10 Keyboard Mechanical Murah Berkualitas di Tahun 2023

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Tidak banyak yang tahu bahwa keyboard memiliki dua tipe, keyboard rubber dome (atau keyboard membrane) dan keyboard mechanical. Keyboard rubber dome adalah keyboard yang pada umumnya digunakan orang. Keyboard ini menggunakan karet pada bagian bawah keycapsnya.

Sementara keyboard mechanical adalah keyboard yang memiliki sifat mekanik dengan memanfaatkan sebuah switch di bawah keycap sehingga jari terasa memiliki tekanan balik saat mengetik. Hal ini membuat penggunaan keyboard mechanical lebih nyaman jika dibandingkan dengan keyboard biasa.

Keyboard mechanical harganya lebih mahal dibandingkan dengan keyboard rubber dome, harganya bisa mencapai Rp1 jutaan ke atas. Harga mahal tersebut cukup pantas mengingat keyboard mechanical umumnya sudah anti cipratan air, memiliki kabel braided, menggunakan plate emas pada bagian USB, dan biasanya memiliki ketahanan tekanan keyboard 50 juta kali ke atas.

Menariknya, tidak semua keyboard mechanical mahal karena yang termurah umumnya hadir mulai harga Rp400 ribuan. Karena itu, kali ini akan dipaparkan tentang 10 daftar keyboard mechanical murah (Rp400 ribuan sampai Rp1 jutaan) berkualitas. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Rexus MX10

Rexus-MX10

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu hal paling menonjol dari keyboard mekanikal ini adalah pencahayaan LED-nya yang begitu terang, tajam, dan bervariasi – ia mampu menghasilkan 16 juta spektrum warna dengan 9 pengaturan pencahayaan. Semakin menjadikannya terlihat modern dan futuristik.

Jumlah tombolnya sebanyak 104 tombol dan semuanya memiliki kemampuan anti-ghosting. Mau seberapapun tombol yang ditekan berbarengan, keyboard akan mendeteksi inputtan tanpa masalah.

Anda tentu tidak mau 'kan keyboard mulai tidak enak dipakai setelah pemakaian lama? Jangan khawatir, kualitas switch merk Outemu yang diusungnya tidak dapat diragukan lagi. Ia mampu bertahan hingga 50 juta klik pemakaian serta diklaim memiliki jarak aktuasi yang optimal, yakni 4mm.

Waktu responsnya pun di bawah 5 ms. Cepat sekali, bukan? Oh iya, terdapat juga tiga pilihan switch Outemu (dengan feel dan suara yang berbeda saat ditekan) yang bisa diganti dengan mudah. Untuk keyboard mekanikal sebagus ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp400 ribuan.

2. Redragon KUMARA K552 RGB

Redragon-K552-KUMARA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hadir dengan build yang tahan lama disertai dengan harga yang tidak begitu mahal, keyboard mekanikal ini cocok masuk ke dalam daftar rekomendasi Carisinyal. Dengan hanya sekitar Rp400 ribu, Anda bisa mendapatkan keyboard yang juga dilengkapi dengan backlight LED ini.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya termasuk kemampuan anti-ghosting, pencahayaan RGB yang bisa disesuaikan, kualitas switch yang tak bisa diremehkan, juga ketahanan pada spring mekanikal yang membuat tombol nyaman ditekan selama bertahun-tahun. Selain itu, konstruksi pada build-nya juga bukan abal-abal.

Ia menggunakan bahan alumunium dan juga dilapisi polimer ABS yang terbukti mampu bertahan pada suhu tinggi tertentu. Ia tahan juga terhadap zat-zat yang umumnya bisa merusak bahan plastik biasa.

Anda pun tidak perlu khawatir huruf-hurufnya memudar, karena keycaps pada Redragon KUMARA K552 RGB menggunakan teknik injeksi ganda. Secara keseluruhan, keyboard mekanikal ini mampu membuat pengalaman gaming Anda lebih nyaman dan berkesan.

3. Armaggeddon MKA-3C

Armaggeddon MKA-3C Psychfalcon adalah pilihan yang tak bisa dikesampingkan jika Anda butuh keyboard berperforma sip dengan bentuk ringkas. Pasalnya, Anda tak perlu tenaga berlebih untuk menekan tombol di keyboard dengan layout TKL (Ten Key Less) ini. Maklum tactile travel keyboard ini sekitar 1,8 mm, dengan rata-rata operating force 60 gf.

Kemudian, keyboard seharga 400 ribuan ini memakai switch biru Outemu Blue Switch yang punya karakteristik clicky. Karena itu, suara setiap kali mengetik akan cukup berisik. Meski begitu, switch ini awet karena bisa melayani pengguna hingga 50 juta kali pencetan.

Yang menarik, Armaggeddon MKA-3C memakai keycap dengan teknologi kevlar yang membuat kelirnya tahan luntur. Bahkan Armageddon menjaminnya dengan garansi tahan luntur seumur hidup. Keyboard yang dilengkapi dengan kabel 1,3 meter ini juga menarik karena tipis, punya 9 LED backlight multiwarna, dan movement EFX beserta 9 game profile.

4. Imperion Centipada KG-C10R

Imperion Centipada

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Imperion Centipada adalah keyboard mechanical yang memiliki lampu RGB LED di bagian keyboard maupun di bagian seluruh bodinya. Keyboard ini mengusung desain full size alias memiliki bagian tombol numpad. Dengan tipe layout ini, Imperion Centipada cocok digunakan sebagai keyboard gaming.

Bentuk desain keyboard ini tergolong cukup elegan dengan bodi aluminium yang solid. Kabel keyboard ini sudah braided dan di bagian belakang bodi keyboard ini sudah tersedia ruang untuk manajemen kabelnya.

Imperion Centipada mengggunakan konsep keycaps floating alias keycaps pada keyboard ini tampak mengambang. Jika dibuka bagian keycaps keyboard ini, Anda akan menemukan fakta kalau keyboard ini menggunakan Kailh LH Blue Switch. Tipe switch ini tergolong clicky dan cukup berisik. Keyboard ini memiliki fungsi RGB yang beragam dengan ketersedian tombol mutlitmedia di bagian atas.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram