carisinyal web banner retina

Mengenal 4 Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED, Ada yang Rp8 Jutaan

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 13 Oktober 2021

Pada 23 September 2021, ASUS Indonesia memperkenalkan 4 laptop menarik yang menawarkan konsep ASUS OLED. Konsep ini didasari pada teknologi layar OLED yang dibesut ASUS dan ditanamkan pada laptop mereka. 

Pada ajang peluncuran tersebut, ASUS mengusung judul “ASUS OLED Launch - See The DIFFERENCE with ASUS OLED”. Teknologi tersebut mengacu pada deretan laptop ASUS yang nantinya bakal banyak memakai layar ASUS OLED. 

Teknologi layar ASUS OLED sendiri diklaim mampu hadirkan layar dengan kualitas visual terbaik dan memanjakan mata. Teknologi ASUS OLED tersebut pun dimulai dengan kehadiran 4 laptop yang dibawa ASUS untuk pasar Indonesia. 

Namun, sebelum membahas keempat laptop ASUS dengan layar ASUS OLED, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu seperti apa sebenarnya ASUS OLED? Apakah ini cuman giimmick marketing saja?

Keunggulan layar ASUS OLED 

Mengenal 4 Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED, Ada yang Rp8 Jutaan 1

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan jika teknologi ASUS OLED adalah bukti komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi visual, dan tidak sekadar performa saja. 

Dengan ASUS OLED, para pengguna dapat menikmati visual dengan warna yang kaya dan akurat. Selain itu, mata pengguna juga dapat lebih sehat berkat teknologi layar ASUS OLED yang dapat menekan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. 

Lebih detailnya, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan ASUS OLED, yakni sebagai berikut. 

  • Layar dengan keakuratan warna yang tinggi 
ASUS OLED

ASUS OLED punya keunggulan dalam menampilkan warna.  Sederhananya, laptop dengan layar ASUS OLED punya warna yang lebih kaya dan lebih jelas dibandingkan panel layar standar. 

Hal tersebut dapat tercapai karena laptop dengan ASUS OLED punya sertifikasi seperti PANTONE Validated Display yang punya standar kalibrasi warna yang tinggi. Laptop dengan sertifikasi ini banyak dicari oleh para kreator konten seperti desainer ataupun video editor. 

Layar ASUS OLED juga diklaim dapat hadirkan warna yang kaya dan detail dan diklaim sesuai dengan standar perfilman saat ini. ASUS mengklaim jika ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB.

  • Nyaman untuk mata
ASUS OLED

Keunggulan kedua dari ASUS OLED adalah panel layar yang nyaman untuk mata. Hal ini bisa dicapai karena ASUS OLED dibekali sertifikasi TUV Rheinland dan teknologi Eye Care yang mampu mengurangi cahaya biru.

Sebagai informasi, cahaya biru yang berlebihan ini berpotensi mengganggu perkembangan dan pertumbuhan sang anak. Karena itu, laptop dengan layar ASUS OLED juga cocok digunakan untuk pelajar karena ramah pada mata anak-anak. 

  • Tetap jernih di kondisi kecerahan rendah
ASUS OLED

Keunggulan ketiga, layar ASUS OLED punya kemampuan untuk menampilkan gambar yang jelas meski berada di kondisi tingkat kecerahan layar yang rendah. Berkat teknologi ini, layar laptop dengan ASUS OLEDA mampu hadirkan warna lebih detail, walaupun sekali lagi meski diatur dengan tingkat kecerahan rendah.

  • Warna hitam pekat 
ASUS OLED

Keunggulan keempat, layar ASUS OLED dapat hadirkan warna hitam yang detail serta punya kemampuan kontras yang sangat ekstrim. Bisa dibilang, layar ASUS OLED dapat hadirkan warna hitam yang pekat. 

Hal tersebut dapat tercapai karena ASUS OLED memakai teknologi jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Lampu OLED tersebut punya kontras warna yang tinggi mencapai 1.000.000:1. 

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Dengan sertifikasi ini, laptop dengan ASUS OLED dapat hadirkan konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna.

  • Visual tanpa efek blur 
ASUS OLED

Satu lagi keunggulan lain dari ASUS OLED ini adalah hilangnya potensi blur saat layar laptop memainkan gim. Berkat fitur  respon time super cepat dan diklaim 50 kali lebih cepat dibanding panel LCD, layar laptop dapat hadirkan gerak visual cepat sehingga membuat mata pemakai sangat dimanjakan. 

4 Laptop dengan Layar ASUS OLED 

Setelah mengetahui teknologi layar ASUS OLED, mari simak 4 seri laptop yang menawarkan ASUS OLED yang siap meramaikan pasar Indonesia. Berikut detailnya. 

Tak tanggung-tanggung, ASUS langsung menghadirkan 4 seri laptop sekaligus dengan detail spesifikasi yang berbeda.

Keempat laptop itu terdiri dari ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), ASUS ZenBook Pro 15 OLED (UX535), ASUS ZenBook Flip S OLED (UX371), dan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513).

1. ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513EA

ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

Yang pertama ada ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513EA. Laptop ini hadirkan panel ASUS OLED dengan dimensi 15 inci. Layarnya sudah mendukung berbagai sertifikasi ASUS OLED. 

Laptop dengan berat 1,8 kg dan dimensi 1,79 mm ini hadir di pasaran dengan dapur pacu Intel Core i5 generasi 11 dan GPU Intel Iris Xe. Namun, ada juga varian Intel Core i3 generasi 11. 

Yang menarik, varian Intel Core i3 ditawarkan dengan harga terjangkau, yakni Rp8 jutaan. Hal ini membuat ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513EA bisa dijuluki sebagai laptop dengan layar OLED termurah. 

Baca Juga: Review ASUS VivoBook 15 OLED K513EA, Laptop dengan Layar OLED Termurah

2. ASUS ZenBook Flip S OLED 

Mengenal 4 Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED, Ada yang Rp8 Jutaan 9

Laptop ASUS OLED lainnya adalah seri laptop premium bernama, ASUS ZenBook Flip S OLED. Laptop ini tidak hanya menawarkan layar ASUS OLED yang jelas menarik tetapi juga menawarkan hal lain. 

Contohnya adalah dimensi layar 13,33 inci dengan resolusi 4K. Selain itu, layar laptop ini sudah mendukung teknologi layar sentuh dan bisa diubah ke mode tablet. Tidak ketinggalan, laptop ini sudah mendapat sertifikasi Intel Evo, sebuah sertifikasi dari Intel yang dapat hadirkan laptop kencang dengan baterai awet. 

ASUS ZenBook Flip S OLED menawarkan opsi ruang penyimpanan berupa RAM 16 GB dan SSD NVME PCIe 512 GB. Dengan spesifikasi tersebut, laptop ini dibanderol dengan harga Rp24.999.000.

3. ASUS ZenBook Pro 15 OLED

Mengenal 4 Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED, Ada yang Rp8 Jutaan 11

Laptop premium lainnya yang menawarkan ASUS OLED adalah ASUS ZenBook Pro 15 OLED. Laptop ini hadirkan layar 15,6 inci dengan resolusi 4K HDR.Layar laptop ini sendiri sudah mendukung layar sentuh. 

ASUS ZenBook Pro 15 OLED ini tampak dihadirkan bagi para profesional kreator konten yang butuh laptop bertenaga. Betapa tidak, laptop ini ditenagai processor Intel Core i7 dan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650Ti. Selain itu, ada juga opsi RAM 16GB dan SSD NVMe PCIe 1TB.

Tidak ketinggalan, ASUS ZenBook Pro 15 OLED dibekali ScreenPad yang bisa difungsikan sebagai layar pendukung. Dengan spesifikasi tersebut, ASUS ZenBook Pro 15 OLED ini juga bisa dipakai untuk main gim pula. Tertarik?  ASUS ZenBook Pro 15 OLED dibanderol dengan harga Rp23,999,000.

4. ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED

Mengenal 4 Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED, Ada yang Rp8 Jutaan 13

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED adalah versi yang lebih tinggi dari ASUS ZenBook Pro 15 OLED. Hal ini terlihat dari dapur pacu yang ditawarkan, yakni  processor Intel Core i9 generasi 10 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070 yang sangat tangguh untuk kerja berat atau main gim. 

Selain itu, embel-embel “duo” di nama laptop ini mengisyaratkan kalau laptop ini punya layar kedua. Layar keduanya ini hadir dengan dimensi 14 inci beresolusi 14 inci. Tidak ketinggalan, ada pula ScreenPad di laptop ini. 

ASUS ZenBook Pro Duo 15 hadir dengan opsi RAM 32GB dan SSD NVMe PCIe 1TB. Dengan spesifiikasi tersebut,  ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED dijual di Indonesia dengan harga Rp42.999.000. 

Dengan berbagai lini produk yang ada, laptop dengan layar ASUS OLED tentu menarik untuk dilirik. Terlebih layar OLED bisa memberikan pengalaman visual yang lebih menyenangkan. Hal yang patut diapresiasi jelas adalah hadirnya laptop ASUS OLED dengan harga yang lebih terjangkau lewat seri ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513EA. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram