Carisinyal / Aksesoris Game / 10 Merk Joystick untuk PC dan Laptop Terbaik di Tahun 2020

10 Merk Joystick untuk PC dan Laptop Terbaik di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk melengkapi aktivitas gaming Anda di laptop, Anda bisa menggunakan sebuah joystick khusus. Beberapa merk joystick PC terbaik bisa menjadi pilihan Anda untuk memperoleh pengalaman gaming yang lebih menyenangkan. Namun, tidak semua joystick PC memiliki kualitas yang bagus, Anda harus lebih cermat dalam memilihnya.

Kali ini, Carisinyal akan memberikan daftar merk joystick PC terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Joystik yang akan kami review di sini rata-rata berasal dari merk yang ternama. Yuk, langsung saja kita simak ulasan mengenai joystick PC terbaik berikut ini.

1. Logitech Wireless F710

Logitech Wireless F710 merk joystick pc terbaik

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gamepad dengan kabel memang sedikit merepotkan. Sebagai opsi lain, Anda bisa memilih gamepad wireless, seperti Logitech Wireless F710. Gamepad ini ditenagai oleh dua buah baterai AA. Sementara itu, untuk menyambungkan gamepad ke PC, ada sebuah Nano Receiver yang bisa langsung dipasang ke port USB PC Anda.

Sama seperti Logitech Gamepad F310, joystick ini juga bisa dipakai pada game klasik maupun terbaru. Logitech juga menambahkan Dual Vibration Feedback Motor untuk membuat permainan Anda jadi lebih menegangkan. Harga jual Logitech Wireless F710 sekitar 500 ribuan.

2. Logitech Gamepad F310

Logitech Gamepad F310

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin sebuah game controller yang ringkas dan optimal? Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Logitech Gamepad F310. Joystick yang satu ini kompatibel terhadap semua jenis game, mulai game klasik hingga game paling mutakhir. Pasalnya, gamepad terbaik untuk PC ini dibekali dengan tombol khusus untuk mengubah pengaturan konfigurasi Direct Input atau X Input.

Tata letak tombol didesain sama seperti joystick lainnya sehingga Anda lebih mudah beradaptasi dengan joystick ini. Dengan kabel sepanjang 1,8 meter, Anda bisa bermain game dengan jarak yang lebih jauh dari monitor sehingga tidak merusak mata. Logitech Gamepad F310 dijual dengan harga sekitar 300 ribuan.

3. Xbox One Controller for Windows

Xbox One Controller for Windows

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Memilih merk joystick PC terbaik dapat meningkatkan performa Anda saat bermain game pada komputer atau laptop. Xbox One Controller for Windows sebagai joystick yang warna bisa kita custom sendiri bila Anda membeli lewat situs resminya.

Joystick ini hadir dalam ukuran yang lebih besar. Bahkan, tombol-tombol yang menyertai joystick ini sangat empuk dan responsif. Pengalaman bermain game jadi seru dan menyenangkan bila Anda menggunakan Xbox One Contoller for Windows ini.

Uniknya, kita bisa menghubungkan antara joystick dan smartphone tanpa menggunakan kabel karena terdapat receiver yang bisa menghubungkan keduanya secara lebih praktis. Tertarik untuk menggunakannya?

4. Razer Wolverine Ultimate Chroma

Razer-Wolverine-Ultimate-Chroma

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Razer Wolverine Ultimate ini merupakan gamepad khusus Xbox One yang juga bisa digunakan pada PC. Ia memiliki berbagai tombol tambahan yang bisa Anda sesuaikan untuk menciptakan pengalaman gaming yang personal.

Tak hanya itu saja, thumbstick dan tombol d-padnya juga bisa diganti dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan begini, Anda bisa mengatur ukuran tombol yang pas agar lebih nyaman digenggam. Terdapat juga pencahayaan RGB yang warnanya bisa diatur sesuka Anda. Dapatkan joystick PC ini seharga Rp 2 jutaan.

5. Steam Controller PC

Steam-Controller-PC

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Baik joystick maupun mouse dan keyboard memiliki keunggulannya masing-masing. Joystick biasanya lebih cocok untuk game balapan atau game-game action yang sulit semacam Dark Souls – tapi mouse dan keyboard tetap menjadi pilihan pas untuk game tembak-tembakan. Dengan Steam Controller PC, Anda bisa mendapatkan kedua keunggulan tadi sekaligus.

Bagaimana tidak, ia memiliki dua trackpad yang bisa berfungsi untuk menggerakkan kursor. Desainnya yang ergonomis juga telah mempertimbangkan peletakkan tombol dengan sangat baik. Meski begitu, layout ini terlalu asing bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan kontroler PC atau konsol pada umumnya, sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk membiasakan diri.

Telah disertakan juga dua buah baterai AA yang bisa menjalankan joystick ini selama 80 jam pemakaian. Berbagai fitur lainnya yang hadir adalah sensor akselerator agar kontroler bisa dimiringkan untuk membelokkan mobil.

Terdapat juga sensor gyro, meski sebenarnya jarang ada game PC yang mengusung motion gesture. Juga, terdapat dual-stage trigger yang membuat tombol masih bisa ditekan lebih dalam lagi untuk melakukan perintah yang berbeda. Sayangnya, kontroler revolusioner ini hanya bertahan di pasaran selama 4 tahun sejak kemunculannya. Untung saja barang ini masih banyak tersedia di Shopee dan Lazada dengan harga Rp 1 jutaan.

6. SteelSeries Stratus

SteelSeries-Stratus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

SteelSeries Stratus adalah seri joystick pada PC yang terdiri dari dua model – Duo dan XL. Keduanya memiliki fitur yang sama namun juga terdapat beberapa perbedaan. Contohnya, model Duo memiliki daya tahan baterai lebih dari 20 jam tapi bisa dicas menggunakan kabel microUSB (bisa dipakai sambil dicas juga). Sedangkan, model XL bisa bertahan lebih lama hingga 40 jam pemakaian – menggunakan dua baterai AA yang tidak dapat dicas.

Jika Anda menginginkan gamepad dengan dua konektivitas yang bisa dipilih (Bluetooth dan Wireless), Anda bisa menggunakan Stratus Duo. Untuk yang model XL, Anda hanya bisa menyambungkan gamepad melalui Bluetooth. Yang pasti, keduanya memiliki tingkat akurasi, kemudahan, serta kenyamanan yang sama-sama baik.

7. Razer Wildcat

Razer Wildcat

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Saat Anda bingung memilih joystick yang handal untuk bermain game, pilih saja Razer Wildcat. Joystick ini dilengkapi dengan 4 tombol tambahan dan dirancang dengan desain dan bobot yang terasa pas dalam genggaman tangan. Total ada 12 tombol di joystick ini yang beberapa di antaranya bisa dikustomisasi sendiri.


Joystick ini membuat Anda dapat mengontrol permainan secara mudah dan presisi. Apalagi ada grip karet di bagian pegangan joystick yang membuatnya tidak mudah tergelincir saat berada di genggaman Anda.

Razer Wildcat dilengkapi dengan jack audio 3.5mm untuk menyambungkan headset ke joystick ini. Tak dapat dipungkiri bahwa Razer Wildcat merupakan alat pengendali game idaman bagi para gamers sejati.

8. GameSir T4 PC Game Controller

GameSir-T4-PC-Game-Controller

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin bagi Anda yang PC-nya tidak ada Bluetooth bawaan, pemakaian joystick menjadi dilematis. Soalnya, kebanyakan joystick di pasaran memang hanya bisa dihubungkan melalui Bluetooth. Oleh karena itu, hadirlah GameSir T4 Pc Game Controller yang memiliki USB transceiver untuk menghubungkannya melalui koneksi wireless 2,4 Ghz.

Selain urusan konektivitas, joystick ini juga unggul dalam segi desain yang ergonomis. Ia memiliki material yang transparan juga kemampuan anti-slip yang cukup baik. Terdapat juga empat tombol di belakangnya yang bisa dikustomisasi untuk memberikanmu advantage saat bermain game. Bagaimana dengan harganya? Hanya Rp 500 ribuan saja, kok!

9. Razer Tartarus

Razer-Tartarus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda bosan dengan layout joystick yang itu-itu saja, mungkin bisa mencoba joystick yang satu ini. Razer Tartarus adalah sebuah keypad yang juga memiliki thumbstick yang bisa digerakkan ke 8 arah. Meski terkesan lebih difokuskan pada game RPG atau MMO yang memiliki banyak skill, joystick ini juga cocok dimainkan untuk game balap ataupun genre-genre lainnya.

Ia hadir dengan 25 tombol yang bisa diprogram sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, ada dukungan perangkat lunak untuk menyimpan profil konfigurasi di media penyimpanan cloud. Jumlah profil yang bisa dibuat juga tidak terbatas, cocok bagi Anda yang suka bereksperimen gaya bermain yang beragam. Tertarik? Dapatkan joystick ini dengan harga Rp 1 jutaan.

10. Thrustmaster T-FLIGHT HOTAS X

Thrustmaster-T-FLIGHT-HOTAS-X

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bermain Flight Simulator memang menyenangkan. Tapi kalau hanya pakai mouse dan keyboard, kok sepertinya kurang seru ya? Maka dari itu, gunakanlah joystick khusus game pesawat yang membuatmu merasa seperti pilot sungguhan.

Tidak hanya Flight Simulator saja, Anda pun bisa menggunakan joystick ini untuk bermain game tempur seperti Battlefield V. Soalnya, terdapat tombol trigger yang bisa digunakan untuk melakukan rapid fire terhadap musuh. Untuk jumlah tombolnya, terdapat 12 tombol dan 5 gandar yang semuanya bisa diprogram.

Anda juga bisa menyimpan konfigurasi tombol pada kartu memori internal yang tertanam. Jika tertarik, joystick ini bisa didapatkan dengan harga Rp 2 jutaan.

Daftar merk joystick PC terbaik ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari gamepad untuk PC. Keberadaan joyStick khusus ini akan membuat aktivitas gaming Anda dengan menggunakan PC atau notebook jadi lebih berkesan. Jika ingin mencari gamepad untuk Android, temukan referensinya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *