Carisinyal / Flashdisk / 10 Merk Flashdisk OTG Terbaik untuk Android dan iOS 2020

10 Merk Flashdisk OTG Terbaik untuk Android dan iOS 2021

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dulu cukup ribet jika kita ingin memindahkan data dari sebuah flashdisk ke smartphone. Sebuah kabel data dan PC dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut. Tapi saat ini sudah tidak lagi. Adalah flashdisk OTG atau On-The-Go yang bisa terhubung langsung ke smartphone jika ingin melakukan transfer data di antara keduanya melalui port microUSB.

Hanya smartphone yang sudah mendukung fitur USB OTG saja yang bisa membaca dan menulis data di flashdisk OTG. Jadi, sebelum membeli produk ini, pastikan dulu apakah ponsel yang kamu miliki sudah support atau belum. Jika sudah, yuk baca bahasan Carisinyal mengenai merk flashdisk OTG terbaik dan terlaris yang ada di pasaran berikut ini.

1. SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Memindahkan data dari smartphone ke PC atau sebaliknya jadi lebih mudah semenjak ada SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0. Ini adalah flashdisk OTG dengan kapasitas yang cukup besar. Tersedia pilihan kapasitas 16 GB sampai dengan 256 GB dengan harga mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 800 ribu.

Bukan hanya kompatibel pada smartphone yang sudah mendukung USB OTG, flashdisk ini juga bisa dipakai di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows dan Mac. Kecepatan transfer data yang ditawarkan SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 ini adalah 150 MB/detik. Menariknya, USB OTG ini bergaransi selama 5 tahun.

2. SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Flashdisk OTG yang satu ini dirancang untuk kompatibel terhadap port USB Type-C yang merupakan port USB generasi terbaru. Akan tetapi, bukan berarti USB OTG ini tidak bisa dipakai di port USB yang lama. Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C tetap bisa berjalan pada port USB yang bukan Type-C.

Memindahkan foto, musik, atau video dari smartphone ke flashdisk atau sebaliknya jadi lebih cepat karena produk ini memiliki kecepatan transfer data hingga 150 MB/detik. Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C tersedia dalam kapasitas 16 GB sampai dengan yang terbesar 256 GB. Harga jual produk ini adalah sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 600 ribu.

3. Kingston DataTraveler Bolt Duo

Kingston DataTraveler Bolt Duo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Flashdisk OTG yang ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi para pengguna iPhone atau iPad yang kehabisan ruang penyimpanan. Drive portabel ini menyediakan beberapa pilihan ruang penyimpanan, yaitu 32 GB, 64 GB, atau 128 GB. Selain itu ada juga tambahan port USB-A untuk melakukan transfer file dengan mudah antara perangkat iOS dan Mac.

Untuk menggunakan flashdisk ini di iPhone atau iPad, pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasi iOS. Dan jika komputer Mac hanya memiliki port USB-C saja, maka kamu memerlukan sebuah dongle atau dock untuk menghubungkan Kingston DataTraveler Bolt Duo ini. Range harga untuk produk ini adalah Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

4. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Kingston DataTraveler microDuo 3C

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

USB OTG ini kompatibel pada port USB Type-C maupun yang USB Type-A. Di samping itu, produk Kingston DataTraveler microDuo 3C ini juga menggunakan interface USB 3.1 yang tentunya memiliki performa lebih cepat dalam mentransfer data antar perangkat. Flashdisk OTG ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu.

Produk ini hadir dengan kecepatan membaca yang mencapai 100 MB/detik dan menulis 15MB/detik. Kingston DataTraveler microDuo 3C kompatibel dengan semua perangkat Android yang sudah mendukung fitur USB OTG. Tak hanya itu saja, Kingston juga memberikan beberapa pilihan kapasitas, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

5. Samsung USB 3.0 OTG 64GB Flash Drive

samsung-otg

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bebaskan diri Anda dari proses pemindahan data yang ribet. Dengan flashdisk OTG Samsung ini, Anda bisa mentransfer data antar perangkat dengan cepat dan mudah. Hadir dengan desain bodi metal berwarna abu-abu, flashdisk ini memberikan kesan mewah bagi penggunanya.

Keunggulan tak hanya terletak pada desain – antarmuka USB 3.0 yang diusungnya mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 150 MB/detik. Tentu saja alat ini juga kompatibel dengan USB 2.0, jadi tak perlu kuatir flashdisk tidak terbaca.

Apa hanya itu saja keunggulannya? Tentu tidak. Anda bisa mengandalkan produk ini agar tetap awet karena telah didukung ketahanan terhadap air, guncangan, suhu ekstrim, x-ray, dan daya magnet. Harganya? Sekitar Rp 300 ribuan saja.

6. Corsair Flash Voyager Go 64GB

corsair-flash-voyager-go

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kebanyakan flashdisk OTG hadir dengan ukuran bodi yang sangat mini. Hal ini tentu bagus demi portabilitas, tapi bagi Anda yang ingin flashdisk mudah ditemukan tapi masih cukup kecil untuk dibawa ke mana-mana, mengapa tidak beli Corsair Flash Voyager GO saja?

Hadir dengan ukuran panjang 37 mm, ukurannya sangat pas untuk dimasukkan ke kantong. Selain itu, produk ini tutupnya bisa dipakaikan tali untuk dipasang pada gantungan kunci. Hal ini memudahkan Anda supaya flashdisk tidak tertinggal.

Hadir dengan kapasitas 64 GB dengan antarmuka USB 3.0, Anda bisa mentransfer data tanpa perlu menunggu lama. Tak perlu khawatir soal kompatibilitas karena USB flashdisk OTG ini dijamin mampu terbaca pada semua perangkat HP yang mendukung fitur OTG – dan yang memiliki port micro USB. Dapatkan produk terbaik ini seharga Rp 600 ribuan.

7. Transcend JetDrive™ Go 500

Transcend JetDrive™ Go 500

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Flashdisk OTG yang ini khusus ditujukan bagi iPhone, iPad, dan iPod. Selain bisa memperluas ruang penyimpanan perangkat iOS-mu, JetDrive™ Go 500 Lightning/USB 3.1 juga didukung dengan aplikasi eksklusif JetDrive Go App.


Aplikasi tersebut menampilkan antarmuka intuitif yang memungkinkanmu untuk mengambil banyak manfaat dari JetDrive Go 500 seperti mengatur dan membuat cadangan foto atau video hanya dalam beberapa ketukan.

Produk ini juga didesain compact dan halus dengan casing seng metalik yang mengkilap. Hal ini membuat JetDrive™ Go 500 terlihat senada dengan perangkat iOS-mu yang keren. Produk ini tersedia dalam warna perak dan emas dengan kapasitas memori 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Harga jualnya adalah sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 1 jutaan.

8. Toshiba TransMemory-EX™ U382

Toshiba TransMemory-EX™ U382

Cek Harga di Shopee

Merk flashdisk OTG terbaik berikutnya adalah Toshiba TransMemory EX U382 yang menawarkan konektor ganda Type-C dan Type-A. Kecepatan membaca dari USB OTG ini adalah hingga 95 MB/detik. Sedangkan untuk kecepatan menulisnya dapat mencapai 80 MB/detik.

Dengan interface USB 3.0, flashdisk ini mampu mentransfer data 5 kali lebih cepat dibanding USB OTG yang masih menggunakan interface USB 2.0. Toshiba TransMemory EX U382 hanya tersedia dengan kapasitas 32 GB. Dengan berat hanya 6 gram saja, Toshiba TransMemory-EX™ U382 ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 150 ribuan saja.

9. PNY Duo Link

pny-duo-link-otg-flash-drive

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi Anda yang HP-nya memiliki port USB tipe C, ada lagi satu produk yang mungkin akan Anda suka. Inilah PNY Duo-Link OTG USB Flash Drive yang memiliki desain unik dan mampu mentransfer data hingga kecepatan 130 MB/detik dengan antarmuka USB 3.1 yang diusungnya.

Ukuran kapasitas 64 GB dan 128 GB yang dimilikinya sangat cocok dijadikan media penyimpanan cadangan kalau HP Anda sudah kehabisan memori. Flash disk ini tidak memiliki tutup, melainkan terdapat slider yang bisa digeser ke satu sisi untuk USB tipe C dan sisi lainnya untuk USB tipe A. Dengan begini, kedua ujungnya bisa terjaga dengan baik tanpa harus menggunakan tutup.

10. TEAMGROUP M181 OTG

teamgroup-otg

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anda suka flashdisk OTG dengan desain yang mungil? Benda berukuran 33.2 x 12.4 x 8.2 mm ini memudahkan Anda untuk membawa flashdisk tanpa terlalu menyita tempat di tas, kantong, ataupun dompet.

Selain itu, flashdisk ini juga memiliki desain tutup yang bisa diputar 360 derajat. Desain ini tidak dapat dicopot sehingga meminimalisir resiko tutup hilang. Meski begitu, ia hanya bisa menutup salah satu saja dari dua ujungnya (USB 3.1 dan USB tipe C). Tapi tidak usah khawatir karena terdapat triple protection pada chipnya seperti perlindungan terhadap air, debu, dan guncangan.

Soal performa, Anda bisa mentransfer data dengan kecepatan baca hingga 85 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 20 MB/s pada port USB 3.1. Varian kapasitas pada flashdisk OTG ini adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Inilah jajaran flashdisk OTG terbaik pilihan Carisinyal. Sebelum kamu akan membeli produk-produk di atas, harap pastikan dulu apakah perangkat yang sedang kamu gunakan sudah kompatibel dengan USB OTG atau belum.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. A person’s success does not depend on his wisdom, but perseverance

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *