Carisinyal / Mana Yang Lebih Baik, Tablet Kelas Atas atau Laptop Murah Berkualitas?

Mana Yang Lebih Baik, Tablet Kelas Atas atau Laptop Murah Berkualitas?

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2018

Saat ini, tablet dan laptop sudah menjadi perangkat yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat kedua perangkat tersebut memiliki fungsi yang hampir serupa. Perbedaan keduanya hanya terdapat di harga; jika Anda memiliki uang sekitar 4 -5 juta, maka Anda sudah bisa mendapatkan sebuah tablet kelas atas. sementara untuk laptop, harga tersebut bisa dibelikan sebuah laptop murah berkualitas.

laptop murah berkualitas

Perbedaan tersebut terkadang membuat bimbang sebagian orang, terutama bagi mereka yang menggunakan kedua perangkat tersebut hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja. Lantas dengan uang sejumlah itu, manakah yang lebih layak dibeli? Tablet papan atas atau laptop kelas menengah ke bawah? Berikut Carisinyal akan mengulas beberapa faktor penting yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

Email

Mengirim dan menerima email sudah merupakan aktivitas yang tak boleh terlewatkan di masa sekarang ini. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah perangkat yang mumpuni untuk aktivitas ini. Untuk pilihan email client, laptop dengan sistem operasi Windows tentu memiliki lebih banyak pilihan aplikasi daripada perangkat tablet. Selain itu, mengirim email melalui laptop juga lebih mudah terutama apabila Anda mengirimkan email dengan berbagai macam lampiran dan lainnya.

Namun email di saat sekarang ini sudah seperti sebuah SMS sehingga kita diharapkan untuk dapat menjawabnya tepat waktu. Untuk masalah ini, tentu tablet akan menjadi pemenangnya karena aplikasi email yang terdapat di tablet pasti memiliki fitur push notification. Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat membaca email baru dari teman atau rekan bisnis Anda.

Pemenang: Seri

Tulis Menulis

Menulis merupakan hal yang pasti akan dilakukan oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang masih menjadi pelajar. Untuk urusan tulis menulis ini, rasanya sudah jelas jika laptop kan menjadi pemenangnya karena dilengkapi dengan keyboard fisik. Pasalnya, menulis pada keyboard virtual yang terdapat pada tablet tidak akan secepat dan senyaman menulis di atas keyboard fisik. Hal tersebut tentu akan mengganggu produktivitas. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk mengakalinya adalah dengan memasang keyboard eksternal pada tablet Anda.

Pemenang: Laptop

Aplikasi Office

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli tablet atau laptop murah berkualitas adalah aplikasi office. Ya, Anda pastinya tidak akan mengerjakan berbagai tugas di notepad karena Anda akan lebih banyak menggunakan aplikasi semacam Microsoft Word, Excel, dan lainnya.

Untuk urusan ini, laptop kembali menjadi pemenang karena terdapat erbagai macam aplikasi office yang dapat Anda pilih untuk digunakan di laptop. Terlebih lagi para mahasiswa bisa mendapatkan Office 365 secara gratis dari Microsoft.  Sementara itu, aplikasi office yang ada di tablet Android ataupun iOS, belum memiliki fitur sepadan dengan yang ada pada laptop.

Pemenang: Laptop

Image & Video Editor

Mengedit gambar dan video sudah merupakan hal yang lumrah saat ini. Lagi-lagi, laptop kembali menjadi pemenang karena menyediakan berbagai macam aplikasi untuk kebutuhan ini seperti Adobe Photoshop, Premiere, dan lainnya. sebenarnya di perangkat tablet juga terdapat aplikasi serupa seperti Aviary, Photoshop Touch, Snapseed, hingga Instagram, namun fitur-fiturnya belum mampu menyamai software versi desktop.

Pemenang: Laptop

Portability

Jika Anda memiliki bujet sekitar 4 hingga 5 juta, jangan berharap Anda bisa mendapatkan laptop yang tipis dan ringan semacam Macbook Air. Pasalnya, Anda hanya akan mendapatkan sebuah laptop besar yang cukup berat. Anda sebenarnya bisa membeli netbook yang lebih kecil dan ringan, namun tetap saja lebih berat ketimbang tablet. Oleh karena itu, jika Anda seorang yang sering bepergian dan tidak ingin membawa perangkat elektronik yang berat, maka tablet adalah pilihannya.

Pemenang: Tablet

Daya Tahan Baterai

Laptop kelas menengah ke bawah biasanya tidak memiliki baterai yang tahan lama karena hanya mampu bertahan sekitar 4 hingga 5 jam saja. Hal tersebut tentu berbeda dengan tablet kelas atas yang mampu bertahan hingga lebih dari 10 jam. Oleh karena itu, tablet menjadi perangkat yang sangat cocok bagi Anda yang tidak suka terlalu sering berurusan dengan colokan listrik.

Pemenang: Tablet

Mana Yang Layak Dibeli?

Semuanya kembali kepada kebutuhan Anda. Secara keseluruhan laptop memang memiliki banyak keunggulan dibanding tablet, namun jika Anda membutuhkan perangkat yang praktis dan mudah dibawa kemana saja, tentu tablet akan menjadi pilihannya. Namun jika Anda membutuhkan perangkat yang mendukung produktivitas, maka laptop layak berada di meja Anda. Jika Anda tertarik untuk membeli laptop, Anda dapat melihat daftar 10 laptop terbaik 2013 yang pernah kami bahas.

Bagaimana pendapat Anda mengenai pilihan tablet kelas atas atau laptop murah berkualitas ini? silahkan sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar