Carisinyal / Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Baru

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2018

Membeli sebuah smartphone baru di jaman sekarang ini bukanlah sebuah perkara mudah. Pasalnya terdapat berbagai macam hal yang harus diperhatikan agar smartphone yang akan dibeli tersebut sesuai dengan keinginan kita. Dari mulai ukuran layar, sistem operasi, kamera, hingga baterai semuanya harus benar-benar dipertimbangkan agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Berikut Carisinyal akan mengulas beberapa hal penting sebelum Anda membeli sebuah smartphone.

smartphone baru

Sistem Operasi

Semenjak kegagalan BlackBerry, saat ini hanya terdapat tiga sistem operasi terbaik yang paling banyak digunakan oleh smartphone, yaitu Android, iOS, dan Windows Phone. Berikut adalah kelebihan serta kekurangan dari ketiga OS tersebut secara garis besarnya:

Android

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Kelebihan dari sistem operasi ini tentu saja pilihan smartphone-nya yang beragam dari berbagai vendor internasional seperti Samsung, Sony, HTC, LG, Motorola hingga vendor lokal semacam Advan, Smartfren, Mito, dan lainnya. Selain itu, lebih dari satu juta pilihan aplikasi dan game juga terdapat di Google Play Store.

Sayangnya, keberagaman tersebut terkadang membawa masalah kompabilitas karena terdapat beberapa aplikasi yang hanya mendukung smartphone tertentu saja. Selain itu, berbagai macam aplikasi dan game populer biasanya akan hadir di iOS terlebih dahulu sebelum tersedia di Android.

Baca juga: Mengapa Smartphone Android Lebih Baik dari iPhone?

iOS/iPhone

iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang terkenal berkat tampilannya yang cantik serta mudah ketika digunakan. Sistem operasi ini juga menyediakan berbagai macam pilihan aplikasi dan game terbaik yang ada saat ini. Sayangnya, kebanyakan aplikasi dan game tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang yang ada di Android.

Windows Phone

Walaupun sempat diragukan, namun kini Windows Phone perlahan-lahan berhasil merebut hati para konsumen melalui jajaran smartphone Nokia Lumia-nya. OS ini mengusung tampilan Live Tile yang mudah diatur sesuka hati. Selain itu, sistem operasi ini juga terintegrasi langsung dengan Xbox games, video, dan music, serta aplikasi Office dan Outlook. Sayangnya, masih sedikit aplikasi dan game yang terdapat di sistem operasi ini, bahkan jumlah keseluruhan aplikasinya hanya seperlima dari yang dimiliki oleh Android dan iOS.

Ukuran Layar

Hal selanjutnya yang wajib diperhatikan ketika membeli smartphone baru adalah ukurannya. Secara umum, saat ini jajaran handphone pintar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu smartphone di bawah 5 inch dan di atas 5 inch yang biasa disebut sebagai phablet. Berbagai smartphone flagship saat ini biasanya mengusung layar di atas 5 inch walaupun masih ada yang tetap mengusung layar lebih kecil seperti iPhone 5s dan Xperia Z1 Compact.

Jika Anda menginginkan smartphone yang efisien dan bisa dimasukkan ke kantong celana, maka pilihlah smartphone dengan ukuran 4,5 inch ke bawah. Namun jika Anda suka bermain game dan berselancar di dunia maya, maka lebih baik untuk memilih phablet berukuran 5 hingga 6 inch dengan catatan Anda tidak bermasalah dengan ukuran dan bobotnya yang lebih berat.

RAM

Ukuran RAM akan banyak berpengaruh terhadap performa sebuah smartphone. Berbagai smartphone flagship saat ini sudah mengusung RAM sebesar 2 GB hingga 3 GB, sementara smartphone kelas menengah ke bawah biasanya mengusung RAM sebesar 1 GB dan 512 MB. Jika Anda berencana untuk membeli smartphone baru, maka sangat disarankan untuk membeli smartphone dengan RAM minimal 1 GB walaupun sistem operasi Android 4.4 KitKat tetap mendukung smartphone dengan RAM 512 MB.

Resolusi Layar

Semakin besar resolusinya, maka semakin baik pula kualitas tampilan dari smartphone baru Anda. Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki layar dengan resolusi HD 720p (1280 x 720 piksel) atau bahkan 1080p (1920 x 1080 piksel). Namun sebelum memutuskan resolusinya, Anda juga harus memperhatikan baterai yang dimilikinya karena semakin besar resolusi suatu layar maka akan semakin besar pula konsumsi dayanya.

Baca juga: Inilah Daftar Smartphone Yang Memiliki Daya Tahan Baterai Terbaik

Memori Penyimpanan

Saat ini kebanyakan smartphone papan atas meyediakan pilihan memori internal sebesar 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB. Sementara itu smartphone menengah ke bawah biasanya mengusung memori internal sebesar 8 GB dan 4 GB. Nah, jika Anda membeli smartphone baru yang memiliki memori internal sebesar 4 GB atau 8 GB, pastikan smartphone tersebut memiliki slot MicroSD karena kapasitas memori internalnya tersebut tidak akan cukup untuk menampung berbagai data yang Anda miliki.

Kamera

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika membeli smartphone adalah kameranya. Ingat, jangan pernah tertipu oleh jumlah megapiksel yang besar karena yang paling penting adalah sensor dan kualitas gambar yang dimilikinya. Sebagai contoh, kamera 8 MP milik iPhone 5s justru menghasilkan gambar yang lebih baik dan lebih tajam dibanding beberapa smartphone yang memiliki kamera 13 MP.

Selain itu perhatikan juga fitur yang dimiliki oleh kamera tersebut seperti LED flash ataupun autofocus. Selain itu, beberapa cameraphone terbaik saat ini juga sudah melengkapi kameranya dengan optical image stabilization yang akan mengurangi efek blur pada foto hasil bidikan smartphone baru Anda tersebut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar