Carisinyal / Aksesoris PC / 10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2020

10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak banyak yang tahu bahwa keyboard memiliki dua tipe, keyboard rubber dome (atau keyboard membrane) dan keyboard mechanical. Keyboard rubber dome adalah keyboard yang pada umumnya digunakan orang. Keyboard ini menggunakan karet pada bagian bawah keycapsnya.

Sementara keyboard mechanical adalah keyboard yang memiliki sifat mekanik dengan memanfaatkan sebuah switch di bawah keycap sehingga jari terasa memiliki tekanan balik saat mengetik. Hal ini membuat penggunaan keyboard mechanical lebih nyaman jika dibandingkan dengan keyboard biasa.

Keyboard mechanical harganya lebih mahal dibandingkan dengan keyboard rubber dome, harganya bisa mencapai Rp1 jutaan ke atas. Harga mahal tersebut cukup pantas mengingat keyboard mechanical umumnya sudah anti cipratan air, memiliki kabel braided, menggunakan plate emas pada bagian USB, dan biasanya memiliki ketahanan tekanan keyboard 50 juta kali ke atas.

Menariknya, tidak semua keyboard mechanical mahal dan Keyboard mechanical termurah umumnya hadir di rentang harga Rp400 ribuan. Karena itu, kali ini akan dipaparkan tentang 10 daftar keyboard mechanical murah (Rp400 ribuan sampai Rp900 ribuan) berkualitas. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Tt eSPORTS Keyboard Gaming Poseidon Z RGB

Poseidon Z RGB

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Poseidon Z RGB adalah keyboard gaming mekanis yang hadir dengan spektrum 16,8 juta warna RGB yang memukau. Tersedia pula konfigurasi prasetel yang keren, serta kemampuan untuk sepenuhnya menyesuaikan, memprogram ulang dan menyesuaikan setiap detail pencahayaan RGB hingga kecerahan dan kecepatan di mana efek bekerja.

Keyboard mekanis ini dilengkapi dengan memori internal yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan profil dan konfigurasi yang Anda buat. Dengan demikian, seluruh pengaturan yang Anda buat akan selalui menyertai Anda, di mana pun Anda bermain game.

Untuk switch, Poseidon Z RGB menggunakan Switch Mekanik eSPORTS yang telah bersertifikat. Switch tersebut, seperti tertulis dalam situs resmi perusahaan, dirancang untuk memberikan respons taktil mekanik yang tak tertandingi saat bermain. Selain itu, Switch Mekanik eSPORTS juga dibuat agar tahan lebih lama hingga 50 juta penekanan tombol plus garansi yang lama.

Secara keseluruhan, Tt eSPORTS Keyboard Gaming Poseidon Z RGB menawarkan kinerja yang luar biasa untuk kebutuhan gaming Anda. Sejumlah fitur dan teknologi unggulan juga dibenamkan pada produk yang satu ini.

2. Imperion Centipada

Imperion Centipada

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Imperion Centipada adalah keyboard mechanical yang memiliki lampu RGB LED di bagian keyboard maupun di bagian seluruh bodinya. Keyboard ini mengusung desain full size alias memiliki bagian tombol numpad. Dengan tipe layout ini, Imperion Centipada cocok digunakan sebagai keyboard gaming.

Bentuk desain keyboard ini tergolong cukup elegan dengan bodi aluminium yang solid. Kabel keyboard ini sudah braided dan di bagian belakang bodi keyboard ini sudah tersedia ruang untuk manajemen kabelnya.

Imperion Centipada mengggunakan konsep keycaps floating alias keycaps pada keyboard ini tampak mengambang. Jika di buka bagian keycaps keyboard ini, Anda akan menemukan fakta kalau keyboard ini menggunakan Kailh LH Blue Switch. Tipe switch ini tergolong clicky dan cukup berisik. Keyboard ini memiliki fungsi RGB yang beragam dengan ketersedian tombol mutlitmedia di bagian atas.

Menilik fitur yang ditawarkannya, keyboard ini tergolong cukup baik dan cocok digunakan bermain gim maupun untuk mengetik. Tertarik dengan keyboard Imperion Centipada? Bagi Anda yang tertarik, Anda cukup mengeluarkan dana kisaran Rp500 ribuan.

3. Redragon K552 KUMARA

Redragon-K552-KUMARA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hadir dengan build yang tahan lama disertai dengan harga yang tidak begitu mahal, keyboard mekanikal ini cocok masuk ke dalam daftar rekomendasi Carisinyal. Dengan hanya sekitar Rp 500 ribu, Anda bisa mendapatkan keyboard yang juga dilengkapi dengan backlight LED ini.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya termasuk kemampuan anti-ghosting, pencahayaan RGB yang bisa disesuaikan, kualitas switch yang tak bisa diremehkan, juga ketahanan pada spring mekanikal yang membuat tombol nyaman ditekan selama bertahun-tahun. Selain itu, konstruksi pada build-nya juga bukan abal-abal.

Ia menggunakan bahan alumunium dan juga dilapisi polimer ABS yang terbukti mampu bertahan pada suhu tinggi tertentu. Ia tahan juga terhadap zat-zat yang umumnya bisa merusak bahan plastik biasa.

Anda pun tidak perlu khawatir huruf-hurufnya memudar, karena keycaps pada Redragon K552 KUMALA menggunakan teknik injeksi ganda. Secara keseluruhan, keyboard mekanikal ini mampu membuat pengalaman gaming Anda lebih nyaman dan berkesan.

4. Vortex VX7

Vortex VX7

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu switch terbaik di ranah keyboard mechanical adalah switch Cherry MX. Sayangnya, keyboard mechanical dengan switch Cherry MX rata-rata dijual Rp800 ribuan ke atas. Namun, kehadiran Vortex VX7 jadi angin segar bagi mereka yang membutuhkan keyboard mechanical murah dengan switch Cherry MX. Pasalnya, Vortex VX7 dibanderol dengan harga hanya Rp600 ribuan saja.


Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan keyboard mechanical TKL dengan lampu LED RGB. Anda juga mendapatkan keyboard dengan keycaps bertipe full Keys Anti-ghosting. Dan tentu saja switch Cherry MX yang sudah diakui kenyamanannya saat digunakan mengetik maupun main gim.

Vortex VX7 ini tersedia dalam varian switch Cherry MX Blue dan Cherry MX Brown. Selain itu, Vortex VX7  juga memiliki varian yang lebih murah yakni hanya Rp 400 ribuan.

Varian ini tidak menggunakan switch Cherry MX tetapi menggunakan switch Gateron, yang secara kualitas dan kenyamanan sedikit di bawah switch Cherry MX. Anda tertarik dengan Vortex VX7 varian mana? Yang manapun tetap sesuaikan dengan dana dan selera switch Anda.

5. Rexus MX10

Rexus-MX10

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu hal paling menonjol dari keyboard mekanikal ini adalah pencahayaan LED-nya yang begitu terang, tajam, dan bervariasi – ia mampu menghasilkan 16 juta spektrum warna dengan 9 pengaturan pencahayaan. Semakin menjadikannya terlihat modern dan futuristik.

Jumlah tombolnya sebanyak 104 tombol dan semuanya memiliki kemampuan anti-ghosting. Mau seberapapun tombol yang ditekan berbarengan, keyboard akan mendeteksi inputtan tanpa masalah.

Anda tentu tidak mau ‘kan keyboard mulai tidak enak dipakai setelah pemakaian lama? Jangan khawatir, kualitas switch merk Outemu yang diusungnya tidak dapat diragukan lagi. Ia mampu bertahan hingga 50 juta klik pemakaian serta diklaim memiliki jarak aktuasi yang optimal, yakni 4mm.

Waktu responnya pun di bawah 5 ms. Cepat sekali, bukan? Oh iya, terdapat juga tiga pilihan switch Outemu (dengan feel dan suara yang berbeda saat ditekan) yang bisa diganti dengan mudah. Untuk keyboard mekanisme sebagus ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 500 ribuan.

6. Corsair K63

Corsair K63

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan budget Rp 800 ribuan, Anda sudah bisa membawa pulang keyboard mekanis yang menggunakan 100% switch CHERRY MX Red yang dikenal menyajikan kinerja yang bagus dan unggul. Produk ini juga datang dengan lampu latar LED berwarna merah terang yang menawarkan banyak penyesuaian.

Ukuran font keycaps Corsair K63 dibuat lebih besar untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik. Tampil cukup ringkas, keyboard mekanis ini mengusung desain “tenkeyless”, yang berarti tidak menampilkan pad nomor. Hal ini cukup bermanfaat karena Anda dapat menghemat ruang ketika harus membawanya bepergian.

Corsair K63 adalah salah satu keyboard mekanis yang menyediakan fitur kontrol volume dan multimedia khusus. Hasilnya Anda dapat menyesuaikan audio dengan cepat tanpa perlu mengganggu aktivitas permainan.

Fitur lainnya yang sangat membantu adalah 100% anti ghosting dengan rollover kunci penuh. Dengan adanya hal ini, penekanan tombol yang Anda lakukan akan selalu mencatat seperti yang Anda inginkan, tidak peduli seberapa cepat aksi-aksi pada game yang Anda mainkan. Tertarik?

7. Ducky One 1687 – Non LED

Ducky One 1687

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ducky One 1687 hadir dengan tampilan layout TKL. Karena mengusung TKL, keyboard ini tampak lebih kompak dan ringan. Keyboard ini menggunakan switch Cherry MX dengan berbagai varian. Anda bisa memilih Ducky One 1687 dengan red switch, blue switch, maupun varian brown switch.

Ducky One 1687 memang tampak sederhana tanpa berbagai gimmick. Namun, keyboard ini tergolong nyaman digunakan untuk mengetik maupun untuk bermain gim. Harganya juga cukup terjangkau yakni kisaran Rp800 ribuan saja. Harga tersebut khusus untuk Ducky One 1687 yang tidak menggunakan LED backlight.

Ducky One 1687 juga menyediakan varian LED backlight. Hanya saja lampu LED di keyboard ini tidak RGB alias satu warna lampu LED. Untuk varian ini, Anda perlu merogoh kocek kisaran 800 ribuan. Tertarik dengan Ducky One 1687?

8. Sades Shield Mechanical

Sades-Shield-Mechanical

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Setiap orang tentu tidak ingin barang yang telah dibelinya cepat rusak. Untung saja, panel pada keyboard mekanikal Sades Shield ini telah dibekali dengan bahan material berupa alumunium anode yang telah melalui tahapan sandblasting supaya jadi antikarat.

Sementara itu, umur pemakaiannya juga sangat panjang untuk menemani Anda bermain game bertahun-tahun (hingga 80 juta kali klik pemakaian). Karena penampilan juga salah satu faktor utama, keyboard ini tidak lupa menambahkan fitur RGB backlight dengan 18 pola efek yang bisa dipilih.

Oh iya, keyboard mekanikal ini bahkan memiliki kegunaan di luar gaming, lho! Terlihat dari tombol fungsi yang bisa digunakan untuk kontrol media seperti saat memutar video atau musik. Dan seperti kebanyakan keyboard mekanikal, tentu saja Sades Shield telah disertai kemampuan anti-ghosting yang baik dan juga huruf pada keycap tidak akan pernah pudar. Tertarik? Harganya sekitar Rp 600 ribuan.

9. Gigabyte Force K81

Gigabyte-Force-K81

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dalam dunia game kompetitif, Anda akan bertemu dengan banyak lawan yang jago bermain. Itulah mengapa keyboard cukup penting supaya MMR tidak turun-turun. Oleh karena itu, gunakanlah keyboard mekanikal Gigabyte Force K81 dengan tingkat responsifitasnya yang tinggi. Poin aktuasinya cukup rendah, hanya 2 mm saja. Poin aktuasi yang rendah dapat membuat input Anda lebih cepat dikenali pada PC.

Selain itu, ada dua tipe switch yang bisa dipilih, yakni biru dan merah. Untuk switch biru, ia memiliki gaya aktuasi yang cukup ringan, yakni 45g. Ia mampu diklik secara soft dan tanpa mengeluarkan bunyi cetak-cetok yang berisik. Bagi Anda yang ingin mendapatkan feel yang enak saat menekan tombol, pilihlah switch yang merah dengan gaya aktuasi 50g.

Tidak perlu khawatir keyboard tiba-tiba pindah posisi, karena sudah tersedia dudukan kaki antilicin yang terbuat dari karet agar posisi keyboard bisa tetap diam bahkan saat sesi gaming yang ricuh. Sungguh sebuah keyboard mekanikal yang cocok sebagai “senjata” bermain. Yuk miliki Gigabyte Force K81 dengan harga Rp 1 jutaan ini!

10. Logitech G413 Carbon

Logitech G413 Carbon

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Logitech G413 Carbon adalah keyboard mechanical berkualitas yang layak dipilih. Harga keyboard ini memang cukup mahal dibandingkan 9 keyboard mechanical lainnya yang sudah disebutkan. Pasalnya, keyboard ini dibanderol dengan harga Rp900 ribuan saja. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan keyboard ini di rentang harga Rp890 ribuan saja.

Logitech G413 Carbon tidak dilengkapi fitur RGB. Untungnya, keyboard ini mengusung LED baclight berwarna merah. Hal ini menimbulkan kesan kalau keyboard ini tampak lebih gahar. Terlebih desain keyboard ini yang perpaduan plastik dan aluminium yang solid.

Logitech G413 ini hadir dengan switch khusus besutan Logitech yang dinamakan Romer-G. Switch ini memiliki bunyi yang lebih berisik jika dibandingkan dengan switch Cherry MX.

Switch Romer-G juga ini diklaim Logitech memiliki respon 25 kali lebih cepat dan memiliki presisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan keyboard mechanical lainnya. Karena switch ini besutan khusus Logitech, Anda belum tentu suka dengan switch ini. Terlebih jika Anda terbiasa dan nyaman dengan switch Cherry MX.

Logitech G413 cocok untuk Anda yang membutuhkan keyboard mechanical berkualitas tetapi tetap murah. Terlebih Logitech terkenal dengan produknya yang cukup berkualitas. Jika Anda tertarik dengan Logitech G413 Carbon ini, Anda bisa membeli keyboard ini di Bukalapak lewat link ini.

Di kelas harga Rp400 sampai Rp900 ribuan, sebenarnya masih banyak keyboard mechanical pilihan lainnya selain 10 yang sudah disebutkan di atas. Ada yang mengusung gimmick untuk gaming ada juga yang bahkan miskin fitur.

Terlepas dari itu, sebagai penutup, ada tips ketika Anda hendak membeli keyboard mechanical. Belilah keyboard yang benar-benar mechanical dan hindari keyboard dengan tulisan “hybrid mechanical” karena keyboard tersebut bukanlah keyboard mechanical.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Trimakasi infonya mas, mantap artikelnya.. ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *