carisinyal web banner retina

Mengenal ASUS Creator Series, Lini Laptop Terbaik untuk Para Kreator

Kebutuhan akan laptop di era sekarang semakin beragam. Karena itu, ada laptop segmen tertentu seperti laptop untuk bermain gim seperti seri ROG atau laptop untuk bisnis dan produktivitas. Namun, ada juga laptop yang ditujukan untuk mereka yang sering membuat konten di internet atau media sosial. 

Mereka inilah yang sering disebut sebagai kreator konten atau bahasa kerennya Content Creator. 

Menjawab kebutuhan akan hal itu, ASUS hadirkan deretan laptop yang disebut Creator Series. ASUS Creator Series terdiri beberapa pilihan laptop dengan berbagai fitur menarik dan lengkap untuk semua segmen konten kreator, baik konten kreator kasual atau konten kreator profesional.

Peluncuran laptop Creator Series ini diadakan pada 29 Maret 2022. Pada peluncuran tersebut, hadir Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. Dia mengatakan kalau kehadiran seri ini merupakan bentuk dukungan penuh ASUS terhadap para kreator konten di Indonesia. 

Adapun kreator konten dalam hal ini tidak semata untuk mereka yang sering membuat konten visual. Mereka yang juga membuat konten teks jadi segmen yang juga dituju oleh seri laptop ini. 

Bisa dibilang, ASUS Creator Series hadir untuk semua tipe kreator. Contohnya tipe Networker (seperti social media influencer), tipe Speaker (seperti motivator, reviewer, dan storyteller), tipe Writer (seperti script writter, book writer, web / app developer), hingga tipe Visualizer (seperti professional video editor, animator, arsitek, graphic designer). 

Laptop ASUS Creator Series ini bukan sekadar gimmick nama karena ada banyaknya kreator konten di era sekarang. Justru ASUS hadirkan beberapa fitur untuk menunjang kebutuhan para kreator. Fitur-fitur yang dimaksud bisa disimak berikut ini. 

  • Windows 11 

Tidak ada lagi laptop ASUS terbaru yang hadirkan sistem operasi Windows lama. Semua laptop ASUS Creator Series hadirkan Windows 11 sebagai sistem operasinya. 

Hal ini karena Windows 11 diciptakan untuk menunjang semua kebutuhan komputasi termasuk kegiatan kreatif seperti produksi konten digital. Didukung oleh sederet aplikasi kreatif pemula hingga profesional, Windows 11 merupakan platform terbaik untuk para kreator. Tidak hanya itu, Windows 11 juga semakin intuitif dan dibekali banyak fitur baru.

  • ASUS OLED 

Semenjak diperkenalkannya layar ASUS OLED, semua laptop ASUS dari kelas menengah sampai yang mahal, menawarkan teknologi layar ini. Tentu saja kehadiran layar ini bertujuan agar para kreator dapat menikmati tampilan visual yang memukau dari laptop yang digunakan. 

Terlebih layar ASUS OLED punya beberapa fitur seperti tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, sertifikasi PANTONE Validated, refresh rate hingga 90Hz dan response time hanya 0,2ms, dan teknologi visual sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland agar mata lebih sehat. 

Lantas, apa saja, deretan laptop ASUS terbaru yang masuk lini Creator Series? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

ASUS Vivobook Pro 14X/16X OLED

ASUS Vivobook Pro 14X/16X OLED

Seri laptop pertama dari Creator Series adalah ASUS Vivobook Pro 14X dan ASUS Vivobook Pro 16X OLED. Kedua laptop dihadirkan sebagai laptop yang mumpuni dan kencang karena sudah didukung dapur pacu high performance 11th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000 Mobile. 

Kedua tipe prosesor tersebut dirancang sebagai prosesor kencang tapi juga ultraportable alias hemat daya. Telebih di seri ini ada fitur Thunderbolt 4. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan untuk menunjang kegiatan para kreator sehari-hari.

Prosesor kencang tersebut dikombinasikan dengan pengolah grafis atau GPU yang juga kencang untuk memenuhi kebutuhan kreator dalam membuat konten. GPU yang dimaksud adalah GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3050Ti. GPU ini juga dilengkapi dengan GeForce RTX Studio Driver. 

Apa itu GeForce RTX Studio Driver? Sederhananya, ini adalah software yang dikembangkan Nvidia agar bisa mengoptimalisasikan kemampuan GPU dalam menangani konten visual seperti foto editor atau video editor. 

Duet prosesor dan GPU yang kencang tersebut ditemani dengan serangkaian “tentara komponen” memadai seperti memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB. Ada juga penyimpanan yang sudah memakai PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB. 


Menariknya, semua komponen kencang tersebut berada pada satu paket laptop dengan bodi yang tipis dan ringkas. Karena namanya juga laptop ultraportable, itu artinya, laptop di seri ini hadirkan kemampuan baik tetapi tetap ringkas untuk dibawa penggunanya. Terlebih kedua laptop punya DialPad yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai fitur-fitur aplikasi kreatif. 

ASUS Vivobook Pro 14/15 OLED

ASUS Vivobook Pro 14/15 OLED

ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED adalah dua laptop ASUS Creator Series lainnya yang bisa diandalkan untuk para kreator. Kedua laptop ini juga dilengkapi dengan  prosesor kencang 1th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000 dan GPU NVIDIA dengan dukungan NVIDIA Studio Driver. 

Yang jadi pembeda, ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. 

Pembeda dengan ASUS Vivobook Pro 14X dan ASUS Vivobook Pro 16X OLED ada pada tipe prosesornya. ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED juga memakai 11th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000. Hanya saja tipe prosesor yang digunakan adalah tipe prosesor yang lebih hemat daya. 

Sementaa tipe GPU yang digunakan adalah NVIDIA GeForce RTX 3050, varian prosesor yang masih tetap kencang secara performa. Namun, secara angka benchmark, NVIDIA GeForce RTX 3050 TI sedikit lebih unggul. 

Hal yang menarik, ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED dilengkapi dengan sistem pendingin bernama ASUS IceCool Plus. Pendingin ini bertujuan agar bisa mendinginkan suhu laptop ketika diajak berlari di performa kencangnya. 

Dengan kehadiran sistem pendingin, para kreator muda tidak perlu khawatir laptop bakal cepat panas. 

ASUS Zenbook Pro Duo 15 OLED

ZenBook Pro Duo 15 OLED UX582-1

Jika seri Vivobook Pro ditujukan untuk para kreator mudah, maka ASUS Zenbook Pro Duo 15 OLED ini ditujukan kreator kreator konten profesional. Para kreator yang dalam pekerjaannya membutuhkan sistem laptop yang tidak hanya canggih, tetapi juga canggih, dan menunjang aktivitas dalam proses pembuatan konten. 

Karena itu, laptop dengan kode nama ASUS Zenbook Pro Duo 15 OLED (UX582) punya fitur-fitur menarik. Contohnya hadirnya layar kedua yang disebut ScreenPad Plus. Layar kedua ini dapat berfungsi sebagai pengatur ketika mengedit video atau audio. 

Yang menarik, layar kedua ini sudah memakai sistem mekanisme khusus. Mekanisme tersebut memungkinkan layar kedua di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) untuk dapat terangkat dan membentuk sudut 9,5⁰ terhadap bodinya. Berkat mekanisme khusus ini, ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat lebih nyaman digunakan.

ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dirancang agar nyaman digunakan dengan stylus atau semacam pena khusus yang intuitif. Pen Stylus ini juga sudah tersedia di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) alias tidak perlu dibeli secara terpisah. 

Stylus yang disebut ASUS Pen ini punya fitur 4096 pressure-level. Stylus tersebut sangat cocok digunakan dengan ScreenPad Plus yang sudah diposisikan secara ergonomis serta dilengkapi dengan software ScreenXpert 2 yang sangat interaktif.

Untuk spesifikasi, ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) ditenagai oleh prosesor hingga High Performance 10th Gen Intel Core i9 yang mengusung konfigurasi 8 core dan 16 thread. 

Prosesor bertenaga tersebut didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas 32GB serta penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas 1TB. Seluruh komponen utama tersebut membuat ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) selalu gesit di berbagai situasi.

Sementara itu, pemrosesan grafis di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dipercayakan kepada chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070 yang berbasis pada Ampere yang merupakan arsitektur chip grafis RTX generasi kedua. Chip grafis kelas profesional tersebut telah dilengkapi dengan RT core, Tensor core, serta streaming multiprocessor yang dapat menghadirkan performa grafis serta kualitas visual lebih baik. 

Penggunaan NVIDIA GeForce RTX 3070 di laptop jelas membuat performa laptop ini lebih kencang dibandingkan GPu yang ada di  seri Creator lain semacam ASUS Vivobook Pro 14X/16X OLED dan ASUS Vivobook Pro 14/15 OLED. 

ASUS Zenbook 14 Flip OLED

ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Laptop 2-in-1 convertible premium ini punya desain yang tipis. Selain itu, laptop ini punya berbagai fitur premium. Selain itu, laptop ini juga punya desain yang sangat ergonomis, memudahkan penggunanya di berbagai situasi termasuk saat digunakan dalam mode tablet.

ASUS menyebut laptop ini sebagai kanvas digital. Kenapa disebut sebagai kanvas digital? Karena laptop ini punya potensi tidak terbatas berkat layar sentuh (touchscreen) beresolusi tinggi 2,8K (2880x1800) yang dapat diputar 360⁰ untuk menghasilkan karya terbaik. 

Selain itu, laptop ini dibekali dengan ASUS Pen 2.0 yang mendukung 4096 pressure-level, Zenbook 14 Flip OLED dapat memberikan pengalaman layaknya melukis di atas kanvas.

Untuk sisi spesifikasi, ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) dibekali prosesor powerful 11th Gen Intel Core. 

Ada dua varian prosesor Intel yang digunakan. Yang pertama adalah Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz. Ada juga varian tertinggi, yang memakai prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz dengan konfigurasi prosesor 4 core dan 8 thread yang dapat dipacu hingga 4,7GHz. Prosesor modern ini juga dibekali dengan fitur konektivitas yang sangat komperhensif, mulai dari dukungan terhadap WiFi 6 hingga Thunderbolt 4. 

Demikianlah penjelasan soal deretan laptop ASUS Creator Series. Deretan laptop untuk kreator tersebut bisa jadi pilihan yang oke dalam menunjang para pengguna untuk membuat konten yang menarik. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram