carisinyal web banner retina

Kripto Berkembang di Indonesia, Tempat Terbaik untuk Investasi Digital

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

Pada tahun 2018, Indonesia membuat langkah maju dengan mengesahkan investasi kripto di negara ini. Dengan mengklasifikasikan aset kripto sebagai komoditas, minat yang sudah tinggi pada kripto menjadi semakin tinggi dan jumlah investor yang terlibat dalam aset digital melampaui jumlah investor di sektor keuangan tradisional.

Mengapa Mata Uang Kripto Menjadi Sangat Populer di Indonesia?

Kripto Berkembang di Indonesia, Tempat Terbaik untuk Investasi Digital 1

Sebagai pusat utama modal swasta di Asia, Indonesia tampaknya adalah tempat yang sempurna untuk terjadinya revolusi kripto. Negara ini dilanda Virus Corona pada bulan-bulan pertama tahun 2020, orang mulai mencari cara baru untuk menghasilkan keuntungan.

Terlepas dari potensi Indonesia di kawasan Asia Tenggara, pandemi dan penerapan lockdown mengusir sebagian modal yang ditempatkan oleh investor asing di pasar saham negara ini. Hal ini memberi orang kesempatan.

Dengan 1% penduduknya aktif berdagang saham di pasar tradisional, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor ritelnya. Jadi, ketika saham mulai jatuh di dalam dan di luar negeri, para investor dapat membeli saham di posisi terendah baru dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Alat digital dan platform perdagangan memudahkan transaksi tersebut. Investor ritel dengan cepat tumbuh hingga 82%, dari 52.000 menjadi 93.000, menurut data dari Kementerian Perdagangan Indonesia. Tujuan utama bagi para investor baru adalah untuk mendapatkan keuntungan, negara ini mengalami gelombang pengangguran dan perlambatan dalam kegiatan ekonominya.

Bank sentral Indonesia mencatat kenaikan rata-rata beban utang rumah tangga. Metrik tersebut mencapai $112,7 miliar pada Mei 2021 setelah tumbuh $2 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Situasi ini kritis bagi banyak orang Indonesia.

Salah satu kelompok yang paling terpengaruh saat ini adalah generasi muda. Oleh karena itu, kelompok demografis yang disebut “Milenial” menjadi lebih relevan untuk mulai aktif berinvestasi. Tidak seperti kelompok demografis lainnya, generasi milenial Indonesia lebih terbuka terhadap aset digital dan platform investasi.

Mendadak, smartphone beralih dari perangkat sosial dan hiburan menjadi salah satu alat keuangan terpenting di negara ini dan cara yang efektif untuk mencapai kebebasan finansial.

Industri Kripto Melonjak Saat Krisis Global

Kripto Berkembang di Indonesia, Tempat Terbaik untuk Investasi Digital 3

Karena sebagian besar produk investasi tradisional jatuh, Bitcoin, Ethereum, dan mata uang kripto lainnya mengalami reli besar-besaran yang mendorong harga mereka ke level tertinggi baru sepanjang masa. Pada awal pandemi, BTC mencapai level terendah seharga $4.000, hampir setahun kemudian mata uang kripto pertama berdasarkan kapitalisasi pasar ini mendekati $50.000.

Dengan demikian, pasar kripto secara keseluruhan akhirnya mampu menembus kapitalisasi pasar sebesar $1 triliun. Ini diterjemahkan dalam gelombang minat baru oleh para investor yang ingin membalikkan situasi keuangan mereka. Di Indonesia, Google Trends mencatat rekor minat pada Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Sebaliknya, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia menerbitkan daftar hingga 229 mata uang kripto, aset digital, dan token yang dapat diperdagangkan secara legal di negara ini.

Pada saat yang sama, platform perdagangan kripto, seperti Indodax, salah satu yang paling relevan di Asia, mendapatkan peningkatan jumlah pengguna sebanyak dua kali lipat. Kehadiran investor ritel menjadikan mereka dapat mengetahui bahwa penggila kripto telah mencapai tahap baru.

Dengan demikian, orang mulai menuntut lebih banyak informasi dan pengetahuan untuk memahami produk-produk pokok di balik investasi mereka. Konten edukasi Kripto di Indonesia sangat diminati, orang ingin memahami perbedaan antara Bitcoin dan Ethereum, mereka ingin mengetahui strategi investasi baru dan platform perdagangan terbaik.

Binance dan program pendidikannya serta beberapa informasi yang disediakan oleh berbagai saluran media adalah solusinya. Namun, orang-orang mulai mengerumuni berbagai komunitas yang berorientasi kripto.

ROY Club, Komunitas Kripto yang Dipersatukan oleh Seperangkat Nilai

Kripto Berkembang di Indonesia, Tempat Terbaik untuk Investasi Digital 5

Di Indonesia, satu orang berhasil mewujudkan visi yang memungkinkan investor kripto di negara ini dan negara lain untuk berkumpul dan berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka, dia adalah Vladimir Moshkin. Pengusaha, pebisnis internasional, Moshkin telah berhasil menciptakan berbagai komunitas.

Berbicara tentang ROY Club, Moshkin dikatakan telah terinspirasi oleh nilai-nilai yang awalnya mendukung mata uang kripto, yaitu kebebasan, inklusi, dan banyak lagi. Dia berkata:

Saya bercita-cita untuk menciptakan komunitas unik dari orang-orang yang berpikiran sama yang disatukan oleh minat pada mata uang kripto – bukan oleh keserakahan akan keuntungan dari mata uang kripto atau untuk uang demi uang tetapi oleh harapan untuk mengubah dunia menjadi yang terbaik, guna membantu orang memperoleh kekayaan. Dalam konteks ini, mata uang kripto adalah instrumen untuk mencapai tujuan ini.

Moshkin memiliki latar belakang dan sudah mengelola bisnis dan beberapa komunitas lain di seluruh dunia. Saat itu, dengan ROY Club, dia ingin berkontribusi pada proyek yang memungkinkan orang memaksimalkan keuntungan mereka dan melampaui tujuannya. Moshkin berkata:

Saya selalu tertarik untuk menciptakan komunitas yang bebas dari perseteruan, pertengkaran, dan kebohongan. Ketika saya membuat ROY Club, saya mencari orang-orang tepercaya. Tujuh anggota pertama itu menjadi kurator klub senior. Sekarang jumlah anggotanya lebih dari setengah juta orang. Artinya permintaan itu tidak hanya dirasakan oleh saya tetapi benar-benar ada.

ROY Club dari Dalam, Komunitas Kripto yang Unik

Kripto Berkembang di Indonesia, Tempat Terbaik untuk Investasi Digital 7

Dalam hal ini, ROY Club telah dirancang untuk menjadi platform bagi para anggotanya dapat saling mendukung untuk mencapai tujuan dan kemajuan dalam pencarian mereka guna mendapatkan kebebasan finansial. Platform ini menawarkan kursus rutin, webinar, dan materi pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan anggota.

ROY Club memiliki dua program terpisah yang saling melengkapi. Pertama, ada Roy School sebagai tempat anggota dapat mempelajari dasar-dasar dan prinsip-prinsip dasar mata uang kripto dan teknologi blockchain. Platform ini memungkinkan keberhasilan anggota dalam mengambil langkah pertama memasuki dunia kripto.

Selain itu, anggota dapat berpartisipasi di ROY Academy untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan lanjutan. Platform ini berguna untuk anggota yang memiliki banyak pengalaman dan untuk pemula yang ingin meningkatkan keterampilan.

ROY Club memiliki beberapa fitur dan peluang yang menjadikannya sebagai komunitas kripto yang unik. Misalnya, anggota dapat berpartisipasi aktif dalam Klub dan perkembangannya dengan menjadi kurator. Dengan melakukan itu, mereka dapat berbagi pengetahuan mereka kepada anggota terbaru dan mengajarkan cara mengoptimalkan investasi kripto mereka.

Anggota klub secara aktif berkolaborasi untuk menjalankan strategi investasi dengan berpartisipasi dalam sistem konsensus beberapa mata uang kripto. Aset-aset ini sebagian besar menggunakan dua algoritma konsensus, Proof-of-Work (PoW) atau Proof-of-Stake (PoS).

Yang pertama memungkinkan Bitcoin untuk memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringannya, penambang adalah aktor utama yang beroperasi pada sistem ini. Ethereum, dalam perjalanannya untuk bermigrasi dari PoW ke konsensus PoS, akan bergantung pada validator node untuk mengamankan jaringannya.

Berdasarkan konsensus ini, investor dapat menggunakan dana mereka untuk membantu mengamankan jaringan dalam proses yang biasa dikenal sebagai staking. Dengan demikian, pengguna menerima hadiah staking. Anggota ROY Club dapat menggabungkan keuntungan mereka dengan menempatkan keuntungan mereka di staking pool dengan Instrumen Uang Universal (UMI).

Token terdesentralisasi ini memberi anggota ROY Club kesempatan untuk melipatgandakan aset mereka. Semakin banyak seorang pengguna melakukan staking, semakin banyak yang bisa diperoleh sebagai hadiah. Misalnya, dengan 50.000 UMI, seorang anggota dapat meningkatkan pendapatan bulanannya hingga 40%.

Tidak seperti staking pool lainnya, pemegang UMI dapat menempatkan koin mereka tanpa terkunci di staking pool. Dengan begitu, jika pemegang UMI ingin memindahkan dana ke dompet lain, mereka dapat melakukannya kapan saja.

Ini adalah salah satu dari banyak peluang yang menunggu untuk dimanfaatkan oleh anggota ROY Club. Namun, pencipta komunitas ini menekankan bahwa nilai mereka berasal dari tujuan yang melampaui keuntungan, dan uang. Anggota memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dan berbagi nilai. Moshkin berkata:

Nilai selalu lebih luas dari ideologi apapun. Saya tidak pernah melakukan sesuatu semata-mata untuk keuntungan atau untuk mendapatkan nilai lainnya. Saya jauh lebih tertarik untuk menunjukkan kemampuan kepada orang lain daripada memaksakan ideologi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram