Carisinyal / Deretan Laptop ROG yang Menggunakan Prosesor 9th Gen Intel Core

Deretan Laptop ROG yang Menggunakan Prosesor 9th Gen Intel Core

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Untuk memainkan game eSports dan jejeran hardcore game, pasti para gamers membutuhkan sebuah laptop yang mumpuni. Artinya, kalau Anda memang ingin main game “dewa” maka membutuhkan laptop dengan performa yang gahar.

Sayangnya, laptop performa gahar ini biasanya punya desain yang terkesan berat dan besar. Sehingga, banyak gamers yang merasa kerepotan untuk membawa laptop seperti itu. Tapi semua kesulitan tadi sudah ditampis oleh pihak ASUS.

Pasalnya, ASUS ini punya beberapa produk laptop ROG (Republic Of Gamers) yang compact, ringkas, powerful, namun hemat daya. Nah, semua produk laptop tersebut ternyata sudah disematkan prosesor terbaru, 9th Gen Intel Core lho. Keren? Ingin tahu laptop apa saja yang keren ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. ROG Zephyrus

Untuk laptop ROG pertama yang akan kami rekomendasikan adalah laptop ROG Zephyrus. Nah, ROG Zephyrus ini meluncurkan beberapa laptop terbarunya dengan konsep ringan dan powerful. Berikut adalah beberapa produknya:

  • ROG Zephyrus S GX502

ROG Zephyrus S GX502

Mau punya laptop game tapi mudah dibawa kemana pun? Kalau begitu pilihan yang tepat untuk membeli ROG Zephyrus S GX502. Pasalnya, laptop ini memang ditujukan untuk para gamers sekaligus Anda pekerja profesional on-the-go.

Bentuknya punya layar 15-inci dengan form-factor super ringkas dan hadir dengan fitur gaming yang sangat lengkap. Tapi, yang menarik adalah laptop ini berbeda dengan laptop 15-inci lainnya dimana bodinya lebih tipis 25% dan bobotnya lebih ringan 42%.

Bukan hanya itu saja, ROG Zephyrus satu ini juga kokoh dengan bodi berbahan magnesium alloy ditambah dengan struktur honeycomb reinforcement, memastikan bahwa laptop ini akan tetap kuat meski memiliki bobot yang ringan.

Puas melihat soal bodinya, kini kami akan bahas soal performa. ROG Zephyrus S GX502 tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core, laptop ini juga hadir dengan opsi chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 atau RTX 2070 yang powerful serta mendukung berbagai teknologi grafis terkini.

Hal menarik lainnya dari laptop ini adalah dukungan pendingin Intelligent Cooling yang menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS) khas seri ROG Zephyrus membuat laptop gaming ini tetap dapat berjalan stabil. Penasaran dengan spesifikasi selengkapnya? Cek di bawah ini.

ASUS ROG Zephyrus S GX502 spek

  • ROG Zephyrus S GX701

ROG Zephyrus S GX701

Mau ROG Zephyrus yang lebih gahar? Yuk, pilih ROG Zephyrus S GX701 ini! Nah, laptop ini juga masih punya konsep ringkas dan powerful. Ringkas di sini karena laptopnya menggunakan form-factor ultra-tipis dan memiliki ketebalan tidak lebih dari 2cm lho!

Selain tipis, laptop ini juga sangat powerful berkat GPU NVIDIA GeForce RTX. Belum lagi laptop ini juga ada dukungan prosesor 9th Gen Intel Core yang membuat performa lebih kencang.

Bukan hanya soal performa, ROG yang satu ini juga punya fitur eksklusif berupa Tensor Core. Fitur tersebut bisa mengakselerasi performa AI. Dengan fitur tersebut juga bisa menghadirkan visual yang lebih nyata. Keren, kan? Penasaran dengan spesifikasi selengkapnya? Cek di bawah ini.

ASUS ROG Zephyrus S GX701 spek

  • ROG Zephyrus M GU502

ROG Zephyrus M GU502

Selanjutnya ada ROG Zephyrus M GU502 dengan mengusung konsep yang mirip, yakni ringkas dengan performa cukup mengesankan. Namun, pada laptop yang satu ini tidak mengusung teknologi AAS (Active Aerocooling System).

Meskipun tanpa teknologi tersebut, ASUS menggantikannya dengan sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Anti-Dust Cooling. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Bukan hanya itu saja, bahkan sistem pendinginnya ini dilengkapi dengan saluran udara tambahan selain saluran udara di bagian bawah bodinya. Makanya tidak heran jika laptop gaming ini tetap dapat bekerja secara optimal meski digunakan di permukaan yang tidak rata.

Lantas bagaimana dengan performa? Tentu saja mampu bersaing ketat dengan laptop gaming lainnya karena laptop ini mengusung prosesor 9th Gen Intel Core, tepatnya Intel Core i7-9750H. Dengan prosesor ini, laptopnya mampu bekerja hingga 4,5GHz saat sedang dalam mode Turbo.

Sedangkan pada bagian grafisnya, laptop ini menggunakan chip grafis terbaru NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti yang lebih powerful dari chip grafis GeForce GTX 10 series. Chip grafis ini juga dilengkapi dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB yang mampu menghadirkan kualitas grafis tertinggi di dalam game. Penasaran dengan spesifikasi selengkapnya? Cek di bawah ini.

ASUS ROG Zephyrus M GU502 spek

2. ROG Strix

Selain tipe Zephyrus, ada juga laptop ROG tipe Strix. Nah, ROG Strix ini dibagi menjadi dua laptop lagi, yakni ROG Strix SCAR III G531/G731 dan ROG Strix Hero III G531. Hal menarik dari produk ROG Strix ini adalah dari desainnya. Pasalnya, ASUS berkolaborasi dengan BMW untuk mendesain laptop gaming keren ini lho. Lantas bagaimana dengan performanya? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

  • ROG Strix SCAR III G531/G731

ROG Strix SCAR III

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa laptop ini punya desain yang sangat mewah berkat sentuhan desain dari BMW Designworks Group yang berkolaborasi dengan ASUS, atau disebut desain ROG Face Off.

Keunikan lain dari laptop ini adalah fitur “keystone” yang mana sebuah “kunci” untuk mengakses berbagai fitur ekstra di laptop terbaru ini. Keystone dipasang pada bodi ROG dan dapat menyimpan berbagai pengaturan yang ada di aplikasi Armoury Crate.

Lalu, bagaimana dengan performanya? Perlu diketahui bahwa laptop ini memiliki prosesor 9th Gen Intel Core dengan versi tertingginya yaitu Intel Core i9-9980H yang hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Prosesor ini dapat menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz pada mode Turbo dan merupakan salah satu prosesor mobile paling kencang dari Intel saat ini.

Bukan hanya prosesornya saja, karena dari sisi grafisnya pun laptop ini sudah dibekali oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX dan GTX dengan versi tertingginya telah dilengkapi dengan GeForce RTX 2070. Jadi, sudah dipastikan laptop ini mampu memainkan game AAA dengan lancar. Ingin tahu spesifikasi selengkapnya? Baca di bawah ini!

ROG Strix Scar III spek

  • ROG Strix Hero III G531

ROG Strix Hero III

Keunggulan dari ROG Strix Hero III G531 ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan versi ROG Scar tadi. Perbedaannya ada pada lebar layar, dimana ROG Strix kali ini punya layar lebih kecil, yakni 15,6” (16:9). Tak lupa, ASUS juga menyematkan IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, 100% sRGB.

Untuk beratnya juga lebih ringan, hanya 2,57 Kg dengan lebar 360 (W) x 275 (D) x 24.9 (H) mm. Tenang saja, laptop ini masih sama-sama punya prosesor tercepat dari Intel untuk saat ini. Bahkan, laptop ini juga punya fitur “Keystone” seperti pada ROG Strix Scar sebelumnya. Jika Anda penasaran dengan spesifikasi selengkapnya dari laptop ini, silakan cek gambar di bawah ini.

ROG Strix Hero III spek

  • ROG Strix G

ROG Strix G

Kalau ROG Strix Scar III dan ROG Strix Hero III memang dirancang khusus untuk para pecinta game eSports, maka kali ini ROG Strix G hadir untuk para gamers yang bukan hanya main game eSports saja. Konsep dari laptop ini juga masih mirip dengan laptop sebelumnya, desain elegan dan gahar.

Namun, yang berbeda dari ROG Strix G adalah tidak memiliki “Keystone”. Meskipun begitu, Sistem pendingin, engsel serta elemen desain lain yang diadaptasi dari ROG Face Off masih digunakan di ROG Strix G.

Bahkan dalam urusan performa, ROG Strix G juga tetap tampil powerful berkat penggunaan prosesor 9th Gen Intel Core hingga Core i7-9750H dan ditenagai oleh chip grafis hingga GeForce RTX 2070. Untuk spesifikasi selengkapnya,bisa lihat di bawah ini.

ROG Strix G spek

3. ROG Mothership

ROG Mothership

Last but not least, laptop ROG terakhir yang kami rekomendasikan ini adalah laptop yang bisa dibilang paling gahar dan paling mahal di dunia, untuk saat ini, ya. Bagaimana tidak, selain mengusung prosesor 9th Gen Intel Core i9-9980HK yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread, karena dengan prosesornya ini ROG Mothership mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,7GHz di mode Turbo. Ingin tahu spesifikasi lengkapnya ROG Mothership? Berikut spek lengkap dari ROG seharga 130 jutaan ini.

ROG Mothership spek

Dengan begitu, laptop ini bisa dibilang bukan hanya untuk main game saja karena ROG Mothership juga sangat cocok untuk para content creator. Pasalnya, laptop ini sangat mampu untuk melakukan 3D rendering, recording, hingga bermain game sambil melakukan live streaming.

Nah, selain keren di bagian performanya, ROG Mothership juga punya desain yang revolusioner. Tidak seperti kebanyakan laptop, ROG Mothership justru memosisikan bodi utama secara berdiri. Jadi, sistem pendinginan di ROG Mothership tidak akan dibatasi oleh ruang sirkulasi udara yang terbatas seperti desain laptop tradisional.

Uniknya, antara bodi utama dan keyboard bisa Anda pisah. Jadi, laptop ini bisa memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi penggunanya. Bukan hanya itu saja, laptop ini bahkan didesain oleh penyangga khusus, sehingga penyangga tersebut dapat langsung terbuka ketika ROG Mothership ditempatkan di atas meja. Keren, kan?

Itulah tadi beberapa laptop ROG yang memiliki prosesor 9th Gen Intel Core. Dari beberapa laptop yang sudah kami sebutkan tadi, kira-kira laptop mana yang ingin Anda beli?

Oh iya, sebelumnya kami pernah me-review salah satu ROG Zephyrus namun laptop tersebut hanya menggunakan prosesor intel generasi 8. Jika Anda ingin tahu kelebihan dan kekurangannya, silakan cek ulasannya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar