carisinyal web banner retina

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 23 September 2021

Pada 7 April 2021, realme Indonesia hadirkan acara bertajuk “Leap to Infinity World Launch Event realme 8 | 8 Pro 108MP”. Seperti nama acaranya, realme Indonesia hadirkan realme 8 yang dijual di kelas harga Rp8 jutaan dan realme 8 Pro yang dijual di kisaran harga Rp4 jutaan.

Menilik kelas harganya, produk tersebut sebenarnya menarik. Terlebih biasanya realme terkenal konsisten hadirkan produk yang menarik di realme series. Persis seperti yang mereka lakukan pada realme seri sebelumnya seperti realme 7, realme 7 Pro, realme 6, dan realme 6 Pro.

Keunggulan realme 8

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 1

Ketika realme menghadirkan realme 8, banyak yang bilang kalau ponsel ini masih dikatakan mirip dengan realme 7. Di atas kertas spesifikasi, memang realme 8 adalah produk yang hampir mirip dengan realme 7. Namun, realme 8 tentunya menawarkan hal-hal dari hanya sekadar spesifikasi di atas kertas.

Berikut beberapa keunggulan realme 8 yang tentunya bisa jadi nilai jual dari ponsel ini.

1. Layar Super AMOLED

Berbeda dengan realme 7 yang masih memakai layar IPS, realme 8 hadir dengan teknologi panel layar Super AMOLED dengan laju penyegaran 60 Hz. Penggunaan Super AMOLED ini menjadikan ponsel ini punya nilai lebih. Apalagi layar yang ditawarkan berdimensi 6,4 inci beresolusi Full HD+

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 3

Layar ponsel ini memang hanya 60 Hz. Namun, pihak realme Indonesia mengklaim jika layar ponsel ini punya touch sampling rate 180 Hz. Hal ini membuat realme 8 memastikan bahwa layarnya memiliki respons sentuh responsif selama sesi permainan.

Tidak ketinggalan, layar ponsel ini punya tingkat kecerahan maksimal 1.000 nit. Hal ini memberikan jaminan bahwa realme 8 tidak punya masalah dipakai di bawah terik matahari.

2. Pemindai Sidik Jari di Layar

Keunggulan lain dari realme 8 adalah adanya sensor sidik jari di layar. Hadirnya sensor sidik jari di layar ini membuat pengalaman membuka ponsel lebih cepat. realme sendiri mengklaim bahwa pemindai sidik jari di ponsel ini bisa terbuka dengan cepat di dalam layar. Hal ini membuat pengalaman membuka ponsel jadi lebih bagus dan lebih mudah.

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 5

3. Pengisian Baterai yang Cepat

realme 8 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterainya diklaim punya waktu siaga hingga 40 hari. Untuk waktu menelepon, realme 8 capai waktu 43 jam. Sementara untuk menonton video, realme 8 diklaim dapat bertahan hingga 23 jam dan bisa bertahan 20 jam untuk main gim.

Yang justru menarik adalah bahwa pengisian baterai realme 8 dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit saja. Hal tersebut dapat dicapai karena realme 8 punya teknologi 30W dart charge.

4. Infinite Bold Design

Hal menarik lainnya dari realme 8 adalah soal desain. realme 8 disebutkan hadirkan desain yang futuristik keyang mencirikan dunia saat ini. Hal tersebut terlihat dari sisi sebelah kiri. Sementara dari sisi kanan, desain yang dihadirkan memperlihatkan dunia digital yang penuh misteri.

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 7

realme menyebut desainnya hadirkan realitas dan ilusi dengan cara visual yang unik. Hal tersebut tercermin dari konsep desain realme 8 yang bertemakan Cyberpunk. Nama model yang ditawarkan juga sama, yakni Cyber Black dan Cyber Silver. Tidak lupa, realme 8 hadirkan desain super tipis 7.99 mm dan 177 gram memberikan kenyamanan saat digenggam.

5. Performa dan Kamera yang Oke

Untuk performa, realme 8 ditenagai chipset yang fokus untuk main gim, Helio G95. Sementara di kamera, ponsel ini hadirkan konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri atas lensa utama 64 MP, f/1.79; lensa ultrawide 8 MP f/2.25 yang bisa mengambil foto 119˚; lensa makro 2 MP f/2.4; lensa B&W 2 MP f/2.4; serta satu lampu flash. Sementara kamera depan ponsel ini adalah 16 MP.

Soal kamera dan performa ini patut diapresiasi tetapi kemampuan kamera dan performa ini kalau boleh jujur tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, spesifikasi chipset dan kamera yang ada di realme 8 serupa dengan realme 7.

Keunggulan realme 8 Pro

realme 8 pro

Selain realme 8, realme 8 Pro juga jadi ponsel yang cukup menarik. Bandrol harga ponsel ini di kisaran Rp4 jutaan, membuat ponsel sangat "seksi". Terlebih banyak keunggulan yang ditawarkan ponsel ini. Berikut beberapa keunggulan dari realme 8 Pro.

1. Kamera 108 MP

realme 8 pro hadirkan kemampuan kamera yang luar biasa. Kamera tersebut adalah kamer autama 108 MP di bagian belakang yang memakain sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga. Kamera ini mampu menghasilkan kualitas foto dan video yang bagus.

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 10

Sensor tersebut punya sensor ekstra 1/1,52 inci dengan resolusi maksimum 12.000 x 9.000 piksel. Sensor ini juga mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning. Teknologi ini membuat kamera dapat menggabungkan sembilan piksel berdekatan untuk hasilkan kualitas foto yang baik. Terlebih kamera ini punya kemampuan melakukan 3X Ultra Zoom dan 3x Optical Zoom.

Kemampuan lain dari kamera 108 MP tersebut adalah mode Tilt-shift. Mode ini memungkinkan objek nyata foto dapat berubah seperti model miniatur. Selain tiu, kamera ini juga hadirkan Starry Mode, sebuah mode yang dapat menangkap foto bintang yang menakjubkan dalam sekali pemotretan. Ada juga mode lain seperti AI Portrait mode, Dynamic Bokeh, dan Neon Portrait.

Kamera 108 MP tersebut ditemani lensa ultrawide 8 MP (f/2.3, 119˚), lensa makro 2 MP (f/2.4), dan lensa sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Sedangkan untuk sektor kamera depan ada lensa 16 MP, f/2.5. Semua kamera tersebut dapat bekerja hasilkan foto yang baik.

2. Desain yang Menarik

Selayaknya realme 8, realme 8 Pro juga hadirkan konsep desain Infinite Bold Design. Desain ini hadirkan konsep desain yang teinspirasi semesta tanpa. realme menyebutnya sebagai desain yang berlandaskan pola langit malam yang dipenuhi banyak bintang, sehingga tampak futuristik.

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 12

Selain itu, desain ponsel ini memakai proses teknologi AG-Crystal. Proses AG ini menciptakan sensasi visual layaknya melihat pemandangan langit berbintang yang tersusun dari butiran-butiran kecil yang padat. Desain ini realme sebut dengan Infinite Starry Design – seperti memegang tampilan langit berbintang di dalam genggaman.

Tidak hanya fotografi, realme 8 Pro juga hadirkan pengalaman videografi yang menawan, terlebih ketika berada di kondisi malam. Hal tersebut dapat dicapai karena adanya fitur Video Ultra Nightscape.

3. Pengisian Super Cepat .

realme 8 hadirkan kemampuan mengisi cepat 50W SuperDart Charge. Dengan teknologi ini, baterai 4.500 mAh realme 8 dapat terisi sampai 50% hanya dalam waktu 17 menit saja. Selain itu, teknologi pengisian ini memakai fitur 5 lapisan perlindungan yang membuat proses pengisian daya menjadi lebih aman.

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 14

4. Snapdragon 720G

realme 8 Pro dibekali Snapdragon 720G, chipset yang juga digunakan di realme 6 Pro dan realme 7 Pro. Chipset ini masih tetap digunakan karena masih relevan dalam hadirkan performa yang menarik, apalagi untuk bermain gim.

Snapdragon 720G sendiri hadirkan fitur arsitektur CPU dan GPU yang canggih, memproses data dan kemampuan pemrosesan gambar secara maksimal. Chip ini tidak hanya memastikan smartphone Anda berjalan lancar, tetapi juga pasti andal untuk performa dan grafis gaming tanpa kendala.

5. Layar DCI-P3, Sensor Sidik Jari dan Dirac Sound

Mengenal Berbagai Keunggulan realme 8 dan realme 8 Pro 16

Fitur ANS ini memungkinkan TWS punya fitur untuk mengurangi suara kebisingan di sekitar. Hal ini akan membuat nyaman para penggunanya dalam mendengarkan musik sehari-hari.

realme 8 Pro hadirkan layar punch-hole 6,4 inci yang dapat hadirkan konten dengan warna yang lebih hidup. layarnya ini hadirkan kemampuan akurasi warna layar Full HD+ yang sudah standar DCI-P3. Terlebih layar ponsel ini sudah mendukung gamut warna DCI-P3.

Karena hadirkan panel AMOLED, sensor sidik jari di ponsel ini pun memakai sistem sensor sidik jari di bawah layar. realme mengklaim jika tingkat kecepatan dan akurasi untuk penguncian di realme 8 Pro lebih cepat daripada metode kunci dengan tombol tradisional. Tidak lupa, realme 8 Pro hadirkan pengalaman multimedia yang menyenangkan berkat dukungan Dirac Sound.

realme Buds Air 2 Series

realme Buds Air 2

Selain hadirkan realme 8 dan realme 8 Pro, saat peluncuran produk, realme hadirkan realme Buds Air 2 dan realme Buds Air 2 Neo. Dua produk tersebut merupakan TWS (true wireless stereo) yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan produk TWS dengan fitur ANS atau Active Noise Cancellation.

Fitur ANS ini memungkinkan TWS punya fitur untuk mengurangi suara kebisingan di sekitar. Hal ini akan membuat nyaman para penggunanya dalam mendengarkan musik sehari-hari.

Untuk realme Buds Air 2 terdapat fitur menarik selain ANS, yakni 10mm Hi-Fi Bass Boost Driver yang membuat suara Bass lebih terdengar. Selain itu, realme Buds Air 2 mendukung waktu pemutaran sampai 25 jam lamanya. TWS realme Buds Air 2 hadir dengan model Closer White alias putih dan Closer Black alias hitam. TWS ini dibanderol dengan harga Rp799.000.

TWS kedua, yakni realme Buds Air 2 Neo dihadirkan sebagai produk TWS yang menyasar anak muda. TWS ini juga dihadirkan dengan fitur ANS. Namun, waktu putarnya mencapai 28 jam lamanya. Selain itu, realme Buds Air 2 Neo dengan dukungan 10mm Dynamic Bass Boost Driver

Yang menarik, realme Buds Air 2 Neo hadir dengan kemampuan tahan air berkat sertifikasi IPX5. TWS dengan Bluetooth 5.2 ini menawarkan desain futuristik yang tentunya sangat cocok dengan gaya anak muda. TWS dengan realme R2 Chip ini dibanderol dengan harga Rp599.000.

Demikianlah penjelasan soal keunggulan dari realme 8 dan realme 8 Pro. Semoga informasi ini membantu bagi kamu yang sedang mencari referensi terkait kedua produk tersebut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram