Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Smartphone / 10 Merk Flashdisk OTG Terbaik dan Terlaris untuk Android

10 Merk Flashdisk OTG Terbaik dan Terlaris untuk Android

Ditulis oleh

Jika dahulu untuk memindahkan data dari smartphone ke dalam flashdisk kita harus menggunakan kabel USB yang menghubungkan smartphone ke laptop atau PC terlebih dahulu, saat ini sudah ada flashdisk On-The-Go (OTG) yang memudahkan kita menyimpan data langsung dari smartphone ke flashdisk.

Ini adalah flashdisk yang memiliki port microUSB sehingga antara flashdisk dan smartphone bisa langsung dihubungkan. Smartphone yang mendukung USB OTG ini bisa dipakai untuk membaca data yang tersimpan dalam flashdisk tersebut secara langsung.

Tertarik untuk membeli flashdisk OTG? Simak terlebih dahulu 10 merk flashdisk OTG terbaik dan terlaris di pasaran ini, yuk! Tulisan dari Carisinyal ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin membeli USB OTG berkualitas.

10 Merk Flashdisk OTG Terbaik

1. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 Merk Flashdisk OTG Terbaik

Sebuah merk flashdisk OTG terbaik yang pertama datang dari SanDisk yang memang dikenal sebagai brand flashdisk dan kartu memori yang berkualitas. Perangkat ini sangat cocok untuk melengkapi smartphone dan tablet Android Anda. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 sudah menggunakan interface USB 3.0, tapi masih dapat dipakai pada perangkat yang support USB 2.0.

USB OTG ini memberikan kecepatan transfer data hingga 150MB/detik. Bila di smartphone atau tablet Android Anda sudah terinstall SanDisk® Memory Zone, maka Anda bisa memanajemen data di USB OTG ini dengan mudah. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 tersedia dalam kapasitas 16GB sampai 128GB. Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

2. SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

Memindahkan data dari smartphone ke PC atau sebaliknya jadi lebih mudah semenjak ada SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0. Ini adalah flashdisk OTG dengan kapasitas yang cukup besar. Tersedia pilihan kapasitas 16GB sampai dengan 256GB.

Bukan hanya kompatibel pada smartphone yang sudah mendukung USB OTG, flashdisk ini juga bisa dipakai di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan MAC. Kecepatan transfer data yang ditawarkan SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 ini adalah 150MB/detik. Menariknya, USB OTG ini bergaransi selama 5 tahun. Anda bisa membelinya lewat Bukalapak di link ini.

3. Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Flashdisk OTG yang satu ini dirancang untuk kompatibel terhadap port USB Type-C yang merupakan port USB generasi terbaru. Akan tetapi, bukan berarti USB OTG ini tidak bisa dipakai di port USB yang lama, Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C tetap kompatibel pada port USB yang bukan Type-C.

Mentransfer foto, musik, atau video dari smartphone ke USB atau sebaliknya jadi lebih cepat karena produk ini mampu mentransfer data dalam waktu 150MB/detik. Kecepatan USB ini juga didukung dengan interface USB 3.1 yang super cepat. Sandisk Ultra Dual Drive USB Type-C tersedia dalam kapasitas 16GB sampai dengan yang terbesar 256GB. Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

4. Toshiba TransMemory EX U382

Toshiba TransMemory EX U382

Merk flashdisk OTG terbaik berikutnya adalah Toshiba TransMemory EX U382 yang menawarkan konektor gandar Type-C dan Type-A. Ini adalah flashdisk OTG yang akan menjadi media agar Anda bisa mentransfer data dari smartphone atau tablet ke PC maupun laptop secara cepat, pun begitu sebaliknya.

Kecepatan membaca dari USB OTG ini adalah 95MB/detik dan kecepatan menulisnya hingga 80MB/detik. Dengan interface USB 3.0, flashdisk ini mampu mentransfer data 5 kali lebih cepat dibanding USB OTG yang masih menggunakan interface USB 2.0. Toshiba TransMemory EX U382 hanya tersedia dengan kapasitas 32GB. Toshiba turut memberikan garansi 5 tahun untuk produk ini.

5. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Kingston DataTraveler microDuo 3C

USB OTG ini kompatibel pada port USB Type-C maupun yang lama yakni Type-A. Di samping itu, produk Kingston DataTraveler microDuo 3C ini juga menggunakan interface USB 3.1 yang tentunya memiliki performa lebih cepat dalam mentransfer data antar perangkat.

Produk ini hadir dengan kecepatan membaca 100MB/detik dan menulis 15MB/s. Kingston DataTraveler microDuo 3C kompatibel terhadap semua perangkat Android yang sudah mendukung fitur USB OTG. Tak hanya itu saja, Kingston juga memberikan beberapa pilihan kapasitas, yaitu 32GB, 64GB, dan 128GB. Flashdisk ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

6. Kingston DataTraveler microDuo 3.0

Kingston DataTraveler microDuo 3.0

Kini, berbagi data antara smartphone dan laptop tidak memerlukan koneksi WiFi atau cloud storage. Anda bisa langsung berbagi data secara real time dengan menggunakan Kingston DataTraveler microDuo 3.0. Ini adalah USB OTG yang kompatibel terhadap port USB 3.0 maupun USB 2.0.

Flashdisk dengan ukuran minimalis ini sangat cocok untuk menemani keseharian Anda dan untuk dihubungkan dengan smartphone yang notabene sering dibawa ke mana saja. Tentu saja kecepatan flashdisk OTG ini memang tidak perlu diragukan lagi. Ada beberapa pilihan kapasitas USB, antara lain adalah 16GB, 32GB, dan 64GB. Flashdisk ini bisa Anda beli di Bukalapak melalui link ini.

7. Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890

Selanjutnya, ada merk flashdisk OTG terbaik yang dilengkapi dengan USB Type-C dan USB 3.1 untuk memudahkan Anda memindahkan data dari smartphone ke PC atau sebaliknya. Dibalut dengan material metal yang mengkilap, body Transcend JetFlash 890 terlihat cukup kokoh dan tahan banting.

Kecepatan mentransfer data yang ditawarkan USB OTG ini adalah 90MB/detik. Untuk varian yang satu ini, Transcend hanya menyediakan satu pilihan kapasitas saja, yakni 64GB. Namun, kapasitas sebesar ini sudah cukup untuk menyimpan berbagai foto, dokumen, musik, dan video yang resolusi rata-ratanya 1080p. Flashdisk ini tersedia di Bukalapak lewat link ini.

8. Transcend JetFlash 850

Transcend JetFlash 850

Hampir sama dengan JetFlash 890, Transcend JetFlash 850 ini juga memiliki konektor USB Type-C dan USB 3.1, tetapi keduanya tidak bisa dipakai secara bersamaan. Transcend JetFlash 850 turut mengusung desain yang ergonomis dan pegangan yang sedikit melengkung untuk memudahkan penggunanya memegang USB ini.

Hanya saja, Transcend JetFlash 850 terbilang lebih cepat bilang dibanding JetFlash 890 karena kecepatan transfer data dari USB OTG ini adalah 130MB/detik. Seri flashdisk OTG yang satu ini juga hanya tersedia dalam kapasitas 64GB saja.

9. Samsung Flash Drive 3.1 Type C

Samsung Flash Drive 3.1 Type C

Tidak mau ketinggalan dengan kompetitor lainnya, Samsung turut memproduksi sebuah USB OTG, yaitu Samsung Flash Drive 3.1 Type C. Melalui produk yang satu ini, Samsung memberikan sebuah flashdisk OTG yang kecil dan ramping sehingga tidak mengganggu ketika digunakan pada smartphone.

Samsung Flash Drive 3.1 Type C mampu mentransfer data dalam kecepatan 150MB/detik atau setara dengan video berukuran 4GB yang hanya membutuhkan waktu 32 detik. Produk ini juga terbukti tahan air, guncangan, medan magnet, suhu ekstrem, dan sinar-X. Kapasitas USB OTG ini adalah 128GB.

10. Samsung Flash Drive Duo 3.0

Samsung Flash Drive Duo 3.0

Masih mengusung desain yang ramping dan ergonomis, Samsung juga memproduksi Flash Drive Duo 3.0 sebagai USB OTG yang harganya lebih ekonomis dibanding Flash Drive 3.1 Type C.

Yang membedakan keduanya adalah, produk ini masih menggunakan interface USB 3.0, sedangkan Flash Drive 3.1 Type C sudah menggunakan USB 3.1. Selain itu, kapasitas penyimpanan flashdisk OTG ini hanya 64GB. Produk ini juga sudah tahan terhadap air, guncangan, suhu ekstrem, medan magnet, maupun sinar-X. Anda bisa membeli flashdisk ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

Inilah jajaran merk flashdisk OTG terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli USB OTG. Pastikan dulu bahwa smartphone Android Anda mendukung USB OTG karena tidak semua smartphone Android kompatibel terhadap flashdisk OTG ini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Bacaterus.com.

Leave A Comment