Carisinyal / Cara Mengatasi Masalah Alcatel Onetouch Flash Plus

Cara Mengatasi Masalah Alcatel Onetouch Flash Plus

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Setelah sukses di pasaran smartphone Eropa, Alcatel baru-baru ini mencoba peruntungan di Indonesia dengan merilis smartphone Alcatel Onetouch Flash Plus. Smartphone tersebut hadir dengan spesifikasi yang tidak main-main di kelasnya.

Dengan harga Rp 2 jutaan, Alcatel Onetouch Flash Plus menyuguhkan layar 5,5 inci dengan kapasitas baterai 3500 mAh. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitas Anda selama seharian penuh.

Nah bagi Anda yang sudah membeli smartphone buatan produsen asal Prancis tersebut, pasti Anda akan menemukan beberapa masalah kecil di dalamnya. Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas berbagai solusi untuk mengatasi masalah Alcatel Onetouch Flash Plus tersebut.

Spesifikasi

  • Layar: IPS 5.5 inci, 1280 x 720 pixels
  • Memori internal: 16 GB ROM / 2GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD up to 32 GB
  • Chipset: Mediatek MT6752M
  • CPU: Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T760MP2
  • Sistem Operasi: Android KitKat 4.4
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: Autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Kamera depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Ion 3500 mAh

Layar Kekuningan

Masalah pertama yang sering dikeluhkan oleh pengguna Alcatel Onetouch Flash Plus adalah layar yang tampak kekuningan. Sebenarnya warna kekuningan ini bukanlah masalah pada layarnya, melainkan hanya pengaturan warnanya yang lebih warm agar bersahabat dengan mata.

Pengaturan warna tersebut bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Caranya cukup buka menu Settings lalu pilih Display. Di sana silahkan atur color temperatire-nya, apakah mau menjadi dominan putih, kekuningan, atau agak kebiruan.

Notifikasi Tidak Muncul

Alcatel Onetouch Flash Plus

Alcatel Onetouch Flash Plus memiliki fitur untuk membersihkan RAM secara sekaligus sehingga performanya dapat meningkat secara seketika. Namun setelah menggunakan fitur tersebut, terkadang beberapa aplikasi seperti BBM, WhatsApp, dan LINE tidak bisa memberikan notifikasi ketika ada pesan masuk.

Hal tersebut tentu sangat merugikan karena bisa jadi pesan yang masuk merupakan informasi yang penting. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengunci berbagai aplikasi tersebut di dalam RAM. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol home hingga keluar menu multitasking
  2. Geser aplikasi yang ingin dikunci ke sebelah kiri
  3. Untuk membuka kunci tersebut, silahkan geser kembali aplikasi tersebut ke sebelah kanan

Internet Tidak Stabil

Masalah Alcatel Onetouch Flash Plus yang selanjutnya adalah koneksi internet yang kurang stabil dan sering putus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat membuat profil APN yang baru. Caranya:

  1. Buka Settings
  2. Pilih More
  3. Pilih Mobile Network
  4. Pilih Access Point Names
  5. Tekan tombol kiri bawah lalu pilih opsi New APN
  6. Silahkan isi kolom Name dan APN dengan “internet”
  7. Save

Setting Kamera Error

masalah Alcatel Onetouch Flash Plus

Beberapa pengguna melaporkan sering terjadi masalah ketika akan mengakses menu pengaturan di kamera. Biasanya muncul pesan “Unfortunately Gallery has stoped” lalu aplikasi kamera akan langsung tertutup alias force close. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Camera
  2. Ubah ke mode video
  3. Buka setting video
  4. Pilih opsi Restore default
  5. Silahkan akses kembali setting kamera untuk memastikan masalahnya sudah diperbaiki

Masuk Ke Menu Hidden Apps

Alcatel Onetouch Flash Plus memiliki fitur hidden apps yang dapat menyembunyikan berbagai aplikasi yang tidak ingin dilihat oleh orang lain. Aplikasi yang disembunyikan tersebut tidak akan muncul di app drawer dan hanya bisa diakses dengan cara tertentu.

Untuk mengaksesnya, cukup usap dengan 3 jari secara bersamaan dari arah bawah ke atas layar. Setelah muncul menu hidden apps tersebut, Anda kini dapat menyembunyikan aplikasi sekaligus mengaksesnya di sana.

Fitur Dual 4G

Alcatel Onetouch Flash Plus sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk kedua slot simcard-nya. Artinya Anda dapat mengaktifkan jaringan 4G di simcard 1 ataupun simcard 2. Namun Anda tidak bisa mengaktifkan 4G secara bersamaan pada kedua simcard tersebut. Jadi jika simcard 1 menggunakan 4G, maka simcard 2 harus 3G atau 2G dan begitu pula sebaliknya.

Dukungan MicroSD 64 GB

Dalam keterangan resminya Alcatel Onetouch Flash Plus hanya mendukung penggunaan memori eksternal MicroSD hingga kapasitas 32 GB saja. Namun sebenarnya Anda juga dapat menggunakan kartu MicroSD hingga 64 GB.

Caranya cukup masukan kartu MicroSD ke slot yang sudah disediakan lalu format kartu tersebut. Nah, sekarang Anda dapat menikmati memori eksternal hingga 64 GB. Namun ingat, penggunaan kartu di atas kapasitas yang direkomendasikan bisa saja menimbulkan masalah di kemudian hari.

Penerimaan Sinyal Lemah

Jika Anda menggunakan dual SIM dan penerimaan sinyalnya menjadi lemah dari biasanya, cobalah untuk merubah jaringannya ke 3G/2G saja dan jangan menggunakan 4G. Cara ini juga sangat efektif apabila Anda memang tidak menggunakan jaringan 4G tersebut.

Simcard Tidak Terbaca

Banyak pengguna yang mengalami masalah kartu SIM-nya tidak terbaca padahal di perangkat yang lainnya terbaca. Masalah ini sebenarnya bukan disebabkan oleh perangkat Anda, melainkan pada dukungan terhadap jenis simcard-nya.

Simcard tipe lama yang berbentuk persegi besar biasanya tidak bisa dibaca oleh perangkat ini. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti simcard tersebut dengan tipe baru yang berbentuk agak bulat kecil. Anda dapat menggantinya di gerai provider terdekat.

Nah itulah berbagai masalah Alcatel Onetouch Flash Plus beserta solusi yang bisa Anda coba terapkan. Jika ada masalah lain yang Anda alami, Anda dapat menanyakannya secara langsung di forum komunitas penggunanya di link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

32 pemikiran pada “Cara Mengatasi Masalah Alcatel Onetouch Flash Plus”

  1. Min kok warna yg dihasilkan dari jepretan kamera aofp agak pucat, trus suka jd agak merah,,,, kenapa ya min???

  2. Alcatel smakin sy update Dr sisi prangkat kameranya making gk bagus hasilnya…sy JD binging…

    • Sama gan hary ane juga ngerasa gtu. Min gmna min saranya?

  3. min touchscreen nya ga fungsi. gimana? ga nisa de geser kmeana mana, tapi tombol down sama up sama power bisa

  4. Min ane pake alcatel one tuch flash plus, ane mw tnya mslh kerusakan.. hp ane speaker dpn yg ad d atas klo bwt telp dia gk ad suara’ny d’pke speaker blakang juga gk mw.. tp klo bwt maen musik speaker blakang bunyi.. klo pke headset jga gk bunyi.. mohon bantuan’ny min..

  5. Setelah ganti lcd batre ane gak mau naik d cas…..semaleman cuma 5%….carger gak ada masalah…kabel ori bawaan…..mau kalibrasi ulang harus batre 100%….tapi dah d cas 1 hr cm naik 11%

    • Iya ka bener hp aku juga begtu. Udah dicas semaleman ehh pas lagi aku pake ga lama trs mati-_ bingung nih jadinya. Susah kalau mau apa2 itu.

  6. Koq usap 3 jarina ndk muncul2 menu hidden app ya gan? Usapna pas di aplikasina apa gimana gan?

  7. App SMS ndk bisa digunakan, abis update software Kok malah ndk bisa digunakan, ada saran Min??

  8. Selamat siang…ane mau nanya kenapa tiba2 HP alcatel saya tidak mau dibuka…padahal lampu pemberitahuan nyala. Tapi layar tidak bisa dibuka sama seakali

    • Comment…sama py ane jg,layar gk bisa nyala padahal hp hidup,ditlpn bisa suara ada,tapi layar mati,hadeeh Alcatel bikin gw gatel nih,(alcatel onetouch),bagi agan yg sudah berhasih ngatasin masalh yg sana tolong dikasih infonya ya.

  9. Mohon solusinya Gan connect baterai yg nempel di mesin hape Alcatel saya rusak n hilang jalur tolong solusinya gan

  10. Baterai ane mulai error nih gan kadang di cas gak mau ngisi tp ntar tiba2 penuh, kadang2 juga lngsung abis sendiri. Ada solusi?

  11. Alcatel saya tidak bisa connect ke wifi gimana caranya?

  12. GAN, flash ane kalau ada temen nelp volume deringnya kok gak bunyi ya? tulisan di pengaturan suara dan pemberitahuan ane lihat keterangannya
    MODE HEADSET. mohon bantuannya, tq

  13. kok alcatel gk bisa pake proveder indonesia min

  14. min ko alcatel gw ‘type password of descrypt storage’ gimana cara ngatasinnya?

  15. min, ganti lcd alcatel onetouch dimana ya? apakah dikonter biasa bisa? biaya berapaan? terimakasih

  16. Kmrin sy mereset android alcatel pixi 4 tapi di suruh kita mmasukkan akun goole dan udh bnar akun goole yg udh kita masukkan tapi dia gk bisa. Tolong di bantu gan. Trm kasih

  17. Iya nih kak . Hp aku alcatel dicas ndk ngisi . Apa batraynya minta di ganti atau gmana

  18. kalau tiba tiba mati yang bener bener mati dan di cas pun lampu enggak nyala. tombol power enggak berfungsi itu knp ya? batu nya atau emg layar nya. krn emg ndak jatuh. cuma semacam nge hang gt. tp kalau di colokin ke usb masuk di laptop tp ttp lampu dan layar ndak nyala. gmn ya? 🙁

  19. Knapa ko bluetoote saya ga bisa ditemukan.. Dan ga bisa menemukan bluetoote di sekitar..mohon penjelasannya..

  20. Mau tanya min ?
    HP ku al-catel di layar muncul
    Fail sampah+virus
    Bagaimana cara menghapusnya?
    Mksh seblm nya

  21. Gan Cara Mendetect Kamera depan gimana ya?? Kok setelah saya pabrik ulang,diaplikasi kameranya tidak ada gambar putar balik kamera untuk bagian depan,malah yang ke detect hanya kamera belakang,mohon bantuanya gan,trmksh!

  22. Knapa ko bluetoote saya ga bisa ditemukan.. Dan ga bisa menemukan bluetoote di sekitar..mohon penjelasannya.

  23. Min knapa ko bluetoote saya ga bisa ditemukan.. Dan ga bisa menemukan bluetoote di sekitar dan perangkat lain..mohon penjelasannya min…

  24. Min solusix gimna hp alcatel 7049d saya kok sering reeboot sendiri setelah itu batrei berkurang.gimna solusix.cpt jawab ya

  25. Hp Alcatel saya ko bisa hilang 4g nya ga ada jaringan 4g

  26. Min hp alcatel saya sinyal nya ngak ada padahal kartu sim cardnya terdeteksi.. Solusinya apa min? Biar sinyalnya ada. Sinyalnya ada gambar tanda tanya klu kita cek ada tulisan jaringan seluler tidak tersedia

Tinggalkan komentar