Carisinyal / Tips Asus / Cara Memperbaiki Berbagai Masalah Asus Zenfone 2

Cara Memperbaiki Berbagai Masalah Asus Zenfone 2

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2019

Zenfone 2 merupakan produk andalan terbaru dari ASUS yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Seperti seri Zenfone sebelumnya, Asus Zenfone 2 juga hadir dengan spesifikasi yang wah namun tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Zenfone 2 sendiri terdiri dari 4 versi yang berbeda-beda. Versi yang paling banyak mengundang decak kagum adalah Zenfone 2 ZE551ML yang dibekali dengan prosesor Intel Z3580, memori internal 64 GB, dan RAM sebesar 4 GB.

Harga yang diusung oleh setiap verssi tersebut juga cukup variatif. Versi paling murah dibanderol seharga Rp 2.699.000 sedangkan versi yang paling mahal seharga Rp 4.499.000. Meskipun lebih mahal dari seri Zenfone sebelumnya, namun harga tersebut tergolong murah untuk spesifikasi yang diusungnya.

Nah, bagi Anda yang sudah membeli berbagai perangkat tersebut, tentu saat ini sudah bisa merasakan berbagai kelebihannya. Namun, Anda juga pastinya akan menemukan beberapa masalah kecil di dalamnya. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah Asus Zenfone 2. Apa sajakah itu?

Spesifikasi:

  • Layar: IPS LCD 5.5 inch, 720 x 1280 pixels (ZE550ML) / 1080 x 1920 pixels (ZE551ML)
  • Memori internal: 16/32/64 GB, 2/4 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 64 GB
  • Chipset: ZE550ML (Intel Atom Z3560), ZE551ML (Intel Atom Z3560/Z3580); Moorefield “64-bit”
  • CPU: Quad-core 1.8 GHz/Quad-core 2.3 GHz
  • GPU: PowerVR G6430
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4096 x 3076 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash (dual-tone), Aperture F/2.0, PixelMaster features: Low Light mode / Backlight (HDR) mode / Enhanced Beautification mode / Manual mode / Zero shutter lag, 5-element lens, Back-illuminated sensor (BSI), geo-tagging, autofocus, touch focus, face and smile detection, HDR, Panorama, Macro Mode, Tap to capture
  • Kamera depan: 5 MP, video record [email protected], Aperture F/2.0
  • Baterai: Li-Polimer 3000 mAh

Distributor Resmi Zenfone 2

Jika Anda sudah membeli Zenfone 2 dan tidak yakin apakah produk tersebut bergaransi resmi atau tidak, maka Anda cukup melihat distributor dari perangkat tersebut. Saat ini terdapat 3 distributor resmi Zenfone 2 di Indonesia. Jika selain ketiga distributor terssbut maka dapat dipastikan barangnya adalah BM alias Black Market. Ketiga distributor tersebut yakni:

  • PT Datascrip
  • PT Erajaya Swasembada dengan stiker TAM
  • PT Synnex Metrodata Indonesia

Fitur Fast Charging

masalah asus zenfone 2 quick charge

Banyak pengguna yang menanyakan apakah semua seri Zenfone 2 dilengkapi dengan fitur fast charging atau tidak. Jawabannya adalah ya, semua seri Zenfone 2 sudah dibekali dengan fitur fast charging yang dapat mengisi ulang baterai hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

Akan tetapi, charger khusus untuk fast charging saat ini hanya terdapat pada boks Zenfone 2 seri ZE551ML dengan RAM 4 GB. Untuk seri yang lainnya harus membeli charger tersebut secara terpisah agar bisa memanfaatkan fitur quick charging pada smartphone ini.

Cara Mendapatkan Storage Google Drive 100 GB

zenfone 2 google drive

Para pengguna Asus Zenfone 2 akan secara otomatis mendapatkan bonus penyimpanan di Google Drive sebesar 100 GB. Bonus tersebut berlaku selama 2 tahun, dan setelah itu file Anda tidak akan dihapus namun Anda tidak bisa menambah file baru lagi. Berikut adalah cara untuk mendapatkan bonus tersebut:

  1. Buka aplikasi Google Drive
  2. Klik tombol “Redeem”
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses redeem selesai dan akun Google Drive Anda kini memiliki kapasitas tambahan sebesar 100 GB.

Tidak Bisa Mengakses Play Store

Jika Anda tidak bisa mengakses Google Play Store dan muncul tulisan “Background data disabled” maka kemungkinan Anda membatasi akses internet lewat background. Untuk mengatasinya Anda harus menghilangkan pembatasan akses tersebut dengan cara:

  1. Buka Settings
  2. Pilih Data Usage
  3. Pilih Apps
  4. Hilangkan centang pada opsi “Restrict background data”

Menghilangkan Word Suggestion Pada Keyboard

Adanya fitur word suggestion pada keyboard Zenfone 2 sebenarnya cukup membantu untuk mengetik lebih cepat. Namun jika belum terbiasa, maka fitur tersebut justru akan terkesan mengganggu. Nah untuk menghilangkannya, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Settings
  • Pilih Language & input
  • Klik ikon gerigi Di ASUS Keyboard
  • Pilih opsi “Show Word Suggestions”
  • Pilih “Always Hide”

One Hand Mode

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan smartphone dengan satu tangan, maka layar yang besar pada Zenfone 2 ini akan membuat Anda kesulitan untuk melakukannya. Namun jangan khawatir karena Asus sudah menyediakan fitur khusus bagi Anda yang menyukai kontrol dengan satu tangan. Berikut cara mengaktifkan fiturnya:

zenfone 2 one hand mode

  1. Buka Settings
  2. Pilih Asus customized settings
  3. Centang pada opsi “Quick trigger”
  4. Selanjutnya ketuk tombol home dua kali untuk mengaktifkannya
  5. Ketuk kembali tombol home tersebut sebanyak dua kali untuk mematikannya

Merekam Video di Kamera Depan

Kamera depan Asus Zenfone 2 memiliki kualitas yang cukup mumpuni untuk memotret dan merekam video. Agar dapat merekam video melalui kamera depan, pastikan Anda mengubah pengaturan kamera ke Auto Mode. Pasalnya jika Anda menggunakan mode manual, maka kamera depan ini tidak bisa digunakan untuk merekam video.

Memori Eksternal Tidak Terbaca

Masalah Asus Zenfone 2 selanjutnya yang kerap terjadi adalah tidak terbacanya memori eksternal microSD terutama memori yang masih baru. Selain tidak terbaca, terkadang memori eksternal tersebut juga menyebabkan bootloop pada perangkat ini. Nah untuk mengatasinya, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masukan memori eksternal tersebut ke PC dengan menggunakan adapter atau yang lainnya
  2. Format memori tersebut menjadi NTFS
  3. Masukan kembali ke perangkat Zenfone 2 Anda
  4. Di notification bar akan muncul pemberitahuan “Blank external storage”, klik pemberitahuan tersebut.
  5. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk melakukan format memori tersebut, silahkan klik tombol format.
  6. Proses formatting akan segera berlangsung dan jika sudah selesai memori Anda dapat kembali digunakan.

Mendaftarkan Serial Number Zenfone 2

Agar bisa mendapatkan pelayanan garansi dan servis yang maksimal, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mendaftarkan serial number perangkat Zenfone 2 Anda. Cara pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi MyAsus
  2. Buat akun MyAsus baru namun jika sudah punya silahkan langsung login
  3. Pilih opsi pendaftaran cepat
  4. Isi semua kolom datanya dengan lengkap
  5. Pilih opsi “penggunaan pribadi” lalu kirim

Nah itulah beberapa solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah Asus Zenfone 2. Jika Anda menemukan masalah lainnya yang belum tercantum di sini, maka Anda bisa menanyakannya pada forum diskusinya di link ini. Untuk review lengkap dari Zenfone 2, Anda bisa membacanya di artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

14 pemikiran pada “Cara Memperbaiki Berbagai Masalah Asus Zenfone 2”

  1. Gan gw instal aplikasi senter zenui yg baru, tp pas gw buka tuh aplikasi flashlight nya malah ga nyala. Pas di tes pake aplikasi camera jg flash ga nyala, kenapa ya itu? Punya solusinya ga gan?

  2. assalamu alaikum, hp sy zenfone 2 laser ndak tau tipe apa hehehe yg laser dan lampunya ada dikanan dan kiri model T .gini aku mau nya kok hpku gk bs dicas,tp klo cas mati besa aja tpi bergetar dan betreinya cpt habis.. tini kira2 apanya yg rsk colokan yg di casnya tu atau betreinya ?

  3. hp gua asus zenfone 2 lupa model apa jadi hape gua pas buka dia bilang safe mode trus gua press yes trus pas gua press yes trus ke reboot pas reeboot hp gua langsung bilang quick access pas gua pencet malah hp gua stuck terus di situ gua udh reset tetep g bs tolong ya thx

  4. SETELAH ASUS SAYA UPGRADE BARU HP SAYA MALAH NGEBLENG..KLIK SENDIRINYA….ZEN UI TIDAK BISA DI PERBAHARUI..ADA SOLUSI NGGA?? NIH

Tinggalkan komentar