Mengenal ASUS Creator Series, Lini Laptop Terbaik untuk Para Kreator

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kebutuhan akan laptop di era sekarang semakin beragam. Karena itu, ada laptop segmen tertentu seperti laptop untuk bermain gim seperti seri ROG atau laptop untuk bisnis dan produktivitas. Namun, ada juga laptop yang ditujukan untuk mereka yang sering membuat konten di internet atau media sosial. 

Mereka inilah yang sering disebut sebagai kreator konten atau bahasa kerennya Content Creator. 

Menjawab kebutuhan akan hal itu, ASUS hadirkan deretan laptop yang disebut Creator Series. ASUS Creator Series terdiri beberapa pilihan laptop dengan berbagai fitur menarik dan lengkap untuk semua segmen konten kreator, baik konten kreator kasual atau konten kreator profesional.

Peluncuran laptop Creator Series ini diadakan pada 29 Maret 2022. Pada peluncuran tersebut, hadir Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. Dia mengatakan kalau kehadiran seri ini merupakan bentuk dukungan penuh ASUS terhadap para kreator konten di Indonesia. 

Adapun kreator konten dalam hal ini tidak semata untuk mereka yang sering membuat konten visual. Mereka yang juga membuat konten teks jadi segmen yang juga dituju oleh seri laptop ini. 

Bisa dibilang, ASUS Creator Series hadir untuk semua tipe kreator. Contohnya tipe Networker (seperti social media influencer), tipe Speaker (seperti motivator, reviewer, dan storyteller), tipe Writer (seperti script writter, book writer, web / app developer), hingga tipe Visualizer (seperti professional video editor, animator, arsitek, graphic designer). 

Laptop ASUS Creator Series ini bukan sekadar gimmick nama karena ada banyaknya kreator konten di era sekarang. Justru ASUS hadirkan beberapa fitur untuk menunjang kebutuhan para kreator. Fitur-fitur yang dimaksud bisa disimak berikut ini. 

  • Windows 11 

Tidak ada lagi laptop ASUS terbaru yang hadirkan sistem operasi Windows lama. Semua laptop ASUS Creator Series hadirkan Windows 11 sebagai sistem operasinya. 

Hal ini karena Windows 11 diciptakan untuk menunjang semua kebutuhan komputasi termasuk kegiatan kreatif seperti produksi konten digital. Didukung oleh sederet aplikasi kreatif pemula hingga profesional, Windows 11 merupakan platform terbaik untuk para kreator. Tidak hanya itu, Windows 11 juga semakin intuitif dan dibekali banyak fitur baru.

  • ASUS OLED 

Semenjak diperkenalkannya layar ASUS OLED, semua laptop ASUS dari kelas menengah sampai yang mahal, menawarkan teknologi layar ini. Tentu saja kehadiran layar ini bertujuan agar para kreator dapat menikmati tampilan visual yang memukau dari laptop yang digunakan. 

Terlebih layar ASUS OLED punya beberapa fitur seperti tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, sertifikasi PANTONE Validated, refresh rate hingga 90Hz dan response time hanya 0,2ms, dan teknologi visual sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland agar mata lebih sehat. 

Lantas, apa saja, deretan laptop ASUS terbaru yang masuk lini Creator Series? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

ASUS Vivobook Pro 14X/16X OLED

ASUS Vivobook Pro 14X/16X OLED

Seri laptop pertama dari Creator Series adalah ASUS Vivobook Pro 14X dan ASUS Vivobook Pro 16X OLED. Kedua laptop dihadirkan sebagai laptop yang mumpuni dan kencang karena sudah didukung dapur pacu high performance 11th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000 Mobile. 

Kedua tipe prosesor tersebut dirancang sebagai prosesor kencang tapi juga ultraportable alias hemat daya. Telebih di seri ini ada fitur Thunderbolt 4. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan untuk menunjang kegiatan para kreator sehari-hari.

Prosesor kencang tersebut dikombinasikan dengan pengolah grafis atau GPU yang juga kencang untuk memenuhi kebutuhan kreator dalam membuat konten. GPU yang dimaksud adalah GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3050Ti. GPU ini juga dilengkapi dengan GeForce RTX Studio Driver. 

Apa itu GeForce RTX Studio Driver? Sederhananya, ini adalah software yang dikembangkan Nvidia agar bisa mengoptimalisasikan kemampuan GPU dalam menangani konten visual seperti foto editor atau video editor. 

Duet prosesor dan GPU yang kencang tersebut ditemani dengan serangkaian “tentara komponen” memadai seperti memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB. Ada juga penyimpanan yang sudah memakai PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB. 

Menariknya, semua komponen kencang tersebut berada pada satu paket laptop dengan bodi yang tipis dan ringkas. Karena namanya juga laptop ultraportable, itu artinya, laptop di seri ini hadirkan kemampuan baik tetapi tetap ringkas untuk dibawa penggunanya. Terlebih kedua laptop punya DialPad yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai fitur-fitur aplikasi kreatif. 

ASUS Vivobook Pro 14/15 OLED

ASUS Vivobook Pro 14/15 OLED

ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED adalah dua laptop ASUS Creator Series lainnya yang bisa diandalkan untuk para kreator. Kedua laptop ini juga dilengkapi dengan  prosesor kencang 1th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000 dan GPU NVIDIA dengan dukungan NVIDIA Studio Driver. 

Yang jadi pembeda, ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. 

Pembeda dengan ASUS Vivobook Pro 14X dan ASUS Vivobook Pro 16X OLED ada pada tipe prosesornya. ASUS Vivobook Pro 14 dan ASUS Vivobook Pro 15 OLED juga memakai 11th Gen Intel® Core™ atau AMD® Ryzen™ 5000. Hanya saja tipe prosesor yang digunakan adalah tipe prosesor yang lebih hemat daya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram