carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aksesoris / 10 Merk Kertas Foto yang Bagus untuk Mencetak Foto

10 Merk Kertas Foto yang Bagus untuk Mencetak Foto

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 7 Juni 2021

Bagi Anda yang mengerti betul tentang fotografi, jepretan foto yang indah saja tentu belum cukup. Masih ada banyak hal lainnya yang sangat mempengaruhi hasil, salah satunya kertas foto.

Soalnya, kualitas kertas untuk dicetak juga akan menentukan kualitas hasil foto. Maka dari itu penting sekali untuk perhatikan apa merk kertas foto yang bagus agar hasilnya pun maksimal.

Berikut ini adalah 10 deretan merk beserta variannya dengan kualitas paling baik untuk banyak kebutuhan pencetakan. Catat baik-baik agar anda juga bisa membandingkannya satu sama lain. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

1. Epson Premium Glossy

Deretan pertama dari sekian merk kertas foto yang bagus untuk momen terbaik anda ditempati oleh Epson. Khususnya varian Premium Glossy. Jenis kertas ini memungkinkan Anda mendapatkan kualitas gambar maksimal melalui berbagai lapisannya.

Dibekali dengan kualitas lapisan yang kompatibel dengan standar tinta UltraChrome memberikan gambar beresolusi tingkat tinggi. Hasil warnanya tajam dengan gradasi yang begitu halus membuat foto tampak lebih nyata.

Dalam satu pak-nya tersedia dalam jumlah 50 lembar atau 100 lembar dengan format kertas A4. Cocok sekali untuk kebutuhan pribadi hingga fotografer sekali pun.

2. E-Print Super Glossy

Alternatif lain juga bisa Anda coba dari merk E Print Super Glossy Photo Paper. Masih dalam ukuran kertas A4, sangat mungkin untuk mencetak foto seukuran 10R. Warnanya pun lebih mengkilat daripada jenis biasanya yang membuat kualitas gambar terbaik di kelasnya.

Kertas foto ini juga dilengkapi dengan teknologi termutakhir yang mendorong tinta lebih cepat kering. Kualitas material penyusunnya juga hebat mengamankan hasil cetakan sehingga solid dan tidak mudah luntur terkena air.

Bahan lapisan kertas itu juga yang menjadikan varian ini cocok bagi segala jenis inkjet. Mencetak foto favorit jadi bebas khawatir printer macet atau justru hilang kualitas terbaiknya.

3. Canon Photo Glossy Paper

Untuk penggunaan cetak foto sehari-hari, Canon Photo Glossy Paper jadi salah satu opsi terbaik. Ini dikarenakan kertas memiliki karakteristik permukaan yang tidak sekedar menghasilkan gambar yang jelas. Tapi juga warna yang kompleks dan terkesan lebih hidup.

Setiap lembarnya punya ukuran berat sebesar 270gsm dan ketebalan 0,27mm. Sementara, untuk level gramaturnya sendiri berada pada angka 210g/m2. Cukup sekali bagi Anda yang senang merekam momen-momen indah keluarga.

Kemasannya yang clean ini mencerminkan bagaimana berkelasnya kualitas foto yang Anda dihasilkan. Meski begitu, tak perlu khawatir dengan harganya karena terbilang cukup terjangkau.

4. Data Print Premium Silky

Lewat varian ini, tak salah jika Data Print menjadi salah satu merk kertas yang bagus untuk Anda. Uniknya, kertas justru memiliki tekstur yang berserat kulit jeruk sehingga memberikan kesan lebih menarik pada foto.

Permukaannya putih bersih dan berlapiskan coating khusus. Lapisan inilah yang membuat kualitas foto semakin memukau, halus dan tidak mudah luntur meski terkena air. Tentunya pas sekali untuk Anda yang senang menempelkan foto bersama di segala sudut rumah meski tanpa pigura.

Ramah bagi segala jenis tinta serta printer apapun. Dan tentunya tepat sekali untuk penggunaan pribadi, usaha percetakan, ataupun kebutuhan kantor. Satu kertas untuk banyak fungsi!

5. Spectra Cast Coated Inkjet Paper Glossy

Kertas foto keluaran brand Spectra ini sama-sama menawarkan keunggulan yang tak kalah keren. Salah satunya material lapisan kertas yang berpori kecil. Karakter seperti ini sangat membantu tampilan gambar lebih halus dan tidak terlihat berlubang.

Selain itu, warna dasar putih pada lembarannya pun tergolong berkualitas tinggi menjadikan warna gambar cetakan menyala lebih indah. Membantu tinta foto kering lebih cepat sehingga aman dari kemungkinan basah.


Asyiknya lagi, Anda tidak perlu kesulitan dengan jenis printer, karena sangat kompatibel bagi semua sistem printer inkjet. Bagi Anda yang ingin hasil akhir foto sempurna dalam waktu cepat, Spectra varian ini bisa jadi pilihan tepat.

6. Blueprint Silky Photo Paper

Hasil warna yang cerah serta resolusi gambar yang jelas adalah beberapa kelebihan Silky Photo Paper dari Blueprint. Makin lengkap lagi dengan teknologi lapisan resin coated yang berfungsi menyerap tinta secara efektif tanpa merusak kertas.

Tekstur kulit jeruk di seluruh permukaannya juga jadi keunggulan lain yang memberikan efek berbeda pada gambar. Jadi bukan hanya keluar dengan warna yang kaya, tapi juga sangat berkarakter.

Sama seperti keluaran lainnya, kertas foto ini tetap sesuai untuk banyak merk tinta dan printer. Namun, brand ini sangat menyarankan anda untuk tetap menggunakan produk pendukung yang sama agar foto lebih maksimal.

7. Sun Professional Silk Pearl Texture

Berbeda dari merk sebelumnya, kali ini kertas foto hadir dalam desain yang elegan menggunakan watermark berwarna silver. Dengan begitu, kertas akan sangat cocok untuk kebutuhan percetakan fotografi profesional sehingga terkesan lebih siap.

Teksturnya pun cukup lain dari pada merk sebelumnya, yaitu berjenis Doff halus. Sedangkan untuk permukaannya sendiri cukup baik menghasilkan ragam warna yang tajam. Hasil gambar jernih maksimal berkat lapisan putih khusus.

Dan yang lebih pentingnya lagi kertas tidak akan mudah sobek ataupun luntur kebasahan karena berbahan semi plastik. Bisa dibilang varian ini telah siap melindungi hasil foto Anda secara optimal dari segi apapun.

8. E Print Double Sided Matte Inkjet

Kertas foto ini tidak hanya dapat digunakan pada satu bidang saja. Tapi kedua sisinya bisa langsung Anda cetak gambar sehingga lebih ekonomis. Cocok sekali untuk membuat foto gantung tanpa pigura yang bisa dinikmati semua bagiannya.

Jika foto cukup sering dipegang oleh anak-anak, varian ini adalah solusi paling tepat. Bahan matte-nya tidak memantulkan cahaya dan mampu menyembunyikan setiap bekas cap tangan. Material ini juga efektif menyerap tinta yang mengikat sempurna warna foto.

Menariknya lagi meskipun matte, kertas juga dilengkapi dengan teknologi yang tahan air. Jadi tak perlu khawatir warnanya akan luntur atau foto rusak. Dalam kemasannya sendiri anda akan mendapat 50 lembar sekaligus untuk mencetak banyak foto kenangan.

9. Dataprint Premium Glossy Photo

Kali ini Anda bisa mengabadikan banyak momen indah dalam kualitas paling premium dari kertas foto yang satu ini. Permukaannya yang terang dan memantulkan cahaya memberikan hasil foto beresolusi sempurna. Kontur warna juga lebih halus yang membuat foto tidak terkesan patah-patah.

Ada berbagai material penyusun lapisan berstandar tinggi yang menjaga hasil gambar tetap aman meski sudah bertahun-tahun. Atau dengan kata lain kertasnya tidak kan membuat foto mudah pudar.

Anda bisa gunakan kertas ini untuk berbagai keperluan, mulai dari foto keluarga, foto pernikahan, bahkan potret hobi fotografi sekali pun. Hasilnya keluar dengan efek mengkilap yang indah dan tentunya jadi terlihat lebih cerah.

10. Spectra Silky Professional Photo

Merk kertas foto yang bagus untuk Anda ada pada Spectra Silky Professional Photo. Menggunakan lapisan kertas yang sangat halus dari jenis lainnya tidak akan membuat tampilan foto mengkilat. Namun, tinta akan terserap maksimal sehingga tidak mudah pudar.

Warna yang keluar juga lebih tajam dan begitu detail pada setiap gambarnya menjadikan foto tampak seperti nyata. Pas sekali untuk berbagai pencetakan foto khususnya bagi skala profesional.

Kertas juga cukup kompatibel dicetak pada banyak merk printer, seperti Epson, Canon, ataupun HP. Namun akan lebih baik jika Anda ikut menyesuaikan ukuran kertas dengan spesifikasi printer agar semakin optimal.

Kesepuluh merk di atas memang terdiri dari beberapa jenis kertas yang berbeda. Tentu saja tidak semua kertas bisa Anda gunakan pada foto yang sama. Kuncinya ketahui dulu bagaimana karakter foto dan tujuan mencetak foto agar hasilnya tidak mengecewakan. Semoga rekomendasi ini bisa menjadi referensi Anda, ya. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram