiap orang tentu tidak ingin barang yang telah dibelinya cepat rusak. Untung saja, panel pada keyboard mekanikal Sades Shield ini telah dibekali dengan bahan material berupa alumunium anode yang telah melalui tahapan sandblasting supaya jadi antikarat.

Sementara itu, umur pemakaiannya juga sangat panjang untuk menemani Anda bermain game bertahun-tahun (hingga 80 juta kali klik pemakaian). Karena penampilan juga salah satu faktor utama, keyboard ini tidak lupa menambahkan fitur RGB backlight dengan 18 pola efek yang bisa dipilih.

Oh iya, keyboard mekanikal ini bahkan memiliki kegunaan di luar gaming, lho! Terlihat dari tombol fungsi yang bisa digunakan untuk kontrol media seperti saat memutar video atau musik. Dan seperti kebanyakan keyboard mekanikal, tentu saja Sades Shield telah disertai kemampuan anti-ghosting yang baik dan juga huruf pada keycap tidak akan pernah pudar. Tertarik? Harganya sekitar Rp600 ribuan.

6. Tecware Spectre Pro RGB

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 7

Perusahaan peripheral komputer Tecware kondang dengan produknya yang terjangkau. Maka tak heran bila salah satu keyboard mekanikal mereka, Tecware Spectre Pro RGB, dijual dengan kisaran harga 700 ribuan saja. Keyboard dengan konfigurasi 104 tombol ini punya cukup banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi.

Seperti warna lampu RGB yang warnanya bisa disesuaikan tiap tombol, dan tersedia dalam tiga varian Outemu switch (Blue, Brown, Red). Kemudian, keyboard dengan kabel braided 1,8 m ini punya 12 mode warna dengan 5 level dan 5 kecepatan. Mode warna tersebut bisa Anda setel untuk tombol, bodi keyboard, dan tombol volume terdedikasi.

Semua fitur tersebut hadir demi menciptakan feel yang sesuai dengan kepribadian Anda. Selain itu, keyboard dengan 16 juta warna RGB ini dilengkapi dengan empat software fungsional. Salah satu software itu adalah Macro Recording yang berfungsi merekam suatu perintah untuk diketik berulang-ulang secara otomatis.

7. Motospeed K87S

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 9

Cantik adalah impresi pertama yang Anda dapati ketika melihat Motospeed K87S. Tak pelak keyboard yang hanya tersedia dalam warna putih ini bakal cocok buat gamers wanita. Selain itu, keyboard seharga 700 ribuan ini ringan (0,78 kg) dan tipis (ketebalan 1,38 inci). Motospeed mengklaim tombol-tombol produknya yang satu ini responsif dan nyaman untuk pemakaian kerja kantoran maupun gaming.

Sebab, Motospeed K87S didukung oleh switch biru dengan kecepatan respons 0,1 milidetik. Adapun keyboard dengan layout TKL tersebut memiliki material aluminium dan ABS (plastik) yang cukup kukuh. Selain itu, tombol-tombolnya juga punya daya tahan yang baik dengan usia pemakaian hingga 50 juta kali tekanan.

Untuk masalah tampilan, ada 9 efek warna yang bisa Anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memencet tombol Fn+Ins untuk mengganti efek warna dari keyboard yang dilengkapi kabel sepanjang 1,8 m ini. Anda akan memperoleh garansi 1 tahun dengan membeli Motospeed K87S.

8. Rexus Daxa M84 Pro

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 11

Rexus memiliki satu keyboard gaming mekanikal terjangkau yang masuk ke dalam kategori superior. Keyboard yang dimaksud adalah Rexus Daxa M84 Pro yang punya layout 84 tombol. Keyboard dengan material ABS (plastik) ini punya penampilan trendi dan kaya fitur. Keyboad ini trendi karena tersedia dalam dua varian warna keycap: kombinasi putih abu-abu, serta hitam abu-abu.

Disediakan pula keycap tambahan berwarna merah khusus untuk Esc dan Enter. Selanjutnya, ada banyak alasan mengapa Rexus Daxa M84 Pro tergolong kaya fitur. Pertama, ia mendukung teknologi hot-swappable switch. Hal ini memungkinkan pengguna mengganti dan mengombinasikan switch tak peduli tipe dan mereknya.

Kedua, keyboard mekanikal 800 gram ini bisa dipakai dengan dua mode, yakni melalui kabel (USB C) maupun nirkabel lewat Bluetooth 5.0. Jika Anda lebih senang mode nirkabel, tak perlu pusing bila baterainya cepat habis. Soalnya, baterai keyboard seharga 900 ribuan ini punya kapasitas besar: 3750 mAh.

Masih soal fitur, Rexus Daxa M84 Pro bisa melakukan fungsi Macro (menyimpan perintah dan mengetik otomatis), bisa dipakai untuk Windows, Mac, dan Android, serta memiliki dua port USB plus satu USB C. Dalam paket penjualannya, Anda akan memperoleh 1 set magnetic keyboard stand, 1 kabel USB C, 4 switch cadangan, 1 pengungkit switch, dan 1 pengungkit keycap.

9. Redragon K586 RGB Pro BRAHMA

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 13

Redragon K586 RGB Pro BRAHMA adalah produk yang bisa dilirik kalau Anda adalah gaming enthusiast. Berbekal layout 100% (dengan numpad), seluruh aksi Anda dapat terakomodasi. Redragon mengklaim, pengalaman mengetik di produknya ini akan sangat menyenangkan berkat switch optikal-mekanikal biru dari Outemu.

Waktu respons-nya cuma 0,2 milidetik, lebih cepat 10 kali ketimbang keyboard mekanikal biasa. Selanjutnya, Redragon menjamin bahwa keyboard seharga 900 ribuan ini bebas abrasi, anti-tumpahan air, dan antidebu. Membuatnya punya usia pakai lebih panjang, yakni hingga 100 juta klik.

Adanya RGB backlight 16,8 juta warna yang bisa diatur sesuai selera bisa menambah suasana membara saat bermain gim. Keyboard kabel ini pun punya beberapa fitur lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur-fitur itu mencakup 10 tombol macro, media control panel, 4 profil yang bisa dikustomisasi, serta driver eksklusif.

10. Corsair K65 LUX RGB

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun [year] 15

Corsair memang kondang dengan produk RAM dan power supply. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat ini juga punya produk keyboard mekanikal berkualitas. Misalnya Corsair K65 LUX RGB yang dijual dengan harga 1 jutaan ini. Corsair K65 LUX RGB diciptakan buat gamers yang suka dengan kesederhanaan dan kelugasan.

Keyboard ini sederhana lantaran layout yang dipakainya adalah 87 tombol (Tenkeyless). Meski begitu, disertakan pula tombol media control terdedikasi seperti volume. Kemudian, keyboard dengan frame aluminium ini lugas karena switch yang dipakai adalah Cherry MX Red. Switch ini punya karakteristik paling ringan dan paling lembut dari semua jenis yang ada.

Selain itu, Cherry MX Red juga membuat keyboard tak akan bersuara sekuat dan secepat apapun Anda mengetik. Anda pun tak perlu khawatir bila keyboard yang satu ini gagal me-register perintah ketika tombol yang ditekan cukup banyak dalam satu waktu. Pasalnya, ia sudah mendukung N-Key rollover dan menjamin 100% anti-ghosting.

Corsair K65 LUX RGB dilengkapi dengan kabel braided, palm rest (dudukan tangan) yang bisa dibongkar-pasang, keycap warna tambahan yang bertekstur untuk gim FPS/MOBA, serta port USB untuk menyambungkan perangkat lain. Adapun keyboard bergaransi 2 tahun ini memiliki LED RGB backlight yang warnanya bisa diatur per tombol.

Di kelas harga Rp400 sampai Rp1 jutaan, sebenarnya masih banyak keyboard mechanical pilihan lainnya selain 10 yang sudah disebutkan di atas. Ada yang mengusung gimmick untuk gaming ada juga yang bahkan miskin fitur.

Terlepas dari itu, sebagai penutup, ada tips ketika Anda hendak membeli keyboard mechanical. Belilah keyboard yang benar-benar mechanical dan hindari keyboard dengan tulisan "hybrid mechanical" karena keyboard tersebut bukanlah keyboard mechanical.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram