20 Laptop Lenovo Terbaru di Indonesia (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Selain dapur pacu, tentu layar juga punya peran besar dalam pengalaman bermain gim yang layak. Di laptop ini, Anda disuguhkan dengan kualitas tampilan memukau; berkat adanya layar WQHD dengan gamut warna 100% sRGB dan sertifikasi Dolby Vision.

Selain warnanya yang hidup dan akurat, terdapat juga refresh rate 165 Hz yang membuat setiap pergerakkan di layar semakin licin dan mulus. Ini tentu berguna bagi Anda yang sering memainkan gim berpacu cepat, sebut saja PUBG, COD, Battlefield, Point Blank, ataupun yang lainnya.

Kalau bermain gim terlalu lama, biasanya perangkat akan cepat panas dan berujung pada penurunan performa. Nah, untuk atasi masalah ini, laptop dibekali dengan sistem pendingin ruang uap (vapor chamber) berukuran 2 mm dengan sensor termal enam titik.

Sistem pendingin ini turut hadirkan sebanyak kipas 73 bilah dengan kristal cair. Ditambah dengan material tembaga pada heatpipe yang dapat menyalurkan panas dengan baik.

Untuk semakin mempertegas fungsinya sebagai laptop khusus gaming, tersedia juga fitur backlight empat zona yang bisa tampilkan warna-warna berbeda. Selain bikin tampilannya terlihat gaming banget, Anda pun bisa mengetik dengan lebih pede pada kondisi minim cahaya.

Dengan segala kelebihannya, laptop ini memang salah satu yang terbaik untuk digunakan bermain gim. Laptop juga masih tetap cocok untuk produktivitas harian. Sayangnya, bobot laptop memang sebesar 2,35 kg. Bukan yang teringan di industri laptop, tapi tergolong cukup ringan untuk sekelas laptop gaming.

4. Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022)

Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022)_
  • Layar: 14 inci touchscreen 1920 x 1200 piksel, 16:10
  • Processor: Intel Core i7 1255U
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: 16 GB LPDDR4x 4266 MHz dual channel, onboard
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6 + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x DC-in, 1x HDMI, 1x Thunderbolt, 1x 3.5mm audio, SD Card Reader, 2x USB 3.2 Gen 1
  • Baterai: 51 WHr

Lenovo IdeaPad Flex 5i tampaknya akan cocok bagi Anda yang lebih senang menulis ketimbang mengetik. Karena, laptop ini hadirkan layar sentuh dan engselnya pun bisa ditekuk hingga 360 derajat.

Ya, ini merupakan laptop konvertibel 2-in-1 yang sekaligus bisa menjelma sebagai tablet. Karena bisa ditekuk, laptop inipun bisa mengusung beberapa mode lain seperti mode tenda dan mode stand.

Untuk mempermudah dalam menulis atau menggambar, tersedia juga stylus dalam paket penjualan bernama Lenovo Digital Pen. Pena digital ini mendukung sebanyak 4096 tingkat tekanan, sehingga Anda bisa hasilkan ketebalan yang berbeda-beda saat mengarsir atau menggambar.

Meski enak dipakai coret-coret, layar laptop ini sayangnya tidak suguhkan tingkat akurasi warna yang begitu tinggi. Diketahui, layar mendukung gamut warna 45% NTSC, tidak mendukung gamut 100% sRGB.

Apabila akurasi yang tidak sempurna ini tidak masalah buat Anda, sebenarnya laptop masih tergolong oke untuk penggunaan desain grafis atau semacamnya.

Toh, tampilannya juga cukup ideal untuk bekerja dengan aspek rasio 16:10. Terbilang nyaman juga untuk penggunaan di luar ruangan, karena mendukung kecerahan di tingkat 300 nit.

Kekuatan grafis di laptop ini juga cukup memadai dengan VGA terintegrasi Iris Xe Graphics. Namun jika butuh performa lebih tinggi, untungnya laptop sediakan port Thunderbolt 4.

Port ini tidak hanya dapat mentransfer dengan lebih cepat atau terhubung dengan monitor eksternal, tapi bisa juga terhubung dengan eGPU. Jadi, Anda bisa hubungkan kartu grafis desktop ke laptop agar gim-gim yang dimainkan bisa lebih lancar lagi.

Intinya, Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022) ini akan cocok untuk Anda yang bingung antara memilih laptop atau tablet. Form factor-nya yang konvertibel membuat Anda bisa memiliki keduanya sekaligus dalam satu perangkat.

Ditambah, konektivitas Thunderbolt 4 di laptop ini juga merupakan hal baru pada seri IdeaPad Flex. Cocok untuk yang suka kebebasan dalam upgrade kapabilitas laptop, baik itu dalam kemampuan produktivitas multi-tasking ataupun gaming.

5. Lenovo Yoga 9i (2022)

Lenovo Yoga 9i (2022)_
  • Layar: 14 inci FHD 1920 1200 piksel, touchscreen, IPS LCD/OLED
  • Processor: Hingga Intel Core i7 1280P
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: Hingga 16 GB LPDDR5 5200 MHz
  • Storage: Hingga 1 TB PCIe 4 SSD
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: Intel Wi-Fi 6E + Bluetooth 5.2
  • Port: 2 x Thunderbolt 4 (USB Type-C), 1 x USB-C 3.2 Gen 2, 1 x USB Type-A 3.2 Gen 2, 3.5mm headphone jack
  • Baterai: 75 Whr

Tidak semua laptop konvertibel hadir dengan kemampuan prosesor yang prima. Di antara semua laptop 2-in-1 yang ada, Lenovo Yoga 9i (2022) merupakan salah satu yang paling gahar.

Pasalnya, ia sudah dibekali dengan Intel Core generasi ke-12, tepatnya hingga Intel Core i7 1280P. Suffix (akhiran) huruf "P" menandakan bahwa prosesor punya kekuatan lebih kencang dibanding "U". Sehingga, mampu menangani beban kerja yang lebih berat.

Sementara untuk di sisi layarnya, Anda disuguhkan dengan opsi OLED dan IPS LCD. Masing-masing jenis panel tentu punya kualitas berbeda. Untuk yang versi IPS LCD, layar mencakup gamut warna 100% sRGB sedangkan OLED hadirkan gamut 100% DCI-P3.

Layar laptop juga tersedia dalam opsi refresh rate 90 Hz, sehingga dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan saat browsing. Sayangnya, laptop hanya dibekali dengan GPU onboard berupa Intel Iris Xe Graphics. Kendati kemampuannya setara dengan GPU diskrit entry-level, tapi kemampuannya kurang layak untuk mengangkat gim berat terkini.

Laptop konvertibel ini memiliki engsel yang bisa diputar 360 derajat, sehingga dapat mengusung beragam mode seperti mode tenda, stand, dan lain-lain. Jika ingin digunakan untuk bermain gim, laptop sediakan dua buah port Thunderbolt 4 agar bisa disambung ke VGA eksternal.

Nilai jual laptop ini juga terletak pada konektivitasnya yang beragam. Dapat dihubungkan ke protokol WiFi 6E untuk kecepatan internet tinggi, serta hadirkan Bluetooth 5.2 untuk latensi yang lebih rendah ketika gunakan TWS.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram