carisinyal web banner retina

Ini Dia Kekurangan dan Keunggulan Meizu M2

Meizu M2 adalah versi murah dari Meizu M2 Note. Pastinya, spesifikasinya juga lebih rendah dibanding Meizu M2 Note. Akan tetapi, smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini menjanjikan spesifikasi yang cukup baik dari berbagai sektor.

Ya dengan harga Rp 1,7 jutaan, Meizu M2 mencoba untuk bersaing dengan ponsel lainnya yang dijual dengan harga serupa. Penasaran seperti apa spesifikasi dari smartphone ini? Yuk, langsung saja kita simak review Meizu M2 berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 720 x 1280 pixels (294 ppi)
  • Memori internal: 8/16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Mediatek MT6735 "64-bit"
  • CPU: Quad Core 1.3 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Mali-T720 MP2 @ 600 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4208 x 3120 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Aperture F/2.2, Corning Gorilla Glass 3 protective lens, 5-element lens, panoramic lens, geo-tagging, touch focus, Auto-Focus, face detection, digital zoom, panorama, HDR
  • Kamera depan: 5 MP, Aperture F/2.0, FotoNation 2.0 smart selfie enhancement, Face AE face light boost
  • Baterai: Li-ion 2500 mAh

Desain

Murah tapi tidak murahan. Itulah kesan pertama yang ditangkap kala melihat desain Meizu M2. Material polycarbonate yang digunakan untuk membalut smartphone ini membuat Meizu M2 memiliki tampilan glossy dan modern.

review meizu m2

Smartphone ini memiliki panjang 140.1 mm, lebar 68.9 mm, dan ketebalan 8.7 mm. Walaupun ukurannya sedikit besar, bobot dari Meizu M2 tergolong ringan, yakni 131 gram. Meizu M2 tersedia dalam pilihan warna yang kekinian, yakni putih, pink, biru, dan abu-abu.

Layar

Spesifikasi layar Meizu M2 hampir sama dengan layar Infinix Hot 2. Namun, jangan kecewa dulu, karena secara keseluruhan layar Meizu M2 masih lebih baik dibanding kompetitornya tersebut. Layar smartphone ini juga sudah mendapat proteksi dari Dragon Trail Glass yang melindungi layar dari berbagai gesekan dan goresan.

Smartphone ini menggunakan layar 5 inch yang mengusung tipe IPS dengan 16 juta warna. Resolusinya pun sama dengan milik Infinix Hot 2, yakni 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi. Dengan resolusi ini, tampilan layar Meizu M2 sudah cukup baik.

Namun, seperti yang Carisinyal katakan, layar Meizu M2 lebih unggul dibanding Infinix Hot 2. Mengapa? Pasalnya, layar Meizu M2 sudah menggunakan tampilan antarmuka Flyme OS 4.5 yang membuat layarnya semakin tajam, cerah, dan kaya warna.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan meizu m2

Hardware Meizu M2 ditenagai dengan prosesor MediaTek MT6735 berkomputasi 64-bit dengan CPU Quad Core 1.3 GHz  Cortex-A53. Sebuah prosesor yang terbilang standar, tetapi cukup mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas multitasking.

Selain didukung dengan Flyme OS 4.5, smartphone ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Mali-MT720 MP2. Jadi, meskipun resolusi layar Meizu M2 tidak terlalu tinggi, Anda bisa memperoleh tampilan gaming ataupun streaming yang sempurna dari GPU dan Flyme OS 4.5 yang terdapat pada smartphone ini.

Memori

Meizu M2 tersedia dalam dua varian memori internal yang berbeda, 8 dan 16 GB. Anda bisa memilih kapasitas memori internal yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, Carisinyal menyarankan Anda untuk memilih versi 16 GB agar Anda lebih leluasa mengunduh berbagai aplikasi favorit.

Apabila slot penyimpanan internal ini dirasa kurang, Anda bisa menggunakan memori eksternal hingga 128 GB. Sayangnya, slot microSD menjadi satu dengan slot SIM2 yang tidak bisa digunakan secara bersamaan.

Disaat sebagian besar smartphone menawarkan ukuran RAM yang besar, 2 GB atau lebih, Meizu M2 nampaknya juga tidak ingin ketinggalan. Smartphone ini juga memiliki RAM 2 GB yang akan mengimbangi kekuatan dari sektor dapur pacu yang digunakan.

Kamera

Satu lagi keunggulan Meizu M2 dibanding smartphone sejenis lainnya. Ya, Meizu M2 memiliki kamera belakang berkualitas tinggi dengan ukuran 13 MP. Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan LED Flash untuk membantu pencahayaan di tempat yang gelap.

Adapun kamera Meizu M2 juga memiliki berbagai fitur, seperti Aperture F/2.2, 5 elemen lensa, lensa panoramic, geo-tagging, touch focus, autofocus, face detection, digital zoom, panorama, dan HDR. Keistimewaan lainnya terletak pada proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 yang melindungi lensa kamera dari berbagai goresan.

Selain bisa merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps, kamera depan Meizu M2 juga sangat menarik. Dengan resolusi 5 MP, Anda bisa menggunakan kamera depan ini untuk mengambil foto diri atau video call. Kamera depan ponsel pintar ini juga sudah dibekali dengan fitur FotoNation 2.0 smart selfie enhancement.

Konektivitas


Meizu M2 nampak seperti ingin menyalip kompetitornya, Infinix Hot 2. Terbukti dari segi konektivitas, Meizu M2 memang lebih unggul. Smartphone ini sudah kompatibel di jaringan 4G LTE. Anda bisa menikmati kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps di jaringan LTE menggunakan ponsel ini.

Ponsel Dual SIM (GSM-GSM) ini juga bisa digunakan pada jaringan 2G dan 3G. Anda juga bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi menggunakan Meizu M2. Konektivitas lain yang dimiliki oleh ponsel serba bisa ini adalah Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0.

Baterai

Smartphone ini menggunakan baterai Li-ion 2500 mAh. Kapasitas baterai ini cukup kuat untuk menandingi kekuartan hardware smartphone ini. Dengan baterai tersebut, Meizu M2 memiliki waktu bicara sampai 23 jam di jaringan 2G dan 10 jam di jaringan 4G. Waktu siaga yang dimiliki ponsel ini mencapai 680 jam. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik dengan Meizu M2 hingga 45 jam penuh.

Fitur

Sebagian besar smartphone berkualitas tentu memiliki fitur Radio FM di dalamnya, Namun, tidak demikian dengan Meizu M2. Ponsel cerdas ini sayangnya belum dilengkapi dengan fitur Radio FM sehingga Anda tidak bisa mendengarkan stasiun radio favorit.

Akan tetapi, ada fitur penunjuk arah berupa GPS built-in, A-GPS, dan GLONASS pada smartphone ini. Meizu M2 sudah mengusung sistem operasi Android Lollipop v.5.0.1 yang siap memberikan interface yang lebih menawan.

Harga

Meizu M2 dibandrol dengan harga 1,7 juta rupiah yang bisa dibeli di link ini. Sayangnya smartphone ini hanya dijual secara online sehingga mungkin harganya akan naik jika Anda membelinya di penjual biasa. Namun harga ini lebih murah dibanding Meizu M2 Note yang dipasarkan dengan harga 2,3 juta rupiah.

Kesimpulan dari review Meizu M2 ini adalah smartphone ini memang dijual dengan harga yang ekonomis. Namun, beberapa sektor dari spesifikasi smartphone ini terbilang memuaskan dan dapat disejajarkan dengan smartphone yang lebih mahal.

Kelebihan Meizu M2:
- RAM 2GB
- Mendukung jaringan 4G LTE
- Lensa kamera dilindungi oleh Gorilla Glass 3

Kekurangan Meizu M2:
- Baterai tidak bisa dilepas
- Dijual terbatas secara online

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram