carisinyal web banner retina

Gratis dan Mudah, Cara Membuat CV yang Menarik di Canva

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Bagi mereka yang baru saja lulus dari dunia pendidikan dan akan memulai untuk mengepakan karir, tentunya CV atau Curriculum Vitae sangat penting untuk melamar kerja ke sebuah perusahaan. Melalui CV, perusahaan bisa melihat dan mendapatkan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Sayangnya, di era serba digital ini masih banyak orang belum tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik. Pada akhirnya mereka membuat seadanya dengan menulis riwayat hidup di atas kertas. Padahal jika mereka memanfaatkan kecanggihan yang ada saat ini, lewat internet mereka bisa membuat CV menarik salah satunya lewat situs Canva.

Canva merupakan sebuah alat untuk desain grafis yang menjadi perantara penggunanya supaya bisa dengan mudah merancang beragam jenis desain kreatif secara online. Di Canva, kamu bisa membuat desain infografis, poster, logo, kartu ucapan, presentasi, hingga CV atau Resume. Kini alat yang lahir pada 1 Januari 2012 tersebut dapat dinikmati di Android, iPhone, dan web.

Canva memiliki fitur tarik dan lepas serta layout profesional untuk mendesain grafis yang selalu tampak menakjubkan. Canva juga menyajikan jutaan gambar, ratusan font, filter foto, dan ikon & bentuk secara gratis, namun ada juga beberapa yang premium. Cara terbaik untuk mengenal Canva adalah dengan mencobanya, seperti membuat dokumen riwayat hidup atau CV.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengajak kamu untuk membuat CV lewat Canva di laptop. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti setiap langkah-langkahnya, yah!

1. Membuat Akun Canva

Ini seakan menjadi gerbang untuk masuk ke situs Canva, sehingga kamu tidak bisa membuat CV jika belum mempunyai akun Canva. Dengan demikian, terlebih dahulu harus membuatnya dan caranya tentu mudah.

  • Langkah awal bukalah mesin pencari di laptop-mu, bisa menggunakan Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Setelah itu ketiklah di kolom pencarian Google "Canva".
  • Pilihlah Sign Up untuk membuat akun Canva, sementara jika kamu sebelumnya telah memiliki akun Canva maka pilih tombol Log In yang sebelahan dengan tombol Sign Up.
  • Lalu, kamu akan mendapatkan tiga pilihan untuk mendaftar akun Canva yaitu lewat Google, Facebook, dan Email. Kemudian, pilih salah satu saja.

Membuat Akun Canva 1

Apabila kamu menggunakan Google atau Facebook untuk mendaftar akun Canva, maka beri izin akses Canva ke akunmu. Sementara, bila memilih email akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Membuat Akun Canva 2

  • Isilah nama, email, dan kata sandi di kolom Create Your Account.
  • Setelah itu klik Sign Up atau Yes. 
  • Selanjutnya buka email dan konfirmasi akun Canva-mu.
  • Setelah melakukan konfirmasi akun Canva di email, kembalilah ke laman Canva dan kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Membuat Akun Canva 3

  • Kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan "Apa yang akan kamu gunakan dengan Canva?", terdapat enam jawaban yaitu Small Business, Student, Personal, Large Company, Non-profit or Charity, dan Teacher. Lanjut dengan mengklik menu Personal.
  • Terakhir kamu mendapatkan ucapan selamat datang dari Canva. Lalu, Canva menawarkan kamu untuk diajak tur selama tiga puluh detik. Kamu bisa mengikutinya dengan menekan tombol Take a look atau menghiraukan dengan memilih No Thanks.

Membuat Akun Canva 4

Kamu pun sekarang sudah memiliki akun dan siap menggunakan Canva untuk membuat CV atau dokumen riwayat hidupmu.

2. Memilih Menu Pembuatan CV

Di laman Canva, kamu akan disuguhkan dengan berbagai menu di antaranya Home, Templates, Features, Learning, dan Pricing. Setiap menu memiliki 'anak'-nya lagi, tentunya banyak pilihan. Sementara, karena kamu ingin membuat CV maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah kamu mengikuti tur maupun tidak, selanjutnya kamu harus memilih menu Templates. Pada menu Templates akan disajikan beberapa kategori dan setiap kategori memiliki sub-kategori.

Memilih Menu di Canva

Jika kamu pusing karena melihat banyaknya subkategori yang disuguhkan oleh Canva, maka kamu bisa mengetik kata Resume/CV di kolom pencarian yang ada di laman Canva.

Memilih Menu di Canva 2

  • Dikarenakan penamaan CV di Canva adalah Resumes, maka pilih dan kliklah opsi Resumes.
  • Berikutnya kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, di sana akan berderet pilih jenis Resume Templates mulai dari Modern, Simple, Minimalist, Corporate, hingga Scholarship (Beasiswa).

Kamu bisa memilih Templates yang sudah disediakan Canva sesuka hatimu. Bisa juga kamu memilih Template kosong dengan klik Create a blank Resume, sehingga kamu bisa membuat CV sesuai kreasimu.

Membuat Akun Canva 7

  • Setelah memilih Template, kamu akan diantar menuju halaman baru Canva yaitu tempat untuk mengedit Template dan membuat CV. Voila! Kamu siap memulai membuat CV di Canva.

Membuat Akun Canva 8

3. Mengedit Template CV di Canva Sesuka Hati

Apa kamu siap membuat CV di Canva? Namun, sebelumnya mari berkenalan dengan beberapa menu utama dalam laman editing di Canva di antaranya ada menu Background, Videos, Music, Text, Elements, Photos, dan Uploads. Yuk, langsung saja kita mulai mengedit!

Mengganti Background atau Latar Belakang Template

Mengganti Background 1

Kamu juga bisa mengganti warna dan gambar latar di Canva. Caranya mudah, bisa ikuti cara berikut ini:

  • Selepas kamu memilih Template, selanjutnya kamu akan melihat kertas kosong di halaman editing. Kertas kosong putih ini bisa kamu ganti warnanya sesuai dengan keinginanmu.
  • Untuk mengganti warna, kamu harus pergi ke menu background yang posisinya berada di layar sebelah kiri.
  • Selanjutnya kamu tinggal mengklik warna tersebut atau menggesernya ke laman tengah kertas kosong putih. Kertas pun akan berganti sesuai warna yang kamu pilih.

Menambahkan Elemen pada Template CV

Memasukan Elemen

Kamu bisa menambahkan berbagai elemen pada CV yang kamu buat di Canva, seperti gambar, garis, atau unsur grafis lain yang dapat memperindah kertas daftar riwayat hidupmu.

Untuk mencari elemen yang kamu inginkan, bisa menuju menu Elemen yang ada di sebelah kiri. Kamu bisa menambah elemen garis untuk diletakkan di bawah atau atas CV, agar memberikan impresi yang rapi.

Jika ingin menambahkan foto untuk di CV, pilihlah menu photos atau uploads. Kamu bisa menjelajahi menu elemen di Canva supaya membuat CV-mu tampak menarik.

Ada beberapa elemen yang mungkin tidak dapat dinikmati atau pakai secara gratis, sehingga kamu harus mengeluarkan atau membeli elemen tersebut. Biasanya elemen atau opsi premium di Canva dipatok mulai 1 dollar AS untuk sekali penggunaan.

Membuat Header atau Judul pada Template CV

Membuat Header

Berikutnya kamu bisa membuat header atau judul untuk CV-mu. Pada header atau judul kamu bisa mencantumkan nama dan pekerjaan. Untuk bisa melakukannya, ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, pergi ke menu Text yang berada di sisi kiri layar.
  • Lalu, pilihlah menu Add a heading.
  • Isilah kotak heading tersebut dengan nama atau jabatan. Di sini juga kamu bisa mengganti jenis font, ukuran, warna, ketebalan, cetak miring pada tulisanmu pada menu yang berada di atas layar.

Mengisi Konten pada CV

Nah, sekarang masuk ke tahap mengisi konten untuk di CV yang kamu buat. Caranya gampang, ikuti langkah-langkah ini:

  • Dalam tahap ini kamu bisa memilih menu Text kembali.
  • Pergilah ke menu Text yang berada di sisi kiri layar, lalu pilih opsi Add a little bit of body text.
  • Kemudian, akan muncul kotak Add a little bit of body text, di Template CV-mu. Seperti gambar di bawah ini.

Mengisi Konten CV 1

  • Kamu bisa membuat menambah kotak Add a little bit of body text di Template CV-mu, sesuai dengan konten yang ingin kamu masukkan ke CV.

Misalnya, kontak, pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. Seperti biasa, kamu dapat mengubah ukuran, font, warna, dan lain-lain pada tulisanmu.

Mengisi Konten CV 2

Perhatikan kata-kata dalam setiap tulisanmu, supaya CV-mu jauh dari kata kesalahan.

4. Tahap Penyimpanan CV

Bila kamu merasa CV-mu sudah oke dan rampung, kamu bisa menyimpan CV yang dibuat di Canva dengan fitur Download. Berikut langkah-langkahnya.

  • Untuk menyimpan CV yang telah kamu buat, maka terlebih dahulu kamu harus mengunduhnya dengan menekan tombol simbol tanda panah yang terletak di atas layar.

Mengunduh CV 1

  • Kemudian akan muncul kotak Download. Pada kotak ini kamu bisa memilih jenis format JPG, PNG, maupun PDF.
  • Kliklah salah satu dari format tersebut, maka otomatis CV-mu akan terunduh dan tersimpan di folder Download perangkat laptop-mu.
  • Sedikit catatan, bila tiba-tiba perangkat laptopmu mati atau internetmu terjadi gangguan semua 'kerja keras' kamu tetap tersimpan di dalam database Canva. Kamu bisa melihatnya di menu All Your Design.

Mengunduh CV 2

  • Selain itu, kamu bisa membagikan CV garapanmu secara langsung melalui beberapa saluran digital misalnya media sosial atau email.

Hasil CV di Canva

  • Akhirnya CV yang kamu garap di Canva pun selesai.

Gimana mudah bukan? Hanya bermodal internet dan kreativitas, kamu bisa membuat CV yang menarik di Canva. Semoga langkah-langkah di atas bermanfaat bagi kamu yang akan membuat CV di Canva. Jangan lupa terus ikuti portal Carisinyal untuk mengetahui informasi lainnya, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram