carisinyal web banner retina

Review kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe K5 Plus

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Baru-baru ini sebuah vendor ponsel asal Cina, Lenovo, merilis K5 Plus. Ini adalah smartphone mid-end yang mengusung layar 1080p. Bahkan, Carisinyal melihat kali ini Lenovo menghadirkan desain yang berbeda dan lebih spesial dibanding smartphone besutan Lenovo sebelumnya.

Di Indonesia, ponsel Lenovo memang cukup banyak diminati oleh pengguna smartphone murah berkualitas di tanah air. Namun, apakah kali ini Lenovo Vibe K5 Plus worth untuk dibeli? Cari tahu di review Lenovo Vibe K5 Plus berikut ini, yuk!

Desain

Ada yang berbeda di desain Lenovo Vibe K5 Plus ini. Ya, smartphone ini tampil dengan lebih elegan dibanding smarpthone-smartphone keluaran Lenovo sebelumnya. Bahkan, sekilas tampilan handset yang satu ini nampak menyerupai iPhone 6.

Ponsel dengan dimensi 142 x 71 x 8 mm ini tipis dan bagian belakangnya dibalut dengan logam halus. Akan tetapi, body belakang handphone ini rentan terhadap goresan jika Anda meletakannya di permukaan yang kasar.

Ponsel elegan yang satu ini hadir dalam dua pilihan warna mewah, yakni Champagne Gold dan Graphite Grey. Warna-warna ini juga membuat Lenovo Vibe K5 Plus semakin mirip dengan iPhone 6.

Layar

kelebihan dan kekurangan lenovo vibe k5 plus

Saat beberapa ponsel kelas menengah lainnya ramai-ramai meluncurkan ponsel berlayar besar, Lenovo Vibe K5 Plus hadir dengan layar berukuran medium, yakni 5 inci. Layar tersebut didukung dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan tingkat kerapatan layar 440 ppi. Karena smartphone ini memiliki 450 nits brightness, maka Carisinyal mengklaim bahwa layar Lenovo Vibe K5 Plus ini sangat terang.

Di bawah layar ada tombol sentuh kapasitif yang tidak disertai oleh backlit. Akan tetapi, tombol sentuh tersebut memberikan feedback yang sangat responsif. Sementara jenis layar yang terdapat pada smartphone ini adalah glossy yang rentan terhadap bekas sidik jari penggunanya.

Prosesor

Prosesor atau dapur pacu adalah bagian yang paling menarik untuk dibahas di dalam review Lenovo Vibe K5 Plus ini. Ya, ponsel ini dibekali oleh hardware yang tergolong sangat matang, yakni prosesor Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan CPU Quad Core1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad Core 1.2 GHz Cortex A-53.

Prosesor ini dapat menjalankan UI tanpa lag walaupun konsumsi RAM-nya menjadi lebih banyak. Sementara itu, di sektor grafis Lenovo mengandalkan GPU Adreno 405 untuk menghasilkan tampilan grafis yang lebih smooth dan baik.

Memori

Tidak seperti smartphone lain yang berlomba-lomba memberikan pilihan memori internal yang cukup banyak, Lenovo Vibe K5 Plus hanya menyediakan satu pilihan ukuran ROM, yakni 16 GB. Setelah digunakan untuk aplikasi bawaan smartphone ini, Anda hanya memperoleh ruang penyimpanan internal 10.6 GB, tapi Anda masih bisa menggunakan memori internal sampai 32 GB.

Untuk mengimbangi kinerja prosesor yang matang, Lenovo membekali smartphone ini dengan RAM 2 GB. Ukuran RAM ini sudah cukup lumayan, karena standar RAM ponsel pintar masa kini memang sekitar 2 GB.

Kamera

kamera lenovo vibe k5 plus

Sampel kamera Lenovo Vibe K5 Plus

Di zaman serba media sosial seperti ini, kamera adalah aspek yang juga harus dipertimbangkan saat membeli smartphone. Dalam review Lenovo Vibe K5 Plus ini tentu saja kami akan memberikan bocoran mengenai kamera smartphone ini.

Dimulai dari kamera sekunder ponsel ini yang berukuran 5 MP. Kamera ini tidak dilengkapi dengan LED Flash, tapi sudah cukup baik untuk berfoto-foto selfie di ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik.

Beralih ke bagian belakang, Anda akan menemukan kamera 13 MP yang tersemat di Lenovo Vibe K5 Plus ini. Kamera tersebut dibekali dengan LED Flash, Omnivision OV13850 Sensor, f/2.2 aperture, dan 5P lensa. Kamera utama ini juga semakin baik dengan adanya HDR, pemilihan aspek rasio, white balance, dan ISO.

Berbicara soal kualitas gambar yang dibidik oleh kamera utama Lenovo Vibe K5 Plus, kami memberi kesimpulan bahwa kamera smartphone ini nampak baik di siang hari, bidikan makro baik, tapi sulit untuk fokus pada satu objek. HDR kamera ini juga terlalu terang, sehingga gambar nampak kurang sempurna.

Konektivitas


Karena ini sudah zamannya jaringan 4G LTE, maka Lenovo memahami hal tersebut dan tentu saja vendor asal negeri tirai bambu tersebut membuat K5 Plus kompatibel terhadap jaringan internet 4G LTE. Ponsel cerdas ini adalah tipe dual-SIM dan kedua SIM tersebut mendukung jaringan 4G. Akan tetapi, Anda hanya bisa menggunakan satu jaringan 4G saja dari salah satunya.

Konektivitas lain yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang tentunya akan memberikan kecepatan internet yang lebih baik dan prima dibanding smartphone yang masih menggunakan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Di samping itu, ada pula konektivitas Bluetooh v4.0 yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer file antara perangkat yang juga memiliki konektivitas Bluetooth. Tak hanya itu saja, Lenovo Vibe K5 Plus juga sudah support USB On-The-Go.

Baterai

baterai lenovo vibe k5 plus

Dalam review Lenovo Vibe K5 Plus ini, Carisinyal akan membahas baterai yang diusung oleh smartphone ini. Lenovo menggunakan baterai yang bisa dilepas (removable) dengan ukuran 2.750 mAh. Ini adalah ukuran baterai yang tergolong standar dan tidak terlalu istimewa.

Bila Anda mengaktifkan jaringan 4G dan dual-SIM, daya tahan baterai smartphone ini hanya mencapai kurang dari sehari. Namun, keunggulan dari smartphone ini adalah tersedianya mode penghemat baterai, di mana mode ini dapat meminimalisir konsumsi daya dengan mengurangi kinerja telepon saat baterai low.

Fitur

Untuk K5 Plus, Lenovo masih mempercayakan sistem operasinya kepada Android Lollipop v5.1. Sementara UI yang dibawa oleh ponsel ini terlihat sedikit berbeda dari UI yang diusung oleh Vibe K4 Note dan Vibe X3. Lenovo sendiri belum memberi pengumuman resmi apakah K5 Plus akan memperoleh upgrade Android Marshmallo v6.0.

Fitur yang membuat K5 Plus tampak menarik adalah built-in-split-screen mode yang memungkinkan Anda untuk melihat seluruh UI menggunakan kacamata VR. Beberapa aplikasi yang merupakan bawaan dari smartphone ini adalah Google dan sejumlah aplikasi utilitas lainnya.

Lenovo turut membekali ponsel pintar ini dengan Dolby Atmos, Audio Codec PM8916, dan dual speaker sehingga kualitas audio yang dihasilkan oleh smartphone ini terbilang baik. Dengan begitu, smartphone ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka mendengarkan musik.

Harga

Seperti yang sudah kami beritahukan di awal, Lenovo Vibe K5 Plus adalah ponsel kelas menengah. Harga yang akan dibandrol untuk satu buah Lenovo Vibe K5 Plus adalah sekitar 2 jutaan. Harga ini termasuk murah mengingat spesifikasi yang dibawa oleh ponsel pintar ini juga cukup baik. Dengan mengusung harga low-end itu, kami percaya bahwa peminat Lenovo Vibe K5 Plus di pasaran akan semakin banyak.

Simpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan jika smartphone ini memiliki keunggulan di sisi layar, performa, serta speakernya. Namun, kelemahannya terdapat pada kapasitas baterainya yang kurang besar sehingga Anda harus siap membawa power bank.

Sampai di sini review Lenovo Vibe K5 Plus dari Carisinyal. Saat ini, Lenovo Vibe K5 Plus belum resmi dirilis di Indonesia. Smartphone ini baru dirilis resmi di India. Namun, Carisinyal memperkirakan bahwa kemungkinan besar smartphone ini akan dirilis dalam waktu dekat. Nah, apakah Anda berminat untuk membawa pulang ponsel kelas menengah berharga low-end ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram