10 Rekomendasi MacBook Paling Murah di Tahun 2022

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Pengolahan grafis seperti mengedit video 4K jadi sarapan utama dari laptop yang satu ini. Apple bahkan mengeklaim, kemampuan grafis laptop ini 9,2x lebih cepat ketimbang MacBook Pro 2020 varian Intel. Klaim peningkatan grafis yang tinggi itu menjadi alasan mengapa Apple menghilangkan dukungan GPU eksternal pada laptop ini.

Padahal laptop ini mempunyai tiga port Thunderbolt 4. Terlepas dari pekerjaan super berat, MacBook pro 2021 10 core ini nyaman dipakai untuk aktivitas esensial seperti menonton film. Pasalnya, layar XDR-nya benar-benar jernih. Untuk pemutaran konten HDR, tingkat kecerahannya bisa mencapai 1600 nit!

Tingkat kecerahan setinggi itu belum pernah ada di level laptop. Adapun ketahanan baterainya untuk pemutaran video juga tinggi, mencapai 17 jam. Laptop ini memang sangat layak untuk menunjang kegiatan serius maupun santai.

10. Apple MacBook Pro 2021 16 M1 Max

Macbook pro 16 m1 max
  • Layar: 16,2-inch, Liquid Retina XDR display, (3456 x 2234), 1600 nit, 120 Hz
  • Processor: Apple M1 Max Chip, 10 core CPU
  • Graphic Card: 32 core GPU
  • RAM: 32 GB unified memory
  • Storage: 1 TB GB SSD
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6, Bluetooth 5.0
  • Port: 3x USB C/Thunderbolt 4 (display port, data transfer, charging), 1x HDMI, 1x jack audio 3,5 mm, 1x SDXC reader, 1x MagSafe 3
  • Baterai: 99.6 Wh (hingga 21 jam)

Jika Anda butuh perangkat mobile dengan kemampuan bertaraf workstation, MacBook Pro 16 2021 varian SoC M1 Max adalah jawabannya. Laptop 2,2 kg ini dapat dipertimbangkan mengingat kemampuannya menangani beban kerja yang tinggi dapat diandalkan.

Khususnya untuk menangani pekerjaan yang ada kaitannya dengan pengolahan grafis. Hal itu karena GPU yang dibawanya memiliki core sebanyak 32, atau dua kali lipat ketimbang varian M1 Pro. Apple mengklaim, laptop ini memiliki kemampuan 1,9x lebih cepat ketimbang MacBook Pro 16 2020, yang memakai GPU diskret Radeon Pro 5600M.

Klaim tersebut berlaku pada aplikasi Blackmagic DaVinci Resolve Studio. Lantas, bagaimana dengan kemampuan CPU-nya? Dalam uji dengan aplikasi engineer Vectorworks, laptop ini disebut memiliki kemampuan 2,1x lebih baik daripada MacBook Pro 16 2020 varian Core i9.

Kemampuan yang tangguh itu tentu saja tidak datang dari SoC M1 Max saja, tapi juga pemakaian SSD, memori terintegrasi, dan optimasi berbagai software agar bisa berjalan mulus pada SoC Apple Silicon yang berbasis ARM.

Beberapa komponen dari laptop ini pun memang mendukung untuk kegiatan produktivitas. Mulai dari layar XDR dengan refresh rate tinggi, baterai tahan lama, dan jenis port yang termasuk lengkap. Seluruh keunggulan laptop ini bisa dicicipi saat Anda menebusnya dengan harga Rp53.290.000.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai rekomendasi MacBook paling murah versi Carisinyal. Semua harga di atas adalah harga baru. Meski begitu, Anda perlu perhatikan apakah laptop-laptop tersebut memakai garansi dari Apple secara internasional atau menggunakan garansi dari iBox. Memerhatikan hal tersebut penting untuk keperluan klaim garansi. Selamat memilih!

«12 3
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram