Intip 5 Laptop Gaming ASUS dengan AMD Ryzen 6000 Series

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Anda mencari laptop gaming dengan price to performance tinggi? Laptop gaming ASUS tentu saja wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, ASUS merupakan merek laptop gaming paling favorit di Indonesia.

Riset internal menyebut bahwa sepanjang 2021 ASUS menjadi market leader laptop gaming di Indonesia dengan market share 45%. Tak heran bila ASUS ingin mempertahankan prestasi itu dengan menghadirkan jajaran laptop gaming menarik pada 2022 dengan prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile terbaru.

Laptop gaming anyar yang ASUS tawarkan ada lima. Seluruhnya ditujukan untuk gamer dan content creator. Penasaran apa saja laptopnya? Berikut Carisinyal paparkan lima laptop gaming ASUS terbaru dengan prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

ASUS TUF Gaming A15

TUF Gaming A15

TUF Gaming A15, yang merupakan laptop gaming kelas entri, ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile serta chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru. Kombinasi hardware tersebut sangat powerful untuk bermain game. Seri TUF Gaming A15 terbaru kali ini juga telah dilengkapi dengan MUX Switch.

MUX Switch berfungsi untuk meningkatkan performa gaming dengan cara mengalihkan jalur data dari chip grafis secara langsung ke display tanpa harus melalui chip grafis terintegrasi yang ada di prosesor. Dengan demikian, performa gaming dapat meningkat hingga 10% di sebagian besar game modern yang ada saat ini.

Pendinginan juga menjadi fokus pada TUF Gaming A15 kali ini. Keduanya kini telah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah). Setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan hanya 0,1mm di bagian ujungnya.

Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang. Berkat inovasi tersebut, sistem pendinginan TUF Gaming A15 terbaru dapat tampil lebih senyap namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk pengalaman gaming yang lebih baik, ASUS memberikan opsi layar Full HD 144Hz di seri TUF Gaming terbaru kali ini. Selain itu, seri laptop gaming ini juga tampil dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime serta tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801H).

ASUS ROG Strix G15 dan G17

ROG Strix G15 dan G17

ROG Strix G15 dan G17 kali ini tampil dengan peningkatan dari sisi performa serta efisiensi berkat kehadiran prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile. Selain itu, ROG Strix G15 dan G17 juga dibekali dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, dilengkapi RAM DDR5 4800MHz, serta telah menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Kecepatan sangat diperlukan saat bermain game, untuk itulah ROG Strix G15 dan G17 dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 360Hz. Laptop andalan para gamer juga dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering.

Sementara itu, response time yang cepat 3ms memastikan pengguna ROG Strix G15 dan G17 selalu unggul di medan pertempuran. Gamer juga dapat menikmati fitur konektivitas terbaru WiFi 6E serta baterai 90Whr yang tidak hanya berkapasitas lebih besar dari pendahulunya, tetapi juga dapat diisi dayanya melalui fitur USB power delivery menggunakan adapter USB Type-C.

ASUS ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020, ROG Zephyrus G15 merupakan laptop gaming yang juga digemari oleh para kreator konten karena sangat portable, powerful, serta mengusung layar dengan standar tinggi. ROG Zephyrus G15 kini kembali tampil dengan segudang perubahan dari sisi performa dan fitur.

ROG Zephyrus G15 terbaru ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile yang tidak hanya membuat laptop gaming ultra-portable ini semakin powerful, tetapi juga semakin irit berkat efisiensi daya yang ditingkatkan dari prosesor generasi sebelumnya.

ROG Zephyrus G15 juga telah ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, dibekali RAM DDR5 480MHz, serta telah menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 x4 SSD. Meski layarnya masih tetap menggunakan rasio 16:9, namun ROG Zephyrus G15 tetap menggunakan panel beresolusi QHD (2K) dengan color gamut 100% DCI-P3 dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Layar tersebut tidak hanya cocok untuk content creation, tetapi juga gaming. Hal tersebut berkat kemampuan refresh rate 165Hz dan response time 3ms yang membuat ROG Zephyrus G15 juga sangat nyaman untuk bermain game.

ASUS ROG Zephyrus Duo 16

ROG Zephyrus Duo 16

ROG Zephyrus Duo 16 tampil sebagai laptop gaming terbaik untuk gamer dan content creator, khususnya live streamer. Dibekali dengan dua layar, ROG Zephyrus Duo 16 mampu meningkatkan produktivitas game streamer dan content creator, sekaligus menghadirkan pengalaman gaming yang lebih baik.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan dua layar berakibat langsung terhadap produktivitas melalui ruang kerja yang lebih luas dibandingkan laptop gaming pada umumnya. Layar 16 inci (16:10) bukan sembarang layar. Pasalnya layar ini menggunakan teknologi ROG Nebula HDR yang merupakan standar layar terbaik untuk laptop gaming.

Selain memiliki refresh rate dan response time yang kencang, ROG Nebula HDR juga mampu menampilkan konten HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR 1000. Kemampuan tersebut bisa dihadirkan berkat penggunaan panel Mini LED dengan 512 dimming zone.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram