Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Laptop / 10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2018

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2018

Tidak banyak yang tahu bahwa keyboard memiliki dua tipe, keyboard rubber dome (atau keyboard membrane) dan keyboard mechanical. Keyboard rubber dome adalah keyboard yang pada umumnya digunakan orang. Keyboard ini menggunakan karet pada bagian bawah keycapsnya.

Sementara keyboard mechanical adalah keyboard yang memiliki sifat mekanik dengan memanfaatkan sebuah switch di bawah keycap sehingga jari terasa memiliki tekanan balik saat mengetik. Hal ini membuat penggunaan keyboard mechanical lebih nyaman jika dibandingkan dengan keyboard biasa.

Keyboard mechanical harganya lebih mahal dibandingkan dengan keyboard rubber dome, harganya bisa mencapai Rp1 jutaan ke atas. Harga mahal tersebut cukup pantas mengingat keyboard mechanical umumnya sudah anti cipratan air, memiliki kabel braided, menggunakan plate emas pada bagian USB, dan biasanya memiliki ketahanan tekanan keyboard 50 juta kali ke atas.

Menariknya, tidak semua keyboard mechanical mahal dan Keyboard mechanical termurah umumnya hadir di rentang harga Rp400 ribuan. Karena itu, kali ini akan dipaparkan tentang 10 daftar keyboard mechanical murah (Rp400 ribuan sampai Rp900 ribuan) berkualitas. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

10 Keyboard Gaming Murah dan Berkualitas

1. Digital Alliance K1 Meca 2.7

DA MECA K1 2.7

Digital Alliance K1 Meca 2.7 atau mari singkat dengan nama DA K1 Meca 2.7 adalah keyboard mechanical yang ramah kantong tetapi memiliki kualitas yang baik. Keyboard ini sudah mengusung konsep lampu RGB LED dengan berbagian varian yang bisa Anda pilih.

Ukuran keyboard ini cukup kompak berkat konsep TKL (ten key less) alias keyboard yang tidak memiliki tombol numpad. Untuk switch yang digunakan, DA K1 Meca 2.7 menggunakan switch Outemu warna biru yang clicky dan bersuara.

DA K1 Meca 2.7 ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin pindah dari keyboard rubber dome ke mechanical. Harganya yang murah tentu jadi alasan tersendiri. Yang agak disayangkan dari keyboard ini hanya tidak tersedianya ruang untuk manajemen kabel, untungnya kabel keyboard ini sudah braided.

Tertarik dengan keyboard ini? Anda yang berminat membeli keyboard mechanical murah berkualitas bisa mempersiapkan dana kisaran Rp 400 ribuan (bahkan bisa lebih murah) untuk meminang keyboard ini di Bukalapak melalui link ini.

2. Imperion Centipada

Imperion Centipada

Imperion Centipada adalah keyboard mechanical yang memiliki lampu RGB LED di bagian keyboard maupun di bagian seluruh bodinya. Keyboard ini mengusung desain full size alias memiliki bagian tombol numpad. Dengan tipe layout ini, Imperion Centipada cocok digunakan sebagai keyboard gaming.

Bentuk desain keyboard ini tergolong cukup elegan dengan bodi aluminium yang solid. Kabel keyboard ini sudah braided dan di bagian belakang bodi keyboard ini sudah tersedia ruang untuk manajemen kabelnya.

Imperion Centipada mengggunakan konsep keycaps floating alias keycaps pada keyboard ini tampak mengambang. Jika di buka bagian keycaps keyboard ini, Anda akan menemukan fakta kalau keyboard ini menggunakan Kailh LH Blue Switch. Tipe switch ini tergolong clicky dan cukup berisik. Keyboard ini memiliki fungsi RGB yang beragam dengan ketersedian tombol mutlitmedia di bagian atas.

Menilik fitur yang ditawarkannya, keyboard ini tergolong cukup baik dan cocok digunakan bermain gim maupun untuk mengetik. Tertarik dengan keyboard Imperion Centipada? Bagi Anda yang tertarik, Anda cukup mengeluarkan dana kisaran Rp500 ribuan untuk membeli keyboard ini di Bukalapak lewat link ini.

3. Fantech MK871

Fantech MK871

Jika Anda mencari keyboard mechanical murah rasa premium, Fantech MK871 adalah pilihannya. Keyboard mechanical ini hadir dengan tampilan TKL sehingga membuat desain keyboard ini tampak sederhana dan compact. Tentu saja keyboard ini juga mengusung konsep LED dengan berbagai 8 mode spectrum.

Fantech MK871 sudah menggunakan kabel braided yang cukup kuat. Kabelnya dapat dengan mudah dirapikan berkat ruangan cable management di belakang bodi keyboard ini. Untuk swtich, Fantech MK871 hadir dengan dua varian switch yakni Kailh Brown Switch dan Kailh Blue Switch.

Anda yang menyukai karakteristik switch yang clicky tetapi tidak berisik, Fantech MK871 Brown Switch tentunya yang perlu Anda pilih. Jika menyukai yang clicky dan berbunyi, maka Fantech MK871 Blue Switch adalah pilihan terbaik Anda. Tertarik? Anda bisa membeli Fantech MK871 ini dengan harga Rp 400 – 600 ribuan saja di Bukalapak melalui link ini.

4. Vortex VX7

Vortex VX7

Salah satu switch terbaik di ranah keyboard mechanical adalah switch Cherry MX. Sayangnya, keyboard mechanical dengan switch Cherry MX rata-rata dijual Rp800 ribuan ke atas. Namun, kehadiran Vortex VX7 jadi angin segar bagi mereka yang membutuhkan keyboard mechanical murah dengan switch Cherry MX. Pasalnya, Vortex VX7 dibanderol dengan harga hanya Rp600 ribuan saja.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan keyboard mechanical TKL dengan lampu LED RGB. Anda juga mendapatkan keyboard dengan keycaps bertipe full Keys Anti-ghosting. Dan tentu saja switch Cherry MX yang sudah diakui kenyamanannya saat digunakan mengetik maupun main gim.

Vortex VX7 ini tersedia dalam varian switch Cherry MX Blue dan Cherry MX Brown. Selain itu, Vortex VX7  juga memiliki varian yang lebih murah yakni hanya Rp 400 ribuan. Varian ini tidak menggunakan switch Cherry MX tetapi menggunakan switch Gateron, yang secara kualitas dan kenyamanan sedikit di bawah switch Cherry MX.

Anda tertarik dengan Vortex VX7 varian mana? Yang manapun tetap sesuaikan dengan dana dan selera switch Anda. Untuk Anda yang ingin membelinya, silakan kunjungi Bukalapak di link ini.

5. Rexus Legionare MX2

Rexus Legionare MX 2

Rexus Legionare MX2 adalah keyboard mechanical yang pada bagian depannya sudah dilapisi alumunium alloy. Sementara pada bagian keycaps, Anda dapat dengan mudah menebak kalau keybaord ramai dengan banyak warna, termasuk dengan warna LED yang tampak memiliki pencahayaan yang baik.

Keyboard ini tergolong memiliki desain yang cukup lebar dan gahar. Desain keyboard ini yang lebar karena keyboard ini mengusung keyboard fullsize atau keyboard dengan 104 tombol. Keyboard ini mengusung Kailh Switch Blue. Menariknya, Rexus menyediakan untuk melepas dan mengganti switch di keyboard ini.

Yang menarik dan membuat Rexus Legionare MX2 bisa dibilang keyboard mechanical murah berkualitas adalah fitur ketahanan air. Berbeda dengan keyboard mechanical lain yang umumnya hanya tahan cipratan air, keyboard ini justru bisa tahan air.

Anda yang suka main gim dan sering ceroboh menumpahkan air ke keyboard, barangkali cocok memilih Rexus Legionare MX2 ini. Terlebih keyboard ini termasuk keyboard yang terjangkau. Tertarik? Anda bisa merogoh kocek kisaran Rp400 ribuan saja untuk membeli keyboard ini di Bukalapak lewat link ini.

6. Corsair K66

Corsair K66

Corsair K66 adalah keyboard mechanical berkualitas dan murah yang bisa Anda pilih. Keyboard dengan layout 104 tombol ini memiliki desain yang cukup kokoh. Keyboard ini tidak memiliki lampu LED sehingga untuk Anda yang suka mengetik atau bermain gim di ruangan gelap kurang cocok memilih laptop ini.

Meskipun tanpa LED, keyboard ini memiliki fitur-fitur menarik, contohnya adalah hadirnya tombol khusus untuk multimedia, mendukung pengaturan lewat program Corsair Utility Engine (CUE), serta tentu saja Windows key lock mode. Fitur terakhir cukup dibutuhkan ketika bermain gim.

Corsair K66 menggunakan switch Cherry MX Red alias switch warna merah. Switch ini memiliki karakteristik linear alias tidak clicky dan berisik seperti switch warna biru. Tertarik dengan keyboard ini? Anda bisa membeli keyboard ini dengan harga kisaran 800 ribuan di Bukalapak lewat link ini.

7. Ducky One 1687- Non LED

Ducky One 1687

Ducky One 1687 hadir dengan tampilan layout TKL. Karena mengusung TKL, keyboard ini tampak lebih kompak dan ringan. Keyboard ini menggunakan switch Cherry MX dengan berbagai varian. Anda bisa memilih Ducky One 1687 dengan red switch, blue switch, maupun varian brown switch.

Ducky One 1687 memang tampak sederhana tanpa berbagai gimmick. Namun, keyboard ini tergolong nyaman digunakan untuk mengetik maupun untuk bermain gim. Harganya juga cukup terjangkau yakni kisaran Rp800 ribuan saja. Harga tersebut khusus untuk Ducky One 1687 yang tidak menggunakan LED backlight.

Ducky One 1687 juga menyediakan varian LED backlight. Hanya saja lampu LED di keyboard ini tidak RGB alias satu warna lampu LED. Untuk varian ini, Anda perlu merogoh kocek kisaran 800 ribuan. Tertarik dengan Ducky One 1687? Cek Bukalapak di link ini untuk membelinya.

8. Cherry MX-Board 2.0

Cherry MX Board 2.0

Cherry MX Board 2.0 merupakan keyboard mechanical murah lainnya yang bisa Anda pilih. Keyboard ini menawarkan tampilan layout full size. Karena itu, tidak heran jika keyboard ini tampak lebih lebar. Desain keyboard ini juga terlihat sederhana dan malah kesan yang didapatkan keyboard tidak terlihat seperti keyboard mechanical.

Tidak hadirnya lampu LED, kabel yang tidak braided, serta USB plate yang tidak berwarna emas semakin membuat Cherry MX Board 2.0 terkesan biasa saja. Yang jadi keunggulan dari keyboard ini adalah keycaps yang lebih low profile dengan switch Cherry MX.

Kehadiran switch Cherry MX inilah yang membuat keyboard ini cukup menarik. Pasalnya, meski miskin fitur, dengan harga Rp500 ribuan, Anda sudah mendapatkan keyboard dengan switch Cherry MX, switch yang terkenal berkualitas baik. Tipe Cherry MX yang digunakan pada keyboard adalah tipe red switch yang memiliki karakteristik linear.

Cherry MX Board 2.0 ini memiliki beberapa varian switch seperti Blue, Red, Brown, dan Black. Sayangnya di Indonesia, Cherry MX Board 2.0  yang banyak beredar adalah varian red switch. Tertarik dengan keyboard ini? Anda bisa membeli Cherry MX Board 2.0 di Bukalapak melalui link ini.

9. IKBC C87

IKBC C87

IKBC C87 adalah keyboard mechanical dengan switch Cherry MX dengan harga yang cukup murah. Harga keyboard ini dibanderol dengan kisaran Rp 800 ribuan untuk versi TKL. Anda juga bisa membeli varian full size dengan harga yang lebih mahal.

IKBC C87 tidak memiliki lampu LED backlight. Kabel keyboard ini juga tidak braided. Untungnya, di bagian bawah keyboard tersedia ruang untuk management cable. Yang membuat keyboard ini menarik adalah penggunaan switch Cherry MX yang tentu saja membuat keyboard ini cukup banyak diburu orang.

Anda yang tertarik dengan IKBC C87 ini bisa membeli berbagai varian switch Cherry MX, di antaranya ada switch blue, red, brown, dan black. Tertarik dengan keyboard ini? Anda bisa membeli IKBC C87 di Bukalapak melalui link ini.

10. Logitech G413 Carbon

Logitech G413 Carbon

Logitech G413 Carbon adalah keyboard mechanical berkualitas yang layak dipilih. Harga keyboard ini memang cukup mahal dibandingkan 9 keyboard mechanical lainnya yang sudah disebutkan. Pasalnya, keyboard ini dibanderol dengan harga Rp900 ribuan saja. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan keyboard ini di rentang harga Rp890 ribuan saja.

Logitech G413 Carbon tidak dilengkapi fitur RGB. Untungnya, keyboard ini mengusung LED baclight berwarna merah. Hal ini menimbulkan kesan kalau keyboard ini tampak lebih gahar. Terlebih desain keyboard ini yang perpaduan plastik dan aluminium yang solid.

Logitech G413 ini hadir dengan switch khusus besutan Logitech yang dinamakan Romer-G. Switch ini memiliki bunyi yang lebih berisik jika dibandingkan dengan switch Cherry MX.

Switch Romer-G juga ini diklaim Logitech memiliki respon 25 kali lebih cepat dan memiliki presisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan keyboard mechanical lainnya. Karena switch ini besutan khusus Logitech, Anda belum tentu suka dengan switch ini. Terlebih jika Anda terbiasa dan nyaman dengan switch Cherry MX.

Logitech G413 cocok untuk Anda yang membutuhkan keyboard mechanical berkualitas tetapi tetap murah. Terlebih Logitech terkenal dengan produknya yang cukup berkualitas. Jika Anda tertarik dengan Logitech G413 Carbon ini, Anda bisa membeli keyboard ini di Bukalapak lewat link ini.

Di kelas harga Rp400 sampai Rp900 ribuan, sebenarnya masih banyak keyboard mechanical pilihan lainnya selain 10 yang sudah disebutkan di atas. Ada yang mengusung gimmick untuk gaming ada juga yang bahkan miskin fitur.

Terlepas dari itu, sebagai penutup, ada tips ketika Anda hendak membeli keyboard mechanical. Belilah keyboard yang benar-benar mechanical dan hindari keyboard dengan tulisan “hybrid mechanical” karena keyboard tersebut bukanlah keyboard mechanical.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment