carisinyal web banner retina

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe Shot

Lenovo kembali meramaikan pasar smartphone mid-end dengan seri terbarunya, Lenovo Vibe Shot. Vendor asal Tiongkok ini sudah memperkenalkan smartphone tersebut di Mobile World Congress (MWC) 2015 pada bulan Maret yang lalu.

Lenovo Vibe Shot kabarnya sangat andal dalam sektor kamera. Hal tersebut dibuktikan dengan tersematnya kamera 16MP di bagian belakangnya. Selain itu, Vibe Shot juga menjadi smartphone pertama yang dilengkapi dengan 3 LED flash secara sekaligus.

Smartphone yang juga dikenal dengan nama Lenovo Vibe Max ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga yang sangat menarik. Lantas, bagaimana spesifikasi lengkap ponsel pintar ini? Yuk simak review Lenovo Vibe Shot berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 1080 x 1920 pixels (441 ppi)
  • Memori internal: 32 GB, 3 GB RAM (@800 MHz)
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 "64-bit"
  • CPU: Octa Core 1.7 GHz, Cortex-A53 & Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0.2 (Lollipop)
  • Kamera utama: 16 MP, 5328 x 2988 pixels
  • Fitur kamera: triple-LED flash (dual-tone), CMOS BSI, Optical image stabilization, 6-element lens, geo-tagging, digital zoom, face detection, Infra Red autofocus, touch focus, panorama, HDR, ISO setting, exposure compensation, contibuous shooting, scene mode, self timer
  • Kamera depan: 8 MP, video record [email protected]
  • Baterai: Li-Polimer 2900 mAh

Desain

Lenovo menggunakan desain stylish dan elegan untuk Vibe Shot. Sekilas tampilan dari smartphone ini menyerupai kamera digital modern. Desain yang diusungnya ini benar-benar mempertegas bahwa Vibe Shot merupakan smartphone yang cocok bagi pecinta fotografi.

review lenovo vibe shot

Lenovo Vibe Shot memiliki panjang 142 mm, lebar 70 mm, dan tebal 7,3 mm. Dilihat dari dimensinya, smartphone ini sangat ramping dan tidak terlalu tebal. Bahkan, Vibe Shot digadang-gadang lebih ringan dari sebuah kamera pocket karena hanya memiliki bobot 145 gram.

Ada 3 pilihan warna Vibe Shot yang bisa dipilih, antara lain adalah crimson, pearl white, dan graphite grey. Bagian sampingnya dikelilingi oleh frame yang terbuat dari metal sedangkan bagian belakangnya dilapisi dengan kaca ala seri Xperia buatan Sony.

Layar

Layar berukuran 5 inch yang menggunakan teknologi IPS dengan 16 juta warna tertanam pada Lenovo Vibe Shot. Untuk smartphone kelas mid-end, Vibe Shote memiliki resolusi layar yang cukup tinggi, 1080 x 1920 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 441 ppi.

Jangan heran jika smartphone ini memiliki tampilan layar yang sangat terang, jernih, tajam, dan kaya warna. Hebatnya lagi, layar yang menakjubkan tersebut juga diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3. Kaca anti gores tipis ini mampu melindungi layar dari berbagai gesekan dan goresan.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan lenovo vibe shot

Setelah dimanjakan dengan desain yang elegan dan layar yang super tajam, kini Anda diajak berkenalan dengan dapur pacu dari Vibe Shot. Smartphone ini ditenagai oleh chipset dari Qualcomm Snapdragon MSM8939 Snapdragon 615 dengan komputasi 64-bit.

Chipset yang tangguh ini disokong oleh delapan inti prosesor yang terdiri dari Quad Core 1.7 GHz Cortex-A53 dan Quad Core 1.0 GHz Cortex-A53. Bisakah Anda bayangkan betapa kuat dan gaharnya performa dari dapur pacu smartphone ini?

Kekuatan dari chipset dan CPU yang digunakan Vibe Shot juga didukung oleh kartu pengolah grafis Adreno 405. GPU ini mampu menghasilkan tampilan grafis yang sempurna untuk memainkan game HD atau menonton video melalui Lenovo Vibe Shot.

Memori

Sekarang waktunya membahas review Lenovo Vibe Shot pada sektor memori. Jangan berpuas hati dulu dengan keunggulan desain, layar, dan prosesor smartphone ini, karena Lenovo Vibe Shot juga memiliki senjata pada sektor memori.

Pasalnya, smartphone handal yang satu ini dibekali dengan memori internal 32 GB. Ukuran tersebut lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai aplikasi. Untuk menyimpan data di memori eksternal, Lenovo juga menyediakan slot microSD pada Vibe Shot yang mampu digunakan untuk menyimpan data hingga 128 GB.

Kejutan lain datang dari ukuran RAM yang sangat mengejutkan. Nampaknya, Lenovo sangat mengerti untuk menandingi kekuatan prosesor yang amat tangguh, maka smartphone ini dilengkapi dengan RAM 3 GB. Dengan ukuran RAM tersebut Lenovo menjamin bahwa smartphone ini akan minim lag.

Kamera

Sesuai dengan namanya, Lenovo Vibe Shot memiliki keunggulan yang menonjol di sektor kamera. Smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 16 MP. Tak tanggung-tanggung, kamera ini juga dilengkapi dengan triple LED Flash. Handset ini dipersiapkan untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan kamera biasa.


Kamera Vibe Shot juga memiliki beberapa fitur, seperti CMOS BSI, Optical Image Stabilization, 6-element Lens, Geo-tagging, Digital Zoom, Infra Red Autofocus, Face Detection, ISO Setting, Exposure Compensation, Contibuous Shotting, Scene Mode, Panorama, HDR, dan Self Timer.

Melihat dari banyakya fitur yang tersemat, sepertinya kamera Lenovo Vibe Shot ini mampu menggantikan keberadaan kamera digital. Ponsel pintar ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps.

Untuk keperluan selfie dan video call, Anda dapat menggunakan kamera depan yang super tajam berukuran 8 MP. Ini merupakan resolusi kamera depan yang lebih dari cukup untuk mengambil potret diri alias selfie.

Lenovo juga menyertakan tombol khusus untuk mengambil foto pada smartphone ini. Selain itu, terdapat juga sebuah toggle di samping tombol tersebut untuk memindahkan mode kamera dari otomatis menjadi professional.

Konektivitas

Kabar gembira lainnya datang dari konektivitas yang dimiliki handset ini. Vibe Shot sudah bisa digunakan pada jaringan 4G LTE. Anda bisa menikmati kecepatan unduh hingga 150 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps menggunakan jaringan 4G LTE dari smartphone ini.

Namun, jangan kecewa jika wilayah Anda belum didukung oleh jaringan 4G LTE, karena Vibe Shot juga kompatibel dengan jaringan 2G maupun 3G. Vibe Shot juga didukung dengan koneksi Wi-Fi. Selain itu, untuk bertukar data antar perangkat, Anda bisa memanfaatkan Bluetooth v4.1 dan microUSB v2.0 yang tersemat pada smartphone ini.

Baterai

Baterai merupakan nyawa dari sebuah smartphone. Oleh karena itu, Lenovo menggunakan baterai Li-Polimer 2900 mAh yang tahan lama pada Vibe Shot. Dengan baterai ini, Vibe Shot mampu bertahan pada waktu bicara hingga 39 jam di jaringan 2G dan 16 jam di jaringan 3G. Dalam waktu siaga, smartphone ini mampu menyalan hingga 288 jam di jaringan 2G dan 264 jam di jaringan 3G.

Fitur

Ponsel pintar ini mengusung sistem operasi Android Lollipop v5.0.2 yang memiliki interface UI yang menawan. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan Radio FM. Selama berpergian, Anda juga bisa menggunakan fitur penunjuk arah dari GPS built-in, A-GPS, dan GLONASS.

Harga

Lenovo Vibe Shot merupakan smartphone premium pada kelas mid-end. Harga dari ponsel ini sekitar 4.5 juta rupiah. Harga tersebut tidak terlalu mahal mengingat ponsel pintar ini memiliki begitu banyak keunggulan dari berbagai sektor.

Kesimpulan dari review Lenovo Vibe Shot yang kita bahas kali ini, smartphone tersebut cukup kuat dan tangguh dalam berbagai sektor. Overall, smartphone premium ini tidak mengecewakan sama sekali dan layak dimiliki bagi Anda para pecinta fotografi.

Kelebihan Lenovo Vibe Shot:
- Desain stylish
- RAM 3GB
- Kualitas kamera kelas atas
- Baterai tahan lama
- Memori internal besar
- Mendukung banyak frekuensi 4G LTE

Kekurangan Lenovo Vibe Shot:
- Baterai tidak bisa dilepas

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram